Wisata Fitz Roy Argentina , Gunung Bersalju Tervaforit Bagi Pemanjat Gunung Dunia

Fitz Roy MountainFitz Roy, Argentina – Salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan ketika berlibur adalah mendaki gunung. Indahnya pemandangan di jamin akan mampu merelaksasikan diri serta olahraga ringan seperti jalan santai akan memberikan kesehatan.

Perpaduan kesehatan dan keindahan akan menghasilkan suasana yang bahagia dan menimbulkan energi positif dalam diri.

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan sebagai referensi kunjungan musim dingin seperti Port Lockroy dan Paradise Harbor. Akan tetapi, masih banyak lagi wisata musim dingin terbaik terletak di Argentina.

Salah satu destinasi yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berjalan santai dengan keindahan luar biasa adalah Fitz Roy.  Gunung yang terletak di dekat desa El Chalten ini merupakan spot yang sangat bersahabat untuk di daki. Lokasi wisata yang terletak di wilayah perbatasan Argentina dengan Chilli ini selalu ramai di kunjungi.

Sejarah Pegunungan Fitz Roy

Gunung Fitz RoyGunung Fitz Roy yang terletak di area wilayah bagian selatan es Patagonia ini memiliki pemandangan yang tidak biasa. Karena terletak wilayah salju, puncak Fitz Roy selalu nampak anggun di selimuti salju. Nama lain dari gunung ini adalah Cerro Chalten.

Cerro merupakan bahasa spanyol yang berarti gunung, sehingga orang-orang juga menyebutnya Cerro Fitz Roy. Sedangkan Chalten dalam bahasa Tehuelche  yang artinya merokok. Sehingga jika disatukan arti dari Cerro Chalten adalah gunung merokok.  Nama ini disematkan untuk gunung Fitz Roy karena perpaduan pegunungan dengan awan-awan yang berada di bagian atasnya, sebuah tampilan yang menghasilkan pemandangan seperti batang-batang rokok yang mengeluarkan asap.

Gunung yang memiliki total ketinggian 3.375 mdpl ini pertama kali ditemukan oleh Fitz Roy. Namanya diabadikan menjadi nama pegunungan ini untuk memperingati jasanya membuat peta wilayah Pantai Patagonia. Berkat ekspedisi yang dipimpinya sebagai kapten perjalanan HMS Beagle dalam menjelajahi Sungai Santa Cruz pada tahun 1834 akhirnya tempat yang indah ini ditemukan.

Keindahan Pegunungan Fitz Roy

Fitz RoyGunung Fitz Roy menawarkan keindahan pesona alam yang berbeda-beda dari setiap spot. Hal inilah yang menyebabkan gunung ini menjadi primadona di kalangan pecinta alam. Setiap para penakhluk gunung pasti berhasrat untuk menakhlukkan tempat ini.


Jalur pendakian di mulai dari desa El Chalten. Mulai dari wilayah pedesaan El Chalten ini para pengunjung sudah disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah.  Pemandangan yang tidak pernah berhenti mengundang decak kagum para wisatawan. Para pendaki akan sangat bersemangat untuk terus menyusuri tempat ini.

Spot terindah tempat mengambil foto di tempat ini berada di Laguna de Los Tres Lagoon, Cerro Elecrico dan juga Torre. Setiap musim dingin destinasi wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Para wisatawan yang menjelajahi tempat ini merupakan masyarakat lokal dan tidak sedikit tamu dari Mancanegara. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Fitz Roy seperti mendaki serta skiing dan snowboarding. Setelah memulai pendakian dari Desa El Chalten, ada 15 rute yang bisa di pilih untuk bisa tiba di puncak. 

Para pendaki pasti memilih untuk berlama-lama di puncak untuk melihat hamparan salju yang membungkus puncak bersama awan yang selalu setia menghiasi. Selain mendaki dan menikmati berselancar, di Fitz Roy pengunjung juga bisa memancing di wilayah Pantai Patagonia. Untuk bisa memancing, pengunjung bisa mengikuti paket tour karena memerlukan perahu ataupun kapal.

Ketika para pengunjung tiba di area pendakian Fitz Roy, sebuah piramida granit akan menyambutmu dengan penuh keramahan. Sebuah gunung yang tercipta oleh batuan dari dalam bumi. Meski tidak ada tanaman di wilayah pegunungan Fitz Roy, akan tetapi para pengunjung bisa menjumpai kelinci dan elang berkeliaran di area ini.

