Tips Liburan Ke Jepang Saat Musim Dingin Yang Wajib Diketahui

Musim dingin adalah salah satu musim yang paling diidamkan orang Indonesia. Udara yang sejuk, ditambah lagi turunnya salju membawa pesona tersendiri bagi kita yang biasa tinggal wilayah tropis. Selama ini mungkin kita pikir bahwa musim dingin hanya dapat dinikmati di tempat-tempat yang letaknya jauh seperti di Eropa, Amerika Serikat atau Kanada. Jangan salah lho, kamu ternyata tidak harus rela pergi sejauh itu untuk bisa menikmati musim dingin.

Negara-negara Asia utara seperti Jepang pun juga memiliki musim dingin. Jadi kalau kamu tidak ingin jauh-jauh dari Indonesia, memiliki budget yang tidak besar tapi tetap ingin merasakan sensasi musim dingin, Jepang bisa jadi pilihan yang pas buat kamu. Apalagi tempat wisata musim dingin di Jepang juga kurang lebih mirip dengan beberapa tempat wisata di Swiss.

Perkenalan

Ski di Niseko

Musim dingin terjadi di Jepang pada kisaran bulan Desember hingga Februari. Cuaca musim dingin di Jepang pun bervariasi tergantung kamu sedang berada di daerah mana. Kalau kamu lagi berada di kawasan Jepang tengah, yang juga termasuk Tokyo dan Osaka, musim dingin tidak akan begitu lama atau ekstrim.

Hari-hari musim dingin biasa disana berudara dingin, berangin kencang namun tetap mendapatkan sinar mentari. Salju pun turunnya juga kadang-kadang, dan itupun juga jarang sampai lebat atau bahkan badai salju. Suhu udara berkisar antara 5⁰c hingga 12⁰c serta suhu rata-rata sebesar 8⁰c.

Nah, tetapi kalau kamu pergi ke wilayah utara Jepang seperti Pulau Hokkaido, musim dingin bisa menjadi luar biasa dingin menggigil dengan durasi musim dingin yang panjang, dan salju turun lebat. Suhu udara pun juga berkisar antara -1⁰c sampai -9⁰c, dengan suhu rata-rata sedingin -4⁰c.

Dibanding dengan iklim musim dingin negara-negara tetangganya, musim dingin di Jepang masih tergolong “hangat” dan dapat diterima lebih baik oleh orang Indonesia berikut adalah Tips Liburan Ke Jepang Saat Musim Dingin.

Persiapan Musim Dingin

Musim dingin perlu persiapan khusus, apalagi buat kita orang Indonesia yang terbiasa dengan cuaca cerah nan tropis sepanjang tahun. Memang persiapannya cenderung banyak dan berat, tapi lebih baik begitu supaya kita bisa tetap nyaman dan hangat di negara tujuan. Inilah beberapa barang-barang yang perlu disiapkan sebelum menikmati musim dingin di Jepang.

  1. Jaket/Coat

Jaket atau coat diperlukan untuk melindungi badan dari sengatan udara dingin. Jaket atau coat pada hakikatnya mampu membuatmu tetap hangat sehingga harus tebal. Sementara itu bahan-bahan yang mampu menjaga kehangatan tubuh diantara lain adalah wol dan fleece.

  1. Penutup Telinga

Telinga perlu ditutup karena merupakan salah satu anggota tubuh sensitive dan rentan terhadap perubahan cuaca. Selain itu, penutup telinga juga berguna untuk mencegah pembekuan telinga.


  1. Topi Kupluk

Topi kupluk mampu mencegah kepala merasa pusing akibat hawa dingin sekaligus sebagai penghangat. Bahan-bahan kupluk yang bagus diantara lain bahan rajut serta fleece.

