7 Camilan Khas India Paling Enak Yang Wajib Di Cicipi

India adalah negara yang termasuk ke dalam keluarga benua Asia tepatnya di bagian selatan. Ibukota negara ini adalah Delhi. Tentu sudah tidak asing lagi untuk kita mendengar nama India. Karena sudah banyak acara di televisi Indonesia yang menampilkan berbagai macam acara yang bertemakan India maupun yang di perankan aktor dari negara tersebut. Di negara ini juga banyak tempat wisata di India yang wajib Anda kunjungi.

Seperti yang kita tahu bahwa India memiliki banyak sekali budaya dan kesenia yang beraneka ragam. Di negara ini pula banyak aktor dan aktris hollywood yang terkenal dan multi talenta di lahirkan. Kesenia dan budaya yang tidak akan ada habisnya untuk kita pelajari dan nikmati. Namun tidak hanya itu di sini juga ada camilan khas India yang memiliki cita rasa tidak ada duanya. Camilan itu antara lain.

  • Samosa

SamosaSamosa adalah camilan khas India yang memiliki rasa seperti pastel orang Indonesia. Bedanya jika pastel Indonesia berbentuk setengah lingkaran sedangkan samosa ini memiliki bentuk segitiga. Camilan ini memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa yang gurih. Namun kini seiring dengan perkembangan waktu dan peradaban yang semakin maju, rasa samosa pun memiliki banyak pilihan selain gurih yakni coklat dan rasa susu.

Jika kita menikmati kuliner khas India baik makanan pokok maupun camilannya maka kita akan merasakan sensasi rempah-rempah di setiap masakannya. Ini di karenakan negara ini masyarakat nya memang senang menggunakan rempah-rempah pada masakan. Di dalam samosa pun terdapat isian yang sudah di olah dengan berbagai macam bahan rempah-rempah.

  • Naan

NaanCamilan berikutnya yang wajib Anda coba ketika ke India adalah naan. Camilan ini adalah roti yang di buat dari tepung ragi. Uniknya roti satu ini masih di buat dengan cara tradisional. Yakni dengan menggunakan oven yang di buat dengan tanah liat atau di India biasa di sebut dengan tandoor. Naan sudah banyak di perjual belikan di Indonesia, namun di Indonesia roti ini lebih terkenal dengan nama roti India.

Masyarakat India biasanya memakan naan karena bosan dengan makanan pokok mereka. Dan untuk menambah cita rasanya biasanya roti ini di makan dengan pendamping ayam tandoori atau palak paneer. Jika Anda ingin mengetahui tentang sejarah agama Islam di kota New Delhi Anda dapat pergi ke Qutub Minar.

Naan memiliki banyak variasi untuk rasanya, salah satunya adalah butter naan. Butter naan di buat dengan cara saat bahan roti naan di oven maka di tambah mentega yang cukup banyak sehingga naan memiliki rasa yang lebih gurih.


  • Dosa

DosaDosa adalah camilan dari india yang terbuat dari bahan dasar tepung beras. Nama yang cukup unik di telinga orang Indonesia tentunya. Jika di Indonesia dosa ini mirip dengan jajanan creepes atau leker. Camilan ini memiliki rasa yang enak dan memiliki tekstur yang kering serta gurih. Dosa juga dapat di buat dari hasil fragmentasi kacang dan beras.

Camilan ini di masak dengan cara menuangkan adonan tepung beras di atas loyang kemudian di tunggu hingga agak mengering dan di gulung selagi panas agar bisa mendapatkan hasil gulungan yang sempurna. Jika Anda berlibur ke India Anda wajib berkunjung ke Taj Mahal yang menjadi tempat wisata terfavorit wisatawan.

Di India dosa biasanya di makan untuk camilan saat pagi sebagai teman sarapan ataupun saat malam hari. Karena memiliki rasa yang tawar masyarakat India biasanya memakan camilan ini dengan berbagai saus khas negara ini. Dosa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan selain itu dosa juga mengandung kabohidrat yang tinggi, rendah lemak, dan juga memiliki kandungan kalori.

  • Jalebi

JalebiCamilan dari India selanjutnya adalah Jalebi. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis. Jalebi terbuat dari tepung yang di bentuk melingkar dan kemudian di goreng hingga matang atau berubah kecoklatan. Setelah matang kemudian jalebi di rendam di sirup gula hingga permukaannya mengkilap dan mengkristal. Di India jalebi juga sering di sebut sebagai permen.

