7 Makanan Khas Frankfrut Incaran Wisatawan

Memiliki nama lengkap Frankfurt am Main, adalah pusat ekonomi dan bisanis yang penting di Jerman. Frankfurt juga mendapat julukan sebagai Mainhattan dan Chicago in the Main. Kota ini bahkan masuk ke dalam salah satu kota terbaik untuk hidup dan berbisnis

. Kota dengan pesona yang menawan ini memang tidak pernah kehabisan untuk menarik perhatian pengunjung. Salah satu yang paling terkenal adalah Romerberg yang merupakan alun-alun dengan air mancur yang bernama Gerechtigkeitsbrunnen atau diartikan sebagai Air Mancur Keadilan di pusatnya.

Alun-alu ini juga menjadi kawasan tersibuk bagi pejalan kaki dan menjadi pusat bagi tempat wisata di sana. Kawasan ini memiliki Romer yang merupakan 11 bangunan indah yang telah berdiri puluhan tahun lalu.

Gereja, museum sejarah budaya, bangunan tua, hingga restoran yang buka 24 jam bisa dijumpai di kawasan ini. Nah, selain jalan-jalan dan menikmati keindaan bangunan tua di kota ini, berikut ini ada beberapa makanan khas Frankfurt yang wajib dicoba oleh pecinta kuliner seperti anda.

1. Schnitzel

Schnitzel

Adalah olahan daging yang cara memasaknya dengan menipiskan daging dengan cara menumbuknya dan digoreng menggunakan minyak maupun lemak hewan. Istilah ini paling umum untuk menyebut olahan daging yang dilapisi tepung, telur kocok, dan remahan roti yang kemudian di goreng.

Sebetulnya sajian ini berasal dari Austria, namun kemudian diadopsi di Jerman dan sangat terkenal di Frankfurt. Berikut ini beberapa varian dari schnitzel yang bisa dijumpai di restoran Jerman.

  • Jägerschnitzel, adalah schnitzel yang disajikan dengan saus jamur.
  • Schnitzel Wiener Art, makanan khas Frankfurt ini menggunakan daging babi yang ditumbuk dan dilapisi tepung roti kemudian digoreng. Biasanya disajikan bersama irisan lemon dan kentang goreng.
  • Münchner Schnitzel, adalah vaias lain dari wiener schnitzel yang menggunakan tambahan lobak dan mustard sebelum daging dilapisi tepung untuk digoreng.
  • Rahmschnitzel, merupakan schnitzel yang penyajiannya menggunakan saus krim, sehingga mengandung beberapa jenis jamur.
  • Zigeunerschnitzel disebut juga dengan zigeunerschnitzel yang menyajiannya menggunakan tomat, paprika, dan irisan bawang bombay.

2. Maultaschen

Maultaschen

Makanan khas Frankfurt ini mirip sekali dengan ravioli atau pangsit yang berukuran besar dengan bentuknya yang segi empat. Makanan ini memiliki isian daging cincang, daging asap, bayam, tepung roti, dan bawang bombay. Soal rasa tidak perlu ditanya lagi, karena sudah pasti sangat gurih dan aromanya pun wangi menggugah selera.

Konon, makanan ini dibuat oleh biarawan untuk menutupi fakta bahwa mereka memakan daging ketika berpuasa. Biarawan tersebut menyembunyikan daging cincang di balik adonan pasta dan bayam, karena mereka percaya bahwa Tuhan tidak akan bisa melihat daging di dalam isian tersebut.

Secara tradisional makanan ini disantap dengan cara gerostet, yaitu dengan memotongnya menjadi lebih kecil dan digoreng bersama irisan bawang bombay serta telur orak-arik. Cara lain untuk menyantapnya yaitu dengan in der bruhe yaitu disiram dengan kuah sayur, maupun geschmalzt yang disajikan dengan mentega dan irisan bawang bombay.

