Tips Backpacker Dari Malaysia Ke Thailand Paling Hemat

Hai sobat, sudah bosan dengan seabrek kegiatan rutinitas yang kamu kerjakan? ingin berlibur ke luar negeri tapi hanya punya budget sedikit? jangan khawatir, liburan ke luar negeri itu tidak mahal kok, asal kalian sudah mengerti cara – caranya, yang jelas jika memang memiliki budget sedikit tetapi tetap ingin berlibur ke luar negeri, kalian dapat mengunjungi tetangga ibu negara kita, tidak perlu berlibur sampai ke benua Eropa, benua Afrika, ataupun Benua antartika hehe..

Banyak negara tetangga Indonesia yang menjadi destinasi liburan para wisatawan di Asia Tenggara, diantaranya adalah Thailand dan Malaysia, bukan berarti di negara lain tidak bagus untuk dikunjungi, hanya saja dua tempat ini menjadi rekomendasi dan favorit para wisatawan karena tempat wisata di johor bahru yang sangat menarik ditambah lagi dengan tempat wisata di hatyai yang sedang melejit di berbagai sosial media.

Sebetulnya jika para viewers memiliki waktu banyak akan sangat menyenangkan jika menambahkan negara satu lagi untuk dikunjungi yaitu negara merlion atau yang biasa disebut dengan negara Singapura. Ditambah lagi negara Singapura juga memiliki tempat wisata gratis di Singapura, namun jika anda tidak memiliki banyak waktu cukup di dua negara seperti yang dibahas diatas.

Jika anda berpendapat perlu biaya tinggi untuk melakukan wisata ini, tidak anda salah besar, anda dapat melakukan backpacker dari Malaysia ke Thailand. Notabene negara Malaysia dan negara Thailand memiliki jarak kurang lebih sekitar 954km, dan dapat ditempuh menggunakan jalur darat. Bagaimana caranya melakukan backpacker dari Malaysia ke Thailand, berikut tips yang akan kami ulas untuk kalian para pecinta backpacker.

  • Mencari tiket promo jauh – jauh hari

maxresdefaultBagi kalian yang ingin melakukan backpacker dari Malaysia ke Thailand yang pasti akan sangat senang jika mengeluarkan kocek yang sedikit, bener kan…
Nah tipsnya adalah carilah tiket pesawat maskapai manapun yang biasa memberikan promo tiket murah atau bahkan ada yang memberi free seat ticket.

Umumnya tiket promo tidak bisa kita tentukan kapan berangkatnya, biasanya mereka memiliki jadwal keberangkatan yang dibatasi hanya dalam bulan ini hingga bulan ini, dan tentunya tiket promo tidak akan diadakan saat libur panjang atau terlebih lagi pada saat hari raya.

Kalian para backpacker sejati dapat menemukan disitus – situs online yang menjual tiket atau bisa kalian temui di mall – mall jika ada pameran promo maskapai. Disitulah kalian gunakan mencari tiket promo yang menuju negara Malaysia, cukup banyak berdasarkan pengalaman yang mendapat tiket promo yang menuju negeri jiran tersebut, jadi selamat mencoba ya para viewers.

  • Menuju Thailand melewati jalur darat

new-sleeper-train-thailandMemang banyak cara untuk menuju Thailand jika dari Malaysia, kalian bisa memilih naik pesawat, bus malam, atau bahkan menaiki sleeper train. Slepeer train adalah semacam kereta yang memiliki gerbong tidur khusus selain tempat duduk.

Jika kalian sudah puas berjalan – jalan menikmati tempat wisata Malaysia, seperti tempat wisata di kuching, dan mencicipi makanan ringan khas Malaysia, maka saatnya untuk berpindah ke Thailand.

Langkah awal adalah menuju ke Kuala Lumpur, langsung menuju ke KL central untuk membeli tiket kereta api dari KL ke hat yai. Harga tiket per orang adalah sekitar RM 60 hingga RM 80, jika di kurskan ke rupiah sekitar 180 ribu hingga 240 ribu rupiah, cukup murah bukan. Jalur rute yang akan ditempuh adalah kuala lumpur – hat yai – phuket.


