5 Tips Belanja Di Bangkok Paling Berguna Bagi Wisatawan

Bangkok menjadi salah satu tempat wisata yang sering di kunjungi oleh turis mancanegara. Kota ini menawarkan banyak kelebihan dalam sektor pariwisatanya. Tidak hanya itu, Bangkok juga menjadi tujuan wisata yang ramah sekaligus menyenangkan bagi traveller muslim mancanegara. Di mana di sana di sediakan tidak hanya tempat ibadah tetapi juga banyak pilihan makanan halal yang sangat mudah untuk di jumpai.

Ketika kita pergi berwisata baik pergi wisata di dalam negara maupun ke luar negeri, tidak lengkap rasanya jika kita tidak berbelanja. Baik itu berbelanja pernak-pernik sebagai oleh-oleh maupun berbelanja makanan khas daerahnya. Tetapi kita tetap harus berhati-hati dalam berbelanja, jangan sampai karena iming-iming diskon besar kita tidak dapat membedakan mana yang harus di beli dan mana yang tidak. Ini beberapa tips belanja di Bangkok.

  • Rencanakan Barang Apa Saja yang Ingin Anda Beli

shopping listSebelum pergi ke berbelanja oleh-oleh untuk keluarga, ada baiknya rencanakan dahlu barang atau makanan apa saja yang akan Anda beli. Buatlah sebuah list atau catatan kecil dan urutkan dari barang yang harus di beli dan yang tidak harus di beli. Sesuaikan isi catatan kecil ini dengan uang Anda.

Karena biasanya ketika kita sudah masuk ke pusat perbelanjaan, kita akan lupa dengan apa yang sebenarnya ingin kita beli. Terutama kaum hawa yang melihat diskon sedikit akan langsung membeli barang tersebut tanpa berfikir panjang. Maka catatan kecil yang sudah Anda buat tadi bisa sedikit menolong Anda. Jadi ketika pertama kali Anda masuk pusat perbelanjaan Anda lihat catatan kecil Anda, apa barang pertama yang harus di beli dan segeralah ke tempat barang itu di jual.

  • Perhatikan Bagasi Anda

bagasiSebelum memulai perburuan Anda di tempat perbelanjaan, ada baiknya Anda pastikan dulu berapa banyak ruang di koper dan bagasi Anda untuk di masukan barang. Sudah menjadi rahasia umum bagi turis yang berwisata ke luar negeri tetapi tidak tahu apakah barang yang di beli tersebut dapat muat di koper dan sesuai dengan berat maksimal bagasi. Pada akhirnya mereka harus membayar lebih hanya untuk ukuran bagasi.

Agar Anda terhidar dari kejadian seperti di atas, ada baiknya Anda pastikan dahulu berapa maksimal berat bagasi yang bisa Anda bawa. Jangan sudah beli banyak barang tetapi tidak dapat masuk semua ke bagasi dan harus bayar lebih. Bukankah lebih baik jika uang yang kita bayar untuk kelebihan bagasi tersebut kita gunakan untuk wisata kuliner di Bangkok.


  • Lakukan Survey Tempat Belanja

tempat belanjaSelain membuat catatan kecil, ada baiknya Anda lakukan survey terlebih dahulu tempat perbelanjaan di Bangkok. Tidak semua tempat belanja di Bangkok memiliki harga yang sama. Sama halnya seperti di Indonesia, ada pusat perbelanjaan yang menjual barang dengan harga murah ada juga yang menjual barang dengan harga yang lebih tinggi padahal kualitas dan bentuk barang sama persis.

Jika Anda masih bingung untuk menentukan tempat belanja, beberapa tempat belanja murah di Thailand ini dapat Anda jadikan bahan pertimbangan.

1. Pratunam Market

Pratunam market merupakan pasar yang menjual berbagai pakaian dengan harga gorsir atau harga yang sangat murah. Pasar ini berlokasi di 869/15 Ratchaprarop Rd, Khwaeng Thanon Phaya Thai, Khet Rhatchathewi, Krung Thep Maha Nakhon 1400, Thailand. Pratunam Market buka pukul 10 pagi hingga 8 malam. 

Untuk Anda yang ingin membeli pakaian partai besar atau untuk orang banyak, Pratunam Market sangat cocok untuk Anda. Karena semua barang di pasar ini di jua; secara grosir dan ketika Anda membeli lebih dari tiga barang Anda akan mendapatkan diskon lagi. Hebatnya di pasar ini Anda juga dapat menawar harga hingga 30% dari harga asli.

