7 Makanan Khas Perancis Paling Enak Dan Terkenal Di Kalangan Wisatawan

Setiap tahunnya tercatat lebih dari satu juta wisatawan yang pergi berwisata ke Perancis. Tempat wisata di Perancis memang sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Ini karena destinasi wisata di negara ini sangatlah indah dan beragam. Tidak hanya itu uniknya kebudayaan serta penduduk Perancis yang sangat ramah menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian wisatawan.

Namun wisatawan mancanegara pergi ke Perancis tidak hanya karena tempat wisatanya. Biasanya mereka juga ke negara ini untuk sekedar mencari makanan atau minuman khas Perancis. Minuman dan makanan khas negara ini memang sudah terkenal hingga seluruh penjuru dunia. Tidak mengherankan jika bisa terkenal ke seluruh dunia. Rasanya yang sangat lezat dan tampilan mewah menjadi nilai jual utama dari minuman dan makanan khas Perancis.

Jika Anda ingin merasakan sensasi berbeda ketika berlibur ke luar negeri, Anda dapat mencoba jalan-jalan ke Perancis tanpa tour guide. Mungkin sedikit rumit dan terlihat ribet, namun percayalah akan ada sensasi dan pengalaman yang sangat berbeda untuk Anda. Ada beberapa makanan asli Perancis yang wajib Anda coba ketika ke negara ini, diantaranya adalah.

  • Soupe a l’oignon

Soupe-a-loignonMakanan khas Perancis yang wajib Anda coba adalah soupe a loignon. Sup ini terbuat dari rembusan kuah kaldu sapi yang sangat kental lalu di tambahkan campuran potongan bawang putih. Dan setelah matang di tambahkan cincangan daging ayam dan parutan keju di atasnya. Jika Anda pergi berlibur ke Perancis pastikan Anda mampir ke tempat wisata kuliner di Paris karena makanan di kota ini tidak kalah lezatnya.

Soupe a l’oignon ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan sangat terkenal di dunia. Tidak hanya itu banyak kandungan gizi yang terdapat dalam sup ini. Sup ini sebenarnya sudah di buat sangat lama namun namanya dan rasanya baru terkenal pada sekitar tahun 1960 an. Ketika banyak investor memutuskan membangun restoran Perancis di Amerika Serikat. Hanya dalam waktu yang sangat singkat menu satu ini menjadi menu favorit di kalangan penduduk Amerika dan dunia.

  • Crepes

crepesApakah Anda menjadi salah satu orang yang menyukai crepes? Makanan satu ini mudah kita jumpai di Indonesia karena pedagang crepes sudah menjamur di mana-mana. Namun tahukah Anda jika crepes merupakan salah satu makanan asli dari Perancis? Ya makanan satu ini pertama kali ditemukan dan di buat di Perancis.

Makanan sejenis panekuk tipis ini pertama kali di temukan di Bretagne, sebuah kota di daerah Perancis Barat. Biasanya orang Perancis menikmati crepes dengan tambahan berbagai toping seperti daging, telur, keju, es krim, dan masih banyak lagi. Crepes dapat di jadikan sebagai camilan ataupun makanan penutup dalam acara besar.


Jika Anda ingin merasakan crepes tradisional Perancis Anda dapat menemukannya di perayaan Candlemas atau La Chandeleur yang diadakan pada setiap tanggal 2 Februari.

  • Croissant

CroissantCroissant adalah makanan khas dari perancis yang sangat terkenal di dunia bahkan hingga di akui oleh CNN sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Fakta yang mengejutkan memang tetapi tidak mengherankan karena roti ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat berbeda dari roti yang berasal dari negara lain.

Kini croissant tidak hanya memiliki rasa manis tetapi juga pilihan rasa lainnya. Seperti butter croissant dan cheese croissant. Butter croisant terbuat dari roti asli croissant lalu di tambahkan butter yang cukup banyak di lapisan luarnya sehingga menciptakan cita rasa yang lebih lezat dan sangat gurih hasil dari mentega tadi.

Sedangkan cheese croissant terbuat dari croissant tawar yang di tambahkan dengan keju parut lalu di hidangkan. Biasanya croissant di hidangkan sebagai teman minum kopi atau teh saat menikmati acara bersama keluarga.

