Wisata Danau Jenewa , Danau Terbesar Dan Tercantik Di Eropa Barat

istana di tepi danau jenewaPergi ke Eropa tak melulu tentang berwisata sejarah atau istana. Danau adalah salah satu kekayaan alam yang juga menjadi atraksi menarik untuk berwisata. Danau Jenewa adalah salah satunya. Berlokasi di Swiss dan Perancis, danau ini merupakan salah satu danau terbesar di Eropa Barat juga menjadi favorit warga Eropa untuk berlibur.

Seperti halnya danau Hoan Kiem di Vietnam dan danau Wabby di Pulau Fraser, danau Jenewa juga cukup dikenal sebagai obyek turisme. Namun tidak seperti danau Sichahai, salah satu tempat wisata di China yang lebih dikenal dengan pemandangannya yang menenangkan, danau Jenewa lebih mirip dengan danau Achen, tempat wisata di Austria, yang digunakan sebagai tempat berselancar angin.

Danau Jenewa kerap digunakan sebagai tempat berolahraga air seperti lomba yacht dan mendayung. Banyak informasi yang akan kami sajikan tentang danu ini, namun karena lokasi danau Jenewa yang ada di dua negara, jangan lupa datang ke sini dengan menggunakan visa multiple Schengen agar kamu bisa menikmati seluruh kota

Sekilas Danau Jenewa

kereta melintasi danau jenewaLokasi ini sudah dikenal sejak zaman Romawi. Saat itu namanya adalah Lacus Lemannus. Saat ini namanya dikenal sebagai le Lac Leman dalam bahasa Perancis. Danau Jenewa terbentuk oleh tiga proses yakni sedimentasi, lipatan tektonik, dan erosi glasial, membuatnya memiliki tiga bagian. Danau ini memiliki luas 508,03 km persegi. Dengan hampir 60 persennya berada di negara Swiss (di wilayah Vaud, Jenewa, dan Valais) sementara sekitar 40 persennya berada di  Perancis (di wilayah Haute-Sovoie).

Dari beberapa titik danau Jenewa, puncak Grand Combin dan Mont Blanc dapat terlihat. Danau ini berbatasan dengan Alp Chablais di sebelah selatan dan Alp Bern di sisi timurnya. Air di danau Jenewa paling banyak datang dari gunung es Rhone. Ada juga sungai-sungai seperti La Dranse, La Venoge, dan La Veveyse yang mengalir ke danau Jenewa.

Kegiatan Wisata di Danau Jenewa

  1. Berenang

Meski air di Danau Jenewa selalu bersih dan jernih, namun kamu sebaiknya hanya berenang dari bulan Juni hingga September saat air sedang tidak terlalu dingin. Bila tidak ingin berenang di area terbuka di danau, maka kamu bisa memilih beberapa kolam renang yang ada, aquapark yang menyediakan hiburan taman bermain bernuansa air, atau resort pemandian air panas seperti Leukerbad di Valais.

  1. Berlayar

Menggunakan kapal adalah hal yang selalu dilakukan penghuni di sekitar danau Jenewa. Mulai dari untuk transportasi hingga sekedar hobi. Bila kamu ingin menyewa kapal, banyak tempat penyewaan bisa ditemukan di sini. Selain berlayar dengan kapal, olahraga air seperti kano, mendayung, kayak, selancar angin, hingga ski air bisa dilakukan di sini.

  1. Bersepeda

Daratan di sekitar danau Jenewa memiliki banyak lintasan sepeda dan sangat nyaman untuk digunakan. Jalanan di sekitar danau umumnya cukup datar, namun di beberapa titik yang dekat dengan pegunungan Alp dan Jura bisa menjadi cukup terjal dan menanjak.

  1. Mendaki

Sebagai danau yang berada di dekat pegunungan, mendaki gunung adalah salah satu kegiatan favorit wisatawan yang datang ke sini. Mulai dari sekedar berjalan-jalan mengitari desa-desa kecil atau kota, mengunjungi kebun anggur di Lavaux yang menjadi warisan UNESCO, hingga benar-benar mendaki ke hutan-hutan di pegunungan Alp dan Jura bisa anda lakukan. Berkeliling desa pun cukup mudah karena jika lelah, anda bisa langsung menemukan kendaraan umum yang aksesnya banyak tersedia.

Kota di Danau Jenewa

Banyak kota negara Swiss dan Perancis mengelilingi danau Jenewa dan memiliki pesona berbeda-beda. 

  1. Jenewa

Jenewa memiliki banyak pusat organisasi internasional seperti PBB, WTO, dan CERN. Di sini juga kerap diadakan banyak konferensi dan seminar. Selain itu Jenewa juga memiliki museum, pusat belanja, taman-taman, hingga klub-klub malam. Kota ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan danau Jenewa.

