10 Tempat Wisata di Wroclaw Polandia Yang Memukau

Mengunjungi benua eropa mungkin menjadi impian dan juga menjadi salah satu tempat favorit banyak orang untuk berlibur baik bersama teman, keluarga, bahkan sendiri. Benua eropa memang memiliki keindahan dan kecantikannya tersendiri yang selalmembuat paea wisatawan dari berbagai negara ingin berkunjung dan berlibur di sana.

Salah satu keeksotisan benua eropa yang sangat sayang untuk dilewati jika berkunjung ke benua biru ini adalah kawasan eropa timur. Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata di eropa Timur, kota Wroclaw yang ada di Polandia bisa menjadi salah satu kota yang bisa menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Wroclaw yang sayang untuk dilewatkan ketika berlibur ke Eropa timur, khususnya Polandia.

1. Cettenial Hall

Cettenial Hall

Rekomendasi tempat wisata di Wroclaw yang pertama adalah Cettenial Hall yang merupakan salah satu bangunan bersejarah yang terletak di sebelah timur pusat kota Wroclaw. Bangunan ini dibangun pada tahun 1911 dan dirancang oleh arsitek bernama Max Berg ketika kota Wroclaw ini menjadi bagian dari kekaisaran Jerman.

Bangunan ini dirancang sebagai tempat yang multifungsi untuk penyelenggaran pameran, konser, pertunjukan teater, opera dan lainnya. Atap bangunan ini berbentuk kubah model Festhalle Frakfrut yang terbuat dari beton tulang dengan diameter bagian dalam berukuran 69 m dan tinggi 42 m.

Aula gedung ini juga dilengkapi dengan organ pipa Saucer dengan 15.133 pipa yang dibuat oleh Walcker Orgelbau dan digolongkan sebagai organ terbesar di dunia. Aula ini dibuka setiap harinya untuk pengunjung dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau.

Centenial Hall juga ditunjuk menjadi salah satu monumen sejarah nasional resmi Polandia sejak tahun 2005. Pada tahun 2006 UNESCO juga menetapkan bangunan ini sebagai salah satu situs warisan bersejarah dunia.

2. Wroclaw Market Hall

Wroclaw Market Hall

Rekomendasi tempat wisata di Polandia khusunya di kota Wroclaw yang juga menarik untuk dikunjungi ketika berlibur jalan-jalan ke Polandia adalah Wroclaw Market Hal atau Balai Pasar  Moscow. Sesuai dengan namanya tempat ini merupakan sebuah pasar dimana terdapat beragam kios yang menjual berbagai macam bahan makanan dan juga terdapat tempat makan yang menjual berbagai macam makanan khas Polandia yang tentu sayang untuk dilewatkan.

Selain itu terdapat juga berbagai kios lainnya yang menjual berbagai macam pernak-pernik menarik yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Polandia untuk dibawa pulang. Wroclaw Market Hall ini juga dikenal sebagai tempat untuk membeli karangan bunga karena di tempat ini juga ramai dengan pedagang bunga.

Bangunan yang dirancang pada tahun 1905 oleh arsitek Richard Pluddemann memiliki ruang bawah tanah dan memiliki tiga lorong yang memanjang. Di dalam gedung, di sekitar dinding luar, di tengah lorong samping terdapat Mezzanine yang strukturnya terbuat dari lempengan beton bertulang dengan ketebalan 8 cm.

Pembangunan Wroclaw Market Hall ini selesai bersamaan dengan bangunan serupa di Ulica Kolejowa dan tujuan dari pembangunan kedua tempat ini adalah untuk mengatur perdagangan jalanan di pusat kota Wroclaw.Walau sempat mengalami kerusakan selama perang Dunia II dan direnovasi sejak tahun 1980 sampai 1983, Wroclaw Market Hall tetap menjadi salah satu bangunan pasar tradisional yang terbesar di kota Wroclaw.

Desain interior dan juga srsitektur asli dari Aula pasar ini yang ada sejak tahun 1906-1908 juga dimaskkan sebagai  barang budaya dalam daftar monumen nasional resmi Polandia pada tahun 1983.

