8 Tips Backpacker Asia Tenggara Murah Paling Berguna

Backpackeran ke Asia Tenggara akan menjadi hal yang menyenangkan selama anda berada di tempat yang tepat dan pergi dengan orang yang tepat. Di tambah lagi jika anda bisa menghemat pengeluaran meskipun anda sedang berjalan-jalan keliling Asia Tenggara.

Berikut adalah tips backpacker Asia Tenggara murah yang tidak akan membuat dompet anda semakin tipis.

1. Memilih objek wisata yang dekat dan murah

destinasi-wisata

Pertama untuk backpacker asia Tenggara murah yang dapat memotong budget anda ialah memilih objek wisata yang dekat. Objek wisata yang dekat dengan negara kita antara lain ada tempat wisata di Singapura atau tempat wisata di Malaysia, dan sekitarnya.

Maskapai penerbangan Airs ASIA sering membuka diskon dan bahkan menawarkan seat gratis untuk anda agar bisa bepergian ke negara manapun yang anda inginkan, termasuk ke Malaysia. Jadi bagaimana kalau anda mulai memilih objek wisata ikon Singapura di kawasan Marina Bay Sands saja.

Perjalanan keliling Asia Tenggara bisa anda mulai ke Singapura terlebih dahulu. Kemudian dari Singapura, anda bisa mengambil promo kursi gratis lagi dan terbang ke berbagai tempat lain seperti tempat wisata di Penang, Macau, Mumbai, Tokyo, Bangkok, dan destinasi menarik lainnya.

2. Kunjungi Objek Wisata Gratis

singapore

Supaya anda benar-benar bisa menghemat pengeluaran ketika melakukan rencana backpacker Asia Tenggara Murah, lakukanlah kunjungan ke objek-objek wisata gratis yang tersedia di berbagai negara.

Tempat wisata di Singapura seperti kawasan Marina Bay Sands dan Gardens by the Bay dibuka secara gratis untuk wisatawan. Anda bisa mengunjungi kedua tempat tersebut kapanpun anda mau tanpa dipungut tiket masuk.

Kemudian, dari Singapura, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Malaysia dengan naik kereta. Perjalanan darat ini memang akan memakan waktu lebih lama daripada menggunakan jalur udara, namun anda bisa memanfaatkannya untuk merasakan sensasi pengalaman baru selama perjalanan dan sekaligus bisa menghemat biaya tiket perjalanan.

Anda bisa melakukan perjalanan darat ini mulai dari tengah malam, sesuai dengan waktu setempat. Kemudian, anda bisa sampai di Malaysia sekitar pagi hari jam 6.30 waktu Malaysia.


3. Menelusuri jejak sejarah Kamboja di malam hari

thailand

Dari Malaysia, mungkin anda bisa melanjutkan perjalanan langsung ke Kamboja. Di sini, anda bisa melakukan perjalanan darat. Anda bisa berkeliling Kamboja, melihat-lihat pemandangan malam dan juga siang selama di Kamboja. Kalau anda hobi fotografi, ada banyak tempat wisata di Kamboja yang akan memanjakan hobi anda. Ambillah kesempatan untuk mendapatkan foto-foto bagus tersebut.

Anda bisa menjelajahi kawasan bernama Angkor Wat. Di malam hari, kuil ini terlihat indah dengan lampu-lampu hias di sisi kanan dan kirinya, kesan elegan itu pun terpancar luas. Bangunan yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun tersebut menjadi ikon wisata Kamboja yang terlalu sayang jika tidak diabadikan dalam sebuah foto.

4. Menikmati Perjalanan Bus di Vietnam

tempat-wisata

Lalu, bagaimana caranya supaya bisa melanjutkan perjalanan dengan aman dan nyaman setelah sampai di Vietnam? Padalah budget pas-pasan. Sama saja seperti ketika di Kamboja dan negara lainnya. Sebaiknya anda kunjungi tempat wisata gratisnya, lakukan wisata melihat-lihat kota, anak-anak millenial menyebutnya walk tour.

Namun, kami sarankan pula untuk merasakan menikmati perjalanan dengan bus di vietnam ketiak anda harus menjangkau tempat yang jauh dari penginapan. Well, tahukah anda dari Kamboja ke Vietnam bisa dilalui dengan jalur darat seperti naik bus ini? kalau anda ingin coba, biaya yang harus anda keluarkan dengan jalur darat dari Siem Reap ke Phnom Penh dan Phnom Penh ke Ho Chi Minh, kurang lebih Rp 360 ribu.

5. Menikmati Panorama di Kota Pantai Mui Ne, Vietnam

Tempat-Wisata-Terbaik-Singapore-Orchard-Road

Sesudah sampai di Vietnam, aktivitas gratis yang dapat anda lakukan tanpa mnegurangi isi dompet sedikitpun ialah melepaskan lelah sambil melihat pemandangan di Kota Pantai Mui Ne, Vietnam.

