6 Oleh Oleh Khas Laos Yang Wajib Dibeli Wisatawan

Menyempatkan diri untuk berpetualang di negara bagian Asia Tenggara memang tidak ada salahnya. Banyak sekali negara yang keren dan sayang kalau sampai terlewat begitu saja.

Salah satunya adalah Laos, yang menyimpan keindahan alam menakjubkan dengan kontur wilayahnya yang khas. Selain terdapat destinasi wisata menarik, perjalanan yang menyenangkan, berwisata ke Laos juga cukup ramah di kantong. Karena itulah, banyak backpacker yang memilih negara ini sebagai tujuan wisatanya.

Sebagai salah satu negara yang terkenal akan kebudayaan dan adat istiadatnya, tidak mengherankan kalau Laos menjadi salah satu tujuan wisata paling banyak dicari. Menikmati keindahan budaya Laos tentu tidak lengkap kalau tidak dibagikan kepada orang-orang tersayang.

Apalagi kalau bukan membagikannya dalam bentuk oleh-oleh. Karena itulah, sebelum berangkat cari tahu dulu oleh-oleh apa yang harus anda beli. Dan berikut ini oleh oleh khas Laos yang kami ulas khusus untuk anda.

1. Kaos Khas Laos

Kaos Khas Laos

Kaos menjadi sala satu item yang pasti tersedia sebagai oleh-oleh di negara manapun. Kaos bisa dipilih sebagai salah satu oleh oleh khas Laos karena selain bisa dikenakan juga bisa mnejadi kenang-kenangan dan pertanda bahwa anda telah mengunjungi negara tersebut.

Dengan harga yang relatif terjangkau, anda bisa membelinya di Pasar Luang Parabang. Jika membeli dalam jumlah banyak tentu ada harga khusus, yang pastinya lebih murah daripada membeli satuan.

2. Perangko Negara Laos               

Perangko Negara Laos

Liburan ke negeri seribu gajah tidak seru rasanya kalau tidak berkirim kabar dengan keluarga atau teman di tanah air. Lupakan sejenak video call, whatsapp, maupun sederet teknologi canggih yang tersedia saat ini.

Coba saja cara lama yang tak kalah asyiknya, yaitu berkirim kartu pos. Yups, mengirim surat pribadi lewat kantor pos memang terkesan jadul saat ini. Namun tidaka da salahnya kan untuk memberi sedikit kejutan kepada orang-orang terkasih.

Membahas mengenai kartu pos, tentu tidak akan jauh-jauh dari perangko. Nah, inilah salah satu oleh oleh khas Laos yang berharga. Khususnya untuk penggemar koleksi perangko, wisatawan bisa mendapatkan barang unik ini salah satunya di toko Carteri Du Laos. Ada beraneka perangko kece yang bisa dibawa pulang sebagai souvenir.

3. Kaos Golden Triangle

Kaos Golden Triangle

Apakah anda tahu apakah itu segitiga emas atau golden triangle? Ini adalah kawasan di bagian utara Asia Tenggara. Yang mencakup tiga negara yaitu, Burma, Laos, dan Thailand yang ditarik garis lurus membentuk sebuah segitiga.

Kenapa dinamakan segitiga emas? Karena kawasan tersebut memiliki penghasilan terbesar yang berasal dari opium, alias si emas hitam. Sebelumnya, kawasan ini juga terekenal sebagi kawasan perdagangan teh dan giok. Jika tertarik untuk membeli kaos golden triangle, wisatawan dapat dengan mudah menemukannya di tepian sungai Mekong.

4. Kain Tenun Sutra Khas Laos                       

Laos juga terkenal dengan hasil tenun sutranya, bahkan kerajinan ini adalah salah satu yang berharga tinggi loh. Kain tenun sutra ini bisa menjadi souvenir tak ternilai, jika berminat wisatawan pun bisa mendapatkannya di Vientiane.

