4 Oleh – Oleh khas Chiang Mai Yang Paling Di Buru Wisatawan

Hai para viewers, sudah tidak sabar bepergian ke luar negeri guna menghilangkan penat dari seabrek aktifitas? tenang saja, kami punya tips dan tempat rekomendasi untuk berwisata ke luar negeri. Ya.. salah satunya adalah pergi berwisata ke Thailand, selain banyak maskapai penerbangan yang menyediakan tiket promo untuk pergi ke sana, di sisi lain Thailand memiliki pantai pha nga bay yang sangat cantik, terdapat pulau  koh lipe yang sangat menawan, dan berbagai tempat wisata yang memiliki kebudayaan budha yang khas seperti salah satunya yaitu patung budha tidur di Thailand.

Selain itu, negara Thailand juga memiliki seabrek makanan khas dan jajanan khas Thailand. Salah satunya adalah yang paling menonjol seperti tom yum, yang kita tahu bahwa tom yum yang biasa kita beli di kedai dim sum pinggir jalan di Indonesia rasanya akan sangat beda jika kita mencicipi makanan tom yum yang ada di pinggiran jalan Thailand, rasanya terasa lebih enak dan rempahnya akan terasa sangat khas.

Jika para viewers liburan ke Thailand, jangan sampai ketinggalan untuk berbelanja juga ya buat oleh – olehnya keluarga dan teman yang ada di rumah. Thailand memiliki chiang mai night market yang sangat populer di kalangan wisatawan. Banyak para wisatawan mendapat oleh – oleh khas chiang mai yang unik disini. Pasar malam ini jauh lebih tertata rapi dari tempat belanja di Bangkok dan dipenuhi barang – barang yang lucu dan unik.

Lokasi chiang mai night market ini berada membentang di sepanjang jalan chang klan road. Terdapat gerai – gerai pedagang yang rapi dan terpadu, disamping itu ada lapak – lapak PKL yang membentang di sepanjang trotoar seperti di Bangkok, hanya saja lebih terlihat tertata dan rapi. Terdapat dua night market atau night bazaar disini, yaitu night bazaar chiang mai dan kalare night bazaar yang saling berhadapan satu sama lain dan terpisah blok ada anusarn market yang lebih terasa hidup. Di tempat – tempat itu para viewers dapat berbelanja mulai dari makanan, pakaian, hingga pernak – pernik.

Berikut terdapat beberapa oleh – oleh khas chiang mai yang bisa anda jadikan sebagai referensi :

  • Kaos Thailand

download-2Hampir di seluruh tempat wisata akan menawarkan berbagai macam kaos yang bertuliskan nama negara atau nama tempat wisata tersebut, atau juga pakaian adat mereka. Di chiang mai night market ini akan sangat mudah dijumpai orang – orang berjualan kaos yang bertuliskan kata ” i love Thailand ” atau ” i love Bangkok”, dan kaos yang bergambar gajah yang lengkap dengan pernak – pernik khas Thailand. Pakaian lain juga tersedia, semisal seperti pakaian adat ataupun yang bermotif warna – warni ala suku karen yang khas Thailand utara.

Harga dari pakaian – pakaian tersebut terbilang cukup murah, anda harus pintar – pintar dalam menawar, biasanya para wisatawan akan terkecoh dengan perkataan si penjual. Sebagai patokan harga rata – rata range harga kaos – kaos seperti itu berharga 100 hingga 300 baht, jika dikurskan ke dalam mata uang rupiah adalah sebesar 38 ribu hingga 113 ribu rupiah. Harga tersebut tergantung dari jenis kain dari kaos tersebut, ukuran dari kaos juga menentukan, umumnya kaos untuk anak kecil jauh lebih murah dari kaos orang dewasa.

  • Aneka kecantikan dan produk spa

dscf2308Seperti yang kalian ketahui, jika kita membeli produk – produk kecantikan, aromatherapy spa, dan produk – produk spa semacamnya yang terdapat di mall – mall Indonesia, barang – barang tersebut kebanyakan di import dari negara Thailand. Namun belum tentu yang ada di mall – mall Indonesia itu benar – benar barang asli. Jika mendapatkan barang yang asli kita juga perlu merogoh kocek yang cukup besar.

