6 Makanan Khas India Paling Enak Dan Favorit Wisatawan

Membicarakan soal jalan – jalan ke India tak akan ada habisnya. Salah satu negara di Asia Selatan yang penuh dengan wisata sejarah dan alam yang indah ini juga merupakan negara yang cukup diminati banyak wisatawan dengan berbagai status ekonomi. Sebagai pelancong, tentunya kamu juga tak boleh melewatkan makanan khas India yang akan menggoyang lidah karena kekayaan rasanya yang tiada tara. Mulai dari makanan – makanan yang sudah terkenal seperti ayam tandoori atau yang masih asing seperti rogan josh.

Tentunya kamu sudah tahu bahwa India juga merupakan negara yang memiliki kekayaan rempah – rempah melimpah. Ditambah alamnya yang sangat besar dan wilayahnya yang beragam, tak heran bahwa India juga memiliki banyak makanan yang memiliki cita rasa kaya. Bila kamu tengah berada di India, maka jangan lupa menilik daftar makanan yang telah kami data ini untuk mencicipi sebanyak mungkin yang kamu bisa.

Namun, bila kamu masih sekedar merencanakan perjalanan maka sebaiknya bersiaplah mencari tempat – tempat terbaik untuk menikmati kuliner – kuliner asal India berikut ini.

  1. Ayam Tandoori

ind-ayam-tandooriTidak hanya tempat wisata di India saja yang terkenal, ada juga menu yang sudah mendunia seperti ayam tandoori atau yang di Indonesia kerap disebut sebagai chicken tandoori saja. Menggunakan saus khusus tandoori masala, makanan ini sangat sedap bila dijadikan lauk pendamping nasi basmati.

Ayam tandoori dibuat dengan cara dibakar atau dipanggang di atas api, bila dimasak secara tradisional. Selain nasi basmati, ayam tandoori juga biasa disajikan bersama dengan naan, yang juga akan kami bahas.

Menu ayam tandoori berasal dari India Utara dan dibuat dengan campuran saus tandoori masala yang mengandung yogurt, bumbu rempah, serta cabe (biasanya cabe merah Kasmir). Kemudian ayam ini akan dimarinasi selama beberapa saat agar bumbunya meresap. Meski berasal dari India Utara, ayam tandoori tidak hanya bisa ditemukan di wilayah itu saja. Saat ini ayam tandoori sudah bisa ditemukan di banyak tempat. Akan tetapi tentunya tak ada salahnya menuju ke India Utara untuk memperoleh rasa yang khas tempat asalnya.

  1. Ayam Mentega

ind-ayam-mentegaMeski namanya ayam mentega, makanan yang pertama kali dibuat pada tahun 1950 an di dapur Moti Mahal, Daryaganj, Delhi ini, tidak memiliki kemiripan sama sekali dengan menu ayam goreng mentega yang terkenal di Indonesia yang lebih mendapat pengaruh dari menu China.

Nama ayam mentega sendiri ternyata hanya mewakili satu bahan yang digunakan yakni mentega, dibanding puluhan rempah lain yang juga digunakan di dalam masakan.


Kuliner ayam mentega India memiliki saus kental mirip makanan – makanan khas Sumatera Barat dengan rempah yang banyak. Resep tradisionalnya biasa dimasak di dalam kuali dengan bumbu – bumbu seperti tomat segar, bawang putih, kapulaga, Khoa, jinten, cengkih, ketumbar, lada, dan krim segar atau yogurt. Di antara semua makanan India, menu ini adalah yang paling terkenal di kalangan wisatawan Barat.

  1. Ayam Tikka Masala

ayam tikka masalaMasih berbicara tentang ayam, ada lagi satu menu makanan khas India yang akan menggoyang lidah yakni ayam tikka masala. Mungkin kamu sudah melihat beberapa kaleng saus siap guna di supermarket internasional di mall besar yang menjual saus bernama sama.

Namun jangan dulu menganggap tak ada gunanya mengejar – ngejar menu aslinya langsung ke India, karena tentu sangat berbeda. Tampak mirip seperti rendang dan biasa dimakan bersama nasi putih basmati atau melati, ayam tikka masala memiliki rasa yang sangat kaya.

