10 Oleh-oleh Khas Belanda Yang Wajib Anda Jadikan Buah Tangan

Oleh-oleh khas Belanda – Belanda merupakan salah satu Negara di Eropa Barat dengan berbagai keunikan tersendiri. Ketika mengunjungi tempat wisata di Belanda, tentunya tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke salah satu toko souvenir dan membeli beberapa oleh-oleh untuk teman-teman atau saudara di rumah.

Belanda memang identik dengan kincir angin dan juga bunga tulipnya yang menjadi ikon dari Negara tersebut. Jika anda pergi ke Belanda, bisa dibilang wajib hukumnya untuk melihat perkebunan tulip dengan beberapa kincir angin di tengahnya. Salah satu wisata yang menawarkan ikon tersebut adalah Taman Keunkof, Taman ini memiliki berbagai jenis bunga indah yang di tanam di sini.

Setelah puas mengunjungi tempat-tempat ikonik di Belanda, selanjutnya adalah membeli oleh-oleh yang tentunya ikonik juga dari Belanda. Agar jika orang yang melihat , tanpa harus bertanya dia tahu bahwa barang yang anda bawa adalah berasal dari Belanda.

Mencari oleh-oleh khas Belanda tentunya tidaklah mudah, namun juga tidak terlalu sulit. Untuk itu, Simak yuk Oleh-oleh khas Belanda berikut ini.

1. Klompen (Dutch Clogs)

klokenKlompen merupakan sepatu yang terbuat dari kayu atau biasanya disebut dengan bakiak. Biasanya dipakai oleh wanita-wanita Belanda pada zaman dahulu. Namun, sekarang pemakaian klompen sudah beralih fungsi sebagai pajangan atau oleh-oleh untuk para wisatawan asing. Meskipun terkadang masih digunakan untuk tarian Klom Pendanskust atau tarian sepatu seperti yang ada pada film-film yang menggambarkan era 1900 an.  Walaupun terbuat dari kayu, Klompen dari Belanda terbilang cukup ringan dan sangat nyaman di kaki.

Pembuatan klompen pada zaman dahulu biasanya memakan waktu selama lima hari, karena dibuat dari kayu utuh dengan hanya cara membentuk dan melubanginya dengan cara tradisional. Namun, sekarang pembuatan klompen hanya memakan waktu satu jam, karena sekarang sudah ada mesin-mesin modern untuk mempermudah pembuatan sepatu ini.

Salah satu Kios yang menjual Klompen dengan kualitas bagus berada di Zaanse Schan.  Meskipun harganya cukup mahal, namun disni anda bisa melihat langsung proses pembuatan klompen-klompe tersebut, serta suasana disini juga cukup menarik, anda juga bisa melihat kincir angin yang berada di sebelah kios ini.

Harga : sekitar 125 Euro hingga 400 Euro

2. Keju

Keju BelandaKeju-keju di belanda juga tidak kalah berkualitas dan populer dibandingkan dengan keju yang bisa anda dapatkan dari tempat wisata di Swiss. Pastikan jika anda ingin membawa pulang oleh-oleh dalam bentuk keju, anda bisa membungkusnya dengan rapat, dan bisa anda beli ketika akan pulang saja. Mintalah kepada penjual untuk membungkusnya, mereka akan senang bisa membantu anda. Karena jika dengan menutup rapat keju bisa bertahan beberapa minggu tanpa pendinginan.

Banyak jenis keju terkenal yang bisa dijadikan oleh-oleh khas belanda.  Diantaranya yaitu:

  • Ada keju Gouda yang merupakan keju paling populer di Belanda;
  • Keju Edam memiliki bentuk dan rasa yang klasik dengan kulit luarnya yang cukup keras,
  • Keju Boerenkaas merupakan salah satu brand baru di Belanda namun harganya cukup terjangkau.
  • Jika Anda sedang mengunjungi tempat wisata di Amsterdam, Anda bisa memilih Keju Kaasland cukup populer di kota ini.
  • Keju Leiden, Keju ini merupakan keju favorit orang Belanda karena dicampur dengan biji jinten.

Harga  : mulai dari 6.5 Euro (112.000 rupiah)

3. Delft Pottery

Delfts PotteryDelft Pottery merupakan oleh-oleh khas belanda yang terbuat dari keramik dan porselen. Berbeda dengan piring oleh-oleh khas jerman yang lebih berwarna. Delft Pottery biasanya didominasi warna biru dengan latar belakang berwarna putih. Selain di piring, delft pottery juga memiliki berbagai pilihan produk seperti vas, dan gelas.


Gambar-gambar yang dilukis pada delft pottery biasanya landamark Belanda, seperti kincir, bunga tulip dan berbagai aktivitas anak-anak belanda pada zaman dahulu. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas ini, Anda bisa mengunjungi delft Blue Factory yang berada di kota Delfts.

Selain anda bisa membeli berbagai pilihan bentuk porselen, anda bisa juga melihat proses pembuatan keramik-keramik ini. Dan anda juga diberi kesempatan untuk mempelajari sejarah dari keramik di Delfts Blue Factory ini. Kios ini juga dilengkapi dengan café yang juga memajang berbagai kerajinan keramik yang unik dan indah.

