10 Makanan Khas Ethiopia Yang Wajib Dicoba Wisatawan

Salah rasanya kalau mengira Ethiopia identik dengan kemiskinan, kelaparan, atau perang saudara. Negara di Afrika ini memiliki kekayaan kuliner yang bisa membuat siapupun bergoyang lidah. Masakan khas Ethiopia dibuat dengan bahan dan bumbu khusus yang tidak biasa. Salah satunya adalah injera yang merupakan roti berbentuk bundar dan pipih.

Roti ini terbuat dari gandum yang hanya tumbu di tempat-tempat tertentu di Afrika. Memasakanya pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain makanan, Ethiopia juga memiliki minuman khas bernama buna, yang merupakan kopi yang dihidangan saat upacara-upacara tradisional.

Uniknya, penduduk di beberapa wilayah Ethiopia akan menambahkan garam pada saat menikmati kopi. Mencicipi kuliner khas Ethiopia mungkin bisa menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Nah, berikut ini beberapa makanan khas Ethiopia yang bisa anda coba nikmati.

1. Kitfo

Kitfo

Makanan khas Ethiopia yang satu ini terbuat dari daging sapi tanpa lemak, sebenarnya makanan ini sangat mirip dengan steak tartare yang merupakan makanan khas Perancis. Daging yang telah dicincang akan dipanaskan di atas penggorengan dengan sedikit mentega.

Sebelum dimasak, daging terlebih dahulu direndam dalam mitmita yang merupakan campuran rempah-rempah berbahan dasar cabai, dan niter kibber yaitu mentega yang dikeringkan bersama rempah-rempah. Makanan khas Ethiopia ini sering disajikan bersama keju yang disebut ayibe dan sayuran matang yaitu gomen yang merupakan bayam cacah.

Di beberapa wilayah di Ethiopia, kitfo disajikan bersama injera, maupun kocho yang merupakan roti lapis tebal yang terbuat dari tanaman enset. Kitfo biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti saat liburan maupun hari libur Meskel yang dirayakan setiap tanggal 27 September.

2. Tere Siga

Tere Siga

Tere siga adalah makanan mentah berupa daging mentah yang diiris menjadi kecil-kecil dan disajikan bersama dengan bumbu pedas. Kebiasaan makan daging mentah ini berawal dari perang di Ethiopia yang tidak memungkinkan untuk memasak.

Sehingga makan daging mentah menjadi pilihan terbaik pada saat itu. Karena memasak dapat menimbulkan asap, sehingga pasukan Ethiopia akan dideteksi dengan mudah oleh musuh. Kini tere siga menjadi salah satu hidangan mentah favorit masyarakat di sana.

Selain Ethiopia, Makanan khas Korea Selatan juga ada yang terbuat dari daging mentah loh. Tere siga yang menggunakan daging merah sebagai hidangannya ini juga tak kalah lezatnya loh. Asal pastikan terlebih dahulu daging yang akan dimakan bersih dan bebas dari lemak. Sehingga bisa dikunyah dan melewati tenggorokkan lebih nyaman.

3. Tibs

Tibs

Pada dasarnya makanan khas Ethiopia ini adalah daging yang ditumis bersama bawang putih dan bawang bombay. Biasanya masyarakat di sana menggunakan daging sapi atau kambing, walaupun bisa juga menggunakan daging hewan lainnya. Tibs adalah salah satu hidangan populer di Ethiopia, jadi sangat mudah menemukannya ketika berwisata di negara Afrika ini. Ada beberapa varian tibs, namun yang paling digemari adalah tibs yang dimasak langsung di meja restoran menggunakan kompor tanah liat tradisional dan kayu bakar sebagai bahan bakarnya.

Kayu bakar yang menimbulkan asap bisa memberikan aroma dan rasa yang khas pada daging yang dimasak di atasnya. Rasa tersebut semakin membuat masakan ini terasa lebih nikmat, tibs biasanya dihidangkan bersama injera yang merupakan roti khas Ethiopia.

