6 Oleh – Oleh khas Kuala Lumpur Paling Favorit Yang Wajib Di Beli

Malaysia merupakan negara paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari negara Indonesia. Selain letaknya yang strategis karena dekat dengan negara indonesia, di samping itu kebudayaan dan bahasa yang kurang lebih sama, maka hal – hal tersebutlah yang menjadikan Malaysia nyaman untuk dijadikan destinasi wisata luar negeri oleh para penduduk Indonesia, banyak terdapat tempat wisata favorit di malaysia. Tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan di Malaysia adalah Kuala Lumpur. Ya Kuala lumpur adalah kota terbesar di Malaysia sekaligus ibu kota dari negara tersebut.

Banyak tempat wisata di kuala lumpur yang sangat recommended untuk di kunjungi. Jika sudah mengunjungi tempat – tempat tersebut tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan atau oleh – oleh khas kuala lumpur bagi keluarga dan teman terdekat. Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa saja oleh – oleh khas kuala lumpur yang bisa anda bawa pulang ke tanah air.

Berikut ulasannya…

  • Miniatur menara petronas

7774195_3c9c7aa7-eef7-4621-a9f0-c188cf5454911Di kota kuala lumpur terdapat sebuah bangunan kemabar yang memiliki hingga 80 lantai untuk satu gedungnya. Ya bangunan itu biasa disebut dengan menara petronas. Menara ini menjadi icon dari kota Kuala Lumpur. Banyak wisatawan yang berbondong – bondong mengunjungi menara ini karena pesonanya yang cantik dan unik. Pada malam hari menara ini terlihat sangat indah karena cahaya lampu – lampu yang dihasilkan dari penerangan menara tersebut terlihat berkilauan.

Kesempatan inilah yang dilirik oleh para pedagang yang ada di Kuala Lumpur. Banyak para penduduk lokal yang memproduksi miniatur menara petronas ini untuk dijadikan oleh – oleh khas kuala lumpur. Berbagai ukuran yang dijajakan oleh para pedagang setempat, mulai dari skala ukuran kecil hingga skala ukuran tanggung dan besar.

Tidak perlu khawatir jika para viewers ingin membelinya, harganya cukup murah, untuk miniatur menara petronas dibanderol sekitar RM 10 hingga RM 25 atau sebesar 32 ribu rupiah hingga 79 ribu rupiah, tergantung ukuran yang kalian pilih.

Miniatur ini dapat kalian temui di berbagai pusat perbelanjaan. Sama seperti di Indonesia anda disarankan untuk menawar harga yang diucapkan oleh penjual saat pertama kali. Biasanya para penjual menaikkan harganya satu kali lipat karena mengetahui kita adalah wisatawan. Jika ingin mendapatkan harga yang pas, anda dapat menemuinya di pusat perbelanjaan yang modern bukan di pasar tradisional.

  • Ipoh white coffe

6011285_B_V8Nah, oleh – oleh yang satu ini sangat cocok jika diberikan kepada kerabat atau keluarga yang memang pecinta kopi. Namanya adalah ipoh white coffe, kopi ini berasal dari daerah Ipoh. Daerah ini memang sangat terkenal karena produksi white coffe yang nikmat.

Banyak para pedagang menjual ipoh white coffe ini dengan berbagai kemasan, ada yang menjual mulai dari pack kecil berisi 15 sachet, 30 sachet hingga ukuran yang paling besar yaitu berisi sebanyak 100 sachet.

Rasa dari kopi ini sendiri sebenarnya tidak terlalu pekat seperti kopi di indonesia, terutama kopi yang berasal dari toraja dan jawa. Kopi ini cocok untuk dikonsumsi oleh para penggemar casual coffe drinker.

Berbagai macam brand  yang menjual white coffe ini, namun yang paling terkenal adalah check hup, karena ia memiliki berbagai macam varian, seperti original, king, classic, less sweet, dan white creamer. Untuk harga sendiri mulai dari RM 15 hingga RM 25 per kemasan paling kecil. Cukup murah bukan untuk dijadikan oleh – oleh bagi keluarga dan teman – teman terdekat.


