Corcovado Brazil , Wisata Gunung Dengan Panorama Cantik Kota Rio de Janeiro

Corcovado Brazil – Banyak yang mengenal negeri samba Brazil sebagai salah satu raksasa sepak bola dunia dan kemiripan alamnya dengan Indonesia, namun tempat wisata di Brazil juga tidak kalah menariknya untuk ditelusuri dan tentunya dikunjungi. Salah satunya adalah gunung Corcovado yang merupakan bagian dari taman nasional Tijuca yang berada di Rio de Janeiro.

Sekilas Corcovado Mountain Brazil

puncak corcovado dengan patung kristusNama Corcovado dalam bahasa Portugis berarti bungkuk, ini diambil dari bentuk puncak gunung setinggi 710 meter yang memang tampak seperti orang bungkuk. Meski merupakan sebuah gunung yang cukup tinggi, Corcovado masih cukup mudah diakses dari kota Rio de Janeiro dan terletak di sisi barat tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Puncak gunung Corcovado adalah sebuah granit yang secara geologis merupakan bentukan dari formasi batu vertikal. Gunung ini merupakan gunung granit tertinggi di Brazil dan disusul dengan Pedra Agulha. Sama seperti Bukit Bendera di Malaysia, puncak gunung ini juga kerap menarik perhatian wisatawan untuk melihat panorama Rio de Janeiro dari ketinggian.

Atraksi di Corcovado Mountain Brazil

Berwisata ke gunung Corcovado tidak hanya menarik bagi pengunjung umum, telah banyak orang-orang ternama mencapai puncaknya seperti Albert Einstein, Putri Diana, Paus John Paul II, Alberto Santos-Dumont, dan Paus Pius XII.

  • Patung Kristus Sang Penebus

Namanya dalam bahasa Portugis adalah Cristo Redento, yang berarti Kristus Penebus, merupakan patung setinggi 38 meter di puncak gunung Corcovado. Patung Kristus Penebus merupakan salah satu tujuh keajaiban baru dunia. Patung ini dibangun selama sembilan tahun sejak 1922. Panjang lengan Patung Kristus Sang Penebus adalah 28 meter.

Atraksi patung ini adalah salah satu atraksi utama di gunung Corcovado yang menarik pengunjung sekitar 300.000 orang setiap tahunnya. Saat ini tersedia fasilitas seperti tangga berjalan, lift, dan juga gereja katedral yang digunakan untuk proses pembatisan juga pernikahan.

  • Menyaksikan Pemandangan

Lokasi gunung Corcovado yang cukup tinggi juga menarik wisatawan untuk bisa menyaksikan kota Rio de Janeiro dari puncaknya. Pemandangan yang bisa dilihat dari puncak antara lain gunung Sugarloaf, danau Rodrigo de Freitas, pantai Copacabana, pantai Ipanema, Stadion Maracana, pemukiman kelas menengah ke bawah di kota Rio de Janeiro. Waktu terbaik untuk menyaksikan pemandangan adalah saat cuaca sedang tidak mendung dan langit bebas dari awan sehingga pemandangan kota tidak tertutupi.


  • Mendaki

Sebagai bagian dari hutan Tijuca yang juga merupakan taman nasional, banyak orang kerap memilih cara yang lebih menantang untuk bisa sampai ke puncak gunung Corcovado yakni dengan mendaki. Seperti Doi Inthanon National Park di Thailand dengan pesona alamnya, hutan yang akan para pendaki lewati untuk mencapai puncak gunung Corcovado juga menawarkan pesona alam seperti beraneka monyet mulai dari yang kecil (marmoset) hingga yang lebih besar (capuchin), namun jangan terlalu dekat.

Mendaki di Corcovado tergolong ke dalam level menengah dengan jalan-jalan yang agak curam. Namun tersedia peta pendakian dan banyak tanda jalan sehingga kamu tidak perlu takut akan tersasar. Kamu hanya perlu mengikuti seluruh jejak yang ada. Di beberapa titik juga disediakan tempat duduk serta air yang bisa kamu minum untuk melepas dahaga. 

Tiket Masuk Corcovado Mountain Brazil

  1. Untuk bisa mengakses gunung Corcovado dengan mendaki kamu tidak perlu membayar tiket
  2. Menuju ke puncak, setidaknya kamu perlu membayar untuk tiket monumen
  3. Tiket monumen adalah sebesar 24 Real Brazil (sekitar Rp 100.000) saat musim ramai, akhir pekan, dan hari libur.
  4. Sementara untuk musim sepi dan hari kerja harga tiketnya sebesar 12 Real Brazil (sekitar Rp 50.000).
  5. Anak-anak di bawah usia 11 tahun dan manula di atas 60 tahun digratiskan masuk.
  6. Perlu diperhatikan juga bahwa kamu masih harus membayar tiket kereta, bus, atau mobil sewaan. Selain itu bila kamu ingin memasuki area Patung Kristus Sang Penebus, kamu harus membeli tiket terpisah.

