5 Bangunan Terkenal Di Argentina Favorit Wisatawan Dunia

Wisatawan di seluruh dunia selalu suka untuk menjelajahi berbagai macam tempat wisata yang menunjukkan ciri khas tertentu. Wisatawan selalu penasaran dengan bangunan-bangunan terkenal yang memiliki memori sejarah atau budaya tertentu. Misalnya saja bangunan terkenal di Argentina, banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat wisata di Argentina secara khusus hanya untuk melihat ciri khas arsitektur bangunan tertentu.

Hal ini terjadi karena pada umumnya ketika wisatawan bisa datang ke tempat-tempat yang berupa bangunan terkenal di mana saja, seolah-olah mereka berada di dimensi yang berbeda hingga merasakan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Tak jarang para penulis yang datang sebagai wisatawan ke tempat wisata tertentu memperoleh inspirasi dari datang ke tempat-tempat tersebut.

Nah, berikut ini merupakan bangunan terkenal di Argentina yang selalu dijelajahi oleh wisatawan dari seluruh dunia. Apakah anda juga berminat?

1. Palacio Barolo

palacio-barolo

Palacio Barolo merupakan gedung perkantoran bersejarah, terletak di 1370 Avenida de Mayo, di lingkungan Monserrat, Buenos Aires, Argentina. Bangunan bersejarah ini merupakan gedung tertinggi di kota dan di antara gedung-gedung lain yang masuk sebagai tempat wisata di Amerika Selatan.

Gedung ini memiliki ‘saudara kembar’ yakni Palacio Salvo, adalah sebuah bangunan yang dirancang dan didirikan dengan gaya Eklektik, tetapi lebih tinggi. Bangunan ini juga dibangun oleh Montevideo.

Bangunan ini dinyatakan sebagai monumen bersejarah nasional pada tahun 1997. Palacio Barolo dirancang sesuai dengan kosmologi Divine Comedy Dante, dimotivasi oleh kekaguman arsitek kepada budaya Alighieri. Gedung ini memiliki 22 lantai di mana bagian dalamnya memiliki ruang bawah tanah dan lantai dasar yang disebut-sebut sebagai lantai neraka. Sedangkan lantai 1-14 disebut sebagai lantai penyucian dan lantai 15-22 disebut sebagai lantai surga.

Ketika selesai dibangun pada tahun 1923, bangunan ini menjadi bangunan tertinggi, tidak hanya di kota, tetapi juga di seluruh Amerika Selatan. Di dalam gedung ini, kebanyakan ruang-ruangnya difungsikan sebagai kantor pengacara, sekolah bahasa Spanyol, toko peralatan, fashion store, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Katedral La Plata

Katedral-La-Plata-di-La-Plata

Katedral La Plata di La Plata, bangunan terkenal di Argentina ini keberadaannya didedikasikan untuk Immaculate Conception. Katedral ini dinobatkan sebagai gereja tertinggi ke-58 di dunia. Bangunan yang memiliki corak Neogotis ini terletak di pusat geografis kota, menghadap alun-alun pusat, Plaza Moreno, dan Balai Kota.

Pembangunan gedung katedral La Plata diketahui oleh sejawaran terinspirasi oleh salah satu katedral terkenal yang juga menjadi tempat bersejarah di Eropa bernama katedral Amiens dan Cologne. Rancangan katedral la plata digambar oleh arsitek arsitek Ernesto Meyer di bawah arahan perencana yakni seorang insinyur bernama Pedro Benoit.

Gambar-gambar itu dibuat oleh arsitek Ernesto Mayer dan arsitek Emilio Coutaret. Desainnya mendapatkan inspirasi dari Katedral Amiens di Prancis dan Katedral Cologne di Jerman. Dengan penggabungan kedua model katedral tersebut menjelmalah seni arsitektur bernama arsitektur Gothic Revival (Neo-Gothic).


Peletakan batu pertama pembangunan gedung ini dilakukan pada tahun 1884. Ketika telah selesai, keberadaan gedung ini ditahbiskan sebagai Parroquia Nuestra Señora de los Dolores pada tahun 1902. Sampai tahun 1932, keberadaan katedral ini menjadi sebuah gereja paroki, yang terus menjalani umatnya.

3. Museum Seni Dekoratif Nasional, Buenos Aires

Museum-Seni-Dekoratif-Nasional

Museum Seni Dekoratif Nasional adalah sebuah museum seni di Recoleta, Buenos Aires, Argentina. Museum ini erat kaitannya dengan kisah persatuan bangsawan terkemuka di Argentina pada abad ke 18. Kedua bangsawan itu adalah Matías Errazúriz putra dari émigrés Chili, dan Josefina de Alvear cucu dari pemimpin era Kemerdekaan Carlos María de Alvear.

