10 Makanan Khas Amsterdam Terenak wajib Dicoba Wisatawan

Mengunjungi sebuah negara akan sangat menarik jika melakukan wisata kuliner. Karena kebudayaan yang berbeda dan cuaca yang berbeda tentu akan melahirkan cita rasa yang berbeda pula. Salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang menarik untuk dikunjungi di Eropa adalah Belanda. Banyak wisatawan yang tertarik dengan makanan khas negara tersebut, termasuk yang sedang berada di Amsterdam. Berikut ini beberapa makanan khas Amsterdam yang menarik untuk dicicipi ketika Jalan-Jalan ke Belanda.

1. Keju Edam dan Gouda

Keju Edam dan GoudaBelanda adalah salah satu negara yang terkenal dengan keju. Sehingga Anda bisa mencicipi keju selama berwisata di Amsterdam. Di Amsterdam akan banyak ditemukan keju yang enak. Dan dua jenis keju yang paling umum ditemukan di sana adalah Edam dan Gouda.

Bahkan, saking populernya keju, kebanyakan restoran atau tempat makan biasanya menawarkan toping tambahan keju di atas roti yang dikenal dengan istilah kaas broodje. Atau Anda bisa melihat keju Belanda banyak disajikan di camilan-camilan lainnya.

Untuk menikmati keju, wisatawan bisa membeli langsung di pasar Amsterdam atau membeli makanan dengan rasa keju, seperti pada salad sayuran dan semisalnya.

2. Stroopwafels

StroopwafelsMakanan khas Amsterdam berikutnya yang menarik untuk dicicipi adalah Stroopwafels. Makanan yang satu ini merupakan sebuah wafel tipis yang dibuat dari aneka bahan makanan dan kemudian disatukan dengan lapisan manis yang lengket satu sama lainnya.

Makanan ini cocok untuk dimakan sebagai camilan. Anda bisa menemukannya di banyak tempat, mulai dari pasar kecil, Tempat Belanja Di Amsterdam, toko pinggir jalan, bahkan di toko-toko souvenir. Hal ini dikarenakan Stroopwafels juga banyak dibawa turis sebagai oleh-oleh sebelum kembali ke negara masing-masing.

Jika Anda tertarik, Anda pun bisa membawa pulang beberapa Stroopwafels untuk oleh-oleh. Atau bisa juga langsung membeli dan menikmatinya sebagai menu camilan unik yang khas di Belanda.

3. Pannekoeken

PannekoekenPannekoeken adalah sejenis pancake Belanda. makanan ini memiliki tekstur yang mirip dengan crepes dari Perancis. Dibuat dengan adonan yang tidak begitu manis, pancake Belanda ini bentuknya tipis.

Biasanya pancake ini disajikan dengan sirup khas Belanda. Sirup ini tidak manis, melainkan lebih ke asam. Akan tetapi, jika ingin toping yang lain juga bisa, misalnya krim, es krim, atau ceri yang hangat dan manis. Bisa juga dicampur dengan keju yang banyak ditemukan di Belanda.


Selain pannekoeken, makanan sejenis lainnya adalah poffexjes yang merupakan pancake kecil dengan bentuk yang lebih kembung. Makanan ini disajikan dengan gula bubuk dan cocok untuk disantap kala musim dingin tiba.

4. Vlaamse Frites

Vlaamse FritesDi Eropa, makanan sejenis kentang goreng pasti banyak ditemukan dan menjadi salah satu makanan yang umum. Termasuk di Amsterdam. Anda bisa mencicipi Vlaamse Frites khas Amsterdam dengan harga yang cukup terjangkau, cocok ketika Backpacker Ke Amsterdam.

Makanan ini disebut juga dengan patat. Vlaamse Frites menjadi salah satu makanan yang sering dijadikan camilan favorit mastasyarakat Amsterdam dan kota lainnya di Belanda. biasanya disajikan dengan mayonaise.

Mayonaise di sana lebih creamy dan lebih manis daripada mayonaise di Amerika. Makanan ini mudah ditemukan di tempat perbelanjaan, toko makanan, dan tempat nongkrong lainnya. Anda juga bisa membelinya dengan saus kacang dan sebagainya.

5. Stamppot

StamppotMakanan khas Amsterdam berikutnya adalah Stamppot. Makanan ini adalah sejenis kentang rebus yang kemudian di hancurkan dan ditambahkan dengan beberapa bumbu dan bahan makanan lainnya sehingga memiliki rasa enak.

Stamppot juga dikenal secara luas di kota lain di Belanda dan menjadi salah satu makanan kegemaran masyarakatnya. Biasanya kentang akan dicampur dengan wortel atau sayuran hijau lainnya.

