8 Tempat Wisata Di Frisian Belanda Terfavorit Wisatawan Dunia

Belanda memiliki sebuah kota beranama Frisian. Kota ini terkenal dengan berbagai macam tempat yan menarik, utamanya karena memiliki peninggalan dari kerajaan Belanda di masa Hindia Belanda dan sebagainya. Memang tidak puas rasanya jika berjalan-jalan ke Eropa kita tidak mampir ke tempat wisata di Belanda.

Bila anda memiliki waktu luang yang cukup cobalah untuk mampir ke kota Frisian. Di sini ada beberapa tempat wisata di Frisian yang sangat khas dan tak terlupakan.

1. Taman Nasional Alde Feanen

de-alde-feanen

Tempat wisata di Frisian pertama yang kami perkenalkan kepada anda ialah Taman Nasional Alde Feanen. Taman nasional ini merupakan taman nasional yang berada di Frisian sebagai taman kebanggaan warga lokal, mungkin seperti botanical garden yang ada di tempat wisata di Lisse.

Alde Feanen sendiri merupakan nama daerah lokal di Frisian Barat. Alde Feanen juga merupakan area Natura sejak tahun 2000. Alde Feanen adalah bagian dari kotamadya Leeuwarden, Smallingerland dan Tytsjerksteradiel.

Ukurannya sekitar 25 km2 (9,7 mil persegi). Bagian-bagian dari taman nasional ini antara lain ada kawasan danau Princenhof. The Alde Feanen memiliki morasses, danau, hutan, gambut dan padang rumput. Di taman nasional ini setidaknya juga terdapat sekitar 450 spesies tanaman dan 100 spesies burung. Burung yang sangat menonjol adalah bangau putih (Ciconia ciconia). Di sana, anda dapat melihat adanya tiang kayu yang sengaja dipasang agar bangau dapat membangun sarang.

Di tempat yang sama, anda bisa melihat atraksi kuda Shetland. Pengunjung pun bisa dengan bebas berdekatan dengan para kuda selama ada guidenya. Di desa Earnewad ada pusat pengunjung, De Reidplûm, dekat dengan stasiun pembiakan bangau It Eibertshiem.

Setiap tahun, Taman Nasional De Alde Feanen menarik ribuan orang yang ingin menikmati pemandangan dan rekreasi air. Penduduk tetap di taman nasipnal De Alde adalah burung. Mereka berkeliaran di Taman Nasional secara bebas. Anda juga bisa melihat beberapa burung bertengger di balik dahan pephonan. Luangkan waktu anda untuk melihat perilaku ratusan burung yang tinggal di Alde Feanen.

Salah satu cara terbaik untuk menjelajahi The Alde Feanen adalah dengan jalur sungai. Anda dapat menyewa kano, perahu dayung, kapal layar, dan perahu listrik. Jika Anda tidak ingin mengemudikan perahu sendiri, ada bisa memilih kapal kesukaan anda dari beberapa perusahaan pelayaran yang menyewakan jasanya di dekat sana. Taman ini sudah dilengkapi dengan fasilitas gedung pusat pengunjung dengan informasi lengkap terkait semua rute, ekspedisi, dan aktivitas. Petugas juga takkan segan memberitahu anda cara mecapai tower bangau dengan aman.

2. Skûtsje Museum di Earneway

Skûtsje-Museum-di-Earneway

Masih di kawasan taman wisata Alde Feanen, sebuah tempat wisata di Frisian Belanda. Kalau anda ingin seidkit tantangan capailah perjalanan ke Skûtsje Museum di Earneway yang ada di dekat taman nasional Alde Feanen.

Ketika mengunjungi Alde Feanen mampirlah untuk melihat Skûtsje Museum di Earneway. Di sana anda bisa menyaksikan Galangan kapal bersejarah De Stripe. Setiap bagiannya akan mengajarkan pada anda bagaimana sejarah membentuk kapal-kapal canggih seperti sekarang ini.

Kapal yang ada di Skûtsje Museum di Earneway hanyalah salah satu dari sekian banyak kapal yang telah mengawali kreatifitas dan inovasi para penjelajah dunia. Menginspirasi juga kapal-kapal untuk para nelayan sehingga mereka berdagang dan menangkap ikan di lautan.


Ketika mengunjungi Skûtsje Museum di Earneway anda bisa melihat dengan jelas sejarah di balik kapal-kapal indah yang terpajang di Skûtsje Museum di Earneway. Semuanya berhubungan secara khusus dengan kota Frisian atau Friesland. Semua yang anda lihat di sana, akan nampak lebih bagus daripada kapal-kapal yang bertengger di dermaga Port Jackson, tempat wisata di Australia dan lainnya.

3. D.F. Wouda Steam Pumping Station (ir. D.F. Woudagemaal)

D.F-Wouda-Steam-Pumping-Stasion.

Tempat wisata di Frisian berikutnya ialah adalah stasiun pemompaan di Beland dan stasiun pemompaan bertenaga uap terbesar yang masih beroperasi di dunia. Pada 7 Oktober 1920 Ratu Wilhelmina membuka stasiun pompa. Stasiun ini dibangun untuk memompa kelebihan air dari Friesland, sebuah provinsi di utara Belanda. Tempat itu bernama D.F Wouda Steam Pumping Stasion.

Pada tahun 1967, setelah beroperasi dengan menggunakan batu bara selama 47 tahun, boiler dikonversi untuk menggunakan bahan bakar minyak berat. Stasiun ini memiliki kapasitas memompa 4.000 m³ per menit, 1.000.000 GPM, 1.440 MGD.

