12 Tempat Wisata Di Sopot Polandia Yang Menarik Dikunjungi Para Wisatawan

Bagi yang mencari destinasi wisata untuk berlibur jalan-jalan ke eropa mengunjungi tempat wisata di Polandia bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Salah satu kota di Polandia yang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur adalah kota Sopot yang terletak di Provinsi Pomerania di Polandia.

Nama kota Sopot ini berasal dari bahasa Slavik lama yang memiliki arti aliran atau musim semi dan nama kota ini menjadi resmi di Polandia pada tahun 1945 setelah wilayah ini berhasil direbut kembali oleh Polandia dari tangan Jerman.  

Sopot kini menjadi salah satu destinasi utama spa kesehatan dan resor panta di Polandia bersama kota Gdansk dan Gdynia yang berada di dekatnya.  Ketiga tempat tersebut sering dijuluki sebagai Tricity dan Sopot menjadi salah satu yang terkecil dari ketiga wilayah tersebut, namun tetap menjadi salah satu wilayah tepi laut terfavorit di Polandia.

Jadi tanpa perlu berlama-lama lagi berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Sopotyang wajib dikunjudngi jika berlibur ke Polandia.

1. Pier in Sopot

 Pier in Sopot

Salah satu tempat wisata di sopot yang menarik perhatian para wisatawan ketika berkunjung ke tempat ini adalah Pier in Sopot atau dermaga Sopot yang menjadi titik tambatan untuk kapal pesiar. Dermaga ini merupakan dermaga kayu yang membentang ke teluk Gdansk sepanjang 515,5 meter sehingga menjadi dermaga kayu yang terpanjang di eropa.

Dermaga kayu ini awalnya dibangun hanya sepanjang 31,5 meter pada tahun 1827 dan enggan seiring majunya ekonomi dan meningkatnya kebutuhan akan resor dan spa kemudian diperpanjang menjadi 515,5 meter. Setelah tahun 1990 kemudian kepala dermaga ini dimodernisasi dengan menggunakan elemen baja.

Kini untuk berjalan-jalan di dermaga sopot ini pengunjung dikenakan biaya 2 zloty untuk biaya pemeliharaan dermaga. Di dermaga sopot ini pegunjung bisa melihat air mancur yang indah, mercusuar dan juga berbagai macam restoran yang menjual makanan khas Polandia maupun negara lainnya yang tentu sayang untuk tidak dicicipi.

Di dermaga Sopot ini juga bisa digelar konser musik ataupun acara lainnya yang dapat  menampung massa hingga berjumlah 6.000 orang.

2. Krzywy Domek

 Krzywy Domek

Tempat wisata di Sopot berikutnya adalah Krzywy Domek yang merupakan bangunan yang cukup unik yang dibangun pada tahun 2004 dan memiliki luas 4.000 meter persegi. Bangunan yang merupakan bagian dari pusat perbelanjaan Rezydent ini dirancang oleh Szotyńscy & Zaleski, yang terinspirasi oleh ilustrasi dongeng dan gambar Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg.

Dalam bahasa Polandia kata Krzywy Domek memiliki arti rumah miring atau rumah bengkok dan karena keunikannya tersebut bangunan ini menjadi landmark wilayah Sopot dan menjadi objek yang paling banyak difoto di Polandia. Lokasi Krzywy Domek ini berada Bohaterów Monte Cassino 53, 81-767 tepatnya di dekat sudut Monte Cassino dan Morska street dengan pintu masuk di keduanya.


Tak seperti penampilan bangunan luarnya meliuk-meliuk dan terlihat seperti struktrur bangunan yang mengempis atau meleleh, justru bagian dalam bangunan ini tampak normal seperti biasa. Di dalam The Krzywy Domek bahkan terdapat beberapa fasilitas seperti restoran, bar, toko dan juga stasiun radio.

Krzywy Domek atau rumah miring ini dibuka untuk para pengunjung setiap harinya mulai dari pukul 8.00 hingga 18.00 waktu setempat. Bentuk bangunan dari Krzywy Domek yang cukup aneh dan unik ini juga masuk ke dalam jajaran bangunan berbentuk aneh di dunia.

