9 Oleh-oleh khas Hanoi Terfavorit dan Terpopuler

Oleh-oleh khas Hanoi – Hanoi adalah ibu kota Vietnam yang cukup populer dengan wisata sejarahnya. Ya, kota ini menjadi saksi perang saudara yang berlangsung selama ratusan tahun di Vietnam. Di kota ini anda dapat dengan mudah menemukan berbagai oleh-oleh khas Vietnam khususnya berbagai souvenir asli dari Hanoi.

Untuk bisa lebih dekat dengan Hanoi pada zaman dahulu, anda bisa berjalan-jalan di sepanjang Kawasan kota tua Hanoi, dimana anda bisa mempelajari sejarah,  mengagumi arsitektur, budaya, masakan, dan produk-produk lokal yang bisa anda jadikan oleh-oleh.  Terdapat banyak sekali pedangang oleh-oleh di Hanoi, namun ada beberapa yang memang bukan asli dari Hanoi. Lalu apa sajakah oleh-oleh khas Hanoi? Yuk simak ulasanya berikut ini.

1. Teh Bunga Lotus

lotus

Lotus merupakan bunga nasional Vietnam yang dapat ditemukan berbagai tempat  di Vietnam. Namun, salah satu tanaman bunga Lotus yang paling populer terletak di Danau Barat Hanoi. Dimana varietas Lotus ini memiliki aroma yang cukup kuat.

Selama bertahun-tahun, para pembuat teh di Hanoi telah menguasai seni membuat teh hijau dengan aroma dari bunga lotus. Untuk membuat 1 kilogram racikan teh bunga lotus di butuhkan sekitar 1.500 bunga lotus segar. Oleh sebab  itu, teh bunga lotus memiliki harga yang cukup mahal.

Namun, harga yang mahal tersebut cukup sepadan dengan rasanya yang unik. Secangkir teh hijau bermutu tinggi yang dikombinasikan dengan aroma lotus yang lezat membuat rasa teh menjad lebih segar, dan manis, dengan aroma bunga Lotus yang melekat di mulut.

Harga untuk satu kilo teh bunga lotus mulai dari  VND 5 juta hingga VND 8 juta. Tersedia juga kemasan 125 g yang lebih cocok untuk oleh-oleh kolega maupun kolega di rumah. Anda bisa membelinya di Huong Mai Cafe, Trasen, atau di Che Minh Cuong.

2. Sutra Hanoi

sutra

Hanoi merupakan salah satu produsen sutera terbaik di Vietnam. Ya, produksi sutra di Hanoi berpusat di  desa Van Phuc, yang memiliki sejarah lebih dari seribu tahun lamanya sebagai tempat pemintalan sutra. Desa ini hanya berjarak 8 km barat daya dari pusat kota Hanoi.

Disini anda juga bisa melihat langsung dan mempelajari proses menenun sutra-sutra tersebut. Dan tentu saja, anda bisa membeli berbagai produk dengan harga murah untuk dijadikan oleh-oleh bagi sanak saudara dan keluarga di rumah. Disini anda bisa membeli kain mentah, syal, Ao Dai, gaun, dasi,dan tas.

Untuk satu meter kain sutra mentah, dihargai 150.000 VND, syal dengan harga 480.000 VND, tas seharga 240.000 VND, atau Khaisilk yang cukup populer dengan harga mulai dari 500.000 VND hingga 800.000 VND.

3. Kain Sulaman Hanoi

sulaman

Hanoi adalah tempat yang tepat untuk membeli produk-produk sulaman di tempat wisata di Vietnam. Ya, kain sulaman khas Hanoi memiliki kualitas, dan harga yang sangat bersaing. Produk yang tersedia meliputi sapu tangan, sprei, selimut, bed throw, sarung bantal, serbet, karpet, alas meja, tas, pakaian dalam, gaun dan lain sebagainya.

Produk-produk tersebut memiliki desain-desain yang beragam, beberapa desain terbaik yang sangat populer adalah gambar naga agung dan bunga lotus. Harga untuk bisa membawa pulang kain tenun ini adalah mulai dari 30.000 VND hingga 300.000 VND.  

Anda bisa membelinya di berbagai outlet oleh-oleh yang tersebar di Hanoi, seperti di Tan My Designs yang beralamat di 61 Hang Gai Street, Distrik Hoan Kiem, Hanoi, atau di Chi Vang Shop yang beralamat di  17 Trang Tien, Hoan Kiem, Hanoi.

4. Do Paper

do paper

Do paper merupakan salah satu jenis kertas tradisional yang populer di Vietnam. Kertas ini dibuat dari kulit balansae Rhamnoneuron, tanaman liar yang tumbuh di tepi sungai Hanoi.

