10 Tips Bagi Backpacker ke Maldives Yang Wajib Diperhatikan

Bagi anda para traveler yang menyukai wisata di negara-negara dengan nuansa tropis, banyak negara maupun kepulauan di dunia yang bisa anda masukan dalam daftar anda. Mulai dari tempat wisata di Hawaii yang terkenal dengan keindahalan pantai dan gunung vulkaniknya, hingga tempat wisata di Afrika Selatan dengan udaranya yang tropis dan panorama alamnya yang indah dan memukau.

Ada lagi satu lokasi yang wajib anda kunjungi jika mengaku penggemar wisata tropis dengan berbagai kegiatan outdoor menyenangkan, yaitu Maladewa atau seringkali populer dengan sebutan Maldives. Banyak tempat wisata di Maladewa yang bisa anda kunjungi, mulai dari Meeru Island hingga Maafushi Island, dan masih banyak lagi.

Liburan di kepulauan Maldives bisa dikategorikan sebagai pilihan liburan berkelas seperti tempat wisata di Santorini Yunani. Namun selalu ada cara untuk merencanakan liburan yang sesuai bagi anda yang lebih suka berpetualang ala backpacker. Liburan backpacker ke Maldives bisa anda realisasikan dengan budgeting yang tepat dan pengetahuan seputar penginapan dan fasilitas di kepulauan satu ini yang cukup tricky bagi para traveler yang baru pertama kali berlibur ke sini.

Agar tidak kualahan dan merusak mood anda saat sedang berlibur, berikut 10 tips backpacker ke Maldives yang perlu anda simak.

1. Merencanakan budget dengan tepat.

maldives.9Hal pertama yang pastinya anda lakukan sebelum memulai liburan adalah melakukan budgeting. Perencanaan keuangan memang merupakan hal yang sangat esensial apalagi jika memiliki rencana liburan ke Maldives ala backpacker. Sebagai backpacker, anda pastinya ingin menekan budget seminim mungkin. Hal ini harus diperhatikan karena penambahan biaya (extra payment) dan pajak di Maldives cukup tinggi, meski hanya untuk penginapan yang paling murah.

Bahkan penginapan berbintang 3 dan 4 biasanya memiliki pajak yang lebih tinggi dari hotel berbintang 5. Ada dua jenis pajak yang biasanya berlaku:

  • Pajak 10% untuk layanan penginapan.
  • Pajak 8% untuk pelayanan tambahan (pajak satu ini bisa meningkat setiap saat)

2. Memperhatikan jam kedatangan pesawat anda.

maldives.8Jika anda tiba di bandara internasional pada pukul 4 sore, ada kemungkinan anda harus bermalam di bandara. Ada juga penginapan di sekitar bandara. Namun hal ini akan menambah budget anda lagi.

Hal ini dikarena kondisi geografis Maldives yang berbentuk kepulauan yang terdiri dari berbagai pulau kecil. Jalur transportasi yang paling diandalakan adalah perahu. Transportasi air di Maldives hanya beroperasi setelah matahari terbit hingga matahari terbenam. Sesuaikan jam kedatangan anda dengan memesan jadwal penerbangan yang tepat.

Jika memang jadwal mengharuskan anda sampai pada jam dimana perahu tidak beroperasi, anda harus memperhitungankan budget untuk menginap di hotel sekitar bandara.


3. Memperhatikan harga paket penginapan yang dipesan.

maldives.3

Ketika berlibur ke luar negri, melakukan booking penginapan dari jauh hari perlu dilakukan. Biasanya beberapa penginapan akan menawarkan paketan harga kamar dengan berbagai layanan seperti termasuk sarapan dan coffee break, atau layanan lainnya. Harga paketan pada penginapan di Maldives bisa cukup tricky.

Disarankan untuk menanyakan harga paketan langsung dengan detil. Anda tidak perlu malu bertanya, karena pada umumnya, para wisatawan yang berlibur ke Maldives juga akan menanyakan paketan harga dan fasilitas dengan lengkap. Mulai hal-hal paling sederhana seperti apakah paketan yang anda ambil termasuk voucher sarapan atau bar, dan hal-hal lainnya yang belum anda pahami.

4. Periksa ulang harga sebelum check out.

maldives.10Hal satu ini memang terdengar cukup mengesalkan, namun tak jarang beberapa harga penginapan bisa bertambah ketika anda check out. Berbeda pada hotel pada umumnya yang jelas bill-nya dan bisa diperkirakan sendiri, seringkali ada biaya tambahan yang akan masuk dalam bill penginapan anda.

Adanya penambahan biaya bisa dikenakan untuk tip maupun layanan penginapan yang anda kira tidak membutuhkan biaya tambahan. Menyiapkan budget cadangan ketika berlibur ke Maldives sebaiknya disiapkan untuk menghindari ketidak siapan saat sedang check out. Hal ini juga bisa menghambat jadwal kepulangan anda dan membuat pengelaman berlibur di Maldives jadi meninggalkan kesan yang buruk bagi anda.