  1. Syal/Pashmina

Syal atau pashmina memiliki fungsi pelindung leher dari sengatan hawa dingin, karena leher juga merupakan anggota tubuh sensitive terhadap perubahan udara. Selain itu, syal juga dapat dijadikan penutup mulut dan hidung apabila cuaca ekstrim seperti badai salju terjadi. Bahan-bahan yang bagus untuk syal diantara lain polyester fleece, dan wol. Disarankan juga memakai syal atau pashmina yang memiliki teknologi penghangat.

  1. Sweater

Sweater berfungsi sebagai penghangat tubuh dikala cuaca dingin, dan supaya bisa hangat sebaiknya pakai sweater terlebih dulu sebelum kamu melapisnya lagi dengan jaket/coat. Sweater yang mampu membuat badan hangat terbuat dari bahan rajut, wol serta polyester fleece.

  1. Sepatu

Cuaca yang dingin jelas mengharuskan kamu untuk memakai sepatu. Berhubung musim dingin pasti identic dengan medan permukaan tanah yang lebih licin atau sulit dijajaki karena salju, pakailah sepatu-sepatu model sepatu trekking atau sepatu boots yang berbahan kulit atau suede. Hindari sepatu-sepatu model sneakers atau flats, dan jangan lupa pakai kaus kaki yang tebal terlebih dahulu ya!

  1. Sarung Tangan

Sarung tangan berguna untuk menghindari jari-jarimu dari pembekuan yang berakibat fatal, karena tangan adalah anggota tubuh yang juga sensitif. Untuk itu gunakanlah sarung tangan yang berbahan dasar rajut atau kulit.

  1. Obat-obatan

Sebelum kamu berpikiran untuk merasakan musim dingin, sebaiknya kamu sudah paham betul kelemahan-kelemahan tubuh kamu. Sebagai contoh, kalau kamu memiliki alergi tertentu, maka bawalah obat penghilang alergi yang biasa kamu pakai, atau misalnya kalau kamu penderita asma selalu siap sedia inhaler.

Kalaupun kekebalan tubuhmu bagus, kamu juga sebaiknya tetap membawa obat-obatan simpel sebagai tindakan preventif, seperti paracetamol untuk menghilangkan demam atau nyeri, obat diare, atau suplemen lainnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Keperluan Pribadi Lainnya

Poin ini juga berhubungan dengan poin diatas, karena cuma kamulah yang hafal persis kebutuhan badanmu. Sebagai contoh, untuk menghindari kulit atau bibir kering, kamu bisa membeli masing-masing lotion moisturizer dan lip balm, minyak angin, balsam hangat, dan lain-lain.

Wisata Musim Dingin di Jepang

Selain mengunjungi berbagai tempat wisata di Jepang, kamu juga bisa sekalian melakukan banyak aktivitas yang hanya bisa dinikmati ketika musim dingin tiba. Inilah dia…

Wisata Ski

  • Jepang memiliki berbagai situs wisata ski berstandar internasional yang sebagian besar terletak di wilayah-wilayah utara seperti Hokkaido, Nagano, Tohoku dan Niigata. Selain ski, kamu juga bisa melakukan olahraga snowboarding disana.
  • Hokkaido – Hokkaido adalah ibukota saljunya Jepang. Hokkaido mengadakan sekitar 1200 festival salju setiap tahunnya di Jepang, Hokkaido juga memiliki berbagai situs ski dan pemandian air panas favorit, seperti Niseko.
  • Nagano dan Nagata – Kedua surga ski ini terletak berdekatan dan tidak jauh juga dari Tokyo. Nagano juga merupakan kota tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 1998 dan merupakan salah satu tempat wajib dikunjungi untuk para pecinta ski karena medan yang mendukung serta bentuk lintasan yang sempurna. Atraksi musim dingin favorit disana diantara lain adalah menyaksikan kera mandi air panas di Jigokudani Snow Monkey park dan puaskan hasrat ski dan snowboarding di kawasan resor Hakuba.
  • Tohoku – Tohoku terletak di bagian utara pulau Honshu dan meliputi sekitar 6 prefektur. Tohoku cocok untuk para penggemar olahraga musim dingin yang menginginkan suasana yang berbeda. Ini dikarenakan selain relatif sepi, Tohoku juga menawarkan pengalaman musim dingin tradisional Jepang seperti onsen.

