16 Tempat Wisata Di Uzbekistan Yang Populer

Uzbekistan adalah salah satu negara di Asia Tengah yang memiliki banyak sejarah dan juga sastra. Negara yang satu ini akrab sekali dengan pemandangan berupa padang pasir yang luas dan seakan tanpa batas.

Pemandangan padang pasir tersebut semakin lengkap dengan deretan karavan unta, menara-menara yang nampak anggun, makam berarsitektur menakjubkan, hingga pemandangan budaya islam pada abad pertengahan yang menawan. Jalan-jalan ke tempat wisata di Uzbekistan  mungkin bisa menjadi alternatif wisata bagi anda yang ingin liburan sekaligus belajar sejarah.

Tidak harus liburan ke tempat mewah dan terkenal, karena sesekali berkunjung ke tempat unik yang menyimpan cerita sejarah pun juga menyenangkan. Dan Uzbekistan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang ingin merasakan langsung kentalnya atmosfir islam. Ingin jalan-jalan ke Uzbekistan? Inilah daftar tempat wisata di Uzbekistan yang wajib dikunjungi.

1. Kompleks Makam Imam Al Bukhari

Makam Imam Al Bukhari

Kompleks makam Imam Al Bukhari berada di dekat Samarkand, berbeda dari makam pada umumnya. Makam ini menyajikan arsitektur yang unik, dengan menggunakan tradisi dan arsitektur nasional. Kompleks ini terdiri dari masjid, sebuah makam, kantor administrasi dan beberapa bagunan lainnya.

Makam Imam Al Bukhari sendiri terletak di tengah kompleks, yang memiliki bentuk kubus yang ditutup dengan kubah sepanjang 17 meter. Makam seorang teolog ini tertutup marmer dan berada di atas sebuah panggung. Sedangkan masjidnya berada di sisi kiri halaman dengan kapasitar 1.500 Muslim.

Dan memiliki dekorasi beragam dengan bagian dalam kubah tertutupi ornamen berwarna indah. Imam Bukhari sendiri adalah seorang ahli hadis yang memiliki kitab terotentik. Imam Al Bukhori wafat pada1 Syawal 256 H atau 1 September 870 M. Bangunan di kompleks makam ini tidak kalah unik dan menariknya dari Tempat Wisata Di Konya.

2. Gerbang Neraka (Hell of Gate)

Gerbang Neraka (Hell of Gate)

Hell of Gate atau biasa disebut juga dengan Pintu ke Neraka oleh penduduk setempat, merupakan lubang api yang terletak di dekat kota kecil Darvaz. Lubang api ini memiliki ukuran sekitar dua kali lapangan bola dengan kedalamannya hingga lebih dari 30 meter.

Lubang api ini terus menyala mulai tahun 1975. Awalnya ahli geologi melakukan pengeboran gas yang tiba-tiba mereka menemukan sebuah gua bawah tanah besar. Di dalam gua tersebut dipenuhi oleh gas, maka penduduk sekitar memanggilanya dengan Pintu ke Neraka.

Sekitar 35 tahun yang lalu, mereka menyulutnya dengan api agar tidak ada gas beracun yang keluar dari lubang. Namun ternyata hal tersebut malah menyebabkan terbakarnya gua dan membuat lubang gua semakin melebar hingga saat ini. Tempat wisata di sama misteriusnya dengan Tempat Wisata Di Luxor Mesir.

Wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan ini tidak perlu sampai mendekat ke lubang api, karena dapat terlihat dari kejauhan. Lubang api yang berada di daratan tandus ini semakin nampak mengerikan ketika malam hari karena cahaya api yang berasal dari lubang ini terlihat lebih jelas.

3. Bukhara

Bukhara

Tidak jauh dari sungai terpanjang yang mengairi seluruh negeri Asia Tengah bernama Sungai Oxus atau disebut juga dengan Jeyhun atau Mulyan terdapat sebuah tempat bernama Bukhara. Kota ini menjadi kota kelahiran Imam Bukhori. Sekilas bangunan di kota ini akan mengingatkan dengan Tempat Bersejarah Islam Di Turki.

