8 Tips Jalan-Jalan Ke Maldives Paling Berguna Untuk Wisatawan

Jalan-jalan ke Maldives tentu adalah idaman semua wisatawan. Bagaimana tidak, negara tropis yang terletak di samudera Hindia ini memiliki pemandangan yang indah. Tidak heran, Maldives juga sering dijadikan tujuan bulan madu para pasangan baru. Namun, berlibur ke Maldives ternyata tidak selalu menyenangkan. Liburan ke negara terkecil di Asia ini bisa jadi bencana yang memberikan Anda kerugian.

Maldives adalah negara dengan seluruh penduduknya beragama Islam. Dalam lingkup daerah yang kecil, hal tersebut membuat Maldives menjadi negara yang cenderung homogen. Oleh karena itu memahami seluk beluk kehidupan dan tradisi masyarakat Maldives harus Anda jadikan bekal ketika akan berkunjung. Selain itu, beberapa tips ini juga bisa Anda pertimbangkan.

  1. Rencanakan Liburan Anda dengan Matang

Rencanakan Liburan Anda dengan MatangBerlibur ke luar negeri tentu berbeda dengan berlibur di dalam negeri. Jika di dalam negeri, Anda lebih leluasa untuk mengeksplorasi daerah liburan Anda karena kesamaan bahasa dan budaya maka tidak dengan daerah di luar negeri. Selain menganut nilai yang bisa jadi berbeda, negara lain seperti Maldives juga tentu merupakan wilayah asing. Agar bisa leluasa ketika menjelajahinya, Anda perlu mematangkan rencana perjalanan Anda.

Selain memahami sebagian dari nilai-nilai masyarakat Maldives, ada banyak hal yang perlu Anda pelajari dan matangkan dalam rencana perjalanan Anda. Hal-hal tersebut meliputi waktu berlibur Anda seperti waktu kedatangan dan kepulangan serta lama waktu berlibur. Anda juga perlu menentukan tujuan wisata, memilih penginapan dan tentu saja mengatur pengeluaran. Hal tersebut harus Anda lakukan baik ketika Anda berlibur dengan jasa paket liburan atau pun backpacker ke Maldives.

  1. Pesan Hotel secara Online

Pesan Hotel secara OnlineSetelah menentukan waktu meliputi waktu kedatangan, kepulangan dan lamanya berlibur, tentu saja Anda harus menentukan hotel tempat Anda akan menginap kelak keitka jalan-jalan ke Maldives. Ada banyak pilihan hotel di Maldives dengan berbagai level bintang. Sesuaikanlah dengan budget dan lokasi yang strategis.

Beberapa hotel yang paling banyak direkomendasikan adalah hotel Baros Maldives, hotel Giri Lankanfushi Maldives, dan hotel Kanuhuran Maldives. Hotel-hotel tersebut merupakan hotel bintang lima dengan harga menginap hingga mencapai jutaan. Untuk menyiasati pengeluaran, Anda juga bisa memilih untuk tinggal di guesthouse dengan harga yang lebih terjangkau.

  1. Bawa Banyak Uang Cash

Bawa Banyak Uang CashJika Anda memutuskan untuk tinggal di guesthouse, ada baiknya Anda membawa banyak cadangan uang tunai. Meski tidak semewah tinggal di hotel, tinggal di guesthouse sedang menjadi trend para wisatawan ketika berkunjung. Maka, bawalah cukup banyak uang cash karena pemilk guesthouse biasanya tidak menyediakan fasilitas pembayaran via kartu kredit seperti Anda jalan-jalan ke Swiss.

Membawa banyak uang cash juga bisa membuat Anda leluasa berlibur karena lebih mudah melakukan pembayaran untuk kepentingan lainnya. Ada baiknya, uang cash yang Anda punya sudah disiapkan untuk masing-masing kepentingan sehingga Anda tidak perlu menghitungnya kembali ketika harus menggunakannya.


  1. Buat Itinerary Perjalanan

Buat Itinerary PerjalananAda banyak tempat wisata di Maladewa. Agar waktu berlibur Anda tidak terbuang sia-sia, menentukan lokasi wisata yang akan Anda kunjungi harus Anda pilih dengan cermat. Satu hal yang perlu Anda cermati ketika menentukan tujuan wisata adalah jarak dari hotel, transportasi paling cepat dan tentu saja budget seperti tiket masuk dan tiket wahana atau aktivitas.

Namun sebagai negara tropis, kebanyakan tempat wisata di Maldives adalah wisata air. Beberapa tempat wisata yang paling direkomendasikan dan patut Anda kunjungi adalah Banana Reef, Hulhumale Island, Mafuushi Island, dan Veligandu Island. Jangan lupa untuk menyiapkan segala perlengkapan yang Anda butuhkan di tempat wisata.