Mui Ne merupakan sebuah kota kecil yang berada di tepi laut China Selatan. Untuk menjangkau lokasi ini diperlukan perjalanan menggunakan sepeda motor dengan tarif sekitar Rp 90 ribu perhari.

Ketika anda sampai di lokasi, anda bisa melihat tempat yang sejuk. Di kawasan ini juga terdapat banyak penginapan. Anda bisa santai satu hari di sini, misalnya dengan menyewa sebuah kamar yang umumnya standar dibanderol dengan harga IDR 200 di Ho Chi Minh.

6. Jadikan Jajanan Jalan Makanan Pokokmu

Langkawi-malaysia

Nah, setelah dari sisi transportasi dan pilihan destinasi wisata, kini mari kita bahas soal makanan yang sebaiknya kita pilih. Ketika kita sedang berada di sebuah negara asing, tentunya kita ingin merasakan masakan khasnya, namun kita tentu tidak bisa mencoba keseluruhan karena dana yang terbatas.

Lalu bagaimana supaya kita bisa menikmati makanan khas dengan biaya yang minim? Jawabannya ialah menjadikan street food ala negara yang kita kunjungi sebagai makanan pokok selama kita berada di sana.

Ada banyak lokasi jajan pinggir jalan, anda bisa mencicipi segala macam jajanan khas negara yang sedang anda kunjungi tanpa ragu sedikitpun bahwa itu merupakan makanan khas yang dapat anda pamerkan di instagram.

Cicipilih makanan lokal seperti Tom Yum ketika sedang berada di Thailand, roti canai, roti samosa ketika di India dan lain sebagainya.

7. Bawa Banyak Snack Bersamamu

bukit-lawang-tempat-wisata-di-asia-tenggara

untuk lebih menghemat pengeluaran dari sisi kuliner selama melakukan perjalanan keliling Asia Tenggara, anda sebaiknya membawa sebanyak mungkin cemilan. Cemilan ini akna membantu anda untuk menahan lapar dan membuat anda mampu mengontrol diri untuk tidak terus menerus mengeluarkan uang untuk jajan di setiap tempat yang anda kunjungi.

Di samping itu juga membantu menghemat waktu, daripada kesusahan untuk menemukan tempat makan, anda bisa langsung makan cemilan yang anda bawa ketika anda mulai merasa lapar.

Apalagi ketika anda memiliki jadwal perjalanan backpacker yang padat seperti mengejar pesawat bertiket gratis anda misalnya, karena tidak mungkin membeli tiket perjalanan sendiri, maka sebaiknya anda bawa cemilan untuk membantu anda memiliki proses perjalanan wisata yang lancar dan menyenangkan.

8. Menginap di Hostel

angkor-wat-tempat-wisata-di-asia-tenggara

Dalam hal memiliih penginapan, rasanya ini tidak akan bosan-bosannya untuk disinggung kembali kepada traveller yang ingin menghemat pengeluaran. Yup! Pilih penginapan dengan harga murah seperti guesthouse atau hostel. Jika anda berkunjung ke luar negeri, mungkin anda pun bisa memilih camping ground sebagai tempat anda menginap semalam.

Biaya hostel biasanya lebih murah daripada biaya menginap di hotel. Selain murah, di sini anda memiliki banyak kesempatan untuk bertemu dengan backpacker lainnya dan anda bisa berbagi informasi dengan mereka.

Tips memesan penginapan sebelum anda melakukannya ialah lihat dulu review dari penginapan yang hendak anda pilih. Percayalah dengan sedikit usaha, anda akan memperoleh tempat menginap seperti yang anda bayangkan.


Tips backpacker ke Asia Tenggara

Selain tips-tips di atas, berikut ini kami kumpulkan daftar hal-hal lain yang juga harus anda perhatikan selama melakukan perjalanan dengan cara bakcpacker ke Asia Tenggara. Tips backpacker Asia Tenggara murah untuk anda antara lain dimulai dari:

  • Jangan lupa untuk mengecek kamar yang anda pesan
  • Pilihlah jalan kaki sebagai moda transportasi menikmati setiap destinasi wisata karena jalan kaki memang mode transportasi paling murah.
  • Pastikan anda menghafal rute transportasi umum di negara yang anda kunjungi
  • Pahami bahasa sehari-hari di negara yang anda kunjungi untuk mengurangi kesalahpahaman.
  • Jangan Pergi ke Tempat-Tempat Mainstream

Demikian pemaparan tentang tips backpacker Asia Tenggara murah meriah. Semoga anda terinspirasi.

, , ,
Post Date: Saturday 20th, October 2018 / 01:58 Oleh :
Kategori : Asia Tenggara