12 Makanan Khas El Salvador Yang Wajib Dicoba Wisatawan

El Salvador adalah salah satu negara di Amerika Tengah yang berbatasan langsung dengan Honduras dan Guatemala. Walaupun termasuk salah satu negara kecil dengan luas wilayah sekitar 8.000 mil persegi, El Salvador ternyata memiliki beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi. Nah, berikut ini beberapa tempat wisata di El Salvador yang wajib untuk didatangi.

  • El Boqueron Park, terletak di atas gunung berapi San Salvador dengan ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut. Daya tarik utama dari taman ini adalah kawah berdiamter 5 km dengan kedalam mencapai 558 m. Iklim yang sejuk membuat siapapun yang mendatanginya merasa betah berlama-lama. Aneka macam flora dan fauna juga tinggal di kawasan ini.
  • Joya de Caren, adalah sebuah situs arkeologi yang berlokasi di lembah Zapotitan. Karena    mirip dengan situs reruntuhan di Romawi, tidak heran jika tempat ini mendapat julukan “Pompai dari benua Amerika”
  • Danau Ilopango, adalah sebuah danau vulkanik yang berada di tengah El Salvador yang merupakan salah satu danau terbesar.
  • Coatepeque Caldera, adalah kaldera vulkanik yang terbentuk karena adanya serangkaian letusan kecil pada 72.000 dan 57.000 tahun yang lalu.
  • San Andreas, merupakan situs pra kolombia di El Salvador yang merupakanibu kota dari pemerintahan suku Maya pada masa kejayaannya dulu.

Selain destinasi wisatanya yang menarik, negara ini juga memiliki deretan makanan menggungah selera yang pantas melengkapi wisata kuliner anda. Apa saja daftar makanannya? Langsung saja simak yuk di bawah ini.

1. Pupusas

Pupusas

Merupakan roti pipih tebal khas El Salvador yang terbuat dari tepung jagung dan tepung beras yang mirip sekali dengan arepa Venezuela dan Kolombia. Makanan khas El Salvador ini biasanya diisi dengan keju, kacang refried, chicharron, atau squash.

Roti ini biasanya disajikan bersama curtido atau kubis pedas dan salsa tomat. Ada beberapa varian dari pupusas, di El Salvador sendiri disebut dengan pupusas de arroz yang adonannya menggunakan tepung beras dan diisi degan daging babi, keju, kacang-kacangan, zucchini, dan sayuran lainnya.

Pupusas varian ini berasal dari kota Olocuilta yang berada di sebelah timur San Salvador, walaupun sekarang bisa ditemukan dengan mudah di seluruh wilayah El Salvador. Variasi lainnya yaitu, pupusa de banano yang bisa dijumpai di Alegria, pada varian ini pupusas akan ditambah dengan pisang.

Selain El Salvador, hidangan serupa juga bisa ditemukan di Amerika Latin, di negara Amerika Tengah misalnya trdapat versi pupusas yang disebut dengan honduras yang menggunakan keju quesillo lokal sebagai isiannya.

2. Sopa de Pata

Sopa de Pata

Makanan khas El Salvador yang satu ini merupakan kuliner tradisional yang berupa sup. Terbuat dari babat, kaki sapi, yuca, jagung, pisang, toat, dan kol yang dimasak menggunakan jus lemon dan daun ketumbar. Sup ini juga sering dijadikan “obat mabuk” karena dirasa cukup menenangkan ketika mengkonsumsinya ketika keadaan masih hangat.

Ada beberapa perbedaan pada sopa de pata tergantung dengan bahan-bahan yang digunakan. Bahkan di daerah yang sama pun bisa jadi bahan yang digunakan dalam sup ini berbeda. Walaupun umumnya sopa de pata memiliki bahan utama berupa kaki sapi, babat, dan beberapa jenis sayuran lainnya.