Penyajiannya bisa juga dengan sosis. Stamppot menarik untuk dimakan saat musim dingin atau ketika cuaca sedang menjadi dingin. Anda bisa memanfaatkan menu ini untuk sarapan ataupun makan siang.

6. Ontbijtkoek

OntbijtkoekJika Anda menyukai kue seperti bolu, maka cobalah Ontbijtkoek yang populer di Amsterdam dan kota lainnya di Belanda. Makanan yang satu ini dibentuk dari bahan dasar gandum dan dimasak seperti kue bolu.

Bahan pelengkap lainnya adalah jahe, cengkih, kayu manis, pala, dan lainnya. Makanan ini memiliki cita rasa yang enak dan cocok untuk menu sarapan yang ringan. Anda bisa juga mengonsumsi kue ini dengan olesan mentega.

Di era modern seperti sekarang, kue yang satu ini juga mengalami perkembangan. Kaerna Ontbijtkoek juga dikreasikan dengan berbagai pilihan rasa dan menarik untuk camilan sehari-hari. Tidak lagi hanya sebagai menu sarapan ringan saja.

7. Waterzooi

WaterzooiMakanan khas Amsterdam lainnya yang menarik untuk dicicipi adalah Waterzooi. Makanan yang satu ini adalah salah satu menu andalan ketika musim dingin tiba. Waterzooi adalah sejenis sup yang dibuat dari bahan dasar ikan.

Namun semakin berkembang, Waterzooi tidak lagi dibuat dari bahan dasar ikan saja, karena ada juga yang membuatnya dari bahan dasar daging ayam dan sebagainya. Sop yang satu ini enak dan sehat.

Di dalamnya juga ditambahkan beberapa jenis sayuran sehat. Waterzooi juga bisa dimakan dengan roti khas Belanda. Sup ini memiliki kuah yang berwarna putih. Mirip seperti opor ayam jika di Indonesia. Namun tentu rasanya akan berbeda.

8. Kroket

KroketMungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Makanan Khas Belanda yang satu ini. Kroket merupakan makanan yang berasal dari Belanda namun kemudian berkembang di Indonesia karena sejarah Indonesia dan Belanda yang berkaitan dengan erat.

Makanan ini masih menjadi salah satu bahan camilan yang banyak ditemukan di Belanda, khususnya Amsterdam. Sehingga tidak ada salahnya jika mencicipi kroket langsung dari negara asalnya. Karena tentu saja cita rasanya akan berbeda.

Kroket Amsterdam kebanyakan diisi dengan olahan daging, baik sapi maupun domba. Makanan ini lembut di dalam dan renyah di bagian luarnya. Di Amsterdam sendiri ada salah satu yang terkenal, yaitu FEBO yang menjual kroket cepat saji.

9. Speculaas

SpeculaasMakanan selanjutnya yang enak dan menarik untuk dicicipi adalah Speculaas. Makanan yang satu ini adalah sejenis biskuit yang dibuat dari bahan dan rempah-rempah yang melimpah. Speculaas banyak ditemukan di Belanda, Jerman, dan Belgia.

Speculaas dibuat dari beberapa rempah seperti jahe, kapulaga, lada putih, kayu manis, dan pala. Sehingga rasanya akan lebih kaya dengan kehangatan dan cita rasa tradisional yang khas Belanda.

Selain rempah-rempah yang kaya, Speculaas juga dibuat dari mentega, gula, dan bahan dasarnya adalah tepung. Kemudian kue ini dibuat dengan berbagai bentuk yang menarik atau bulat biasa. Kebanyakan Speculaas disajikan juga di perayaan tertentu.


10. Frikandel

FrikandelFrikandel merupakan salah satu jenis makanan yang sudah sangat lama berkembang di Belanda. Makanan ini memiliki bentuk lonjong seperti sosis dan dibuat dari daging sapi cincang yang dibumbui dengan aneka bumbu dan rempah pilihan.

Frikandel juga disebut dengan sosis tanpa kulit yang bentuknya lonjing memanjang. Cara penyajianya dalah digoreng. Makanan ini juga umum ditemukan di Belgia. Resep ini dipercaya berasal dari tahun 1950-an.

Di Belanda, frikandel sering disajikan bersama mayonaise atau saus kari. Walau demikian banyak juga yang mengonsumsinya dengan saus tomat, saus apel, dan sebagainya. Anda bisa mencicipi makanan ini yang mengisnpirasi nama perkedel di Indonesia. Hanya saja perkedel dibuat dari bahan yang berbeda.

Demikianlah beberapa daftar makanan khas Amsterdam yang menarik untuk dicoba selama jalan-jalan di Belanda. Bagi Anda yang lebih suka makanan dalam negeri, masih ada pilihan Restoran Indonesia Di Amsterdam untuk wisata kuliner. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Monday 03rd, December 2018 / 10:20 Oleh :
Kategori : Belanda