8 Tempat Wisata Di Mumbai India Yang Paling Mempesona

Tak banyak orang mengenal tempat wisata di India khususnya yang berada di Mumbai karena umumnya wisatawan datang ke India untuk mengunjungi tempat wisata yang lebih terkenal dan kebetulan berada di kota lain seperti Taj Mahal yang berada di Agra dan Hawa Mahal yang berada di Jaipur. Mumbai yang dianggap sebagai kota yang lebih modern dan industrial tidak terlalu mendapat perhatian lebih atau sekedar menjadi pilihan sekunder untuk dikunjungi.

Padahal kota yang juga kerap disebut dengan nama Bombay ini memiliki banyak situs menarik yang bisa dikunjungi wisatawan dengan minat berbeda – beda mulai dari penyuka arsitektur, pengamat sejarah dan budaya, penyuka pantai, penggemar piknik di alam terbuka hingga lokasi hiburan buatan manusia yang lebih modern. Jadi sebenarnya sangat banyak tempat wisata di Mumbai India paling menarik yang sayang dilewatkan yang akan membuatmu takjub dan memberi kesan berbeda tentang negeri ini.

Apalagi Mumbai yang berada di bagian barat India ini merupakan pusat ekonomi dan keuangan India, pernah menjadi area pusat saat masa pemerintahan kolonial Inggris di sana, dan yang tentunya wajib kamu ketahui adalah kota ini merupakan Los Angeles nya India dengan adanya industri perfilman Bollywood yang produksi filmnya merupakan tertinggi di dunia bahkan melebihi Hollywood di Amerika Serikat. Berikut adalah daftar tempat wisata di Mumbai India paling menarik yang sayang dilewatkan berikut estimasi waktu kunjungan.

  1. Gerbang India

Mumbai Gateway of IndiaPenyuka arsitektur gaya Eropa dan Inggris harus mengunjungi lokasi yang menjadi saksi bekas penjajahan Inggris di India ini. Diberi nama Gerbang India atau Gateway of India dalam bahasa Inggris, tempat ini dibangun untuk mengenang kunjungan Raja George V ke Mumbai. Selain itu, tentara terakhir yang pergi setelah kemerdekaan India, meninggalkan negeri ini lewat gerbang yang sama.

Bangunan Gerbang India merupakan perpaduan sempurna antara gaya arsitektur Hindu, Islam India, dan Gotik Eropa yang berpadu dalam warna kecoklatan. Wisatawan bisa mengunjungi tempat ini sepanjang hari setiap harinya tanpa biaya sama sekali. Waktu kunjungan yang perlu disisihkan untuk bisa menikmati arsitekturnya kurang lebih sekitar 30 menit. Selain berkunjung, di sekitar lokasi kamu juga bisa menikmati camilan khas India yang dijual kaki lima atau restoran lokal.

  1. Gua Elephanta

mumbai elephantaDari Gerbang India, kamu bisa bergerak menuju Gua Elephanta dengan menggunakan kapal ferry dengan durasi perjalanan sekitar 40 menit. Tempat ini dikenal dengan wisata seni, patung, sejarah, dan alamnya. Gua Elephanta berlokasi di Pulau Elephanta sehingga jalan satu – satunya menuju lokasi adalah dengan menggunakan jalur air. Gua yang telah ada sejak tahun 600 ini juga merupakan warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu bentuk souvenir yang kerap dijadikan oleh – oleh khas India.


Gua ini didirikan dengan banyak patung dewa – dewa dari agama Hindu dan Buddha, namun banyak yang rusak karena orang Portugis menggunakan lokasi sebagai tempat latihan menggunakan pedang. Secara nasional, tempat ini dianggap sebagai salah satu keajaiban India. Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan asing dikenakan tiket sebesar 250 Rupe. Sebaiknya sisihkan waktu selama tiga jam dan jangan lupa, tempat ini tutup pada hari Senin.

  1. Marine Drive

mumbai Marine driveBagi orang – orang yang lebih menyukai lokasi yang lebih memiliki pemandangan indah serta nyaman digunakan untuk berjalan – jalan, tempat wisata di Mumbai India paling menarik yang sayang dilewatkan satu ini adalah yang mesti dituju. Marine Drive adalah salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi baik oleh wisatawan maupun warga lokal karena lokasinya yang berada di pusat kota. Panjangnya merentang hingga 3 km dan berbatasan dengan Laut Arab membentuk teluk.

Berjalan – jalan di sini tidak hanya terasa nyaman namun juga menyajikan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler dengan angin semilir yang membuat India yang panas terasa lebih sejuk. Bentuk tempat ini tampak seperti huruf C, menghubungkan titik Nariman dan Babulnath. Sebagai ruang publik, tempat ini buka sepanjang hari dan gratis serta bisa dikunjungi wisatawan sesuka hati.

