13 Tempat Wisata Di Venice Paling Populer

Selain roma, italia ternyata masih kota wisata terkenal lainnya seperti Venice. Jika anda memiliki Italia sebagai destiansi liburan, Venice adalah salah satu kota yang wajib masuk ke dalam daftar kunjungan anda. Karena kota ini bukan hanya unik tapi juga menarik, hingga wisatawan tidak akan bisa menemukan keunikan kota ini di negara lainnya.

Bagaimana tidak? Kota ini dibangung di atas air, sehingga menapatkan julukkan kota apung, dan kota air. Wisatawan dapat menemukan kanal-kanal berliku di setiap sudut kota ini.

Selain itu, bangunan-bangunan berarsitektur unik dan cantik dengan usianya yang tergolong tua menghiasi sudut kota ini. Saking indahnya, panorama dan suasana di kota ini layaknya sebuah lukisan yang banyak ditemukan di galeri seni.

Tidak heran jika Venice dijuluki sebagai kota terindah dan paling omantis di Eropa. Bahkan seluruh kota dan danau yang ada di tepiannya sudah masuk ke dalam daftar situs dilindungi UNESCO loh.

Makin penasaran bukan dengan kecantikan tempat wisata di Venice? Langsung yuk cek di sini. Dijamin kecantikan tempat wisata di kota ini tidak kalah dengan tempat wisata di terkenal Eropa lainnya.

1. St Mark’s Square

St Mark's Square

Luasnya alun-alun terbesar di Venezia yang terlihat akrab dengan arsitektur yang seragam dan elegan di tiga sisinya. Alun-alun Kota Venice ini tidak pernah sepi oleh wisatawan, karena memang tempat ini adalah pusat kota.

Selain dipadati oleh wisatawan atau orang lokal, alun-alun ini juga ramai dengan burung merpati yang membuat suasana alun-alun semakin romantis, khas alun-alun di Eropa lainnya. Beberapa ikon terkenal dapat dijumpai di tempat ini, seperti St Mark’s Basilica dengan menara loncengnya, dan juga Doge’s Palace.

Tempat yang juga dikenal dengan Pizza San Marco ini dibuat pada abad ke 9 sebagai alun-alun kecil yang ditandai dengan pepohonan. Yang diperluas pada tahun 1174 dan kemudian tanahnya ditutup menggunakan batu bata yang membentuk kerangka ikan hering pada tahun 1267.

Lalu pada tahun 1723, batu bata yang menutupi lantai alun-alun ini diganti dengan batu yang memiliki pola geomteri. Keunikan alun-alun kota ini tidak kalah dari alun-alun Kota Tokyo, yang emnajdi salah satu tempat wisata di Jepang. Pola inilah yang masih ada dan dapat disaksikan langsung oleh wisatawan hingga saat ini. Tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitar alun-alun ini adalah:

  • Piazzetta di San Marco
  • St Mark’s basilica
  • Doge’s Palace

2. Gereja San Giorgio Maggiore

Church of San Giorgio Maggiore

Church of San Giorgio Maggiore adalah tempat wisata di Venice lainnya yang bisa dikunjungi, gereja indah ini berada di pulau San Giorgio Maggiore. Pulau kecil ini terletak di sisi selatan gugusan pulau utama Venice.

Walaupun merupakan pulau kecil, namun pulau ini sangat mudah dikenali lewat menara lonceng gereja San Giorgio Maggiore. Bangunan ini adalah hasil karya dari arsitek Palladio pada tahun 1566. Gereja ini juga menjadi salah satu ikon atau bangunan terkenal di Kota Venice. Kecantikan dari bangunan ini seringkali diabadikan dari kejauhan.

Karena dari kejauhan, gereja ini terlihat semakin cantik, dengan dinding depannya yang dilapisi oleh marmer berwarna putih arsitekturnya yang bergaya Renaissance klasik. Dari tempat ini, alun-alun Kota Venice juga bisa terlihat dari sudut yang berbeda.

Selain gereja, pulau ini juga memiliki gedung pusat Cini Foundation Arts Centre yang terkenal dengan perpustakaannya. Selain itu ada juga teater terbuka dari Teatro Verde, perahu-perahu yang berlabuh di dekat pulau juga menjadi pemandangan menarik dan indah yang bisa ditemukan di tempat ini.