  1. Lausanne

Bila Jenewa lebih bersuasana internasional, Lausanne lebih bersuasana lokal dan muda dengan banyaknya pelajar dan mahasiswa di sini. Di kota ini juga terdapat museum olimpiade, gereja gotik, dan toko-toko dengan harga yang relatif lebih murah dibanding kota lain di Swiss.

  1. Montreux

Pecinta musik tidak boleh melewatkan Montreux yang terkenal dengan festival jazz Montreux nya, yang diadakan setiap tahun. Kota ini juga memiliki padang rumput dan bunga yang selalu dijaga sepanjang tahun, menambah keindahan kota. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi pasar Natal dan Chateau de Chillon, salah satu istana bersejarah paling terkenal di Swiss.

  1. Yvoire

Yvoire adalah kota di Perancis yang sangat kecil dan masih memiliki tampilan kota seperti dari abad pertengahan. Kota ini terhubung dengan kapal feri ke kota Nyon di Swiss yang menawarkan pemandangan indah ke pegunungan Alp juga gunung Jet d’Eau dan Blanc.

Selain keempat kota di atas, danau Jenewa juga dikelilingi kota-kota lain yang tak kalah indahnya seperti Evian-les-Bains dengan resort musim panasnya, Morges dengan museum dan festival tulipnya, hingga Vevey yang merupakan pusat Nestle dan memiliki museum makanan.

Akses Menuju Danau Jenewa

Banyak pilihan ragam kendaraan untuk mencapai danau Jenewa dan area sekitarnya mulai dari bus, kereta, kapal bahkan pesawat bila datang dari jauh. Jalan raya yang nyaman juga membuatmu bisa menyetir mobil dengan nyaman.

  1. Kapal

Kapal di danau Jenewa berfungsi sebagai kendaraan wisata dan juga transportasi publik, serta kebanyakan dioperasikan oleh CGN. Kapal beroperasi lebih sering saat musim panas, sementara di musim dingin hanya pada akhir pekan dan makan malam khusus. Kapal feri beroperasi menghubungkan kota di Perancis dan Swiss seperti Lausanne, Evian, dan Thonnon-des-Baines.

  1. Pesawat

Menggunakan pesawat, maka tujuanmu adalah bandara Jenewa (GVA). Penerbangan dari seluruh Eropa dan beberapa negara benua lain menuju ke sini. Sesampainya di bandara, kamu bisa menuju kota dengan kereta atau bus yang juga pergi ke beberapa kota di Perancis. Jalan tol juga tersedia.

  1. Kereta dan Bus

Transportasi di sebelah utara danau Jenewa lebih berkembang. Di sini terdapat kereta yang menghubungkan Jenewa dan Villeneuve. Ada juga kereta yang menghubungkan Jenewa dan Lausanne, yang juga pergi ke Paris bahkan ke selatan Perancis. Sementara bus lebih banyak menghubungkan kota kecil dan digunakan jika tidak ada alternatif kereta. 

  1. Mobil

Berkendara sendiri juga bisa menjadi pilihan karena jalan raya di Jenewa sangat baik, lengkap dengan keamanan seperti kamera lalu lintas. Di berbagai jalan terdapat pemandangan yang indah seperti di jalur Lausanne – Villeneuve, Lausanne – Vevey, dan St Gingdolf – Evian-des-Bains. Namun biaya parkir sangat mahal dan kamu hanya bisa parkir di tempat yang diperbolehkan.

Orang Ternama di Danau Jenewa

Sejak dulu kota-kota yang mengelilingi danau Jenewa kerap dikunjungi banyak orang-orang ternama dengan berbagai kisahnya.

  1. Mary Shelley berlibur di danau ini dan menulis cerita hantu, kemudian dari cerita-cerita itu berkembang menjadi karya Frankenstein.
  2. Charlie Chaplin menghabiskan sisa hidupnya di Vevey, salah satu kota di tepi danau Jenewa. Saat ini Vevey memiliki patungnya dan bekas rumahnya di Corsier-sur-Vevey kini menjadi museum.
  3. Band Queen memiliki studio rekaman Mountain di Montreux yang masih beroperasi hingga sekarang.
  4. Freddie Mercury, Michael Schumacher dan Phil Collins memiliki rumah di sini.
  5. Vladimir Lenin, David Bowie dan Audrey Hepburn juga pernah tinggal di sini.

, , , ,
Post Date: Friday 23rd, March 2018 / 07:30 Oleh :
Kategori : Swiss