  1. Eksplorasi Aktivitas Wisata Air Sepuasnya

eksplorasi aktivitas wisata air sepuasnyaKarena memiliki banyak tempat wisata air seperti di Meeru island, mayoritas aktivitas yang bisa Anda temukan adalah aktivitas air. Anda juga bisa melakukan olahraga air ketika jalan-jalan ke Maldives seperti berikut ini.

Catamaran Sailing. Aktivitas ini hanya menuntut biaya sebesar 70 hingga 90 USD untuk tiap orang yang ingin mencobanya. Harga tersebut akan membaca Anda menjelajahi laut biru Maldives dengan segala keindahannya. Jika Anda malas berlayar, Anda bisa mengganti aktivitas ini dengan aktivitas riding in glass bottom boats untuk menikmati keindahan alam bawah air Maldives.

Jika Anda lebih suka aktivitas yang lebih menantang, cobalah untuk melakukan scuba diving. Aktivitas ini biasanya sudah termasuk dalam paket wisata sebuah resort. Selain scuba diving, aktivitas menantang lainnya yang bisa Anda coba adalah under water walking, kitesurfing, dan snorkeling.

Jika Anda lebih suka aktivitas yang lebih bebas dan tanpa perlu membeli sebuah paket wisata, maka berselancara atau berenang adalah pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk melumuri seluruh tubuh Anda dengan sunblock dan membawa kamera tahan air. Kamera tahan air adalah properti yang tidak boleh Anda lewatkan.

  1. Jangan Asal Menggunakan Bikini

Jangan Asal Menggunakan BikiniMelakukan berbagai aktivitas air memang menyenangkan, apalagi jika Anda melakukannya dengan tipe pakaian yang sesuai yakni bikini. Namun, Anda perlu hati-hati ketika memutuskan untuk menggunakan bikini di Maldives. Bukan karena faktor keamanan, namun Anda perlu menghargai nilai-nilai yang berkembang di masyarakat Maldives.

Masyarakat Maldives adalah mayoritas penganut agama Islam yang taat. Oleh karena itu, Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan bikini dengan seenaknya. Anda bisa menggunakan pakaian tersebut di resort atau di beberapa pantai yang memang mengizinkan pemakaiannya.

  1. Perhatikan Asupan Makanan

Tips terakhir berlibur ke Maldives terdengar sepele namun sebetulnya sangat penting. Ketika berlibur, makanan adalah bagian yang tidak seharusnya Anda tinggalkan. Semenarik apapun tempat wisata yang Anda kunjungi. Dengan asupan makanan yang cukup, aktivitas liburan Anda akan semakin sempurna karena bisa dijalani dengan nyaman.

Tidak seperti ketika jalan-jalan ke Philipina, sebagai negara Islam, wisatawan muslim patut bahagia karena mayoritas makanan di Maldives bersertifikat halal. Hal tersebut tidak menjadi kerugian bagi wisatawan non muslim karena makanan halal tengah menjadi trend di dunia. Makanan-makanan Maldives juga terkenal sehat karena mayoritas terbuat dari makanan laut yang segar.

  1. Tetap Terkoneksi dengan Media Sosial

Tetap Terkoneksi dengan Media SosialSalah satu unsur penting dari berlibur adalah dengan tidak mengabaikan sosial media. Meski begitu, jangan habiskan waktu Anda dengan menatap layar ponsel. Carilah waktu-waktu singkat di antara aktivitas berlibur Anda untuk memperbaharui akun sosial media. Menyimpan beberapa gambar Anda di sana juga perlu dilakukan.

Inti dari liburan adalah melepaskan stress dan bersenang-senang. Menunggah gambar liburan Anda di sosial media bisa memberikan kebahagiaan bagi orang yang melihatnya. Atau, barangkali karena unggahan Anda di sosial media, Anda bisa bertemu dengan kawan yang sama-sama tengah berlibur di Maldives.


Berlibur ke negara tropis bisa Anda jadikan pilihan jika bosan berlibur ke tempat wisata musim dingin Korea atau negara empat musim lainnya. Karena negara tropis setidaknya memiliki iklim yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Jadi, Anda memerlukan waktu adaptasi yang tidak lama.

Maldives atau Maladewa adalah salah satu destinasi wisata yang patut Anda kujungi. Banyak tips jalan-jalan ke Maldives yang bisa Anda temukan di internet. Hal tersebut bisa mempermudah Anda dalam membuat rencana perjalanan yang matang. Sehingga, liburan Anda ke Maldives tidak akan menjadi bencana.

, , , ,
Post Date: Tuesday 17th, July 2018 / 04:13 Oleh :
Kategori : Maladewa