  • Boh Tea

71qN3S786L._SL1500_Siapa yang tidak mengenal teh yang satu ini, hampir setiap tetangga, keluarga, dan teman yang berkunjung ke negera sebrang selalu membawa oleh – oleh khas malaysia ini yang juga oleh – oleh khas kuala lumpur. Ya namanya adalah boh tea, merk yang paling ternama di negara tersebut. Teh ini berasal dari perkebunan teh di Cameroon, Pahang. Perkebunan teh ini merupakan perkebunan teh terbesar di Malaysia.

Teh ini memiliki berbagai macam varian seperti teh O, green tea latte, dan teh tarik. Green tea latte merupakan produk terlaris saat ini, yang mana percampuran teh BOH dan matcha dari Jepang.

Warna – warna teh ini cenderung hitam dan merah pekat, sehingga biasa juga dikenal sebagai teh hitam. Harga per kemasan teh ini berkisar antara RM 7 hingga RM 15, tergantung anda ketika memilih variannya.

  • Cokelat

62Selama ini yang sering kita kenal produsen cokelat terbaik di dunia adalah negara Belgia dan negara Belanda, maka dari itu cokelat merupakan oleh – oleh khas belgia dan oleh – oleh khas belanda. Namun akhir – akhir ini para negara di Asia akhirnya menyusul seperti Dubai dan Malaysia. Bahkan Malaysia mendapatkan peringkat ke lima sebagai produsen cokelat terbaik di dunia dan urutan pertama di Asia.

Nah jika kalian penasaran ingin membelinya kalian bisa mengunjungi produsen terbesar dan tertua di kuala lumpur yaitu beryl’s chocolate kingdom. Disana kita bisa melihat secara langsung pengolahan cokelat dari awal hingga akhir, dan bisa berbelanja cokelat juga. Namun jika kalian merasa malas  untuk pergi ke pabrik cokelat tersebut, kalian bisa langsung membelinya di berbagai pusat perbelanjaan.

Terdapat banyak macam varian rasa cokelat yang dijual ada chocolate white almond dan chocolate white strawberry seharga RM 72 atau sekitar 225 ribu rupiah. Ada juga yang varian rasa buah seperti leci dan durian dengan harga mulai RM 25 atau 78 ribu rupiah saja. Produk yang paling recommended adalah tiramisu chocolate with milk dengan harga RM 60 atau 188 ribu rupiah.

  • Songket

36999710-malaysia-songket-woven-texture-fabric-textile-originally-from-malaysia-indonesia-brunei-indiaSiapa yang tidak tahu songket? pasti semua orang mengetahuinya. Di Indonesia pun setiap daerah mengeluarkan songket dengan ciri khas masing – masing daerah, seperti songket kalimantan, songket sumatra, songket lombok, dan lain sebagainya.

Nah di kuala lumpur sendiri pun juga memiliki songket khas, kain katun dengan corak dan warna khas menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan.

Terdapat berbagai jenis kain songket yang biasa diperjual belikan di kuala lumpur. Soal harga anda tidak perlu khawatir, kain songket ini dibanderol dengan harga 145 ribu rupiah hingga 220 ribu rupiah setiap 2 meternya. Bahkan di beberapa penjual ada yang menawarkan harga paketan khusus ditambah dengan kain pasangannya dengan motif yang berbeda namun tetap serasi.


  • Pua Kumbu

1lq1o6j_6n61_lPua kumbu adalah kain yang bisa didapatkan di Malaysia yang khas dari daerah Serawak. Kain – kain tersebut bisa dijadikan baik sebagai penghias rumah, alas meja, hiasan dinding, ataupun dipakai untuk menjadi pakaian.

Kain ini dibuat dengan ditenun jadi memang kain ini lebih mahal dibandingkan dengan kain – kain yang lain. Kebanyakan para pembuatnya menggunakan tangan atau menenun dengan cara tradisional itulah pua kumbu yang asli.

Nah bagi kalian yang ingin membedakan antara pua kumbu yang ditenun asli dengan cara tradisional dan pua kumbu yang dibuat oleh mesin adalah kain yang ditenun dengan tangan lebih tebal dan berat, sedangkan yang dihasilkan oleh mesin, kainnya lebih ringan dan tipis. Warna khas dari kain pua kumbu ini adalah merah, putih, dan hitam.

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, June 2018 / 06:58 Oleh :
Kategori : Malaysia