10 Makanan Halal Di Belanda Wajib Dicoba Wisatawan Muslim

Makanan Halal di Belanda – Berwisata ke Eropa bagi seorang muslim merupakan suatu tantangan tersendiri. Pasalnya, Penganut muslim di Negara-negara eropa memang tergolong sangat sedikit. Salah satunya adalah jika anda berkunjung di Tempat Wisata di Belanda . Muslim di Belanda tergolong cukup banyak jika dibandingkan dengan Negara-negara Eropa di bagian barat lainya, dimana penganut muslim di Belanda sebesar 6% dari total penduduk Belanda.

Untuk mencari makanan halal di Belanda, tentunya juga cukup jarang restoran-restoran yang menjual makanan halal atau yang sudah bersertifikat halal. Kebanyakan makanan halal di Belanda di dominasi oleh masakan-masakan dari timur tengah seperti Makanan Khas Maroko , Turki, Arab dsb. Serta beberapa negara-negara Asia lain seperti India, Indonesia dan Malaysia. Dan, jika anda ingin menikmati wisata kuliner di restoran-restoran Belanda yang tidak mencantumkan halal, pastikan dahulu kehalalanya dengan menanyakan ada kandungan babi atau tidak. Karena bahan baku babi sangat sering digunakan restoran di Belanda untuk menyajikan masakannya.

Bagi anda yang kebingungan menikmati makanan belanda yang halal, yuk kita simak beberapa makanan halal di Belanda yang bisa anda nikmati berikut ini.

1. Lekkerbekje dan Kibbeling

LekkerbekjeKibbelingIni merupakan makanan yang berasal dari  ikan yang krispi. ‘Lekkerbekje’ dan ‘Kibbeling’ merujuk pada ikan putih yang digoreng, biasanya kibberling menggunkaan ikan codfish atau whiting yang didapatkan dari Laut Utara. Dari segi bahan bakunya makanan ini termasuk makanan halal di Belanda.

Satu-satunya perbedaan antara kibbeling dan Lekkerbejke adalah ‘kibbeling’ ikan yang digoreng di potong terlebih dahulu menjadi kecil-kecil, sedangkan ‘lekkerbekje’ tidak dipotong. Biasanya ‘Kibbeling’ disajikan dengan saus celup seperti saus remoulade berbasis mayonnaise (mirip dengan saus tartar) atau saus bawang putih. Anda dapat mencicipi makanan laut lezat ini di kios yang sama di jalanan atau pasar.

2. Oliebollen

OliebollenOliebollen adalah makanan tradisional Belanda. Makanan ini biasanya dapat dengan mudah anda temukan pada Malam Tahun Baru.  Penyajianya sangat mirip dengan donat. Dimana ‘Oliebollen’ biasanya disajikan dengan taburan gula bubuk. Hanya saja biasanya Oliebollen berbentuk seperti bola.

‘Oliebollen’ merupakan kue dari Adonan yang terbuat dari telur, ragi, garam, tepung, susu dan bubuk kue. Terdapat Dua varietas oliebollen yaitu dengan dipanggang secara normal atau bisa juga dengan kismis. Untuk anda yang muslim, jika dilihat dari bahanya makanan ini merupakan salah satu makanan halal di Belanda yang bisa anda cicipi. 


3. Pannenkoeken

pannenkoekenPannenkoeken merupakan pencake umum yang bisa anda temui di seluruh dunia. Tetapi pancake versi Belanda lebih besar dan lebih tipis daripada pancake Amerika, tetapi lebih tebal dari crêpe Perancis. Anda bisa menemukan berbagai pancake di Belanda di beberapa kios-kios kue di Amsterdam.

Kebanyakan konsep Pancake di Belanda dibuat seperti pizza, dengan satu atau lebih topping yang berbeda seperti irisan bacon, keju, apel atau kismis.

Pancake polos sering dimakan dengan sirup gula atau gula bubuk. Pancake Belanda terbuat dari susu, tepung dan telur, jadi bisa dikatakan makanan ini halal untuk dikonsumsi.

4. Bitterballen

BitterballenBitterballen adalah makanan ringan favorit Belanda dan dapat dipesan di hampir setiap kafe. Bola-bola dengan bahan dasar daging yang gurih ini digoreng dan biasanya disajikan dengan mustar. ‘Bitterbal’ memiliki lapisan tepung roti yang renyah dengan isian lembut di bagian dalam.

Hati-hati saat mencobanya, karena isinya bisa sangat panas. Di dalam ‘bitterbal’ Anda akan menemukan campuran daging sapi, kaldu daging sapi, mentega, tepung untuk penebalan dan rempah-rempah, jadi secara umum bitterballen cukup halal untuk anda.’Bitterballen’ sangat mirip ‘kroketten’ dalam komposisi, persiapan, serta rasanya.

5. Haring

HaringHaring atau ‘Hollandse Nieuwe’ merupakan salah satu makanan Belanda yang paling terkenal dan halal. Karena sajian ini dibuat dari ikan haring segar. Ikan haring mentah disajikan bersama dengan potongan bawang mentah dan ketimun. Haring sangat mirip dengan Makanan khas di jepang.