3. Santa Maria della Salute

Santa Maria della Salute

Santa Maria della Salute merupakan sebuah gereje katolik Roma yang berada di segitiga Punta Della Dogana. Lebih tepatnya berada di distrik Dorsoduro, Venice, tempat ini terkenal menjadi salah satu landmark kota Venice karena siluetnya yang nampak indah dan sangat mudah dikenali.

Selain itu, letaknya pun sangat strategis, yaitu berada di dekat ujung daratan berbentuk segitiga antara dua kanal besar Grand canal dan Giudecca Canal. Bahkan bangunan ini bisa terlihat ketika memasuki St. Mark’s Square dari laut.

Tempat wisata di Venice ini selesai dibangun pada tahun 1687 dengan gaya arsitektur baroque style yang indah. Karena memiliki bentuk dan arsitektur yang nampak mencolok, tempat ini sering menjadi buruan para fotografer yang datang ke Venice. Suasana dan pemandangan dari tempat ini pun terlihat tak kalah romantisnya dari tempat wisata di Korea Selatan.

4. Jembatan Rialto

Satu lagi tempat ikonik yang ada di kota ini, yaitu Jembatan Rialto yang merupakan salah satu dari empat jembatan yang menghubungkan kanal besar Venesia. Jembatan ini juga menjadi jembatan tertua yang menghubungkan kanal tersebut.

Jembatan Rialto menjadi penghubung dari distrik San Marco dan San Polo. Jembatan pertama yang menjadi penghubung di kanal besar venesia ini adalah sebuah jembatan ponton yang didirikan pada 1181 oleh Nicolo Barattieri.

Jembatan tersebut dijuluki dengan Ponte della Moneta karena adanya sentra pembuatan uang logam yang berada tepat di dekat pintu masuk sebelah timurnya. Seiring berjalannya waktu, pasar Rialto yang ada di tepi timur jembatan terus berkembang dan semakin ramai. Sehingga jembatan ini pun diganti oleh jembatan kayu pada tahun 1255.

Karena terhubung langusng dnegan pasar, nama jembatan ini pun diganti. Pada awal pertengahan abad ke 15, sepanjang jembatan ini dibangun dua baris toko, yang uang sewanya digunakan sebagai pemeliharaan jembatan. Namun jembatan ini sempat terbakar pada tahun 1310 akibat dari pemberontakkan. Lalu jembatan ini sempat runtuh pada tahun 1444 karena banyaknya orang yang menonton parade kapal dari atas jembatan.

Pada tahun 1524 jembatan ini harus runtuh untuk yang kedua kalinya. Kemudia pada tahun 1503 muncul ide untuk membangun ulang jembatan menggunakan struktur batu. Jembatan yang ada saat ini pun sangat mirip dnegan jembatan kayu yang dulu digunakan untuk menghubungkan tempat ini.

Saat ini, jembatan Rialto adalah tempat wisata di Venesia yang mampu menarik jutaan wisatawan dari seluruh dunia. Tempat wisata lainnya di venesia yang dapat dikunjungi adalah:

  • Correr Museum, adalah sebuah museum yang terletak di salag satu deretan pertokoan Napoleon Wing di tepi St. Mark’s Square. Lebih tepatnya di bangunan yang bernama Procuratie Nouve. Selain karya seni, di dalam museum ini terdapat sejarah Kota Venice. Museum ini buka dari jam 10 pagi hingga 7 malam.
  • Punta della Dogana, merupakan museum seni yang menempati sebuah bangunan bekas kantor bea cukai kota Venice. Tempat wisata di Venice ini memiliki bangunan yang bentuknya mengikuti bentuk ujung pulau. Yaitu berbentuk segitiga, berbagai karya seni dipajang di museum ini.
  • Istana Ducale
  • Museum Peggy Guggenheim
  • Campanile di San Marco
  • Basilica di Santa Maria Gloriosa dei Frari

Itulah beberapa tempat wisata di Venice yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Kecantikan dan keanggunakan dari kota ini pasti akan mengingatkan wisatawan kepada tempat wisata di Roma yang juga terkenal dnegan bangunannya yang berarsitektur indah.

Tidak kalah dari kota terindah di Swiss bukan? Punya tips jalan-jalan ke Venice? Atau tempat wisata di Venice lainnya? Langsung komen di kolom komentar yuk.

, , , , , ,
Post Date: Saturday 31st, August 2019 / 09:52 Oleh :
Kategori : Italia