Wisata Bukit Bendera Penang Malaysia Yang Wajib Dikunjungi

Bukit Bendera Penang – Memandang seluruh kota dari ketinggian selalu menawarkan rasa yang berbeda. Bukit Bendera atau yang juga kerap disebut sebagai Penang Hill adalah obyek wisata yang memfasilitasi kegiatan ini dengan kenyamanan dan pesona. Tidak kurang dari satu juta turis mengunjungi tempat ini setiap tahunnya.

bukit bendera penang menyapa pengunjungBukit Bendera adalah titik tertinggi di Pulau Penang, Malaysia dengan ketinggian 735 meter, sehingga suasananya tenang dan cuacanya tidak sepanas di pusat kota. Meskipun hening dan sejuk, Bukit Bendera Penang bukanlah tempat yang hanya cocok untuk relaksasi dan bersantai. Di sini terdapat beragam fasilitas publik dan wisata alam yang bisa dinikmati setiap pengunjung

Bukit Bendera Penang di Masa Lalu

Di tahun 1788, Bukit Bendera Penang merupakan area yang digunakan untuk menanam stroberi oleh Francis Light, pendiri Penang yang saat itu masih koloni Inggris. Ketika itu tempat ini lebih dikenal dengan nama Strawberry Hill atau Flagstaff Hill, yang merujuk pada bendera di area tempat tinggal pemerintah kolonial.

Selain untuk menanam stroberi, mereka juga menggunakan area lainnya sebagai perumahan saat liburan dan bersantai karena udara di tengah kota yang sangat panas dan rentan dari serangan malaria. Kemudian, kolonial juga mulai membangun bungalow untuk para tentara dan pegawai pemerintah.

Awalnya orang-orang hanya bisa pergi ke Bukit Bendera dengan berjalan kaki, naik kuda atau tandu sehingga tidak banyak orang yang bisa mengaksesnya. Namun sejak dibukanya funikuler pada 21 Oktober 1923, semakin banyak orang Eropa dan China kaya yang membangun perumahan dan villa. Sejak saat itu Bukit Bendera Penang mulai menjadi daerah wisata yang cukup sering dikunjungi.

Atraksi Bukit Bendera Penang

Seperti Jakarta yang lebih mini dan terletak di tempat yang lebih tinggi, Bukit Bendera juga memiliki masjid dan pura yang terletak berdekatan satu dengan lainnya. Masjid Bukit Bendera dibuka pertama kali pada April 1966 oleh gubernur Raja Tun Uda Al Haj dan memberi warna arsitektur Islam di tengah lokasi yang penuh dengan ornamen kolonial.

tram di bukit bendera penangSementara Candi Sri Aruroli Thirumurugan telah ada sejak abad 18 dan merupakan salah satu candi tertua di Penang. Candi bergaya Dravida ini dibangun oleh orang India yang bekerja sebagai pengangkut tandu pemerintah kolonial untuk menghormati dewa Murugan.

Sebagai daerah bekas jajahan, Bukit Bendera menyisakan sejarah lewat bungalow tua bernama Bel Retiro yang dibangun di tahun 1789 untuk tempat tinggal pemerintah saat itu. Bungalow ini merupakan bangunan termewah di sana. Ada juga meriam tua yang berusia lebih dari 200 tahun yang dapat kamu lihat.


Bukit Bendera juga memiliki Museum Burung Hantu yang memamerkan koleksi ratusan karya burung hantu dibuat dari berbagai material seperti batu, kayu, metal, kaca, plastik, tanduk, porselen, dan kertas.

Kegiatan Menarik di Bukit Bendera Penang

Kegiatan yang tentunya wajib dilakukan adalah melihat pemandangan kota George Town yang dapat disaksikan dari Bukit Bendera baik pagi, siang, maupun malam. Di pagi hari kamu bisa menaiki kereta pertama dan menyaksikan matahari terbit dan di malam hari sinar ribuan lampu kota akan memberikan warna tersendiri di antara kegelapan malam. Viewing deck yang tersedia memberikan kesempatan untuk bisa menyaksikan pemandangan dengan lebih jelas.

pemandangan dari puncak bukit bendera penangPada Mei 2017, Bukit Bendera juga mulai membuka kegiatan eko-turisme yang memberi kesempatan bagi pengunjung untuk bisa menikmati alam dengan lebih bebas melalui rute non-kereta. Pengunjung akan diajak untuk mengenal alam Penang dan Bukit Bendera lewat perjalanan di hutan sekitar yang masih memiliki flora dan fauna endemik. 