Di Belanda, ikan haring biasanya dimakan dalam sekali lahap. Ikan haring segar, dipegang ekornya dan ditelan dari atat. Jika anda belum terbiasa, anda bisa memakanya dalam potongan-potongan kecil atau di sandwich atau yang biasa disebut ‘broodje haring’.

Penyajian ikan haring adalah dengan  cara Ikan haring dibersihkan, kepalanya dibuang dan kemudian diawetkan dengan cara khusus (dengan garam). Anda dapat membeli ikan haring di sekitar Amsterdam di toko-toko atau di stan-stan pinggir jalan.

6. StroopWafel

stroopwafleMerupakan salah satu makanan Populer Belanda di seluruh dunia yang bisa anda jadikan oleh-oleh khas belanda. Stroopwafe’ tidak diragukan lagi adalah kue paling terkenal dan populer dari Belanda . ‘Stroopwafel’ adalah jenis kue yang unik. Ini adalah wafel yang terbuat dari adonan yang dipanggang dan diiris secara horizontal. Dua lapisan tipis wafel diisi dengan sirup manis yang lengket. Adonan kaku untuk wafel terbuat dari mentega, tepung, ragi, susu, gula merah, dan telur. Selain enak makanan ini juga Halal.

‘Stroopwafel’ berasal dari Gouda, sebuah tempat di selatan Amsterdam. Makanan ini pertama kali dibuat pada akhir abad ke-18 oleh tukang roti yang menggunakan sisa makanan dari toko roti, seperti remah roti dan dipermanis dengan sirup.

Anda dapat membeli ‘stroopwafels’ di setiap supermarket. Tapi untuk stroopwafels terbaik di Amsterdam, Anda bisa mengunjungi ‘Landskroon’ Bakery  di Singel 385, Amsterdam atau ke Pasar Albert Cuyp. Salah satu outlet stroopwafel halal berada di Albert Cuypstraat, 1073 BD Amsterdam, Belanda.

Harga : Original 1,5 Euro, tambah Cokelat 2 Euro.

7. Poffertjes

PotterjesPoffertjes merupakan salah satu kue tradisional Belanda. Kue ini terlihat seperti pancake kecil yang imut dan pulen. Dibuat dengan ragi dan tepung gandum dan biasanya disajikan dengan mentega dan gula bubuk, jika dilihat dari komposisinya poffertjes sangat aman bagi anda yang muslim.

Biasanya poffertjes disajikan di dalam kardus kecil dengan garpu kecil. Sedangkan mentega dan gula bubuk merupakan topping yang paling umum digunakan. Selain menggunakan mentaga dan gula bubuk, krim kocok, sirup, dan stroberi juga dapat dengan mudah anda temukan.

8. Kroket

kroketMerupakan daging lembut yang digulung dan dilapisi tepung. Kroket Belanda asli biasanya terbuat dari daging sapi atau daging sapi muda, tetapi ada banyak rasa yang berbeda seperti ayam, udang, atau bahkan kroket vegetarian. Namun anda juga harus hati-hati karena kroket di Belanda terkadang terdapat daging babi.

Kroket biasanya dimakan sebagai camilan, Namun, terkadang di Belanda juga disajikan di atas roti putih atau roti hamburger dengan mustar di sampingnya. Anda bisa membeli ‘kroket’ hampir di seluruh tempat di Amsterdam.  Anda bahkan bisa membelinya dengan salah satu mesin penjual makanan khas Belanda yang diisi dengan hamburger dan makanan ringan. Salah satu restoran kroket paling populer adalah The ‘Febo’.

9. Patat

patatPatat merupakan French Fries versi belanda yang juga halal, jika digoreng dengan minyak kelapa. Di Belanda, kentang gorng memiliki banyak nama berbeda seperti ‘Friet’, ‘Frites’, ‘Patat’ atau ‘Vlaamse frieten’. Patat memiliki ukuran lebih tebal dari kentang goreng biasa.

Biasanya Patat juga disajikan dengan berbagai saus  seperti mayones, saus tomat, kari atau saus kacang. Kombinasi topping yang paling terkenal adalah mayonnaise, potongan bawang mentah dan saus kacang dan disebut ‘patatje oorlog’. Salah satu outlet penjual Patat halal adalah di Chipsy King Damstraat 8; Damstraat 8 1012JM Amsterdam.

Harga : Mulai dari 2 Euro


10. Stammport

StampotStamppot merupakan salah satu hidangan tradisional Belanda yang halal. Makanan ini terbuat dari kentang tumbuk yang dicampur dengan sayuran seperti kale, wortel, endive atau sauerkraut. ‘Stamppot’ pada zaman dahulu disajikan selama musim dingin dan dinikmati dengan ‘rookworst’.

Beberapa restoran menyediakan menu khas dan halal ini. Dan bahkan ada perusahaan kecil di Amsterdam yang bernama “Stamppotje”, yang hanya menyajikan hidangan stammport saja.

Diatas merupakan beberapa makanan halal di Belanda yang bisa anda coba. Dan usahakan untuk menanyakan bahan yang digunakan terutama minyak babi, jika anda berkunjung di restoran yang tidak mencantumkan logo halal.

, , , ,
Post Date: Thursday 26th, April 2018 / 15:48 Oleh :
Kategori : Belanda