Wisata Air Terjun Iguazu Argentina , Air Terjun Bertingkat Tercantik Di Dunia

Air terjun IguazuAir Terjun Iguazu – Salah satu wisata yang sangat menyenangkan untuk dilakukan pada saat liburan adalah air terjun. Setiap air terjun pasti memiliki keindahan alam yang luar biasa. Salah satu air terjun yang sangat terkenal adalah air terjun Iguazu.

UNESCO sudah meresmikan air terjun Iguazu masuk ke salah satu keajaiban dunia. Air terjun bertingkat-tingkat ini sudah sering dijadikan sebagai lokasi pembuatan film Hollywood.

Sama seperti James Bond Island, sebuah pulau yang terletak di Pha Nga Bay digunakan sebagai lokasi syuting film, beberapa film Holliwood juga banyak mengambil air terjun Iguazu sebagai tempat syuting.

Seperti film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull pada tahun 2008.  Baru-baru ini best movie dari Marvel juga mengambil air Terjun Iguazu sebagai salah satu lokasi syuting. Pada tahun 2016 film Captain America, Civil War bisa memperlihatkan kepada para pecinta air terjun keindahan Iguazu.

Legenda Air Terjun Iguazu

iguazu waterfallAir terjun Iguazu merupakan taman nasional dengan air terjun yang sangat besar dan sangat unik. Tidak hanya bentuknya yang unik, tapi lokasinya juga berada di perbatasan 2 negara hingga bisa di akses dari 2 negara.  Negara yang dibatasi oleh air terjun Iguazu adalah Negara Argentina dengan Negara Brazil.

Cerita Legenda di balik keindahan yang sangat luar biasa ini merupakan kutukan dari Dewa. Pada zaman dahulu tepat di daerah Iguazu ada Dewa yang jatuh cinta kepada gadis cantik yang bernama Naipi. Akan tetapi Naipi sudah memiliki kekasih seorang yang bernama Taroba.

Ketika Dewa tersebut melamar Naipi, Naipi tidak mau dan memilih pergi dengan kekasihnya. Karena murka, Dewa akhirnya mengutuk Naipi dan Taroba menjadi air terjun Iguazu yang sangat indah tersebut. Sehingga air terjun ini bisa dikatakan menjadi wujud dari keindahan cinta yang tidak terpisahkan. Tidak pernah ada pertengkaran kedua Negara mengenai surga yang sangat indah ini. Air Iguazu di bagi menjadi dua bagian, satu bagian masuk ke wilayah Brazil dan bagian lainnya menjadi bagian Negara Argentina.

Jika di lihat dari Argentina, air terjun Iguazu masuk ke wilayah administrasi Provinsi Misiones. Jika di lihat dari Brazil, maka air terjun Iguazu masuk ke wilayah administrasi Negara Bagian Parana. Iguazu dalam bahasa Tupi Guarani berarti air mengalir yang sangat besar. Bahasa Tupi Guarani merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat Amerika Selatan yang tinggal di wilayah perbatasan tersebut.

Nama yang diberikan sangat merepresentasikan keadaan yang sebenarnya. Air terjun Iguazu merupakan kawasan yang sangat luas. Air terjun ini mengalirkan air dengan jumlah debit mencapai 300 meter kubik per detiknya.  Selain itu juga bentangan air terjun ini mengalir di 2 bagian, sehingga air terjun bertingkat ini menjadi semakin spesial keindahannya.  Air terjun yang berada di bagian hulu masuk ke wilayah Brazil di Kota Curitiba. Sedangkan bagian Hilir tempat air terjun yang kedua masuk ke wilayah Argentina di Sungai San Antonio.


Tinggi air terjun di dua bagian ini sangat bervariasi, bahkan di satu aliran. Mulai dari 60 meter hingga 82 meter. Air terjun raksasa ini memiliki lebar yang sangat panjang. Total lebar air terjun dari sisi satu ke sisi lainnya hampir mencapat 3 Kilometer. Bagian air terjun Iguazu yang sangat populer dan indah lainnya adalah aliran air yang berbentuk huruf U. Aliran ini dinamakan Devil’s Throat. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia maka aliran ini bernama aliran Tenggorokan Setan. Pada bagian aliran tenggorokan setan ini lebar air lebih pendek, hanya mencapai 170 meter.

Keindahan Air Terjun Iguazu

Iguazu WaterfallsDi taman nasional Iguazu, pengunjung bisa menyaksikan keindahan hutan hujan tropis yang mampu menciptakan warna hijau yang sejuk. Tempat yang sangat luas ini merupakan tempat tinggal sebanyak lebih dari dua ribu jenis spesies binatang dan tumbuhan.