5. Fasilitas Wi-fi.

maldives.7Maldives merupakan pulau yang jauh dari keramaian khas kota. Ketenangan dan suasana terisolasi dari hiruk pikuk kota ‘lah yang dijual oleh kepulauan Maldives. Banyak kegiatan alam yang bisa anda lakukan dan istirahat sejenak dari internet dan sosial media.

Mungkin kebutuhan untuk share kesenangan anda selama berlibur bisa ditekan. Namun mungkin beberapa dari anda tetap membutuhkan fasilita internet seperti wi-fi untuk kebutuhan pekerjaan. Tidak seperti penginapan-penginapan di kota yang selalu menyediakan wi-fi, beberapa penginapan di Maldives tidak menyediakan layanan wi-fi. Pastikan fasilitas wi-fi yang mungkin anda butuhkan sebelum memasan penginapan.

6. Menentukan lokasi sesuai dengan kebutuhan. 

maldives.1Maldives merupakan pulau dengan geografi yang unik. Mobilitas di pulau ini tidak selancar jika anda berada di tempat-tempat wisata lainnya. Salah memilih penginapan karena tidak sesuai keinginan, anda tidak bisa dengan mudah langsung pindah ke penginapan lainnya.

Jika anda memang menginginkan privasi dan kenyaman perhatikan lokasi penginapan yang anda pilih. Tidak semua penjelasan yang tertera di situs online maupun aplikasi travelling memberikan deskripsi lokasi yang detil.

Anda bisa mencoba memeriksa lokasi dengan membaca berbagai aritkel ulasan maupun mengandalkan google map.

7. Menemukan harga paketan kegiatan diving dan snorkeling yang tepat.

maldives.4Snorekiling dan diving merupakan kegiatan outdoor yang wajib anda lakukan ketika sedang berlibur ke Maldives. Perairan di pulau ini menyimpan keindahan ekosistem laut dan terumbuh karang yang masih terjaga keindahan dan kebersihannya.

Agar kegiatan anda semakin maksimal dan tidak menemukan halangan tiba-tiba, rencanakan agenda satu ini jauh hari. Ada beberapa penginapan yang telah menyediakan paketan snorkeling dan diving. Anda juga bisa mencari agensi kegiatan outdoor yang banyak tersedia di Maldives.

Harga paketan diving di Maldives lengkap dengan fasilitas perahu dan peralatannya biasa bertarif kurang lebih 80 USD (sekitar Rp 1,1 juta)

8. Info tentang transportasi.

maldives.2Perahu merupakan transportasi yang paling diandalkan di Maldives. Mungkin anda berpikir menaiki perahu di Maldives bisa menjadi pengalaman yang indah dan tak terlupakan. Namun, kenangan tak terlupakan yang meninggakan kesan buruk juga bisa anda alami. Cuaca dan kondisi laut yangtidak menentu di Maldives bisa membuat perahu tidak beroperasi. Hal ini bisa terjadi kapan saja, oleh karena itu kesabaran juga perlu dipersiapkan ketika liburan ala backpacker ke Maldives.

Untuk public boat, anda akan dikena tarif 18 MVR (sekitar Rp 18.000) per orang dan bisa memakan waktu hingga 2 jam. Anda bisa menyewa private boat jika berlibur dengan banyak teman. Anda akan dikenakan tarif 80 USD (sekitar Rp 1,1 juta) per 6 orang, dan hanya perlu membutuhkan 30 menit untuk sampai tempat tujuan.

9. Persiapan menghadapi cuaca.

maldives.6Beberapa brosur dan situs berlibur di Maldives memberikan informasi cuaca. Informasi tersebut bisa jadi tidak akurat karena cuaca di Maldives bisa sangat dinamis. Bahkan pada musim panas pun hujan bisa turun kapan saja.

Maldives juga memiliki cuaca yang terik pada pagi hari namun bisa berubah drastis saat matahari terbenam. Pastikan anda sedang dalam keadaan fit ketika sedang berlibur ke Maldives. Tak ada salah selalu siap suplemen atau vitamin C agar daya tahan tubuh anda terjaga.

Jangan lupa membawa kain pelindung atau jacket karena angin malam di Maldives sangat kencang. Jangan sampai masuk angin karena hal tersebut hanya akan membuat liburan anda tidak maksimal.


10. Barang-barang yang wajib dibawa.

maldives.5Cuacanya yang sangat tidak menentu dan harga kebutuhan-kebutuhan tertentu yang cukup mahal di Maldives membuat anda perlu siap siaga selalu. Adapun barang-barang yang perlu anda bawa agar liburan anda nyaman di Maldives.

  • Botol minum. Perlu diketahui bahwa harga air mineral di Maldives cukup mahal. Bawalah botol minum sendiri agar tidak perlu beli. Keran air untuk refil yang menyediakan air bersih secara bersih tersedia di mana-mana.
  • Sunblock. Krim satu ini sudah pasti wajib dibawa jika anda ingin melindungi kulit anda sinar matahari yang terik.
  • Kacamata hitam. Bawalah kacamata hitam untuk melindugi mata anda dari sinar matahari.

Itu tadi 10 tips bagi backpacker ke Maldives yang perlu anda ketahui sebelum merencanakan liburan anda ke pulau eksotis satu ini. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Saturday 09th, June 2018 / 05:23 Oleh :
Kategori : Maladewa