20 Makanan Khas Singapore Terlezat Wajib Kalian Coba

Salah satu negara yang lokasinya tidak jauh dari Indonesia adalah Singapura. Negara yang sama-sama berada di kawasan Asia Tenggara ini menjadi salah satu tujuan wisata menarik. Banyak tempat wisata di Singapura yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata, baik sendirian maupun dengan keluarga.

Selain itu, jalan-jalan murah ke Singapura juga menjadi pilihan terbaik untuk anda yang hobi berlibur namun tidak memiliki budget yang terlalu besar. Mengunjungi Singapura tidak cukup hanya sekedar datang ke tempat wisatanya, melainkan anda juga harus mencicipi makanan khas Singapore.

Ada banyak makanan khas Singapore yang dijual dengan harga yang bermacam-macam. Lalu seperti apa makanan khas Singapura terbaik untuk anda tersebut? Berikut ini akan kami berikan referensinya khusus untuk anda.

1. Wanton Mee

Wanton Mee

Banyak tempat makan enak di Singapura yang menjual Wanton Mee. Wanton mee menjadi salah satu makanan olahan mie yang harus anda cicipi. Tidak sulit mendapatkan makanan yang satu ini karena anda akan menemukannya di sepanjang kedai makanan di Singapura.

Biasanya, Wanton Mee akan disajikan tanpa kuah alias kering. Sekilas tampilannya memang tidak jauh berbeda dengan mie ayam. Namun, dari segi rasa dan tekstur sudah tentu berbeda karena bumbu-bumbunya pun tidak sama. Wanton Mee menyediakan pangsit yang di dalamnya berisi daging babi.

Namun, jika anda tidak suka daging babi bisa menggantinya dengan daging ayam. Bukan hanya itu saja, ada beberapa makanan khas Singapura yang halala yang berbahan dasar mie. Beberapa makanan tersebut antara lain:

  • Mee Siam
  • Bak Chor Mee
  • Mee Rebus
  • Hokkien Prawn Mee

Jika anda bingung mencari kedai mie, maka kami menyarankan anda mengunjungi Fei Fein yang berlokasi di 62 Joo Chiat Place. Kedai mie yang satu ini memang recommended banget karena bukan hanya makanan yang disajikan, melainkan suasana di sini terbilang menyenangkan dan sejuk.

2. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh

Bagi anda yang saat ini jalan-jalan ke Singapura dengan anak, jangan lupa untuk meluangkan waktu anda mencicipi Bak Kut Teh. Dijamin anak anda akan langsung jatuh cinta dengan makanan khas Singapore yang satu ini. Konon, Bak Kut Teh merupakan makanan yang bisa dikatakan memiliki nilai sejarah.

Ia menjadi menu makanan yang tumbuh bersama dengan perkembangan Singapura, mulai dari dulu sampai sekarang. Bak Kut Teh adalah makanan dari tulang babi dengan rempah murah yang biasanya disajikan oleh masyarakat untuk para pengemis. Akan tetapi, karena rasanya yang lezat, makanan ini akhirnya dijual di berbagai kedai makanan di Singapura.

Bahkan, inovasi Bak Kut Teh membuatnya dibuat dari bahanan makanan yang lebih baik. Bak Kut Teh menjadi salah satu makanan berkuah terbaik yang bisa anda cicipi selama anda berada di Singapura. Beberapa makanan berkuah lainnya yang juga harus anda cicipi, antara lain:

  • Laksa
  • Fish Head/Sliced Fish Bee Hoon Soup
  • Curry Fish Head
  • Fish Head Steamboat

3. Oyster Omelette (Orh Lua)

Oyster Omelette (Orh Lua)

Bagi anda yang cinta makanan seafood, maka cobalah anda mencicipi Oyster Omelette (Orh Lua). Terdapat banyak restoran, baik nasional maupun internasional yang sudah menyediakan Oyster Omelette (Orh Lua) sebagai salah satu menu makanan andalan di restoran tersebut. Selain itu, penyajiannya pun bermacam-macam yang akan menggungah selera anda.

Biasanya, masyarakat yang datang ke tempat wisata di Singapore yang murah juga memanfaatkan waktu mereka untuk datang ke kedai makanan yang menyajikan Oyster Omelette (Orh Lua). Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar tiram dan telur kocok. Memiliki cita rasa yang begitu lezat menjadikannya sebagai incaran para wisatawan.

