Wisata Everland , Taman Bermain Terlengkap Dan Terfavorit Di Korea Selatan

everland wholeSiapa yang tidak ingin pergi ke Korea? Maraknya budaya popular Korea yang disebarkan melalui K-Drama atau lagu-lagu K-Pop berhasil menyihir masyarakat Indonesia – khususnya wanita – untuk mengunjungi negara asal grup music EXO serta Girls Generation ini. Bila selama ini ada anggapan bahwa tempat wisata di Korea Selatan cuma menarik untuk wanita, ternyata Korea Selatan juga memiliki tujuan wisata yang bahkan sangat cocok untuk keluarga.

Dan tujuan wisata itu tak lain adalah taman rekreasi Everland.

Perkenalan

Kira-kira sekonsep dengan Hong Kong Disneyland, Everland adalah taman rekreasi terbesar di Korea Selatan. Everland berlokasi di kota Yongin, provinsi Gyeonggi-do. Selain taman bermain, Everland juga memiliki kebun binatang ZooTopia seperti yang di Seoul Grand Park, dan water park yang bernama Caribbean Bay.

Bedanya dengan Seoul Grand Park adalah Seoul Grand Park lebih ditujukan untuk keperluan edukasi sementara itu Everland lebih condong ke pusat rekreasi keluarga.

Sejarah Singkat

everland adventure2Everland merupakan taman bermain yang berada di kompleks rekreasi Everland Resort, dibangun oleh konglomerat terkemuka Samsung Group dan dibuka untuk umum pada April 1976 dengan nama “The Natural Farm”. Ketika itu The Natural Farm fungsinya masih untuk edukasi masyarakat Korea dengan hadirnya beberapa kebun bunga dan kebun binatang mini. Pada hari jadinya yang ke-20, The Natural Farm melakukan rebranding menjadi Everland yang kita kenal sekarang ini, dan pada bulan Juli di tahun yang sama Everland meresmikan Caribbean Bay Water Park.

Everland berhasil meraup beberapa penghargaan bergengsi seperti “One out of Four Major Theme Parks in the World” versi majalah Forbes edisi April 2006 dan juga anugerah “Grand Prize of Korea Brand Awards” oleh Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Ekonomi Korea Selatan.

Akses

Everland terletak di kota Yongin, propinsi Gyeonggi-do. Sebenarnya Yongin masih berada di dalam wilayah Seoul Capital Area, dan memiliki berbagai akses moda transportasi dari pusat kota Seoul. Everland dapat diakses menggunakan shuttle bus ke/dari Jeondae Everland Subway Station milik jalur EverLine. Selain itu, Everland dapat dijangkau dengan bus-bus 5002 ke Gangnam, 5700 ke Jamsil, bus 1500-2 ke Terminal Nambu serta bus 1113 ke Gangbyeon.


Tiket Masuk

Tiket masuk terbagi menjadi kategori-kategori dibawah ini.

  • Tiket Harian (10AM-17PM) – ₩54,000 (Dewasa), ₩43,000 (Anak-anak)
  • Tiket Malam (17PM-tutup) – ₩45,000 (Dewasa), ₩36,000 (Anak-anak)
  • 2-Day Pass – ₩84,000 (Dewasa), ₩67,000 (Anak-anak)

Harga diatas tidak termasuk tiket akses ke galeri Hoam, atau atraksi-atraksi lainnya. Kurs Rupiah (IDR) ke Korean Won (KRW) per tanggal 9 Maret 2018 adalah KRW 100: IDR 1,295.

Zona-zona Everland

  1. Global Fair

Global Fair yang memiliki gaya arsitektur Timur Tengah campur Eropa ditujukan untuk area komersil yang terletak di pintu masuk dan keluar taman ini. Global Fair memiliki berbagai booth makanan, souvenir, photobooth, restoran, dan toko-toko. Tersedia juga loker penyimpanan serta troli bayi untuk direntalkan. 


  1. ZooTopia

ZooTopia adalah kebun binatangnya Everland Resort yang memiliki wilayah seluas 15,000m². ZooTopia memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap berupa 2000 hewan dari 201 spesies seperti singa laut, beruang kutub, pinguin, harimau dan juga primate. Terdapat juga safari bus yang bisa kamu naiki untuk menelusuri setiap bagian kebun binatang termasuk menyaksikan aneka satwa-satwa liar dari dalam bus.

Selain kebun binatang konvensional terdapat juga petting zoo, atau kebun binatang yang berisi hewan-hewan jinak sehingga aman bila berinteraksi langsung dengan pengunjung. Petting zoo memiliki koleksi-koleksi satwa seperti domba, buaya dan juga kera.