  • Cassoulet

CassouletMakanan dari Perancis yang wajib Anda coba selanjutnya adalah cassoulet. Masakan satu ini memiliki tekstur hampir sama dengan sup tetapi dengan kuah yang lebih kental karena campuran lemak yang cukp banyak di dalamnya. Makanan ini terbuat dari sosis dan kacang putih yang di masak secara bersamaan. Cassoulet dapat Anda jadikan sarapan karena makanan ini dapat membuat Anda merasa sangat kenyang.

Cassoulet di buat pertama kali karena udara di Perancis yang sangat dingin saat musim dingin tiba. Sehingga makanan ini di gunakan oleh penduduk Perancis sebagai makanan penghangat. Biasanya mereka memakan cassoulet dalam keadaan masih hangat dan di depan perapian ketika musim dingin tiba.

Karena sensasi hangat yang di timbulkan oleh makanan ini menjadikannya terkenal di seluruh penjuru dunia. Selain itu cassoulet juga sangat mengenyangkan. Dan cocok di buat di berbagai negara dengan musim dingin yang ekstrim.

  • Coq Au Vin

Coq-Au-VinJika Anda pergi ke Perancis Anda wajib mencoba makanan paling terkenal dan paling di gemari oleh penduduk negara ini yaitu coq au vin. Makanan terbuat dari kaki ayam yang di masak dengan anggur merah serta di masak dalam waktu yang cukup lama. Sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat lezat serta daging ayam yang sangat lembut di lidah.

Namun terkadang ada yang menambahkan beberapa irisan jamur ke dalam masakan coq au vin untuk menambah cita rasanya agar semakin lezat. Biasanya wisatawan mancanegara yang sudah menikmati co au vin pasti ingin menambah lagi dan lagi karena lezatnya rasa makanan ini. Sayangnya coq au vin di hidangkan dalam porsi yang kecil.

  • Gratin Dauphinois

Gratin-DauphinoisJika Anda seorang vegetarian dan ingin merasakan makanan dari Perancis Anda dapat mencoba gratin dauphinois. Makanan ini sangat cocok untuk wisatawan yang vegetarian karena terbuat dari tumbukan kentang dan di tambahkan krim di atasnya. Krim ini terbuat dari berbagai campuran bawang putih, mentega dan susu. Lalu gratin dauphinois di oven dengan suhu sedang.

Gratin dauphinois pertama kali di hidangkan pada tahun 1788 dalam sebuah acara makan malam bangsawan. Dari situlah kemudain makanan ini terkenal di kalangan bangsawan kemudian tersebar di seluruh dunia. Cita rasa yang beragam dan porsi yang membuat kenyang menjadikan masakan ini sebagai makanan favorit di berbagai belahan dunia.

  • Foie Gras

Foie-GrasFoie gras menjadi makanan favorit para turis mancanegara yang berkunjung ke Perancis. Makanan ini sudah ada sejak lama dari negara Perancis masih dalam bentuk kerajaan. Foie gras menjadi makanan favorit makanan raja-raja tersebut dan kini sangat terkenal di seluruh dunia. Makanan ini memilik cita rasa yang sangat enak dan berbeda dari berbagai masakan dari Perancis lainnya.

Foie gras terbuat dari hati angsa yang kemudian di jadikan pasta dan dapat di masak dengan berbagai cara. Seperti di panggang, di bakar, dan di goreng bersama saus Perancis. Atau dapat juga di campurkan ke dalam isian sandwich. Rasa dari foie gras memang benar-benar lezat. Dimana sejak gigitan pertama saja Anda sudah dapat merasakan lembut dan gurihnya daging hati angsa.


Selain itu tambahan saus asli Perancis menambahkan cita rasa pada masakan ini. Banyak turis mancanegara yang rela antri demi masakan satu ini. Namun Anda harus berfikir dua kali untuk membeli makanan ini. Karena satu porsi foie gras di jual dengan harga ribuan dollar Amerika Serikat di restoran Perancis.

Nah itu tadi tujuh makanan khas Perancis yang dapat Anda coba ketika pergi berlibur ke Perancis. Namun di Perancis tidak hanya makanan khas nya yang dapat Anda nikmati, Anda dapat pergi berkunjung ke tempat bersejarah di Perancis untuk lebih mengetahui sejarah negera indah ini. Selamat berlibur dan semoga liburan Anda menyenangkan.

, , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, May 2018 / 08:15 Oleh :
Kategori : Perancis