3. Forest Opera

Forest Opera

Tempat wisata di Sopot yang satu ini bernama Forest Opera yang merupakan sebuah amphiteater terbuka yang berkapasitas sebanyak 4.400 kursi penonton dengan lubang orkestra yang dapat memuat hingga 110 musisi. Panggung dan tempat duduk penonton di forest opera tersebut dipisahkan oleh sebuah tirai besar dari tanaman hijau yang beratnya berton-ton dengan tinggi 12 meter dan panjang 38 meter.

Amphiteater ini dibangun oleh pada tahun 1909 oleh Paul Waither-Schaffernseorang kapelmeister dari teater kota di TargWeglowy, di sebuah perbukitan hutan yang tak jauh dari Lembah Pradka.

Pertunjukan pertama yang diadakan pada saat pembukaan forest opera tersebut pada tahun 1909 itu berjudul kemah malam granada oleh Conradin Kreutzer. Orkestra pada pertunjukan tersebut diiringi oleh Emil Schwarz yang berbasis di Gdanzk,  dan penggagas maupun pendiri forest opera ini, yaitu Paul-Walter Schaffer mengawasi acara ini secara keseluruhan

Selain itu mulai tahun 1964, hampir setiap tahunnya digelar Festival lagu Internasional  Sopot yang merupakan salah satu festival musik yang cukup terkenal di Polandia. Festival lagu Internasional Sopot ini diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Seni yang bekerja sama dengan badan seni Polandia (PAGART).

Pada tahun 2009, tepat ketika 100 tahun opera ini berdiri, tempat ini dilakukan renovasi dan juga modernisasi secara menyeluruh dan memakan waktu hingga tahun 2012 untuk proyek renovasi dan modernisasi tersebut selesai. Auditorium dari forest opera tersebut kini dapat menampung hingga 5.579 total penonton berdiri dan duduk.

Selain itu untuk memperingati 100 tahun forest opera ini berdiri diadakan penyelenggaraan pertunjukan konser tunggal Das Rheingold untuk pertama kalinya sejak tahun 1930.

4. Bohaterów Monte Cassino Street

Bohaterów Monte Cassino Street

Tempat wisata di Sopot berikutnya yang juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai macam negara ketika berlibur jalan-jalan ke Polandia adalah Bohaterów Monte Cassino Street.  Tempat ini adal ah jalan utama di Sopot yang membentang dari Aleja Niepodległości ke lac Zdrojowy (Alun-alun Spa) di dekat pinggir laut dan dermaga sopot.

Dari awal pembangunannya di abad ke 17 memang jalan ini bertujuan untuk menghubungkan antara wilayah pertanian di Sopot atas dengan wilayah pemukiman nelayan di laut.Salah satu yang menarik di jalan ini adalah adanya spa square dan air mancur setinggi 20 meter di jalan ini yang bisa menyegarkan para pelancong yang lelah.

Nama jalan ini diambil dari nama seorang Pahlawan Polandia pada pertempuran antaran Jerman dan Polandia di Italia pada saat perang dunia II. Di sepanjang jalan ini banyak sekali berjejer rumah makan, kafe dan juga klub dan juga toko-toko souvenir dan barang antik dimana pengunjung bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Polandia yang cukup menarik di sini.

Di jalan ini juga terdapat sejumlah galeri seni dan juga sering diadakan pertunjukan musikal mulai dari konser akordion hingga pertunjukan teater shakespeare. Di Bohaterów Monte Cassino Street ini pengunjung hanya diperbolehkan untuk berjalan kaki dan kendaraan tidak boleh melintass di sepanjang jalan ini.

Demikianlah beberapa pilihan rekomendasi tempat wisata di sopot yang bisa dikunjungi saat memutuskan untuk berlibur ke Polandia. Selain tempat wisata dia atas masih banyak lagi tempat wisata di Sopot lainnya yang bisa dikunjungi seperti :

  • Aquapark Sopot
  • Oliwa Cathedral
  • Zoo Gdanks Oliwa
  • Lysa Gora
  • Sopot Wax Museum
  • Kolibki
  • State Gallery of Art
  • Mole Brosen
  • Dan masih banyak lagi

Akhir kata terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. terimakasih

, , , ,
Post Date: Friday 05th, July 2019 / 16:48 Oleh :
Kategori : Polandia