3. Pasteles

Pasteles

Makanan khas El Salvador ini dikenal juga dengan nama pastel di Karibia, dan merupakan hidangan tradisional di beberapa negara di Amerika Latin dan Karibia. Bahkan hidangan serupa juga bisa dijumpai di Kolombia dengan nama pastel de arroz cartagenaro.

Bedanya di Kolombia menggunakan beras yang dibumbui lali dibiarkan di bawa sinar matahari. Proses tersebut biasa disebut dengan orear, nasi tersebut kemudian dicampur dengan acar, daging babi, zaitu, kenyang, choirizo, dan sayuran lainnya.

Pasteles khas Kolombia ini dibungkus dua kali, pertama menggunakan kubis lalu yang kedua menggunakan daun pisang. Pasteles mungkin bisa menjadi salah satu jajanan yang wajib di coba ketika berlibur ke El Salvador.

4. Panes Rellenos          

Panes Rellenos

Merupakan salah satu makanan khas El Salvador yang mirip dengan sandwich, rasanya yang lezat namun dengan resep yang sederhana membuatnya dijadikan hidangan andalan secara turun temurun. Untuk membuat sandwich ala El Salvador ini cukuplah mudah, cukup sediakan roti perancis yang kemudian dibelah tengahnya.

Lalu isilah dengan bahan-bahan lain seperti sayuran maupun daging. Di Elsalvador sendiri biasanya menggunakan daging ayam atau kalkun yang dipanggang dengan rempah-rempah. Mentimun, tomat, dan selada juga ditambahkan sebagai sayurannya.

Sebagai penambah rasa. sedikit pepinesa atau mustard juga akan ditambahkan ke dalam isian roti. Beberapa hidangan lain yang bisa wisatawan coba ketika berada di El Salvador adalah:

  • Yuca Frita, Jika french fries akrab sebagai teman makanan khas Amerika, El Salvador punya frech fries versinya sendiri. Frech fries di El Salvador tidak terbuat dari kentang, melainkan singkong yang dipotong lebih kecil kemudian digoreng. Singkong goreng ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dan agak keras.
  • Pan Con Chumpe, adalah sandwich pedas yang diisi dengan saus tomat, mentimun, lobak, selada, dan kalkun yang telah diasinkan.
  • Empanadas de Leche, adalah jajanan manis yang terbuat dari pisang yang dilumatkan menjadi adonan dan dibentuk seperti bola-bola kecil. Makanan ini memiliki custard vanilla sebagai isiannya, dan disajikan bersama taburan gula di atasnya.
  • Quesadilla Salvadorena, adalah hidangan penutup yang adonannya terdiri dari keju queso fresco, mentega, telur, susu, dan tepung. Tekstur dari kue ini menyerupai kue pound, dengan rasa dan aroma yang menggugah selera.
  • Yuca con Chicharron, terbuat dari babi goreng yang disajikan bersama akar singkong yang digoreng halus disebut dengan yuca. Sajian ini dibumbui dengan lemon dan disajikan bersama salad.
  • Sopa de Pescado, sup ini memiliki rasa pedas dan biasa dihidangkan sebagai menu makan siang maupun makan malam. terbuat dari ikan atau sajian laut lainnya yang dimasak bersama tomat, paprika hijau, jintan, tepung jagung, dan achiote.
  • Sopa de Res, adalah sup kental yang biasa disajikan bersama nasi putih. Daging sapi, jagung, wortel, kubis, dan zucchini umum dijadikan isian dalam hidangan ini.
  • Sopa de Siete Mares, merupakan sup seafood yang terbuat dari ikan, kepiting, cumi-cumi, kerang, lobster, udang, dan aneka macam sayuran.

Banyak sekali bukan jenis makanan khas El Salvador yang bisa dicoba? Biar lebih berkesan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khasnya juga. Ngomong-ngomong soal oleh-oleh, berikut ini info oleh-oleh khas dari negara lainnya yang bisa anda beli saat bepergian ke negara tersebut:

, , ,
Post Date: Monday 21st, October 2019 / 10:28 Oleh :
Kategori : Asia