  1. European Adventure

European Adventure merupakan kawasan restoran yang menawarkan suasana ala Eropa melalui arsitekturnya. Bangunan-bangunan disini memiliki gaya arsitektur tradisional Belanda, Perancis serta Jerman. European Adventure juga memberikan sedikit citarasa Taman Bunga Keukenhof karena juga sama-sama memiliki taman bunga yang begitu mempesona. Selain itu, wahana-wahana yang bisa didatangi di European Adventure adalah rumah hantu Mystery Mansion serta roller coaster T-Express yang diresmikan pada 2008 lalu. T-Express merupakan roller coaster kayu pertama di Korea Selatan.

  1. Magic Land

Berbeda dengan European Adventure dan American Adventure yang kental akan nuansa historis, Magic Land adalah dunia fantasinya Everland. Magic Land memiliki wahana-wahana seperti bianglala, Log Ride, Futuristic Flying Ride, Robot Ride, roller coaster serta perahu kora-kora yang biasa kita naiki di Dunia Fantasi Ancol. Di dalam Magic Land terdapat zona Aesop’s Village yang memiliki tema fable Aesop. Bahkan ada juga badut-badut yang berkostum layaknya tokoh-tokoh fable Aesop, sehingga seolah-olah anak-anak bisa merasakan dunia dongeng dan mimpi mereka secara nyata.

  1. American Adventure

American Adventure nya Everland memiliki konsep desain khas tipikal taman bermain Amerika. Wahana-wahana disitu pun juga berdesain ala Hollywood serta Las Vegas. Wahana-wahana andalan yang bisa kamu coba disini diantara lain Rock Ville, roller coaster Rolling X-Train, Wild West dan juga The Rodeo. Disini kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan live music dari panggung hiburan The Double Rock Spin.

Museum Seni Hoam

Museum Seni Hoam cocok untuk kamu kalau ingin menikmati ketenangan sejenak dari hiruk pikuk taman bermain sekaligus untuk memuaskan selera senimu. Galeri seni terdapat di lantai dua bangunan utama, dan memamerkan karya-karya seni lintas zaman, dari seni zaman prasejarah sampai seni kontemporer. Sekitar 100 artefak harta karun nasional Korea disimpan disini, berikut juga kesenian Buddhist, kaligrafi, lukisan rakyat, kerajinan tangan dan lain-lain. Museum Hoam dibuka setiap hari (kecuali Senin) dari pukul 10 pagi hingga 6 sore waktu Korea, dengan admisi pengunjung terakhir pada pukul 5 sore. Tiket masuk berlaku sebagai berikut:

  • Single Ticket – ₩4,000 (Dewasa) / ₩3,000 (Anak-anak)
  • Group Ticket – ₩3,000 (Dewasa) / ₩2,000 (Anak-anak)

Tiket rombongan (Group Ticket) berlaku untuk rombongan berjumlah minimal 20 peserta dan juga bisa dibooking secara online. Selain itu untuk anak-anak dibawah usia 3 tahun tidak dikenakan biaya masuk.

Caribbean Bay

caribbean bay1Caribbean Bay Everland adalah sebuah water park yang diresmikan pada bulan Juli 1996, dan sesuai namanya memiliki konsep suasana khas Karibia. Caribbean Bay terbagi atas beberapa zona, sebut saja indoor pool, outdoor pool, Caribbean Bay Spa, kolam ombak dan juga banyak jenis perosotan. Wahana-wahana air andalannya adalah Tower Raft, Tower Boomerang Go, Wild Blaster, Wild River Pool, Adventure Pool, perosotan Water Bobsleigh, Mega Storm serta indoor wave pool yang mampu menghasilkan ombak buatan setinggi 2.4m.

Selain itu kalau kamu ingin relaksasi total kamu bisa mencoba Caribbean Bay Spa. Caribbean Bay Spa memiliki layanan pemandian air panas ala onsen, lemon spa, jasmine tea spa dan juga jade sauna.

Museum Transportasi Samsung

Samsung Transportation Museum adalah museum transportasi pertama Korea Selatan yang memiliki koleksi sebanyak 700 kendaraan lintas zaman, mulai dari 


  1. mobil
  2. sepeda motor
  3. sepeda
  4. kereta kuda

Museum ini juga bersifat interaktif dan edukatif karena memiliki beberapa display dimana kita juga dapat mengoperasikan kendaraan, atau melihat secara langsung bagaimana komponen-komponen transportasi bekerja. Ciri khasnya yang edukatif dan informatif tak hanya situ, karena Samsung Transportation Museum juga punya area khusus anak dimana anak-anak bisa belajar tentang keselamatan dan tata tertib lalu lintas sambil main games!

Bagaimana, seru kan Everland Korea? Kalau kamu sudah bosan dengan taman rekreasi yang itu-itu saja atau sekadar ingin menambah daftar taman bermain yang pernah dikunjungi, mungkin Everland bisa dijadikan pilihan. Jangan lupa ajak keluarga serta anak-anak agar jalan-jalan ke Everland makin meriah dan komplit. Sampai ketemu di Everland!

, , , ,
Post Date: Friday 23rd, March 2018 / 07:46 Oleh :
Kategori : Korea Selatan