Flora dan fauna yang tinggal di tempat ini merupakan tumbuhan dan hewan endemik Amerika Latin. Beberapa binatang yang mungkin bisa anda jumpai di tempat ini seperti Buaya Cayman, Jaguar, hingga Howler Monkeys. 

Jam Operasional Air Terjun Iguazu

Bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan air terjun Iguazu dan sekitarnya, maka terdapat perbedaan waktu sesuai dengan dari mana kita masuk. Waktu bukanya adalah sebagai berikut

  • waktu kunjungan dari Negara Brazil di mulai dari jam 09.00 hingga jam 17.00.
  • Waktu kunjungan dari Negara Argentina mulai jam 08.00 hingga jam 16.30.

Harga tiket Masuk Air Terjun Iguazu

Karena akses menuju Iguazu bisa melalui 2 Negara, maka harga tiket masuk Taman Nasional Iguazu juga berbeda untuk kedua negara sebagai berikut ini.

Harga tiket masuk dari Brazil

  • Untuk dewasa harga tiket masuk adalah R$ 36,00
  • Untuk anak-anak harga tiket masuk adalah R$ 10,00

Harga tiket masuk dari Argentina

  • Harga tiket masuk untuk dewasa adalah $500
  • Harga tiket masuk untuk anak-anak usia 6 hingga 12 tahun adalah $ 130
  • Anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun bisa masuk dengan gratis.

Akses Menuju Air Terjun Iguazu

Pengunjung bisa masuk ke dalam taman nasional Iguazu melalui  Negara Argentina maupun Brazil.

Akan tetapi untuk mencapai 2 tempat terdekat tersebut, para pengunjung harus memulai perjalanan dari Rio de Janeiro atau Buenos Aires. Sehingga rute perjalanan menuju Air terjun Iguazu adalah seperti berikut ini

  1. Memilih flight langsung ke Bandara terdekat Iguazu, akan tetapi harus transit di Buenos Aires ataupun Rio de Janeiro.
  2. Memilih flight yang berbeda untuk melanjutkan perjalanan dari Rio de Janeiro ataupun Buenos Aires menuju Bandara terdekat dengan Iguazu
  3. Melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Bus ke lokasi menuju Iguazu
  4. Melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil. Akan tetapi, perjalanan menuju Iguazu sangat jauh dengan jalur darat, memerlukan waktu tempuh selama 16 hingga 18 jam, sehingga menyewa mobil tidak disarankan
  5. Lebih baik menyewa mobil di Kota terdekat dengan Iguazu saja, seperti di kota Posadas jika dari Argentina dan di Curibita jika dari Brazil
  6. Dari kota Posadas perlu 4 jam untuk sampai di taman nasional Iguazu.
  7. Dari Kota Curibita yang merupakan Ibukota Negara Bagian Parana, perlu waktu 8 jam untuk tiba di Taman Nasional Iguazu. 

Menuju Iguazu Dari Argentina

  1. Jika para pengunjung ingin menggunakan pesawat, bisa mengambil penerbangan dari Buenos Aires ataupun Ri de Janeiro menuju Cataratas del Iguazú (IGR)
  2. Jika pengunjung ingin menggunakan bus, maka pilihlah penerbangan melalui Buenos Aires dan gunakan Bus tujuan Puerto Iguazú
  3. Tiket bus bisa di booking melalui telfon dan menggunakan kartu kredit
  4. Jika para pengunjung ingin langsung membeli tiket, pengunjung bisa mendapatkan tiket di Stasiun Retiro di Buenos Aires
  5. Cara lain adalah dengan merental mobil dari Buenos Aires maupun Rio de Janeiro.

Menuju Iguazu Dari Brazil

  1. Pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan pesawat Bandara Rio de Janeiro ataupun Buenos Aires dengan tujuan Foz do Iguaçu Airport (IGU)
  2. Pengunjung juga bisa menggunakan bus dengan tujuan ke kota Curitiba, ibukota Parana.

Demikianlah informasi tentang destinasi wisata unik yang membatasi 2 negara.

Wisata alam lain yang tak kalah menarik bisa anda temukan di Thailand seperti Railay Beach dan Kho Phi Phi Le.

Wisata alam tersebut sangat sayang anda lewatkan ketika anda mengunjungi Thailand yang terkenal dengan surga Pantainya. Pantai lain yang tak kalah indahnya adalah Kepulauan Phi Phi  dan Koh Lipe.

 

, , ,
Post Date: Wednesday 21st, March 2018 / 04:41 Oleh :
Kategori : Argentina