Untuk makanan satu ini paling pas di nikmati oleh lidah orang Jawa ataupun orang Sunda karena rasa manis yang sedikit kental ini hampir sama dengan selera lidah orang Jawa dan Sunda. Jalebi memiliki tekstur kenyal dan berlabis gula yang mengering.

Di India jalebi biasanya di gunakan untuk makanan penutup. Karena rasanya yang sangat manis sebaiknya jangan mengkonsumsi dalam jumlah banyak dalam waktu yang berdekatan. Terlalu banyak gula sangat tidak baik untuk kesehatan.

  • Laddu

LadduSelain jalebi negara India juga memiliki makanan manis lainnya yakni laddu. Bedanya laddu ini adalah roti yang terbuat dari adonan tepung dan gula. Roti yang juga sering di sebut ladoo ini memiliki cita rasa yang manis dan mempunyai bentuk bulat-bulat kecil mirip seperti gulab jamun. Laddu biasanya di buat atau di sajikan dalam acara-acara perayaan ataupun dalam acara keagamaan.

Laddu biasanya di buat menggunakan tepung gandum kasar. Namun selain tepung gandum laddu juga dapat dibuat dengan bahan dasar tepung kacang panjang dan tepung kelapa. Sebelum adonan di bentuk bulat-bulat, biasanya adonan laddu di olesi dengan mentega terlebih dahulu.

Setelah di olesi mentega lalu adonan di bentuk bulat dan di goreng. Roti ini juga sering di sajikan masyarakat muslim India saat hari raya Idul Fitri sebagai hidangan penutup makanan. Atau Anda juga dapat berburu makanan ke tempat wisata di Nepal yang menjadi tetangga dari negara India.

  • Gulab Jamun

Gulab JamunGulab jamun adalah makanan penutup khas India yang sudah di kenal di berbagai negara lain di benua Asia Selatan. Seperti negara Pakistan, Nepal, serta negara Bangladesh. Bahkan gulab janum juga terkenal hingga negara Jamaika dan Trinidad. Makanan ini bisa mendunia karena cita rasanya yang manis dan sangat pas di lidah banyak orang.

Gulab jamun sendiri terbuat dari campuran beberapa bahan. Antara lain biskuit, susu cair, susu bubuk, serta mentega cair. Kemudian bahan di campur merata lalu adonan di bentuk bulat-bulat kecil dan di goreng hingga matang atau sampai bewarna kecoklatan. Setelah matang lalu gulab janum ini di rendam dengan sirup air mawar selama hampir satu hari penuh.

Tunggu sampai sirup air mawar benar-benar meresap barulah gulab janum di angkat dan di nikmati. Jika sirup air mawar tidak ada, bisa di gantikan dengan sirup air gula untuk merendam gulab janum. Ketika Anda bekunjung ke India tidak ada salahnya kalau Anda juga mengunjungi tempat wisata di Maladewa, yang merupakan negara tetangga India.

  • Chapati

ChapatiJika Anda penggemar film India pasti Anda sering mendengar kata chapati untuk nama tokoh. Namun tahukah Anda bahwa di India chapati sendiri sebenarnya adalah nama makanan. Makanan ini di buat dari adonan roti gandum dan sengaja di masak agar tidak mengembang berbeda dengan roti naan yang memiliki tekstur mengembang.


Biasanya chapati di buat dengan cita rasa yang hambar namun ada juga yang menambahkan rasa dengan memasukan lobak, paneer, maupun jenis sayuran lain ke dalam chapati agar masakan ini sedikit memiliki cita rasa.

Masyarakat India umumnya memakan chapati untuk pendamping lauk makanan atau di makan sebagai camilan dengan saus khas India. Di negara ini ada juga makanan yang hampir mirip dengan chapati yaitu roti paratha. Bedanya jika chapati di buat tidak mengembang sedangkan paratha di buat berlapis-lapis dengan lapisan yang tebal.

Nah itu dia beberapa camilan khas India yang dapat Anda coba. Untuk camilan di atas Anda dapat menemukannya di berbagai tempat makan khas India di Indonesia. Karena semakin majunya peradaban manusia maka di Indonesia juga sudah banyak restoran makanan khas India. Selamat berburu kuliner dan semoga hari Anda menyenangkan.

, , , ,
Post Date: Friday 20th, April 2018 / 03:09 Oleh :
Kategori : India