6 Tips Jalan-Jalan ke San Francisco Wajib Diketahui

San Francisco adalah sebuah kota yang berada di California, masuk ke dalam wilayah Silicon Valley. Kawasan itu dikenal sebagai markas perusahaan-perusahaan IT dunia. San Fransisco sendiri di desain sebagai kota cerdas atau smart city, sehingga ketika anda berada di sana anda bisa melihat berbagai macam fasilitas lengkap yang canggih untuk dicoba.

Lebih dari pada itu, yang paling penting lagi ialah koneksi internet yang super kencang melalui wifi yang disediakan secara gratis oleh pemerintah setempat. Wifi gratis ini bisa diakses di berbagai macam tempat publik.

Tertarik untuk pergi ke tempat wisata di San Francisco? Kalau begitu simak dulu tips jalan-jalan ke San Francisco berikut ini.

1. Pahami Sistem Transportasi San Francisco

san-francisco-3709728_640

Tips jalan-jalan yang pertama di San Francisco untuk anda ialah pahami terlebih dahulu sistem transportasi San Francisco.  Di mana terdapat berbagai macma jaringan transportasi publik. Anda bisa memilih alat transportasi aman mulai dari bus, kereta cepat, cable car atau kereta kabel.

Kalau anda merasa tidak memahami apa yang harus dilakukan supaya bisa menaiki transportasi di sana, anda bisa bertanya ke layanan khusus turis. Tidak perlu takut sebab San Francsico merupakan salah satu kota tujuan wisata di dunia dan penduduknya terkenal ramah. Petugas khusus juga pasti akan memberitahu anda tanpa segan.

2. Bekali Diri Anda dengan Panduan Travelling dan Google Maps

san-francisco-1630372_640

Meskipun ada banyak tempat layanan informasi, tetap saja anda tidak bisa mengandalkan tempat itu terus menerus ketika berada di San Francisco. Bagaimana jika anda berada di lokasi yang sangat jauh dari layanan tersebut, jadi bekali anda dengan panduan travelling dan google maps untuk menuntun anda menuju ke sejumlah lokasi wisata di San Franciscon.

Di samping itu, anda pun bisa mengundung sejumlah aplikasi panduan travelling di lokasi publik yang menyediakan wifi gratis. Dengan aplikasi digital tersebut, anda bisa melihat destinasi yang akan anda tuju dengan lebih mudah dan tidak memerlukan banyak tempat sebab hanya dalam satu gadget anda bisa melihat banyak tempat lewat aplikasi panduan yang anda gunakan. Beda cerita jika anda menggunakan layanan konvesional seperti brosur, itu akan makan ruang di dalam ransel anda.

3. Naik Taksi Kalau Tersesat

san-francisco-210230_640

Tersesat bukan hal yang diinginkan semua orang, namun jika memang anda terpaksa harus menerima bahwa anda tersesat, kami sarankan untuk naik taksi. Pada sopir taksi anda bisa mengatakan tujuan anda yang sebenarnya, sehingga mereka akan mengantarkan anda dengan aman.

Dengan kata lain, taksi adalah pilihan terakhir anda jika tersesat. Bagaimanapun meski kota San Francisco adalah kota yang terbilang kecil, namun pembangunan kota dan kondisinya mirip dengan kota besar lainnya, ada yang berkata mirip dengan tempat wisata di Singapura dalam hal biaya hidup.

Kota besar memiliki banyak labirin, begitu pula dengan San Francisco. Dan menyinggung soal biaya hidup seperti di Singapura, salah satu contohnya ialah tarif taksi yang dapat menghabiskan US$10 dari hotel di down town ke beberapa restoran yang berada di sekitar dermaga.


4. Lakukan Walking Tour

pier-14-1995036_640

Sama seperti ketika kita berwisata ke tempat wisata di Korea Selatan di musim gugur yang enaknya dijelajahi sambil jalan kaki atau tempat wisata di Eropa dan lain sebagainya. Untuk menghemat biaya dan dalam rangka melihat kota menjadi lebih dekat dan nyata, lakukan walking tour.

Aktivitas ini selain memberikan keuntungan berupa anda bisa menghemat pengeluaran, anda akan melihat kota dengan cara yang lebih intim ketimbang naik mobil atau kereta kabel.

Anda bisa mengamati bagaimana orang-orang di San Francisco bergerak, berinteraksi, berbelanja, menikmati paginya, dan seterusnya. Anda bisa awali dengan berkeliling sekitar hotel, ke Union Square atau ke alun-alun San Francisco.