Jam Operasional Corcovado Mountain Brazil

Gunung Corcovado tidak memiliki jam operasional tertentu namun keberadaannya yang ada di ketinggian membuat pengunjung akan tergantung dengan jadwal operasional kereta dan kendaraan lainnya. Juga untuk pendakian, sebaiknya tidak dilakukan saat gelap, terutama bagi yang belum berpengalaman.

Akses Menuju Corcovado Mountain Brazil

Lokasi gunung Corcovado yang tidak terlalu jauh dari kota dan lokasinya yang cukup populer membuat tempat ini memiliki cukup banyak cara alternatif yang bisa membawa pengunjungnya sampai ke puncak.

Kereta

  1. Untuk mencapai puncak Corcovado, cara yang paling populer adalah dengan menggunakan kereta Corcovado yang juga merupakan salah satu atraksi wisata tertua di Brazil. Kereta ini sudah ada sejak tahun 1884 dan awalnya menggunakan energi uap untuk bisa berjalan sejauh 3,8 km di permukaan yang curam.
  2. Kereta lalu beralih menggunakan energi listrik di awal 1900 bersamaan dengan reboisasi hutan Tijuca. Kereta ini bahkan berusia lebih tua dari Patung Kristus Sang Penebus yang mulai dibangun sejak 1922.
  3. Kereta Corcovado kini sudah lebih modern. Perjalanan mencapai ke puncak dengan kereta Corcovado berdurasi sekitar 20 menit.
  4. Tiket pulang pergi adalah 46 Real Brazil (sekitar Rp 195.000) untuk dewasa dan separuhnya untuk anak-anak.
  5. Tiket dapat dibeli di stasiun Cosme Velho atau di sekitar pantai Copacabana. Kereta pertama berangkat pada pukul 8.20.

Mobil

  1. Mobil bisa menjadi pilihan bila kamu memang menyewanya untuk berkeliling Brazil atau mendapat fasilitas tur dari hotel.
  2. Selain itu terdapat mobil van yang berangkat dari Largo do Machado Square di depan gereja.
  3. Harganya mulai dari 37 Real Brazil (sekitar Rp 150.000) saat musim sepi atau bisa lebih mahal lagi. Berangkat setiap hari sejak pukul 8.00 – 17.00.
  4. Van terakhir kembali ke bawah sekitar pukul 18.30. Ada juga mobil van lain yang berangkat dari bekas bangunan hotel Paineiras yang harga tiketnya lebih murah, mulai dari 20 Real Brazil (sekitar Rp 80.000) saat musim sepi.
  5. Jam operasionalnya kurang lebih sama dengan mobil van dari Largo do Machado square.
  6. Kedua mobil van menerima pembayaran dengan uang tunai maupun kartu.

Mendaki

  1. Mendaki bisa menjadi pilihan yang menantang bagi sebagian orang, namun akan memberi pengalaman berbeda.
  2. Terdapat alur pendakian yang tersedia dan durasi pendakian pulang pergi sekitar empat jam, dengan jarak pendakian pulang pergi adalah sekitar 4,4 km.
  3. Untuk mendaki, titik paling mudah untuk memulai adalah dari Parque Lage dan kamu bisa menemukan titik awal pendakian di sudut timur laut. 

Akomodasi di Corcovado Mountain Brazil

kereta corcovado

Banyak hotel and guest house yang tersedia di sekitar gunung Corcovado mulai dari yang terjangkau hingga yang memiliki tarif lebih tinggi namun menawarkan lebih banyak fasilitas. Terdapat Corcovado guest house yang memiliki fasilitas kamar seperti asrama di mana kamu akan tidur dalam satu ruangan bersama tamu lain dan berbagi kamar mandi hingga kamar studio dan suite spa yang mengedepankan privasi lengkap dengan fasilitas memadai hanya untukmu.

Sementara Casa Caminho do Corcovado menawarkan penginapan bergaya pedesaan di tengah taman nasional Tijuca di distrik Cosme Velho. Lengkap dengan kasur ukuran besar, sarapan, minibar, dan ruangan ber-AC juga kamar mandi lengkap dengan air panas juga hairdryer, penginapan ini merupakan salah satu favorit para pengunjung. Juga tak boleh dilupakan adalah aksesnya yang sangat dekat dengan stasiun kereta yang akan membawamu ke gunung Corcovado.

, , , ,
Post Date: Wednesday 21st, March 2018 / 04:12 Oleh :
Kategori : Brasil