4. Beyainatu

Beyainatu

Melihatnya sekilas pasti langsung teringan dengan aneka masakan khas India yang beragam dan berbumbu. Beyeinatu adalah masakan vegetarian di Ethiopia. dan salah satu hidangan paling terkenal di sana. Nama dari makanan ini berarti “sedikit dari semua jenis”, kenapa diberi nama demikian? Karena hidangan ini terdiri dari roti, dan aneka sayuran seperti kentang, kari, lentil, dan masih banyak lagi.

Cara menikmatinya pun cukup unik, yaitu dengan merobek roti menggunakan tangan lalu mengambil lauk dan mengoleskannya ke dalam saus di sampingnya. Makanan khas Ethiopia lainnya yaitu;

  • Doro Wot, merupakan kari versi Ethiopia yang terbuat dari daging sapi, kambing, atau ayam. Makanan khas Ethiopia ini umumnya dinikmati bersama dengan aneka jens sayuran,  sedikit keju biasanya juga ditambahkan, dan yang tidak boleh tertinggal adalah injera.
  • Fasolia,bisa dibilang sebagai menu vegetatian dari ethiopia, makanan ini terdiri dari kacang panjang, wortel dan bawang bombay yang ditumis.
  • Kik Alicha, adalah rebusan kacang polong yang dimasak dengan saus kunyit. Ada beberapa jenis alicha, tergantung dari rempah-rempah dan seberapa banyak lentil yang digunakan dalam masakannya.
  • Chechebsa, disebut juga dengan firfir yang biasanya dimakan untuk sarapan. kuliner khas Ethiopia ini terbuat dari injera goreng yang dimasak dengan saus berbere, sering juga disajikan dengan madu.
  • Sambusa adalah pastry goreng ala Ethiopia yang berisi daging.
  • Ethiopia’s tomato salad, adalah campuran sayuran yang disajikan dengan saus berbere atau lada jalapeno. Salad ini tidak kalah menyegarkannya dibanding makanan khas Yunani.

Itulah 10 sajian khas Ethiopia yang tak kalah menggugah selera dibandingkan dengan makanan khas Turki, makanan khas Singapore, maupun makanan lain dari negara lainnya. Selain sajian kulinernya, Ethiopia juga menawarkan destinasi wisata yang menarik loh. Apa saja tempat wisatanya? Simak yuk daftarnya di bawah ini.

  • Danakil Depression

Adalah tempat terpanas di Ethiopia bahkan juga dunia. Suhu rata-sata di tempat ini selalu diatas 35 derajat Celcius. Namun yang menarik dari tempat ini adalah penampakan geologi yang sangat berbeda dari tempat manapun di bumi.

  • Gereja Rock-Hwen

Terbuat dari batu yang diukir dan tanah yang digali. Bangunan ini memiliki desain yang sangat unik, jika dilihat dari atas menyerupai simbol salib. bahkan gereja yang dibangun hampir seribu tahun yang lalu ini masuk ke dalam salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO.

  • Lembah Besar Rift

Merupakan cekungan daratan yang menyimpan berjuta pesona. Selain panoramanya yang indah, di sini juga terdapay sumber-sumber air panas alami dan tujuh danau besar yang menjadi habitat dari buaya dan kuda nil.

  • Air Terjun Blue Nile

Memiliki panjang 400 meter dengan kedalaman 45 meter. Walaupun harus menempuh perjalanan ekstra, namun semua rasa lelah akan terbayar lunas setelah berhasil menyaksikan keindahan dari air terjun ini.

  • Fasil Ghebbi

Merupakan kota kuno yang dulunya digunakan oleh Raja Ethiopia Fasilides bersama dengan keluarganya. Kota ini dikelilingi oleh tembok yang totalnya mencapai 900 meter.

Setelah melihat daftar makanan khas Ethiopia hingga destinasi wisatanya, tentu semakin tertarik bukan untuk menyisihkan waktu mengunjungi negara yang eksotik ini. Punya pengalaman seru travelling di Ethiopia? Bagi yuk tips wisata maupun tempat wisata yang bisa dikunjungi di Ethiopia pada kolom komentar di bawah ini.

, , ,
Post Date: Monday 21st, October 2019 / 10:26 Oleh :
Kategori : Ethiopia