  1. Chhatrapati Shivaji Terminus

mumbai victoria terminusDahulu tempat ini lebih dikenal dengan nama Victoria Terminus. Bangunan sisa masa kolonial Inggris di India dengan gaya arsitektur Gotik Eropa yang selesai pada tahun 1897 ini menjadi salah satu warisan dunia UNESCO di tahun 2004.

Meski lebih sering disebut memiliki gaya Gotik Eropa, sebenarnya arsitektur Chhatrapati Shivaji Terminus memiliki perpaduan Victoria, Gotik, dan India. Tempatnya sendiri buka setiap hari dan bisa dikunjungi tanpa membeli tiket. Untuk menuju ke sini, wisatawan bisa menggunakan kereta.

  1. Taman Nasional Sanjay Gandhi

mumbai sanjay gandhi parkPenyuka wisata alam yang pergi ke Mumbai tak boleh melewatkan Taman Nasional Sanjay Gandhi. Beroperasi setiap hari sejak pukul 7.30 hingga 18.30, taman nasional ini menawarkan wisata sejarah, alam seperti flora, fauna dan gua, bahkan wisata agama. Untuk bisa menikmati kunjungan ke taman nasional ini secara maksimal, pengunjung disarankan untuk menyisihkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam.

Sekitar 2 juta orang berkunjung ke sini setiap tahunnya. Lokasinya sendiri memiliki flora dan fauna beragam dengan didukung keberadaan gua Kanheri yang berusia 2400 tahun. Di sini juga terdapat Karvi, sebuah tanaman endemik yang mekar setiap delapan tahun sekali, membuat seluruh taman nasional tampak keunguan. Tidak ada tiket masuk ke tempat ini, namun beberapa atraksi meminta bayaran sendiri.

  1. Pasar Mumbai

mumbai Chor bazaarTak ada wisatawan yang tak suka mengunjungi pasar yang ada di suatu negara yang tengah dikunjunginya. Baik sekedar untuk melihat barang – barang yang ada, memotret suasananya, atau memborong seluruh barang dagangan yang ada sembari mengasah kemampuan tawar menawar dalam bahasa asing. Apapun minat dan niat kamu, pasar – pasar yang ada di Mumbai sangat wajib dikunjungi.

Sebut saja Calaba Causeway, Linking Road, Hill Road, dan Fashion Street. Pasar – pasar ini menawarkan beragam barang etnik dan produk fashion dengan harga yang sangat miring. Untuk yang tertarik dengan pasar yang memiliki sejarah panjang, ada Chor Bazaar, yang terbesar di Mumbai dan telah berdiri sejak 150 tahun lalu. Umumnya pasar buka sejak pukul 11.00 hingga 19.30.

  1. Pantai Mumbai

mumbai juhuBila sekedar ingin bersantai di atas hamparan pasir dan menikmati deburan ombak, tempat wisata di Mumbai India paling menarik yang sayang dilewatkan adalah pantai – pantai di seluruh kota yang beberapa di antaranya seperti Pantai Juhu, juga dekat dengan rumah para selebriti ternama Bollywood seperti Amitabh Bachchan.

Pantai di Mumbai biasanya dibuka secara gratis untuk umum setiap harinya, sehingga jika datang pada musim liburan kemungkinannya pantai akan sangat ramai karena orang lokal juga senang berkunjung ke sini. Beberapa pantai lain yang ada selain Juhu adalah Aksa, Girgaum Chowpatty, Kalamb, dan Marve. Selain menikmati pantai, tersedia juga banyak kios makanan jika kamu lapar.


  1. Museum Dr Bhau Daji Lad Mumbai City

mumbai Dr Bhau Daji Lad Mumbai CityPenasaran dengan museum di Mumbai? Ada Museum Dr Bhau Daji Lad Mumbai City yang akan menjawab rasa penasaranmu dengan beragam koleksi sejarah, artefak, dan program edukasinya. Cukup dengan membayar 100 Rupe sebagai wisatawan asing, museum tertua di Mumbai yang dibangun pada tahun 1872 ini akan menyajikan koleksi seperti relief arkeologi kuno, peta Mumbai tua (dulu disebut Bombay), manuskrip kuno, dan banyak lagi.

Jam bukanya dari pukul 10.00 hingga 18.00, tutup di hari Rabu. Sebaiknya sisihkan waktu 1,5 jam sampai 2 jam untuk menikmati koleksinya.

, , , ,
Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 06:26 Oleh :
Kategori : India