Kertas ini lebih tahan lama dibandingkan kertas biasa dan selama ratusan tahun lamanya telah digunakan untuk membuat berbagai kesenian.  Salah satunya adalah lukisan Dong Ho yang populer di Vietnam, juga sering menggunakan kertas Do paper sebagai tempat untuk melukis.

Untuk bisa membeli oleh-oleh khas Hanoi yang satu ini, anda bise menuju ke old quarter Hanoi. Dimana anda bisa menemukan berbagai toko kerajinan yang menjual produk do paper dalam berbagai bentuk, seperti kartu ucapan, kartu pos, notebook, dan berbagai peralatan kantor yang unik. Harga per produk mulai dari 35.000 VND hingga 45.000 VND.

5. O Mai

O mai

O Mai adalah buah-buahan kering yang dicampur dengan gula, garam, jeruk nipis, cabai, dan jahe untuk mendapatkan rasa asin, manis, asam, dan pedas yang pas. Buah yang paling umum digunakan untuk membuat O Mai adalah plum, aprikot, persik, dracontomelum, belimbing, asam, kumquat, nanas, dan mangga.

Bagi orang-orang Hanoi, O Mai adalah salah satu makanan khas Vietnam klasik untuk menyambut tamu selama Tahun Baru Imlek. O Mai sangat sempurna dimakan dengan secangkir teh lotus. Anda bisa mendapatkan camilan unik ini di toko-toko sepanjang Hang Duong Street. Harga untuk 200 g Omai sekitar 40.000 VND dan untuk 500 g sekitar 90.000 VND.

6. Ao Dai

ao dai

Ao Dai merupakan pakaian nasional Vietnam sejak abad ke  – 18, ao dai berbentuk seperti gaun yang indah yang dipadukan dengan celana panjang. Pakaian nasional Vietnam ini memiliki berbagai desain, warna, dan kualitas yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda.

Anda dapat membeli satu set Ao Dai dengan harga sekitar 700.000 VND, dimana anda dapat membelinya di berbagai tempat di Hanoi seperti  toko-toko di Jalan Bach Mai, Jalan Kham Thien, dan Pasar Hang Da, Hang Bong, Hoan Kiem, dan berbagai toko butik lain yang bisa menyesuaikan dengan ukuran tubuh anda.

7. Pernis

pernis

Pembuatan Pernis di Vietnam adalah seni yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Proses pembuaranya harus melewati 20 tahap dan membutuhkan lebih dari 100 hari untuk menyelesaikannya. Pernis Vietnam sangat populer di dunia karena memiliki kualitas yang baik dibandingkan dengan produk pernis dari negara-negara Asia lainnya.

Berbagai produk pernis yang bisa anda bawa pulang meliputi kotak perhiasan, nampan, piring, mangkuk, vas, dan album foto. Terdapat berbagai kualitas pernis mulai dari yang berkualitas bagus hingga pernis yang diproduksi masal dengan kualitas yang rendah.

Untuk Pernis dengan kualitas bagus biasanya dibanderol dengan harga 180.000 VND hingga  1.250.000VND per itemnya. Anda bisa membelinya di Marena Hanoi, Anh Duy Lacquer, atau di Minh Tam yang terletak di old quarter Hanoi.

8. Kerajinan bambu

bambu

Bambu adalah salah satu tanaman yang telah menjadi simbol desa tua tradisional Vietnam. Saat ini,  bambu dijadkan berbagai suvenir sebagai oleh-oleh khas Hanoi untuk dibawa pulang. Bambu-bambu ini biasanya dibuat menjadi keranjang, nampan, mangkuk, topi, barang-barang dekoratif, hingga berbagai perabotan

Salah satu hadiah bambu paling lucu untuk dibawa pulang adalah capung cantik yang tersedia dalam berebagai warna. Harga untuk kerajinan bambu ini mulai 15.000VND per itemnya. Anda bisa membelinya di Bamboo Village Shop di jalan 108 Xuan Dieu, distrik Tay Ho, Hanoi atau di  Bamboo Shop di 4B Hang Hang Street, Hoan Kiem, Hanoi.

9. Non La

Non La adalah topi tradisional Vietnam, yang berbentuk kerucut. Biasanya Non La dipakai oleh para petani Vietnam saat pergi ke sawah. Oleh-oleh unik di Hanoi ini dapat anda bawa pulang dengan harga mulai dari 30.000 VND hingga 150.000 VND. Anda bisa dengan mudah menemukan topi non la ini, terutama di Old Quarter, atau di Pasar Dong Xuan yang terletak di Dong Xuan, Hoan Kiem, Hanoi.

Diatas adalah berbagai oleh-oleh khas Hanoi yang populer dibeli wisatawan. Jangan lupa untuk selalu menjaga barang bawaan anda saat menjelajahi tempat wisata di Hanoi yang cukup rawan kejahatan. Happy Travelling.

, , ,
Post Date: Monday 21st, October 2019 / 15:40 Oleh :
Kategori : Vietnam