Produk spa ini merupakan oleh – oleh khas chiang mai bagi para wisatawan. Kita dapat mendapatkan berbagai pilihan aroma yang khas Thailand, sebagai contoh di chiang mai menjual aroma serai, kamboja, dan melati.

Selain itu kalian juga bisa mendapatkan lilin aromatherapy, sabun, body scrub, aneka herbal, minyak kelapa, dan aneka minya dari tumbuh – tumbuhan lainnya.Terdapat berbagi brand yang menjual produk – produk spa seperti itu, kalian pilih saja mana yang cocok. Sebagai referensi salah satu produk spa yang populer di Thailand adalah bernama Harnn. Sebenarnya harnn memiliki outlet tersendiri di siam paragon, di emporium atau phrompong BTS, dan di Gaysorn Plaza, namun di chiang mai juga terdapat beberapa penjual yang menjual produk harnn.


  • Keramik dan Tembikar

images1Selain produk – produk kecantikan, Thailand juga terkenal memiliki barang – barang kerajinan tangan yang terbuat dari keramik dan tembikar, hampir sama dengan oleh – oleh jika kita berada di yogyakarta, namun keramik Thailand memiliki motif yang lebih khas.

Dua jenis keramik yang paling populer di Thailand adalah poerselin bencharong dan tembikar sangkhalok. Disini para viewers akan sangat membedakan motif – motif yang sangat mencolok dan sangat berbeda dengan motif – motif yang ada di pulau Jawa.Berbagai bentuk keramik dan tembikar mulai dari bentuk cangkir, mug, pot bunga, guci, hingga piring dan peralatan makan lainnya lengkap tersedia di pasar chiang mai.

Selain dapat digunakan sebagai peralatan makanan, barang – barang ini juga cocok digunakan untuk penghias ruangan. Ukuran – ukuran perabotan yang ada di pasar ini sangat bervariatif, mulai dari ukuran yang kecil alias miniatur hingga ukuran yang besar.


  • Miniatur Kendaraan khas Thailand

Miniatur-Tuk-Tuk-Khas-ThailandDi negara Thailand memiliki kendaraan yang khas atau bahkan bisa dijadikan icon kebudayaan setempat. Kendaraan itu diesbut tuk – tuk. Jika di Indonesia tuk – tuk adalah semacam bentor atau becak motor, dan bisa juga disebut bajai. Bentuknya pun sebetulnya sangat mirip dengan yang ada di Indonesia, hanya saja tuk – tuk memiliki ornamen – ornamen khas Thailand.

Di pasar chiang mai ini banyak sekali penjual yang menjual miniatur tuk – tuk mulai dari skala yang paling kecil sepeti gantungan kunci, hingga skala yang ukuran sedang. Miniatur ini sangat cocok untuk diberikan sebagai oleh – oleh, atau jika dipakai sendiri dapat dijadikan koleksi dan penghias ruangan yang unik atau dipakai untuk mainan anak – anak untuk mainan edukasi.

Harga miniatur tuk – tuk bermacam – macam, ada yang paling murah berkisar 50 ribu rupiah hingga 250 ribu rupiah. Baru – baru  ini film james bond merilis filmnya dengan aksinya menaiki kendaraan tuk – tuk, sehingga banyak yang menjual tuk – tuk seri james bond, dan harganya jauh lebih mahal dari miniatur tuk – tuk biasa. Miniatur tuk – tuk james bond lebih di packing rapi dan terlihat elegan, ia dilengkapi dengan box kaca dan beralaskan kain karpet serta dibingkai oleh kayu sehingga layak saja jika harganya lebih mahal dari biasanya.

Nah, itu tadi beberapa barnag yang bisa kalian dapatkan sebagai oleh – oleh jika kembali ke tanah air, semoga bermanfaat ya para viewers.

, , , ,
Post Date: Monday 04th, June 2018 / 05:00 Oleh :
Kategori : Thailand