5 Tempat Wisata Di New Delhi India Yang Mendunia

Jika kita membicarakan tentang India pasti tidak akan ada habisnya. Baik itu tentang adat istiadatnya, makanan khasnya yang sangat populer, artis hollywood yang berasal dari sana, maupun destinasi wisatanya. Ada banyak hal yang menarik dan tidak akan habis untuk kita bahas tentang kota serba bisa satu ini.

New Delhi adalah ibu kota dari India. Kota ini menjadi kota terbesar yang ada di India. Tidak mengherankan jika banyak destinasi wisata yang terletak di New Delhi. Selain itu India juga menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak di kunjungi turis mancanegara di samping tempat wisata di Agra India.

Jika Anda ke India dan ingin pergi ke tempat wisata yang ada di New Delhi, beberapa destinasi wisata ini dapat Anda jadikan referensi. Ada banyak tempat wisata di New Delhi sebenarnya tetapi tidak semuanya populer. Untuk Anda yang ingin mencoba ke wisata New Delhi mulailah dari 5 destinasi wisata berikut.

  • Kuil Swaminarayan Akshardham, New Delhi

Kuil Swaminarayan Akshardham, New DelhiTempat wisata di India yang wajib Anda kunjungi salah satunya adalah kuil swaminarayan akshardham. Kuil ini di nobatkan oleh Guinnes World Record menjadi candi Hindu komprehensif terbesar di dunia pada tanggal 17 Desember 2007. Di negara ini juga terdapat camilan khas India yang wajib Anda coba.

Swaminarayan akshardham di bangun pada tahun 1968 dan menjadi kompleks kuil terbesar dan yang paling indah di India. Kuil ini di bangun atas permintaan Yogiji Maharaj seorang pemimpin spiritual yang berasal dari BAPS Swaminarayan Sanstha. Beliau ingin membangun sebuah kuil yang besar dan terletak di tepi sungai Yamuna.

Namun sayangnya sebelum kuil Swaminarayan Akshardham selesai di bangun, Yogiji Maharaj meninggal terlebih dahulu pada tahun 1971. Lalu kemudian pembangunan kuil ini di lanjutkan oleh Pramukh Swami Maharaj yang merupakan penerus dari kepemimpinan Yogiji Maharaj di BAPS Swaminarayan Sanstha.

Sejak di buka untuk umum kuil ini kemudian menjadi tujuan utama para wisatawan mancanegara. Selain karena nilai keindahannya di Swaminarayan Akshardham sering di adakan berbagai acara dengan menggunakan teknologi yang canggih serta modern. Seperti pertunjukan Theatre, Musical Fountain, Hall Of Values, serta Boat Ride.

  • Red Fort, New Delhi

Red Fort, New DelhiRed Fort di bangun pada tahun 1639 oleh Shah Jahan sebagai kaisar bangsa Mughal kelima. Red Fort merupakan benteng bersejarah yang terletak di New Delhi. Kaisar Shah Jahan pernah mendiami benteng ini selama kurang lebih 200 tahun hingga tahun 1857. Di dalam benteng ini juga terdapat beberapa museum.

Nama Red Fort sendiri di ambil untuk nama dinding patungnya yang di lapisi dengan batu pasir berwarna merah. Benteng ini terletak berdampingan dengan Benteng Salimgarh yang memiliki usia lebih tua. Benteng Salimgarh di bangun oleh pemimpin Islam yaitu Shah Suri pada tahun 1546. Red Fort lalu menjadi tempat wisata di India yang sangat terkenal.


Red Fort di nobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 2007. Pada setiap tahun perayaan kemerdekaan negara India yang jatuh pada tanggal 15 Agustus. Perdana Menteri India akan mengibarkan bendera nasional India di gerbang utama Red Fort. Kemudian di lanjutkan dengan acara penyampaian pidato.

  • Masjid Jama, New Delhi

Masjid Jama, New DelhiTempat wisata di New Delhi India yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Majid Jama. Masjid ini juga terkenal dengan nama Masjid I Jahan Numa yang memiliki arti Masjid yang mencerminkan Dunia. Masjid Jahan Nima menjadi salah satu Masjid terbesar yang ada di India. Ada juga Masjid yang sangat terkenal yaitu Taj Mahal India.

Masjid Jahan Nima di bangun oleh pemimpin bangsa Mughal yaitu Kaisar Shah Jahan. Pembangunan Masjid ini memakan kurun waktu kurang lebih selama dua belas tahun yakni mulai dari tahun 1644 hingga tahun 1656. Lalu setelah bangunan ini jadi di resmikan oleh seorang imam dari Bukhara yang sekarang menjadi daerah Uzbekistan.

