10 Makanan Terkenal Di Paris Terenak Dan Favorit Wisatawan Yang Wajib Dicoba

Paris merupakan kota favorit sebagai tempat wisata di Perancis. Keindahan kotanya dengan arsitektur lama dan memberikan kesan romantis menjadikan kota ini sebagai tempat wisata di Eropa Barat romantis yang sering dikunjungi sebagai destinasi bulan madu. Berbagai tempat wisata di Paris bisa anda kunjungi bersama pasangan maupun keluarga seperti;

  1. Menara Eiffel,
  2. Arc De Triomphe,
  3. Museum Louvre Paris,
  4. dan masih banyak lagi objek wisata terkenal yang bisa anda kunjungi.

Berkunjung ke suatu negara tidak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khas di negara tersebut. Seperti halnya ketika berkunjung ke tempat wisata di Jepang, kita harus mencicipi ramen dan sushi. Atau mencicipi Pho yang sangat terkenal di tempat wisata di Vietnam. Perancis merupakan negara panutan bagi kuliner dunia. Semua makanan khas Perancis bisa anda temukan di Paris. Berikut makanan terkenal di Paris yng wajib anda cicipi saat berkunjung ke kota kasih sayang satu ini.

1. Pain Au Chocolat

paris.5Salah satu menu terkenal sarapan di Paris adalah Pain Au Chocolat. Menu ini akan sering anda temui di menu-menu hotel tempat anda menginap ketika berkunjung ke Paris. Pain Au adalah roti yang memiliki tekstur seperti croissant.

Terdiri dari lapisan pastri tipis yang khas, bertumpuk dan tebal. Pain Au memiliki isian selai cokelat yang lumer di lidah ketika digigit. Pastri satu ini sangat cocok dinikmati oleh segelas kopi espresso yang panas untuk mengimbangi selai cokelatnya yang manis.

2. Croque Monsieur

paris.6Croque Monsieur merupakan sandwich khas Perancis yang sudah menjadi hidangan favorit masyaratnya selama berabad-abad. Croque Monsiuer merupakan sandwich dengan isian daging ham dan keju leleh karena proses memasaknya yang dipanggang.

Anda bisa menemukan makanan ini hampir di seluruh restoran di Paris. Jika anda ingin memesan sandwich serupa dengan tambahan telur mata sapi, pesanlah Croque Madamme.

3. Salad Nicoise

paris.7Salad Nicoise merupakan salah satu salad khas Perancis yang bisa anda temukan di restoran-restoran di Paris sebagai hidangan pendamping atau pembuka. Umumnya komposisi dari Salad Nicoise terdiri dari; irisan tomat, telur rebus, kacang panjang, potongan kentang, buah zaitun dan ikan tuna.

Dalam beberapa variasi menu lain tuna bisa diganti dengan daging sebagai hidangan utama. Jika anda ingin yang bebas daging, anda juga bisa memesan tanpa tuna. Salad ini memberikan rasa segar dan mengeyangkan karena ada potongan kentang dan telur rebusnya.


4. Escargot

paris.10Salah satu makanan terkenal di Paris adalah Escargot. Siapa sangkah hewan siput darat bisa diolah menjadi hidangan restoran bintang lima. Escargot dimasak dengan bawang putih, seledri, dan mentega. Anda bisa merasakan lembutnya daging siput dengan dressing bumbu yang ringan dan tidak menghilangkan cita rasa asli daging siput.

Escargot merupakan salah satu hidang bergengsi dan bernilai jual tinggi dan memiliki cita rasa yang lezat sebagai ciri hidangan utama di prancis yang harganya cukup mahal dan menguras kantong di restoran-restoran di Paris.

5. Steak Frites

paris.12Satu lagi hidang utama ala Perancis adalah Steak Frites. Hidangan ini biasa masuk dalam menu hidangan utama di restoran-restoran di Paris. Orang Perancis pada umumnya lebih suka daging yang tidak terlalu matang.

Oleh karena itu Steak Frites biasanya dimasak pada level medium rare, memberikan testur daging yang lembut dan juicy, sangat mudah untung dipotong dan dikunyah dari pada daging yang matang sempurna.

Daging Steak Frites biasanya dihidangkan dengan potongan kentang goteng dan beberapa sayur pendamping. Tidak lupa sausnya yang khas terbuat dari telur dan mentega yang akan menambah kelezatan dari hidangan ini.