Beberapa kedai makanan yang menjual Oyster Omelette (Orh Lua) antara lain seperti Simon Road Oyster Omelette di 965 Upper Seranggon Road, Bedok 85 Fried Oyster Omelette di Blok 85 Bedok North Street 4, Ang Sa Lee Oyster Omelette di 20 Kensington Park Road, dan juga Fengshan Market.

Tidak hanya Oyster Omelette (Orh Lua), anda juga bisa mencicipi makanan olahan seafood lainnya yang juga tidak kalah lezat. Di bawah ini beberapa makanan tersebut yang kami rekomendasikan untuk anda.

  • Crabs Chilli or Pepper
  • BBQ Sambal Stingray
  • Egg White Scallop Fried Rice
  • Kaya Toast & Soft-Boiled Eggs

4. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Pernah tahu Nasi Lemak? Mungkin anda berpikir bahwa Nasi Lemak hanya ditemukan di Malaysia. Memang di sekitar penginapan murah di Kuala Lumpur terkenal sebagai salah satu lokasi yang menjual Nasi Lemak.

Akan tetapi, ternyata anda juga bisa menemukan makanan tersebut di Singapura. Nasi Lemak adalah salah satu makanan khas yang bisa anda santap kapanpun.

Biasanya, makanan ini tidak dibatasi oleh perayaan tertentu sehingga anda bisa mencicipinya setiap hari dimana pun dan kapan pun sepuas anda. Nasi Lemak adalah makanan yang dicampur santan dan kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Di dalam makanan ini, anda juga akan disajikan bersamaan dengan sambal, telur, lalapan, kacang, maupun juga daging. Mengkonsumsi Nasi Lemak, baik sesudah maupun sebelum mengunjungi tempat wisata gratis di Singapura akan mennjadi pilihan terbaik anda. Sudah banyak kedai makanan yang menjual makanan ini sehingga anda tidak perlu kesulitan mencarinya.

Selain itu, masih ada beberapa makanan khas Singapore lainnya yang berbahan dasar nasi, yaitu:

  • Haninanese Chicken Rice
  • Biryani
  • Duck Rice
  • Char Kway Teow (Fried Rice Cake Strips)

5. Tau Huay (Dou Hua)

Tau Huay (Dou Hua)

Makanan khas Singapore yang juga tidak boleh anda lewatkan adalah Tau Huay (Dou Hua). Makanan ini cocok untuk anda yang hobi wisata kuliner berat. Biasanya, Tau Huay (Dou Hua) akan disajikan sebagai makanan penutup atau dessert.

Sebenarnya Tau Huay (Dou Hua) berasal dari Tiongkok. Namun makanan tersebut sudah berkembang dan mengalami berbagai inovasi sehingga sekarang memiliki ciri khas sendiri. Tau Huay (Dou Hua) merupakan makanan yang dibuat dari campuran tahu dan sirup manis.

Makanan ini memiliki tekstur yang lembut, berbulir, serta direndam sirup manis. Akan tetapi, jika anda datang ke Singapore dan mencari Tau Huay (Dou Hua), maka anda akan menemukan bentuk lain dari makanan tersebut. Alasannya karena makanan ini akan terlihat mirip agar-agar.

Banyak kedai atau cafe yang sudah menjual Tau Huay (Dou Hua). Hal ini merupakan sebuah keuntungan karena anda tidak perlu bingung mencari lokasi yang menjual salah satu makanan terlezat di Singapore tersebut. Jangan lupa untuk merasakan kenikmatan makanan lain yang memiliki cita rasa hampir sama, yaitu:

  • Fried Carrot Cake (菜头粿)
  • Chwee Kueh (水粿)
  • Ice Kacang

6. Popiah

Popiah

Popiah merupakan makanan khas Singapore yang terkahir akan kami jelaskan kepada anda. Makanan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Dou Hua yang sama-sama memiliki rasa manis.

Akan tetapi, perpaduan bahan-bahan yang terdapat di dalam Popiah sudah tentu memberikan rasa yang sedikit berbeda.

Popiah biasanya disajikan sebagai menu makanan keluarga. Artinya, makanan ini biasanya disantap beramai-ramai karena itulah biasanya dinamakan sebagai makanan keluarga.

, , ,
Post Date: Wednesday 14th, August 2019 / 15:47 Oleh :
Kategori : Singapura