Jika ingin membuatnya sendiri sangat mudah, adonan pasta terbuat dari telur, tepung terigu, dan air yang kemudian harus diuleni hingga kalis loalu digiling untuk ditipiskan. Sebagai isiannya daging bisa dimasak hingga setengah matang terlebih dahulu. Lalu setelah dimasukkan ke dalam adonan pasti bisa direbus atau dikukus, lebih nikmat jika disajikan ketika masih hangat.

3. Schweinshaxe

Schweinshaxe

Makanan khas Frankfurt ini dikenal juga dengan istilah “ham hok” atau “pork knuckle”, yang merupakan masakan tradisional di Jerman Selatan. Walaupun bisa dijumpai di restoran lain di seluruh Jerman, namun Frankfurt memiliki rasa khasnya sendiri.

Makanan ini biasanya dihidangkan bersama kentang dan aneka macam sayur hijau. Hidangan ini terbuat dari kaki babi yang cara memasaknya membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Hal tersebut untuk membuat kaldu dan daging terasa lebih empuk.

Di daerah pedesaan yang dihuni oleh Belanda Pennsylbania di Atlantik Tengah, hoks adalah bahan yang umum digunakan untuk membuat roti daging. Sedangkan di Austri, hidangan serupa disebut dengan Stelze. Selain hidangan di atas, Frankfurt masih memiliki beberapa daftar makanan lain yang bisa disajikan kepada paa wisatawannya. Apa saja daftar makanan tersebut? Ini dia daftarnya.

  • Grüne Soße,adalah salah satu saus dingin paling terkenal dan menjad khas dari Frankfurt. Saus ini biasanya dituangkan di atas hidangan daging sapi, telur rebus, maupun kentang. Cara membuatnya sendiri dengan mengkombinasikan mayones, yoghurt, krim, keju quark, dan tujuh macam tanaman herbal.
  • Handkäs mit Musik, merupakan salah satu hidangan yang wajib dicicipi oleh pecinta keju. Makanan ini banyak disajikan di restoran-restoran dan sebagian besar pub. Cara membuat sajian ini adalah dengan merendamnya ke dalam minyak, cuka, garam, merica, bawang, dan yang paling penting adalah jintan.
  • Rindswurst
  • Frankfurter Kranz

Selain ketujuh makanan khas Frankfurt tersebut, Negara Jerman juga memiliki jajanan khas yang siap untuk memanjakan lidah para turis. Dan berikut ini adalah daftar jajanan yang bisa menemani perjalanan wisatawan di Jerman.

  • Kartoffelsalat, tidak hanya terkenal di Jerman tapi juga populer di Seluruh Eropa. Makanan ini berupa salad yang terbuat dari kentang rebus, daging sapi, tomat, susu. telur, bawang, cuka, dan mayones.
  • Schaschlik, bisa dibilang sebagai sate khas Jerman, yang tusukannya terdiri dari daging, paprika, bacon, dan zukini yang dipanggang yang mumnya disantap dengan roti.
  • Germknodel, adalah roti dengan tekstur yang yang sangat lembut. Kudapan ini disajikan bersama saus vanila, biji-bijian, gula, dan saus plum yang disiramkan di atasya. Sangat mudah sekali menemukan kue khas ini, terutama ketika Natal dan Paskah.
  • Laugenbretzel, bukan saja terkenal di Eropa tapi juga sangat terkenal di dunia. Jajanan ini adalah sejenis roti yang dipanggang dengan bentuk simpul. Memiliki warna coklat yang eksotis dan biasanya diberi tabuan garam, gula, cokelat, biji wijen, maupun mentega.

Sudah tahu tentang makanan khas Frankfurt hingga jajanan khas Jerman, masih kurang apa lagi coba? Setelah membaca artikel ini pasti anda semakin tertarik dan ingin segera liburan ke Jerman, khususnya Kota Frankfurt.

Sebelum pergi, tidak ada salahnya untuk menyimak juga beberapa artikel wisata berikut ini. Siapa tahu dengan membacanya anda bisa mendapat referensi baru untuk menentukan tujuan wisata berikutnya.

, , , ,
Post Date: Monday 21st, October 2019 / 10:35 Oleh :
Kategori : Jerman