Akan tetapi tidak seperti rendang yang dagingnya memang direndang, ayam tikka masala dimasak dengan cara dipanggang. Saat penyajian, ia biasanya disajikan dalam siraman saus kental kaya rasa yang terbuat dari bahan – bahan seperti tomat, cabe, bawang putih, dan jahe. Semua saus ini meresap hingga ke dalam daging ayam. Jadi, salah satu tanda ayam tikka masala yang enak adalah yang bagian dalam dagingnya sudah tidak putih lagi, karena artinya bumbu sudah meresap.

  1. Rogan Josh

ind-rogan-joshMakanan yang namanya mirip dengan bintang India ini sebenarnya memiliki arti harfiah lembu merah. Menu ini merupakan salah satu menu yang terpengaruh dari Persia dan Mughal. Rogan josh sendiri berasal dari daerah Kasmir dan menggunakan bahan cabe merah kering Kasmir yang menghasilkan warna serupa pada hasil akhirnya.

Meski begitu, rogan josh bukanlah makanan bercita rasa pedas karena ada campuran krim yang membuat sausnya terasa lebih lembut dan bisa diterima lidah.

Bahan – bahan rogan josh terdiri dari potongan daging lembu dengan saus yang dibuat dari bawang bombay atau bawang merah yang dikaramelisasi, yogurt atau krim, bawang putih, jahe, cengkih, daun salam, kapulaga, dan kayu manis. Rogan josh biasanya dimakan bersama dengan nasi putih dalam keadaan panas. Menyingkirlah ke salah satu restoran untuk menikmati menu satu ini selepas kelelahan mengunjungi berbagai tempat terkenal di India.

  1. Malai Kofta

ind-malai-koftaBagi yang sangat berminat dengan makanan khas India yang akan menggoyang lidah namun terbentu beberapa prinsip atau aturan pribadi seperti misalnya pilihan menjadi vegetarian, maka malai kofta bisa menjadi jawabanmu.

Malai kofta merupakan makanan berbentuk bola yang disiram saus berempah yang kaya. Kofta sendiri merupakan nama makanan berbentuk bola yang terbuat dari daging yang tersebar di banyak negara Asia Selatan, Timur Tengah, hingga Eropa Selatan. Namun, kofta di sini dibuat dari sayur-sayuran, jadi bebas daging.

Kofta dalam malai kofta dibuat dari campuran kentang, wortel, kacang kapri, kacang polong, jagung manis, serta paneer (keju khas India yang teksturnya mirip tahu putih). Kemudian sausnya sendiri dibuat dari krim, tomat, kacang mete, dan rempah – rempah. Nama malai sendiri artinya adalah krim. Biasanya malai kofta dimakan bersama dengan nasi yang membuat perpaduan rasa rempahnya sangat pas ketika sampai di lidah.

  1. Naan dan Roti

ind-roti-sarson-da-saagMungkin sebagian besar orang lebih mengenal Taj Mahal ketimbang Hawa Mahal sebagai tempat ikonik di India. Akan tetapi tak ada orang yang tak akan mengenal naan dan roti saat membicarakan makanan India.

Keduanya berfungsi sebagai makanan pokok mirip seperti nasi di Indonesia, dengan porsi naan yang lebih umum dan menyebar di seluruh India sementara roti biasanya lebih digunakan sebagai pendamping makanan tertentu saja. Naan dibuat dari tepung biasa, sementara roti dibuat dari tepung jagung.


Biasa disebut Indian flatbread, naan memang berbentuk tipis dan memiliki kemiripan dengan makanan sejenis di negara lain seperti tortilla di Meksiko atau lavas dari Turki. Namun tentunya cara pembuatan naan tak bisa disamakan. Naan dibuat dengan menggunakan tepung, yogurt dan dioles mentega saat masih panas untuk kemudian langsung disajikan bersama mayoritas makanan India. Versi yang lebih modern menyajikan naan dengan rasa bawang putih atau keju. Secara tradisional, naan dibuat dalam tandoor atau kuali tanah liat khas India.

Sementara roti lebih sering disajikan di wilayah Punjabi, India khususnya bersama Sarson ka Saag. Nama menunya sendiri sudah cukup terkenal secara paket yakni Makki ki Roti aur Sarson ka Saag. Sarson ka Saag adalah sejenis saus kental yang lebih mirip pasta dibuat dari daun mustard dicampur bayam dan berwarna hijau. Tampangnya mirip dengan sambal ijo namun rasanya lebih cenderung kaya rempah dibanding pedas. Biasanya menu ini umum disajikan pada musim dingin sebagai sajian bernutrisi.

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 07:07 Oleh :
Kategori : India