Harga bisa sedikit lebih murah jika mau pergi ke pasar pagi. Tentun sutra yang bernama Sin ini memiliki harga yang tergantung dengan motifnya. Namun wisatawan harus pandai-pandai menawar agar dapat memperoleh diskon dari penjual.

5. Kopi Laos

Kopi Laos

Sudah tahu kalau Laos adalah salah satu tempat terbaik untuk menanam kopi? Kopi khas dari negaara ini adalah Pakxong yang memang tumbuh di Pakxong yang berloaksi di Boloven. Terdapat varian kopi robusta dan arabica yang dapat dipilih.

Awalnya kopi ditanam oleh Perancis yang kemudian masuk ke negara Laos pada tahun 1915. Mereka menanam kopi arabica yang kemudian berlanjut hingga kini. Kopi Laos memiliki kemiripan dari segi aroma dengan kopi Brasil. Harga yang dipatok untuk sachet satu kali tuang pun tidak terlalu mahal. Sehingga menjadikan kopi ini salah satu oleh oleh khas Laos yang wajib dibeli. Apalagi untuk wisatawan yang pecinta kopi.

6. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak

Masyarakat Laos memang terkenal ahli dalam membuat kerajinan perak. Aneka kerajinan dengan berbagai bentuk yang terbuat dari perak pun bisa dengan mudah dijumpai. Salah satu pengerajin perak yang terkenal adalah Saoban 95, yang merupakan sebuah sanggar kerajian perak yang berada di Chao Anou Road Vientiane.

Menariknya, wisatawan bisa memesan maupun memilih sendiri kerajinan perak sesuai dengan keinginan untuk nantinya dibawa pulang. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal loh. Setelah melihat daftar oleh oleh khas Laos di atas, ada beberapa hal yang ahrus diperhatikan oleh wisatawan. Sebelum memutuskan untuk berbelanja oleh-oleh, berikut ini tips berbelanja oleh-oleh di Laos.

  • Banyak Pertokoan Yang Tutup Pada Hari Minggu

Orang Laos menganggap hari Minggu adalah hari istirahat. Jadi jangan heran kalau pada hari tersebut mereka kompak menutup lapak dagangannya. Dengan demikian, wisatawan bisa merasakan suasana lebih lenggang ketika hari Minggu tersebut.

  • Jangan Membeli Barang Antik Dan Yang Terbuat Dari Binatang

Demi keamanan ada baiknya untuk menghindari membeli barang-barang antik di Laos. Karena kebanyakan patung Budha yang diperjual belikan adalah peninggalan bersejarah. Catat pula, jangan sampai anda membeli barang yang terbuat dari tubuh binatang. Karena negara Laos memang tercatat sebagai negara dengan kasus trafficking hewan tertinggi di dunia. Jika sampai terbukti melanggar, anda bisa saja terkena pidana.

  • Persiapkan Budget

Sebelum memulai perjalanan ada baiknya untuk memisahkan dulu antara budget yang digunakan untuk jalan-jalan dan membeli oleh-oleh. Tidak ada salahnya untuk browsing terlebih dahulu barang apa saja yang akan dibeli dan cari tahu harganya. Dengan begitu, berapa budget yang dibutuhkan pun bisa ditentukan.

Itulah beberapa tips sebelum membeli oleh-oleh khas Laos, tentu negara eksotis ini memiliki beragam tempat wisata yang tak kalah menariknya dibanding tempat wisata di Thailand yang merupakan negara tetangganya. Tertarik untuk beriwsata di negara Asia Tenggara? Berikut ini beberapa yang bisa anda kunjungi.

Punya daftar oleh-oleh khas Laos lainnya? Atau punya pengalaman seru saat jalan-jalan ke Laos? Bagi yuk cerita menariknya di kolom komentar.

, , , ,
Post Date: Monday 30th, September 2019 / 14:27 Oleh :
Kategori : Laos