Jika anda berniat untuk membelinya, pastikan untuk membungkusnya dengan baik. Karena oleh-oleh ini rentan pecah dan rusak. Jadi usahakan untuk menjaganya dan menempakan terpisah dengan barang-barang bawaan anda.

Harga : 6 hingga 50 Euro

4. Cokelat Belanda

Cokelat belandaJika anda penggemar makanan manis atau cokelat, anda bisa membawa cokelat khas dari Belanda. Cokelat Belanda juga tidak kalah rasanya dengan cokelat yang anda beli di beberapa tempat wisata di Belgia. Salah satu produk cokelat belanda yang populer adalah Tony’s Chocolonely yang bisa anda beli dalam berbagai rasa.

Selain itu, ada Van Houten yang juga merupakan merek terkenal Belanda yang menjual bubuk kakao dan minuman berbasis kakao. Cokelat ini dinamai berdasarkan nama pembuatnya yaitu Coenraad Johannes van Houten pada tahun 1828.

Anda juga bisa mengunjungi outlet-outlet yang tersebar di seluruh kota di Belanda. Salah satu yang populer adalah Puccini dimana toko ini menjual berbagai  jenis dan bentuk cokelat.

Harga : Mulai dari 2 Euro

5. Stroopwafels

StroopwafelsStroopwafels merupakan  oleh-oleh khas Belanda yang cocok untuk anda berikan kepada teman-teman atau keluarga anda yang suka rasa manis. Makanan ini meruapakan wafel yang diisi dengan karamel dan memiliki rasa yang lezat. Oleh-oleh ini juga sangat mudah didapatkan, karena dijual diberbagai toko oleh-oleh di Belanda. Pastikan juga untuk tidak menindihnya dengan barang-barang berat karena Strropwafels mudah hancur.

Resep Stopwafel diciptakan oleh Gerard Khamphuisen pada sekitar abad ke 18. Gerald sendiri merupakan tukang pembuat roti pada masa itu. Sejak dibuatnya Stropwafel sudah langsung diminati oleh banyak orang di Belanda, dan hingga sekarang Stroopwafel masih menjadi makanan yang masih banyak tersedia di berbagai toko di Belanda.

Harga : 6 hingga 12 euro

6. Bunga Tulip

Belanda memang terkenal dengan bunga tulip nya yang merupakan ikon dari Negara ini. Jika Anda ingin membeli bunga tulip untuk anda bawa pulang, Pastikan untuk mempelajari cara menanam dan juga criteria udara dan tanah yang akan digunakan. Karena menanam bunga tulip bisa dibilang sulit.

Ada ratusan toko bunga yang tersebar di sekitar Amsterdam, banyak di antaranya menjual tulip yang bisa dibawa pulang dan ditanam. Belanda memiliki sejarah panjang dengan tanaman yang berwarna-warni ini dan Amsterdam dikelilingi oleh beberapa perkebunan tulip besar, termasuk  Keunkof yaitu sebuah taman luas yang menanam lebih dari 7 juta bunga setiap tahunnya.

7. Teka-teki Jigsaw

JigsawJigsaw juga cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas belanda yang bisa dimainkan kapan saja. Salah satu teka-teki Jigsaw yang populer adalah buatan dari Jan Van Haasteren, seorang seniman lokal yang ilustrasinya telah ditampilkan dalam teka-teki jigsaw, diproduksi oleh perusahaan mainan Belanda Jumbo, selama beberapa dekade hingga sekarang.

Ilustrasi Jan paling dikenal karena sangat rinci, berantakan dan menggambarkan kelucuan peristiwa-peristiwa khas masyarakat Belanda. Dengan koleksi besar teka-teki yang tersedia, beberapa mulai dari 500 hingga 5000 keping. Dan juga ada beberapa edisi khusus lainnya. Anda bisa membeli untuk berbagai tingkaran mulai dari anak-anak, orang dewasa, pemula, dan ahli.

Harga: mulai  12,99 Euro hingga 29,99 Euro


8. Permen Belanda

Orang-orang Belanda sangat senang menikmati makanan-makanan manis. Belanda juga merupakan Negara pengkonsumsi kayu manis tertinggi di dunia. Salah satu permen khas belanda adalah Hollandse snoepjes yang  biasanya dikemas dalam Puntzakken, kantong plastik berbentuk kerucut.

Permen ini juga dikenal karena memiliki sifat penyembuhan, terutama berguna untuk meringankan sakit tenggorokan. Permen khas belanda lainya adalah  snoepmix Oma, Permen ini mengandung bahan yang tidak biasa, seperti adas manis, daun salam dan mentega.

Harga : mulai dari 2 Euro

9. Miniatur Kincir Angin Belanda

10. Magnet Kulkas dan Kartu Pos

Itu dia beberapa oleh-oleh khas belanda yang bisa anda bawa pulang untuk saudara atau teman-teman anda di rumah. Atau anda bisa menyimpanya sendiri sebagai kenang-kenangan untuk mengingatkan kenangan liburan anda saat di Belanda

, , ,
Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 09:05 Oleh :
Kategori : Belanda