5. Keliling Kota dengan Tiket Golden Gate

golden-gate-bridge-388917_640

Selain walking tour, ada salah satu aktivitas wisata di San Francisco yang digemari banyak wisatawan dari seluruh dunia. Paket wisata ini ialah paket wisata ke Golden Gate dan keliling kota dengan bus tingkat atau yang disebut dengan Hop-on Hop-off. Harga tiketnya US$30 dengan tujuan ke Golden Gate dan keliling kota selama dua jam.

Ada banyak perusahaan travel yang menawarkan paket wisata ini, anda bisa  memilih salah satunya. Beberapa di antaranya ialah perusahaan travel Viator dan Citysighseeing SF. Jenis paket yang ditawarkan pun beragam, mulai dari keliling kota, tur malam, melihat penjara ke pulau Alcatraz, dan ke berbagai tempat wisata menarik lainnya di San Francisco.

Sementara itu, banyak wisatawan memilih tujuan akhir paket wisata naik bus tingkat ini di Jembatan Golden Gate, sebuah jembatan populer yang merupakan ikon kota San Francisco.

6. Menikmati Cable car

city-823604_640

Mumpung masih di San Francisco, tips jalan-jalan di San Francisco selanjutnya ialah menikmati perjalanan dengan Cable Car atau kereta api kabel. Kereta api yang menggunakan jalur rel kabel ini merupakan sistem transportasi kuno di San Francisco yang masih terpelihara sampai sekarang.

Transportasi cable car sempat menjadi sistem transportasi umum yang dibuka sejak 1873. Kini ketika fungsinya telah berubah sebagai fasilitas pariwisata eksistensinya tetap menarik perhatian warga dunia. Banyak wisatawan ramai-ramai berkunjung dan menikmati cable car dengan alasan karena sejarah dan pesonanya selama menaiki cable car.

San Francisco memang menawarkan paket wisata komplit, mudah dan nyaman, membuat kota ini setiap tahun berada di nomor satu dengan jumlah kunjungan wisatawan terbanyak di antara kota-kota besar lainnya seperti Los Angeles, San Diego, dan lain-lain.

Rekomendasi Tempat Wisata di San Francisco

Setelah menerima tips jalan-jalan ke San Francisco, berikut kami tambahkan informasi destinasi tempat wisata di San Francisco yang harus masuk ke dalam daftar kunjungan anda.

  • Japanese Tea Garden

Tempat wisata Japanese Tea Garden di San Francisco, California ini sangat populer di kalangan wisatawan. Tempat wisata ini sesuai dengan namanya yang berupa taman wisata yang mengusung konsep gaya Jepang.

  • Transamerica Pyramid

Tempat wisata ini memiliki daya tarik berupa terdapatnya gedung pencakat langir yang tertinggi dan paling terkenal di San Francisco, banyak orang ingin menaiki gedung yang dirancang oleh William Pereira itu.


  • Lombard Street

Lombard Street adalah destinasi wisata populer di San Francisco yang berupa jalan berliku di antara jalan-jalan Hyde dan Leavenworth di San Francisco. Untuk berkendara di sini, disarankan dengan kecepatan maksimal 8 kilometer perjam.

  • Golden Gate Park

Tips jalan-jalan di San Francisco selanjutnya ialah mampir ke tempat wisata bernama Golden Gate Park yang berupa taman dengan pengunjung sebanyak tiga belas juta orang per tahunnya. Taman seluas 4,1 km persegi lebih luas daripada Central Park di New York.

  • Alcatraz

Alcatraz adalah destinasi wisata yang terletak di tengah Teluk San Francisco, California, Amerika Serikat. Di sini, anda bisa melihat benteng pertahanan militer yang pernah dijadikan sebagai penjara keamanan yang cukup ketat penjagaannya. Sampai kini, pulau bersejarah ini dikelola oleh Dinas Pertamanan Nasional Amerika Serikat dan menjadi salah satu tempat wisata nasional Golden Gate.

  • Fisherman’s Wharf

Tempat ini meliputi kawasan sepanjang Ghirardelli Square atau Van Ness Avenue timur hingga ke kawasan Pier 35 atau Kearny Street. Sebutan Fisherman’s Wharf merujuk apda para nelayan imigran asal Italia yang menetap di kawasan tersebut. Di sini, anda bisa melihat kegiatan warga setempat yang bermatapencaharian sebagai nelayan penangkap ikan dan kepiting jenis Dungeness.

Demikian pemaparan tentang tips jalan-jalan ke San Francisco, semoga bermanfaat!

, , ,
Post Date: Friday 26th, October 2018 / 08:57 Oleh :
Kategori : Amerika Serikat