Onsen

  • Onsen adalah pemandian air panas khas Jepang yang berbasis sumber mata air panas (hot spring). Selain sebagai media untuk relaksasi, onsen juga dipercaya memiliki khasiat yang disalurkan dari berbagai kandungan mineral miliknya. Onsen terbagi menjadi beberapa kompartmen, seperti onsen pria atau wanita, outdoor maupun indoor. Mandi di onsen cocok sekali untuk kamu yang ingin melarikan diri dari menggigilnya musim dingin atau lelah setelah seharian beraktivitas.

Festival Salju Sapporo

  • Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1950, dan bertempat di Sapporo, ibukota pulau Hokkaido. Festival Salju Sapporo termasuk yang terbesar untuk kategorinya dan mampu menarik jutaan wisatawan per tahunnya. Pada festival ini kamu bisa melihat ratusan karya patung, dan skulptur yang semuanya terbuat dari salju serta es selama seminggu. Sambil menyaksikan “pameran seni es” kamu juga bisa sekalian mencicipi aneka street food khas Hokkaido.

Iluminasi Urban dan Pertunjukan Cahaya

  • Kalau kamu merasa bahwa ski atau snowboarding terlalu ekstrim, kamu tetap bisa kok jalan-jalan di kota-kota besar seperti Tokyo atau Osaka yang memiliki maskot Istana Osaka. Di Tokyo banyak gedung sepanjang daerah-daerah downtown seperti Tokyo Tower, Ginza, Tokyo Midtown dan Roppongi Hills didekorasikan menggunakan lampu warna warni serta pertunjukan cahaya untuk memeriahkan suasana sekaligus menyambut Natal dan tahun baru.

Menu Musim Dingin Khas Jepang


Shabu-shabu

  • Shabu-shabu

Shabu-shabu adalah irisan daging atau sayur-sayuran yang dicelupkan ke kuah mendidih berbumbu dashi dan konbu, dimasak hingga matang kemudian dimakan. Sebelum dimakan hasil rebusan tadi biasanya dicelupkan ke saus ponzu atau wijen.

  • Nabe

Nabe adalah menu favorit orang Jepang ketika musim dingin. Seporsi nabe adalah hotpot besar berkuah miso, dashi, dan sejenisnya yang diisi berbagai jenis bahan makanan seperti tahu, ayam, sayuran atau seafood untuk dimakan bersama teman-teman semeja. Nabe dimasak ditengah-tengah meja dan siapapun bebas mengambil isinya ketika matang.

  • Sukiyaki

Sukiyaki ialah masakan sejenis nabe yang menggunakan basis kuah kecap dan pot rendah. Sukiyaki memiliki isi berupa irisan daging sapi, tahu, sayur-sayuran seperti sawi dan daun bawang, jamur shiitake atau enoki, serta mie konyaku atau udon. Biasanya, sebelum dimakan kondimen-kondimen itu tadi dicelupkan ke kuning telur mentah.

  • Oden

Oden adalah rebusan sate-sate tahu, bakso, sosis, telur dan sayuran yang direbus dalam kuah berbumbu dashi.

Demikianlah tips liburan ke Jepang saat musim dingin. Ternyata jalan-jalan ke Jepang saat musim dingin tidak begitu meragukan bukan? Malah kalau kamu ikuti tips-tips diatas dengan seksama, wisata musim dingin ke Jepang kamu bisa menjadi luar biasa mengesankan. Wah sepertinya kamu sudah tidak sabar lagi ya? Oke, kalau begitu segeralah booking tiket promo dan selamat berlibur!

, , ,
Post Date: Saturday 10th, March 2018 / 03:31 Oleh :
Kategori : Jepang