Untuk desain arsitekturnya, Masjid Jama memiliki tiga gerbang besar, empat menara, serta dua menara dengan tinggi masing-masing 40 meter dan terbuat dari batu pasir merah dan marmer putih. Di teras Masjid ini terdapat tiga kubah yang di kelilingi oleh dua menara. Halaman Masjid Jama mampu menampung hingga 25.000 orang.

Masjid Jama menjadi salah satu tempat wisata di India yang paling sering di kunjungi para wisatawan mancanegara terutama wisatawan muslim. Gerbang utara Masjid Jama memiliki 39 anak tangga, sedangkan gerbang bagian selatan memiliki 33 anak tangga. Untuk pintu gerbang timur yang terhubung langsung dengan perdesaan memiliki 35 anak tangga, namun gerbang timur di tutup untuk umum ketika hari kerja karena menjadi jalan masuk oleh Kaisar.

  • Lotus Temple, New Delhi

Lotus Temple, New DelhiLotus Temple adalah sebuah kuil di India yang rancangan bangunannya di buat oleh seorang arsitek bernama Furiburz Sabha. Arsitek ini memang sengaja memilih bunga lotus sebagai simbol umum untuk berbagai agama yang ada di India. Seperti agama Hindu, Budha, Kuil Bhai, dan Islam.

Bangunan kuil lotus ini sebagian besar terbuat dari batu marmer berwarna putih dan memiliki bentuk seperti kelopak bunga lotus. Di sekeliling Lotus Temple terdapat sembilan kolam yang akan memantulkan cahaya yang indah ketika sembilan kolam ini terisi penuh. Sejak pertama kali selesai di bangun, Lotus Temple telah mendapat banyak penghargaan dari segi arsitekturnya.

Nama Lotus diambil dari bentuk bangunan yang menyerupai bunga lotus yang sedang mekar. Ketika Anda berkunjung ke tempat wisata ini maka Anda akan terkesima dengan keindahan yang di sajikan sejak pertama Anda melihatnya. Seperti Anda melihat Bunga Lotus raksasa yang sedang dalam kondisi mekar. Pembangunan Lotus Temple selesai di tahun 1986.

Kuil yang terletak di Shambhu Dayal Bagh, Bahapur, New Delhi, India ini menjadi kuil terakhir dari tujuh kuil utama Bahai yang di bangun di seluruh dunia. Enam kuil Bahai lainnya yang terdapat di beberap negara seperti Sydney Australia, Kampala Uganda, Apia Samoa Barat, Kota Panama, Wilmette USA, dan Frankfrut Jerman.

Lotus Temple menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan utama bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke India utamanya New Delhi. Bahai memang mendedikasikan kuil ini dengan tema House Of Workship yang artinya sebuah tempat berkumpul bagi orang-orang yang memiliki agama dan menyembah Tuhan meskipun dengan agama yang berbeda-beda. Sehingga Lotus Temple terbuka untuk umum dengan penganut segala agama.

  • India Gate, New Delhi

India Gate, New DelhiRekomendasi tempat wisata di New Delhi terakhir adalah India Gate. Gerbang yang memiliki tinggi 42 meter ini terletak di pusat kota New Delhi. India Gate hampir sama dengan Arc De Triomphe yang berada di Perancis. Gapura di tengah jalan ini di rancang oleh Edwin Lutynes yang berasal dari Eropa. Batu fondasi India Gate pertama kali di letakkan oleh Duke Of Cannaught pada tahun 1921.

Keindahan India Gate di tambah dengan api prajurit abadi atau sering di sebut dengan nama Amar Jawan Jyoti yang setiap hari menyala membakar India Gate. Api ini sebagai peringatan tentara Bangsa India yang telah berkorban menyerahkan nyawa di dalam perang Indo dengan Pakistan pada tahun 1971 tepatnya pada bulan Desember. Dan juga dalam perang Afganistan yang terjadi di tahun 1919.


Nama-nama prajurit ini terukir indah di sepanjang bangunan India Gate. Jika Anda ingin berkunjung ke sini Anda dapat berjalan kaki dari stasiun kereta bawah tanah Metro Central Secretariat, lalu lurus sekitar 1,6 km. Atau Anda juga dapat naik bus dan turun di halte bus Dr. Zakir Hussain lalu di lanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang 800 m.

Nah itu tadi beberapa tempat wisata yang menarik di New Delhi yang dapat Anda kunjungi. Selain lima tempat wisata di atas masih banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi salah satunya Qutub Minar. Selamat berlibur dan semoga perjalanan Anda menyenangkan.

, , , ,
Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 05:19 Oleh :
Kategori : India