Ada juga beberapa kegiatan yang dibuka oleh perorangan seperti Little Village yang memberi kamu kesempatan untuk mencoba berbagai macam madu murni, Earthquake & Typhoon Pavillion yang merupakan institusi penelitian dan menawarkan pengalaman untuk merasakan gempa bumi dan topan bagi pengunjung, dan Henna & Spa yang memberikan pelayanan seni henna professional atau cukup merileksasi kaki dengan foot spa.

Jam Buka Bukit Bendera Penang

  • Bukit Bendera sebenarnya buka setiap saat namun kereta tersedia sejak pukul 6.30 – 23.00
  • Loket penjualan tiket kereta buka sejak pukul 6.30 – 22.30

Tiket Masuk Bukit Bendera Penang

Mengunjungi Bukit Bendera Penang sebenarnya kamu tidak harus membeli tiket masuk, namun untuk mencapai puncak dengan berjalan kaki kamu harus melewati area yang cukup curam dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sehingga tim manajemen Bukit Bendera menjual tiket tram/ kereta yang akan membawamu dengan nyaman sampai ke puncak dan bisa dibeli di situsnya langsung.

  1. Harga tiket dua arah untuk orang asing dimulai dari 15 – 30 Ringgit Malaysia.
  2. Bila kamu hanya ingin membeli tiket satu arah, harga untuk orang asing dimulai dari 8 – 15 Ringgit Malaysia.
  3. Tersedia juga jenis tiket lainnya seperti tiket jalur cepat, tiket monthly pass dan annual pass. Sementara orang berkebutuhan khusus tidak perlu membeli tiket
  4. Bila kamu datang dengan grup minimal 10 orang dan tertarik untuk trekking, Bukit Bendera menawarkan pemandu hutan dimulai dari harga 15 Ringgit Malaysia

Akses Menuju Bukit Bendera Penang

pemandangan george town dari bukit bendera penang

  1. Bukit Bendera berlokasi di Jalan Stesen Bukit Bendera, Ayer Itam 1, 11500 Pulau Pinang. Untuk mencapai lokasi kamu memiliki beberapa alternatif.
  2. Dengan bus 204 dan berhenti di halte Bukit Bendera. Bus ini berangkat dari Jetty dan melalui sembilan halte. Bus ini adalah satu-satunya yang punya pemberhentian langsung di Bukit Bendera.
  3. Bus Rapid Penang yang melintas setiap 30 menit sekali. Gunakan Bus City Route dan berhenti di stasiun 03.
  4. Bila kamu pergi dengan grup, Uber bisa menjadi alternatif.
  5. Apabila kamu menggunakan mobil, www.penanghill.gov.my yang diasuh oleh pemerintah menyediakan petunjuk detail dari Old Bridge, jembatan Sultan Abdul Halim, dan bandara Penang.
  6. Taksi juga banyak tersedia di Penang dan bisa menjadi alternatif transportasi

Tips Pengunjung Bukit Bendera Penang

  1. Peta dan Petunjuk

Bukit Bendera bukanlah tempat yang kecil, beberapa atraksi yang tersedia terletak di tempat yang mungkin tidak langsung terlihat. Namun di sana tersedia papan petunjuk lengkap dengan petanya. Jangan sia-siakan fasilitas itu agar tidak bingung. 


  1. Pakaian yang Nyaman

Bukit Bendera memiliki cuaca yang kurang lebih mirip dengan Puncak Bogor. Sesuaikan pakaianmu dengan suhu udara saat berkunjung. Jangan sampai datang dengan baju tipis saat udara sedang dingin atau tidak mengenakan topi saat matahari sedang terik.

  1. Perhatikan Waktu

Bukit Bendera hanya menyediakan fasilitas kereta hingga pukul 23.00. Bila kamu melewatkan kereta terakhir, pilihannya adalah berjalan melalui hutan selama 2 jam lebih atau bermalam di atas hingga kereta datang lagi esok paginya. Walau ada hotel, namun biayanya tidaklah murah dan ukuranya tidak terlalu besar.

  1. Ekstra Uang atau Camilan

Kamu mungkin akan merasa lapar saat berada di puncak Bukit Bendera. Bila mau berhemat jangan lupa membawa camilan sendiri. Namun bila kamu tak ingin repot, ada beberapa restoran dan kios penjual makanan di sana.

  1. Jaga Tiket Kereta

Tiket dua arah diberikan sejak kamu pertama kali membeli dan akan kamu gunakan untuk menaiki kereta saat turun dari bukit, kehilangan tiket artinya berjalan kaki atau membeli tiket lag

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

, , , ,
Post Date: Wednesday 21st, February 2018 / 06:29 Oleh :
Kategori : Malaysia