14 Makanan Khas Qatar Paling Enak Yang Wajib Dicicipi

Makanan Khas Qatar – Jika anda Berlibur ke Qatar dan mengunjungi berbagai tempat wisatanya. Mencicipi makanan khas Qatar merupakan suatu keharusan. Penduduk di Qatar mayoritas beragama islam, jadi untuk anda yang muslim, tidak sulit untuk mencari makanan halal di negara ini, bahkan hampir setiap restoran maupun kafe di Qatar menggunakan bahan dan bumbu yang halal.

Masakan khas Qatar sangat dipengaruhi oleh makanan khas India dan Iran. Dan bumbu seperti kapulaga dan safron adalah rempah-rempah penting dalam makanan lezat seperti Machboos atau kabsa. Makanan lezat ini terbuat dari beras, daging, dan sayuran, dan dianggap sebagai hidangan nasional di Qatar.

Para Wisatawan asing di Qatar sering salah mengira masakan Arab lainnya seperti Hummus,  Tabouleh atau kebab  menjadi hidangan khas Qatar, tetapi mereka adalah masakan levantine yang sangat populer di sini. Rendahnya jumlah restoran yang menyajikan masakan tradisional asli Qatar dibandingkan dengan masakan lain bisa menjadi alasan mengapa banyak orang menjadi bingung. Untuk itu Berikut kami sajikan Makanan khas Qatar yang bisa anda cicipi.

1. Machbus atau Kabsa

MachboosMakanan Khas Qatar ini terlihat mirip seperti Biriyani.  Machboos adalah hidangan nasi yang dibumbui dan dimasak dengan hampir semua jenis daging, seperti ayam, kambing, domba, sapi, unta, udang dan ikan. Makanan ini merupakan salah satu hidangan paling populer yang ada di setiap restoran khas Qatar.

Daging untuk kabsa bisa dimasak dengan berbagai cara diantarnya yaitu:

  • Mandi : Merupakan cara terpopuler yang biasanya digunakan untuk memanggang daging domba. Teknik ini merupakan teknik kuno yang berasal dari Yaman, dimana daging dipanggang di lubang yang dalam di tanah yang ditutupi saat daging dimasak.
  • Cara lain menyiapkan dan menyajikan daging untuk kabsa adalah mathbi , di mana daging yang dibumbui dipanggang di atas batu-batu datar yang diletakkan di atas bara api.
  • Madghūt , melibatkan memasak daging dalam pressure cooker .

Beberapa restoran mungkin menambahkan lemon dan air mawar di atasnya untuk menambah rasa ekstra pada Masakan ini. Jika kurang pedas atau masih kurang terasa, anda bisa menambahkan saus salsa pedas yang biasanya disajikan di samping hidangan ini. Salah satu restoran terbaik yang menjual Machbus berada di Umm Fahed, Souq Waqif.

2. Thareed

ThareeqMasakan ini merupakan campuran dari berbagai sayuran, seperti kentang, wortel dan kacang-kacangan, dicampur dengan ayam atau domba. Ditambah Roti yang direndam dalam rebusan yang biasanya ditempatkan di bagian bawah piring, membuat roti ini lembut dan terasa lezat. Dan ditambah dengan saus tomat dan rempah-rempah. Anda mungkin menganggapnya sebagai hidangan lasagna yang dibuat dengan cara Qatar. Hidangan ini biasanya sangat populer saat bulan Ramadhan. Anda bisa mencicipinya  di Muglat Harees Al Wadah

3. Harees

HaressHarees adalah masakan khas Qatar yang sangat populer yang terdiri dari tepung terigu, mentega, dicampur dengan daging domba atau ayam atau bisa keduanya. Konsistensinya biasanya lembut seperti bubur. Harees adalah hidangan yang sangat populer yang dikenal di GCC, terutama di bulan Ramadhan , Idul Fitri dan acara meriah lainnya.


Untuk tumisnya, kayu manis dan kapulaga adalah yang paling banyak digunakan. Harees juga dianggap baik untuk kesehatan Anda karena kandungan nutrisinya. Salah satu restoran yang cukup terkenal  berada di Harees Airport

4. Balaleet

BalaleetBalaleet merupakan hidangan khas Qatar yang biasanya dimakan saat sarapan, tetapi kadang-kadang disajikan sebagai makanan penutup. Makanan ini bisa disajikan dalam keadaan dingin maupun panas, sesuai keinginan anda.

Balelet terdiri dari mie bihun goreng, dimasak dengan gula, kayu manis, safron dan kapulaga, kemudian ditutup dengan omelet. Ada juga yang menambahkan berbagai kacang di atasnya. Rasa dari hidangan dan penyajian mirip dengan masakan khas India.