Kota ini juga menjadi bukti perkembangan peradaban islam pada masa lampau dengan bangunannya yang beragam dan indah. Beberapa bangunan unik dan indah yang berada di kota ini adalah:

  • Citadel Ark, menurut sejarah benteng ini menjadi kediaman Bukhara Khas yang menjadi penguasa wilayah itu sejak abad ke 4 SM. Selain menjadi tempat tinggal, tempat wisata di Uzbekistan ini juga difungsikan sebagai tempat perjamuan kerabat dan pejabat. Menurut sebuah legenda, Benteng ini dibangun oleh seorang pahlawan epik Siyavush. Pemuda tampan tersebut membangun benteng karena jatu cinta kepada seorang putri penguasa Afrasiab.
  • Chashma Ayub, mungkin bangunan ini dapat dengan mudah dikenali lewat kubah kerucutnya yang bergaya Khwarazm. Chasma Ayub terletak di dekat Mausileum Samani yang namanya berarti sumur Ayub. Terdapat sebuah legenda dimana Ayub berkunjug ke tempat ini dan membuat sebuah sumur dengan memukul tanah. Air sumur yang ada di tempat ini dianggap memiliki khasiat untuk penyembuhan.
  • Masjid Magoki Attori
  • Masjid Kalon
  • Mausoleum Ismail Samani

Banyaknya bangunan bersejarah di kota ini membuat UNESCO menetapkan Bukhara sebagai salah satu situs warisan dunia.

4. Khiva

Khiva

Mungkin nama kota ini tidak seterkenal tempat wisata di Prancis, namun Kota Khiva adalah salah satu rute perdagangan jalur sutera. Lebih hebatnya kota ini menjadi tempat kelahiran cabang matematika aljabar.

Kota ini memiliki banyak bangunan bersejarah yang tidak termakan oleh waktu. Bahkan UNESCO menetapkan kota ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Letaknya yang berada di tengah gurun pasir, membuat Khiva seakan abadi dari terpaan perubahan jaman yang terus berjalan di dunia luar.

Kota ini memiliki sebuah area bersejarah yang bernama Itchan Kala, area ini dikelilingi oleh tembok tinggi yang terbuat dari tanah merah. Di dalam kawasan ini terdapat istana, masjid, hingga mausoleum yang memiliki arsitektur islam. Bangunan yang dibanguna pada masa jalur sutera dulu ini memiliki pasar tradisional yang berada tepat di bagian luarnya. Kemegahan bagunan ini pasti mengingatkan wisatawan dengan Tempat Wisata Di New Delhi India.

5. Lembah Fergana

 Lembah Fergana

Tidak hanya memiliki bangunan kuno dengan desain yang menakjubkan serta megah saja. Tempat wisata di Uzbekistan juga terdiri dari bentang alam yang indah, salah satunya adalah Lembah Fergana. Tidak kalah dari tempat wisata di Swiss, Lembah Fergana juga memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Selain sebagai pusat pertanian sayur, buah, dan kapas, lembah ini juga menjadi salah satu tempat berkembangnya peradaban Khanate pada abad ke 19. Tingginya peradaban pada masa lalu, bahkan masih bisa dibuktikan hingga saat ini lewat Istana Khudayar Khan. Yaitu istana termegah pada era Dinasti Kokand Khanate pada 1709 hingga 1876 M.

Istana ini adalah tempat tinggal sekaligus tempat pemerintahan khan pada era Dinasti Kokand Khanate. Wilayahnya yang luas membentang dari Kirgistan hingga timur Uzbekistan, Tajikistan, bahkan sampai tenggara Kazakhstan. Karena kecantikan dan kemegahan bangunan ini, beberapa kalangan menjuluki istana ini sebagai Mutiara di Lembah Fergana.

Menarik dan unik-unik sekali bukan tempat wisata di Uzbekistan ini? Selain tempat wisata di atas, ada juga tempat wisata lainnya yang dapat anda kunjungi. Seperti tempat wisata di Uzbekistan berikut ini.

  • Teleshayakh Mosque
  • Museum Seni Terapan Negara Uzbekistan
  • Minor Mosque
  • Monumen Shahr-i-Zindar
  • Alisher Navoi National Park
  • Monument of Courage Earthquake Memorial
  • Sacred Heart of Jesus Cathedral
  • Navoi Opera Theater

Menarik dan beragam sekali bukan tempat wisata di Uzbekistan ini? Jika anda punya referensi tempat wisata lainnya bisa langsung komen ya. Atau ingin berbagi tips wisata dan info wisata di Uzbekistan? Langsung saja catat di kolom komentar.

, ,
Post Date: Tuesday 08th, October 2019 / 11:21 Oleh :
Kategori : Uzbekistan