Waktu Operasional Fitz Roy

  • Waktu terbaik dan paling populer untuk mendaki gunung Fitz Roy adalah pada musim dingin. Periode bulan Oktober hingga bulan April.
  • Karena spot ini paling indah pada musim dingin, maka di luar bulan-bulan tersebut mayoritas penginapan dan restoran di El Chalten tutup.
  • Pengunjung bisa memulai perjalanan jam berapa saja. Akan tetapi mayoritas pengunjung memulai pendakian pada jam 06.30 pagi dan kembali pada jam 19.00 malam.

Harga Tiket Masuk Fitz Roy

  • Pengunjung bisa mengexplore gunung Fitz Roy dengan gratis. Akan tetapi banyak paket tour yang menawarkan perjalanan ke spot-spot indah di sekitar Fitz Roy.
  • Sehingga jika para pengunjung ingin mengeksplor semua tempat-tempat yang indah bisa memesan paket tour yang di mulai dari IDR 1.300.000,- hingga IDR 3.500.000,- tergantung dengan berapa hari dan banyaknya lokasi yang akan di kunjungi.
  • Paket tour sudah termasuk bus dari desa El Chalten dan juga makan untuk para peserta tour.
  • Akan tetapi, pengunjung yang ingin melakukan perjalanan sendiri ataupun menggunakan jasa pemandu tetap bisa melakukan ekspedisi dengan nyaman.    

Akses Menuju Fitz Roy

Kunjungan ke gunung Fitz Roy bisa dilakukan dengan beberapa alternatif. Pengunjung bisa menyesuaikan perjalanan dengan budget dan kepuasan perjalanan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa alternatif yang bisa anda pilih untuk bisa tiba di Fitz Roy.

  1. Dari Amerika Selatan, pengunjung bisa menggunakan bus hingga ke Kota I Calafate.
  2. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke desa El Chalten dengan menggunakan bus.
  3. Dari tempat ini menuju desa El Chalten jarak yang harus di tempuh adalah 200 Kilometer.
  4. Selain dengan bus, para wisatawan juga bisa pergi dengan menggunakan pesawat dari Amerika Selatan.
  5. Salah satu kota yang memiliki bandara terdekat dengan gunung Fitz Roy adalah kota I Calafate.
  6. Setelah tiba di I Calafate, pengunjung tetap harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus untuk bisa tiba di desa El Chalten.

Jika anda ingin mengunjungi Fitz Roy, berikut ada beberapa tips agar perjalanan anda menjadi penjelajahan yang tidak terlupakan. 


  1. Pesanlah tiket hotel secara online terlebih dahulu, biaya menginap biasanya lebih murah di beberapa situs perjalanan, sehingga bisa menghemat
  2. Ketika para pengunjung tiba di Calafate, sebaiknya ambillah uang untuk makan dan keperluan lain di sini
  3. Di desa El Chalten hanya ada 1 ATM, pada musim dingin dan Fitz Roy ramai pengunjung, ATM ini sering kehabisan uang
  4. Jika pengunjung memilih perjalanan secar mandiri, belilah makanan, minuman serta beberapa snack di Restoran yang ada di El Chalten untuk bekal.
  5. Untuk menghemat, pengunjung lebih baik membeli makanan ringan di Elcafate saja, karena di Desa El Chalten makanan sedikit lebih mahal.

Demikianlah informasi tentang salah satu lokasi andalan yang ada di Argentina. Bagi anda para pecinta Alam, destinasi wisata gunung yang satu ini sangat sayang untuk di lewati. Nikmati sejuknya musim dingin di tengah keindahan alam bak surga ini.

Selain itu para pecinta liburan di musim dingin bisa mengunjungi beberapa tempat berikut 

Selain itu, bagi para wisatawan yang hobi berlibur di musim dingin, maka anda perlu mengetahui beberapa tips seperti tips liburan ke Jepang saat musim dingin dan tips liburan ke Eropa musim dingin agar liburan musim dinginmu sangat menyenangkan.

, , , ,
Post Date: Wednesday 21st, March 2018 / 04:30 Oleh :
Kategori : Argentina