6. Keju

paris.11Jika tempat wisata di Belgia terkenal dengan kejunya, Perancis terkenal dengan kejunya. Masyarakat Perancis sangat menyukai keju. Keju biasanya dihidangkan setelah makanan utama dalam urutan standar hidangan restoran di Paris. Setiap makan utama maupun penutup juga pasti terdiri dari bahan keju di dalamnya.

Banyak jenis keju yang terkenal di Paris, diantaranya; keju cheddar, keju swiss, parmesan, feta, dan masih banyak lagi. Terkadang masyarakat Paris suka memakan keju sebagi cemilan dengan buah berry dan segelas wine.

7. Crepes

paris.8Puas dengan berbagai hidangan asin yang mengenyangkan perut, kini saatnya anda mencicipi kuliner manis ala Perancis. Crepes adalah salah satu makanan terkenal di Paris yang bisa anda temukan di restoran maupun cafe hingga di pinggiran jalan seharga 5 Euro (sekitar Rp 84.000).

Crepes mungkin sudah tidak asing bagi anda. Makanan ringan ini terbuat dari adonan tipis yang biasanya dilipat membentuk segitiga dengan berbagai macam pilihan toping. Mulai dari krim dengan buah berry dan saus karamel, selai cokelat, selai blueberry, dan banyak lagi pilihan toping yang terus berkembang untuk memuaskan lidah anda.

8. Macaron

paris.9Pastri satu ini merupakan makanan terkenal di Paris maupun mancanegara. Setiap juru masak makanan penutup selalu ingin mempelajari cara membuat Macaron yang lezat dan sempurna. Terlihat sederhana, kudapan khas Perancis satu ini memiliki teknik pengolahan yang susah. Setiap Macaron yang dibuat harus bulat sempurna dan memimiliki ukuran yang sama satu sama lain.

Macaron terbuat dari putih telur, gula, dan almond. Biasanya macaron terdiri dari berbagai warna yang ceria dan menarik perhatian. Oleh karena itu setiap toko pastri di Paris hampir selalu memajang Macaron untuk menarik pengunjung. Macaron biasanya disantap dengan segelas teh hangat. Kudapan yang biasanya dinikmati pada sore hari oleh masyarakat Paris.

9. Madeleine

paris.13Madeleine merupakan kue khas Perancis yang sudah terkenal sejak abad ke 19. Kue khas ini pertama kali dibuat oleh juru masak Perancis, Madeleine Plaumier. Kue ini rasanya hampir sama dengan kue bolu di Indonesia. Namun, Madeliene lebih dominan dengan cita rasa menteganya yang membuat tekstur kue menjadi lembut, serta rasa lemon yang menjadi pembeda antara kue ini dengan bolu pada umumnya.

Madeliene memiliki ukuran mini berbentuk seperti kulit kerang. Biasanya kue ini diberi taburan gula serbuka atau dicelupkan dalam cokelat leleh untuk memberikan cita rasa tambahan. Anda bisa menemukan kue khas Perancis ini di supermarket maupun pasaar-pasar tradisional di Paris.


10. Creme Brulee

paris.14Perancis memang pusat dari berbagai variasi hidangan penutup yang lezat dengan teknik pembuatan yang rumit. Salah satu hidangan penutup bintang lima yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Paris adalah Creme Brulee.

Creme Brulee merupakan hidangan penutup berupa puding yang terbuat dari krim dan kuning telur. Berbeda dengan puding dalam ekspektasi anda, Creme Brulee memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa manis yang tidak terlalu pekat.

Puding lembut tersebut dilapisi oleh caramel yang mengeras seperti kaca pada permukaan puding. Pecahkan lapisan caramel yang keras dengan sendok untuk merasakan kelembutan puding di bawahnya. Menu penutup ini biasanya dihidangkan dalam wadah atau mangkuk kecil di restoran. Anda juga bisa menemukan Creme Brulee instan di supermarket- supermarket di Paris. Namun, disarankan mencicipi yang dibuat di restoran karena memiliki kualitas bahan yang lebih segar yang jelas lebih memberikan rasa nikmat yang tak akan anda lupkan sepulang dari Paris.

, , , ,
Post Date: Friday 27th, April 2018 / 08:24 Oleh :
Kategori : Perancis