2. Platinum Mall

Di samping Pratunam Market ada tempat belanja lain yang dapat Anda coba, yakni Platinum Mall. Mall ini menjual berbagai barang import dari beberapa negara seperti China, Hongkong, Jepang dan Korea. Di mall ini dapat Anda temukan barang-barang fashion seperti tas, sepatu, pakaian dan berbagai aksesoris kecil seperti jam tangan, gelang, kalung, cincin dan masih banyak lagi.

Platinum Mall buka mulai jam 9 pagi hingga 8 malam. Kios-kios di mall ini di tata rapi dan di kelompokan menjadi beberapa blok, mulai dari kios pakaian dewasa, anak-anak dan aksesoris. Sehingga memudahkan para pembeli untuk berbelanja. Di mall ini Anda juga dapat mencicipi berbagai cemilan khas Bangkok.

3. MBK Center

Mah Boon Krong (MBK Center) ini menjadi surga perbelanjaan para turis yang pergi ke wisata Bangkok. Mall ini memang terkenal dengan harganya yang sangat murah dan terjangkau bagi para turis yang ingin membeli berbagai souvenir khas Negeri Gajah Putih disini.

Di mall ini Anda dapat membeli berbagai macam barang seperti tas, pakaian, sepatu hingga pernak pernik khas Thailand.

4. Chatuchak Weekend Market

Rekomendasi tempat belanja selanjutnya Adalah Chatuchak Weekend Market dimana pasar seluas 11 hektar ini menjadi tempat belanja di Bangkok termurah, terbesar dan terlengkap. Pasar ini memiliki lebih dari 10.000 kios yang menjual berbagai barang seperti jaket, kaos, celana, souvenir Thailand, dan makanan. Masalah harga Anda tidak perlu khawatir karena di pasar ini selain harga yang murah Anda juga bisa mendapat diskon. Ketika Anda memilih berbelanja di pasar ini sebaiknya Anda membawa peta agar tidak tersesat.

5. Khao San Road

Khao San Road merupakan tempat berkumpulnya para backpaker yang pergi wisata ke Bangkok. Jadi jika Anda seorang backpaker yang ingin bertemu dengan backpaker lain Anda dapat langsung menuju tempat ini. Khao San Road berlokasi di Thanon Kao San Khwaeng Talat Yot, Khet Pra Nakon, Krung Thep Maha Nakon 10200 Thailand.

Di Khao San Road Anda dapat menemukanan berbagai macam oleh-oleh seperti barang kerajinan tangan, buku, hingga lukisan yang dijual dengan harga yang murah. Sangat cocok untuk kantong backpaker.

  • Lakukan Tawar Menawar Harga Barang

tawar menawar hargaTips belanja selanjutnya adalah melakukan tawar menawar harga barang yang akan beli. Banyak tempat belanja di Bangkok yang harga jual setiap barangnya dapat di tawar hingga 50% dari harga asli. Ketika Anda melakukan proses penawaran harga sebaiknya dengan baik-baik dan tidak menyinggung penjual.

Karena biasanya jika Anda ramah maka penjual akan otomatis berbaik hati memberikan hargaa barang yang murah untuk Anda. Banyak turis yang berkunjung ke Bangkok belum tau tentang hal ini, maka silahkan Anda mencoba tips belanja di Bangkok ini.

  • Coba Manfaatkan Tax Refund

tax refundJika Anda sering berpergian ke luar negeri mungkin sudah tak asing dengan istilah tax refund. Ada beberapa negara yang memperbolehkan para turis untuk mendapatkan tax refund untuk barang yang mereka beli salah satunya Bangkok. 


Bagaimana cara memperoleh tax refund? Anda dapat memperoleh fasilitas ini dengan belanja barang sesuai dengan peraturan berapa nominal yang menjadi minimal tax refund negara tersebut. Karena setiap negara berbeda pastikan untuk bertanya dahulu. Selanjutnya selalu bawa paspor Anda ketika berbelanja dan jangan buang satupun struk belanja Anda. Karena proses tax refund tergantung dari struk belanja Anda.

Demikian beberapa tips belanja di Bangkok. Pesan saya ketika Anda pergi membeli berbagai oleh-oleh di berbagai tempat harap jaga barang berharga Anda karena sedikit saja Anda teledor maka kerugian besar yang akan Anda dapat. Ingat! Kejahatan ada karena kesempatan bukan karena niat. Selamat berbelanja dan semoga liburan Anda menyenangkan.

, , , ,
Post Date: Thursday 12th, April 2018 / 02:36 Oleh :
Kategori : Asia Tenggara