5. Mehalabiyya

MehalabiyyaMahalabiya adalah jenis hidangan pencuci mulut yang bentuknya seperti pudding. Mehalaibayya biasanya terbuat dari susu. Dalam pendekatan non-tradisional, puding dapat dibuat dari banyak rasa dan biasnya ditambahkan dengan topping yang sesuai. Seperti kebanyakan masakan Qatar, Mahalabiya juga bisanya ditambah dengan air mawar untuk menambah rasa, dan terkadang menambahkanya dengan air jeruk.

Makanan penutup ini sangat halus dan mudah dimakan, ringan dan sangat lezat. Mahalabiya sangat cocok untuk hidangan penutup saat anda menikmati makan malam di Qatar.

6. Saloona

Ini adalah kaldu daging pedas dan / atau sayuran. Biasanya berisi banyak tomat, terong, wortel dan kentang. Ini bisa dimakan sendiri atau Anda dapat memilikinya dengan nasi. Bisanaya Saloona dibanderol dengan harga 15 QR atau sekitar 57.000 rupiah.

7. Margoog

Margoog merupakan hidangan yang tinggi akan kandungan serat dan vitamin nya. Biasanya disajikan dengan zucchini, wortel, terong, tomat, kentang, dan daging lunak. Adonan roti mentah biasanya digunakan, setelah diremas ke lapisan tipis, dipotong-potong dan direbus di kaldu sehingga bisa menyerap semua rasa. Salah satu tempat terbaik untuk mencobanya adalah restoran Meshwar Al-Khaleej di Madinat Khalifa.

8. Madrouba

Hidangan ini agak mirip dengan Harees. Ini adalah nasi yang dimasak dengan susu, mentega dan dibumbui dengan kapulaga. Dagingnya direbus bersama dengan kacang tumbuk.

9. Luqaimat

LuqaimatLembut di bagian dalam dan renyah di luar, Luqaimat adalah makanan penutup yang sempurna. Pada dasarnya masakan ini meruapakan adonan yang digoreng kemudian dicelupkan ke dalam sirup atau madu. Luqaimat berasal dari bahasa Arab yang berarti “ukuran gigitan”. Luqaimat juga juga merupakan salah satu hidangan Arab yang sangat populer, terutama di Bulan Suci Ramadhan.

Ada berbagai cara penyajianya, namun Luqaimat di Qatar biasanya ditambah dengan campuran mentega, susu, tepung, gula, safron dan kapulaga. Anda bisa menemukanya di Restoran Karaki – The Pearl

10. Ghuzi

Domba panggang utuh disajikan di atas hamparan nasi, sayuran, dan kacang-kacangan yang lezat membuat hidangan ini sangat nikmat dan cocok untukk partai besar.

11. Kousa Mahshi

Hidangan yang memiliki pengaruh paling internasional, hidangan Qatari Kousa Mahshi pada dasarnya diisi dengan cukini dengan daging domba dan ditaburi dengan mint dan bawang putih untuk rasa yang berbeda. Mahshi dipanggang sebelum disajikan yang merupakan salah satu ciri paling unik dari hidangan tersebut. Salah satu restoran yang menyediakan Kousa Mashshi berada di Harees Al Waldah.


12. Mathrooba

Terbuat dari bubur halus dengan tambahan ayam di dalamnya. Mathrooba adalah salah satu makanan lezat yang harus dicoba jika Anda mengunjungi tempat-tempat wisata di Qatar. Memiliki rasa yang kaya dan lezat membuat Mathrooba sangat menggugah selera, Mathrooba biasanya dimakan untuk sarapan. Untuk bentuk hampir mirip seperti Harees tetapi  mathrooba memiliki lebih banyak jenis sup. Salah satu restoran yang menyediakan mathrooba adalah di Souq Waqif Stall yang berada di Doha.

13. Wareq Enab

Daging domba, bumbu dan nasi dibungkus dengan daun anggur dan biasanya dicicipi sebagai makanan  pembuk. Wareq Enab bisa ditemukan di berbagai restoran. Salah satu restoran yang menyediakan Wareq Enab adalah Saidah, Souq Waqif. Dan bahkan Wareq Enab bisa anda temukan di beberapa warung di pasar tradisional di Qatar.

14. Khanfaroush

Khanfaroush merupakan kue bolu yang digoreng untuk dijadikan sebagai salah satu hidangan paling populer di Qatar yang lezat. Anda bisa mencicipinya di Pavlova Sweets Qatar.

Makanan-makanan khas Qatar kebanyakan berbahan dasar domba hampir sama seperti makanan khas Maroko, makanan khas Mesir, Makanan khas Arab Saudi dan negara timur tengah lainya. Sempatkan juga untuk mengunjungi beberapa toko tradisional dan souvenir yang menyediakan oleh-oleh khas Qatar yang bisa anda beli untuk teman-teman ataupun kolega anda di rumah. Jika anda punya banyak waktu libur kunjungi juga beberapa tempat wisata di Arab Saudi yang juga tak kalah menarik.

, , , ,
Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 13:14 Oleh :
Kategori : Qatar