Pasangan ini menugaskan arsitek Prancis René Sergent pada tahun 1911 untuk merancang sebuah rumah pensiun untuk Errazúriz di mana dia telah menjadi Duta Besar untuk Perancis selama beberapa tahun.

Struktur bangunan museum seni dekoratif nasional Buenos Aires ini mengusung gaya Neoklasik yang pada akhirnya mengilhami keluarga Bosch untuk membuat istana serupa untuknya, kini menjadi kediaman duta Besar Amerika Serikat di Argentina. Pembangunan museum selesai pada tahun 1916. Peresmian gedung dilakukan tahun berikutnya oleh pasangan bangsawan tersebut. Keduanya kemudian mendekorasi istana dengan sejumlah besar barang antik dan benda-benda bernilai mahal lainnya.

4. Katedral Metropolitan Buenos Aires

Katedral-Metropolitan-Buenos-Aires

Katedral Metropolitan Buenos Aires adalah gereja Katolik utama di Buenos Aires, Argentina. Gedung ini terletak di pusat kota, menghadap ke Plaza de Mayo, di sudut jalan San Martín dan Rivadavia, di lingkungan San Nicolás. Ini adalah gereja induk dari Keuskupan Agung Buenos Aires.

Katedral Buenos Aires dipugar kembali beberapa kali sejak awal mula pendiriannya pada abad ke-16. Bangunan ini adalah perpaduan gaya arsitektur, dengan nave dan kubah abad ke-18 dan fasel Neoklasik abad ke-19 yang berat tanpa menara. Interiornya dihiasi dengan patung dan altarpieces abad ke-18, serta ditambah dengan dekorasi Neo-Renaissance dan Neo-Baroque.

Pada tahun 1880, sisa-sisa Jenderal José de San Martín dibawa dari Perancis dan ditempatkan di sebuah mausoleum. Wisatawan dapat menjangkau mausoleum tersebut melalui gang sebelah kanan gereja.

Mausoleum ini dirancang khusus oleh pematung Prancis Albert-Ernest Carrier-Belleuse dengan marmer berbagai warna. Desain mausoleum itu nampak dijaga oleh tiga sosok wanita seukuran manusia yang mewakili Argentina, Chili, dan Peru, tiga wilayah yang dibebaskan oleh Jenderal Jose de San Martin. Di dalam makam ini juga terdapat jenazah Jenderal Juan Gregorio de las Heras dan Tomás Guido, serta para Prajurit Kemerdekaan yang tak dikenal.

5. El Ateneo Grand Splendid

El-Ateneo-Grand-Splendid

El Ateneo Grand Splendid adalah toko buku di Buenos Aires, Argentina. Pada tahun 2008, The Guardian menempatkannya sebagai toko buku paling indah kedua di dunia.

El Ateneo Grand Spelndid terletak di Santa Fe Avenue di Barrio Norte, bangunan ini dirancang oleh arsitek Peró dan Torres Armengol untuk impresario Max Glücksmann (1875-1946).

Gedung ini kemudian dibuka sebagai teater bernama Teatro Gran Splendid pada Mei 1919. Bangunan eklektis ini menampilkan lukisan langit-langit yang dilukis oleh seniman Italia Nazareno Orlandi dan caryatids yang dipahat oleh Troiano Troiani.

Teater memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 1.050 orang. Teater ini cocok dibuka sebagai lokasi untuk mengadakan berbagai pertunjukan. Seniman yang pernah membuka acara di gedung teater ini antara lain seniman tango Carlos Gardel, Francisco Canaro, Roberto Firpo dan Ignacio Corsini.


Rekomendasi tempat wisata di Argentina

Selain bangunan-bangunan terkenal di atas, berikut ini kami rekomendasikan beragam tempat wisata di Argentina yang sebaiknya anda masukkan ke dalam daftar kunjungan anda.

  • Perito Moreno Glacier
  • Iguazi National Park
  • Los Glaciares National Park
  • La Boca, Buenos Aires
  • Nahuel Huapi Lake
  • Cordoba
  • Bariloche
  • Mendoza
  • Petagonia
  • Iguazu Falls
  • Pegunungan Andes
  • El Calafe
  • Valdes Peninsula
  • Salta
  • Ushuaia
  • Villa La Angosture
  • San Martin de Los Andes
  • Tilcara

Demikian daftar bangunan terkenal di Argentina dan tempat wisata di Argentina yang harus anda masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata anda. Jangan sampai melewatkan kesempatan menyenangkan selama berlibur ke sana ya! Bawa kamera, charger, dan ponsel android anda supaya bisa langsung mengabadikan momen spesial serta menyebarkannya secara langsung melalui media sosial!

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

, , ,
Post Date: Friday 26th, October 2018 / 09:13 Oleh :
Kategori : Argentina