Tiket itu tadi hanya untuk perjalanan dari kuala lumpur hingga hat yai saja. Setelah dari hat yai dilanjut dengan menaiki bis ke phuket. Kalian akan naik bis yang berisikan sekitar 24 hingga 48 orang. Kalian bisa naik bis dari terminal bus hat yai atau pergi ke travel agent di depan stasiun kereta hat yai. Nah, disini kalian harus pinter – pinter nawar, banyak yang dirasa curang dalam penjualan tiket bis disini. Sebagai patokan agar kalian tidak merasa terbohongi, harga tiket bis per orang sekitar 750 hingga 1250 BHT.

Setelah mendapat bis, tenang aja kalian hanya akan duduk manis menempuh perjalanan kurang lebih 7 hingga 8 jam menuju kota phuket, Thailand. Mereka biasanya akan berhenti di terminal bis kota Phuket.

Yang perlu diingat bahwa, memang melewati jalur darat menuju ke phuket sangat menghemat budget, namun bagi sangat memakan waktu, perlu waktu sekitar 20 jam untuk  sampai ke phuket dari malaysia, jika saja ingin sampai cepat – cepat di Thailand, kalian dapat menempuhnya melewati jalur udara alias naik pesawat, yang tentunya kalian bukan lagi menjadi backpacker atau bisa dibilang kalian akan mengeluarkan budget lebih besar daripada melewati jalur darat.

  • Tidak asal memilih makanan

imagesSesampainya di Hatyai, ketika kalian transit dan mencari tiket bis untuk dinaiki menuju phuket, kalian akan menjumpai banyak penjual makanan, tentu saja kalian ingin mencicipinya bukan..

Jika kalian bepergian dengan seorang teman yang dapat membaca tulisan Thailand ataupun mengerti bahasa Thailand tidak masalah tidak akan gampang terbujuk, namun jika kalian tidak memilikinya, kalian dapat belajar sedikit – sedikit sebelumnya, yang jelas jangan asal pesan, jangan langsung pesan, tanyakan terlebih dahulu berapa harganya, karena jika tidak, setelah anda selesai makan tanpa bertanya dulu, anda bisa – bisa saja dibohongi oleh para penjual dan dinaikan harganya beberapa kali lipat.

Bagi kalian para backpaker yang muslim, anda dapat juga menanyakan apakah makanan itu mengandung babi atau tidak, cukup anda tanyakan “no pork?”, daripada ribet – ribet, atau anda juga bisa langsung bertanya “halal food?”, mereka pasti langsung mengerti apa yang kalian maksud.

Ada juga penjual disana yang memakai jilbab, jadi mungkin anda para muslim tidak perlu khawatir jika membeli makanan di tempat itu. Soal harga cukup terjangkau, satu porsi tom yum sekitar 100 THB, atau jika di kurskan sekitarribu rupiah, ya memang beda harganya jika kita membeli di warung dim sum pinggir jalan di Indonesia, tentunya rasanya pun sangat nikmat jika dibuat oleh tuan asal dari negara mereka sendiri.


Untuk jajan – jajanan seperti thai tea yang sekarang baru melejit di Indonesia, kalian dapat membelinya sekitar 8000an saja. Sosis bakar dan jajan – jajanan berbahan dasar ikan disini cuma 150 baht atau jika dikurskan hanya 6000 saja, berbeda jika di Indonesia harga jajanan seperti itu bisa sampai 15 ribuan.

Di tempat ini memiliki wisata kuliner yang asik, banyak sekali pedagang pinggir jalan menjual jajanan – jajanan yang kurang lebih seperti di Indonesia, ya namanya juga negara tetangga, sedikit banyak budaya, selera, dan gaya akan tertular. Namun perlu di ingat lestarikan budaya kita sendiri jangan sampai kita malah ikut – ikutan budaya negara lain dan meninggalkan  budaya Negara Indonesia. Selamat menikmati menjadi backpaker ya guys.

, , ,
Post Date: Monday 04th, June 2018 / 05:00 Oleh :
Kategori : Asia Tenggara