3. Royal Palace, Wrocklaw

Royal Palace, Wrocklaw

Rekomendasi tempat wisata di Wrocklaw yang menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah Royal Palace atau Istana kerajaan Wrocklaw. Tempat ini dahulu merupakan istana dan juga tempat tinggal para Monarki Prosia selama beberapa dekade setelah berhasil mengendalikan Silesia salam perang Silesia pertama.

Istana ini direnovasi dan diperluas oleh Raja Frederick William II dari Prusian pada pertengahan abad ke 19 sehingga istana ini membentang dari alun-alun Wolnosci ke Jalan Kazimierza Wielkiego. Pada Tahun 1918 istana ini disumbangkan ke kota Breslau atau juga kita kenal sekarang dengan sebutan kota Wroclauw dan akhirnya istana inipun berubah menjadi museum ysng didedikasikan untuk Frederick The Great, dan juga pengunjung bisa melihat keindahan interior istana dan juga koleksi seni Silesia.

Sayangnya pada bulan Mei 1945 museum Istana ini mengalami kerusakan yang cukup parah  akibat pengepungan kota pada akhir perang dunia II.  Beberapa bagian istana Wroclaw yang tersisa ini akhirnya direnovasi kembali pada tahun 1960 an menjadi Museum Arkeologi dan Etnografi hingga akhirnya pada tahun 2008 renovasi tersebut selesai dan Istana ini menjadi sebuah museum yang baru yang menyajikan dan memperkenalkan sejarah kota Wroclaw selama 1.000 tahun kepada para pengunjungnya.

Museum Istana Wroclaw ini dibuka bagi para pengunjung pada hari Selasa hingga Jumat pada pukul 10.00 hingga 17.00 dan pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat. Bagi pengunjung yang ingin melihat berbagai pameran yang ada di museum Istana Weoclaw ini jangan khawatir karena harga tiket masuk untuk ke Istana Museum ini gratis.

4.  Catedral of St.John Baptist

Catedral of St.John Baptist

Tempat wisata di Wroclaw berikutnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Gereja Katedral Johanes Pembaptis di Ostrow Tumski. Gereja katedral Johanes Pembaptis ini mempnyai bentuk bangunan bergaya gotik dan dibangun pada pertengahan abad ke 10 dibawah pemerintahan Pfemyslid.

Setelah berakhirnya invasi bangsa mongol di Wroclaw, gereja katedral Johanes Pembaptis ini kembali dibangun pada tahun 1244 dengan gaya neo gotik. Gereja ini juga mengalami beberapa kerusakan akibat kebakaran besar, dan juga akibat perang selama hari-hari terakhir berlangsungnya perang dunia II.

Renovasi dan rekonstruksi dari Gereja Katedral Johanes Pembaptis ini dilakukan hingga tahun 1951 dan direkonsiliasi oleh Uskup Agung Stefan Wyszynsky.

Katedral ini memiliki 3 pintu masuk, yaitu portal barat utama, dan 2 pintu yang masing-masing berada di wilayah utara dan selatan. Di belakang ruang paduan suara katedral ini terdapat 3 kapel, yaitu The Elizabeth Chapel yang dibangun tahun 1682-1700, serta Marian chapel gothic dan juga Kapel Corpus Christi yang berada di sebelah utara ruang paduan suara.

Di Katedral ini juga terdapat organ pipa terbesar di Polandia yang dibangun pada tahun 1913 oleh EF Walcker dan Sons yang juga merupakan organ pipa terbesar di dunia.

Selain menjadi salah satu destinasi para wisatawan ketika berkunjung ke tempat ini, gereja katedral ini juga masih dikgunakan sebagai tempat beribadah bagi umat kristiani. Pengunjung bisa mengunjungi katedral ini pada hari senin hingga sabtu mulai pukul 10.00 hingga 17.00 waktu setempat dan di hari minggu mulai pukul 14.00 hingga pukul 17.30 waktu setempat.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Wroclaw Polandia yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke tempat ini. Selain tempat wisata diatas masih ada lagi tempat wisata lainnya di Wroclaw yang bisa dikunjungi seperti :

  • Zoo Wroclaw
  • St Elizabeth Chruch
  • National Museum
  • Auapark Wroclaw
  • Museum of Architecture Wroclaw
  • Market Square, Wroclaw
  • Dan masih banyak lagi

Akhir kata terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , , ,
Post Date: Friday 05th, July 2019 / 16:15 Oleh :
Kategori : Polandia