Stasiun pemompaan saat ini digunakan untuk menambah kapasitas pemompaan yang ada dari J.L. Hooglandgemaal di Stavoren dalam hal tingkat air yang sangat tinggi di Friesland. Kondisi air yang meningkat ini biasanya terjadi beberapa hari setiap tahunnya. Di tempat ini anda bisa melihat Senyawa tandem, mesin uap reciprocating, dengan katup poppet. Ada juga Single bertindak silinder berdiameter 0,5 meter dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sejak tahun 1998 ir. D.F. Woudagemaal telah terdaftar dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Stasiun ini terbuka untuk pengunjung dan tur diberikan secara terjadwal.

4. Mercusuar Brandaris

brandaris-mercusuar

Tempat wisata berikutnya di Frisian Belanda ialah Brandaris. Tempat wisata ini mungkin tak seterkenal Menara Eiffel, tempat wisata di Perancis, namun Mercusuar Brandaris ini cukup penting bagi pulau Belanda Wadden Sea Terschelling, di Friesland. Brandaris adalah mercusuar tertua di Belanda, terdaftar sebagai Rijksmonument, nomor 35032 dan dinilai dengan nilai historis yang sangat tinggi

Menara pertama dibangun pada 1323 untuk memandu kapal dalam perjalanan mereka ke Amsterdam, melalui Zuiderzee, celah sempit antara Vlieland dan Terschelling. Penandaan posisi yang baik diperlukan karena banyak pulau di Laut Utara terlihat sangat mirip.

Ketika ombak laut meninggi pada tahun 1570 sampai memenuhi daratan Terschelling, menara Brandaris benar-benar hancur. Pada tahun 1592 pembangunan kembali menara dimulai, tetapi runtuh sebelum selesai karena bahan bangunan yang buruk telah digunakan. Menara yang dapat anda lihat saata ini merupakan menara hasil karya para pembangun di tahun 1594.

Berdasarkan kisah sejarahnya Menara Brandaris pada tahun 1837 menara adalah mercusuar pertama di Belanda yang dilengkapi dengan lensa Fresnel yang berputar. Di Belanda, elektrifikasi baru terjadi pada tahun 1907.

The Brandaris adalah puncak tertinggi di Bonaire. Dengan ketinggian mencapai 241m (784 kaki) tinggi, terletak di Taman Nasional Washington Slagbaai. Untuk bisa mencapai Bandaris dari The Subí Brandaris Trail dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit.

Anda juga membutuhkan kendaraan untuk memasuki taman dan yang bisa membawa anda ke pangkal bukit di mana Menara Brandaris berdiri. Anda hanya bisa membawa kendaraan sampai ke kaki bukit itu saja, perjalanan selanjutnya harus ditempuh dengan berjalan kaki. Anda akan terus mendaki, jadi pastikan membawa air minum yang cukup.

5. Brandaris Cafe – Bar – Restaurant

Brandaris-Cafe-Bar-–-Restaurant

Lelah berjalan-jalan, mari mampir ke Brandaris Cafe. Tempat wisata di Frisian ini menawarkan makanan dan minuman yang khas. Brandaris Cafe bisa melayani anda dengan berbagai jenis sandwich, makanan ringan, dan minuman.

Brandaris cafe dibuka setiap Senin hingga Sabtu, dari jam 7 pagi hingga 2 sore di sore hari. Brandaris buka sejak tahun tahun 2011, dengan konsep Grill, Burgers & Bar.

Brandaris melayani menu sarapan dan makan siang. Menu sarapan dan makan siang terdiri dari makanan kreol dan spesial khas Frisian. Tersedia juga layanan Take Away. Jadi, kalau anda butuh makanan tapi buru-buru harus mengejar bus selanjutnya, pesan saja take away di mana anda bisa memakannya nanti di bus atau ketika sudah sampai di hotel.

6. Museum Fries

fries-museum

Tempat wisata selanjutnya di Frisian ialah Museum Fries yang pada 13 April 1881. Pendirian museum ini didukung oleh masyarakat dengan tujuan untuk pelestarian budaya Frisian. Masyarakat membutuhkan tempat untuk memamerkan berbagai artefak yang dikumpulkan bersama.

Pada dasawarsa awal, masyarakat menggunakan museum lokal di Turfmarkt, cabang Antiquarisch Kabinet van Friesland. Penyimpanan difokuskan pada barang-barang khas Hindelooper. Ada juga benda-benda yang berhubungan dengan  budaya Frisian lainnya yang dikumpulkan oleh pengarang lokal Joost Hiddes Halbertsma.


Pameran sejarah pertama tahun 1877, dengan lebih dari 1500 item. Pameran itu menarik banyak pengunjung dan menghasilkan keuntungan tak terduga sampai 17.000 gulden.

Peningkatan pengumpulan artefak penting terjadi pada masa pemerintahan William III dari Belanda yang mewariskan banyak potret dari koleksi Stadhouderlijk Hof. Pada tahun 1892, akhirnya pembangunan gedung ditambah dengan sayap baru untuk menampung koleksi yang berupa lukisan

Koleksi Museum Fries kini sudah mencapai lebih dari 1 juta objek dan didedikasikan untuk seni, kerajinan, dan benda-benda peninggalan sejarah dari tahun 1200 hingga 2000. Objek paling ikonik di museum adalah Ruang Hindelooper, Harta Popta atau ruang perak, dan pedang legendaris Grote Pier.

Rekomendasi Tempat Wisata di Frisian

Selain tempat-tempat wisata ikonik tersebut di atas, masih ada lagi tempat wisata lain yang tak kalah menarik di Frisian, antara lain sebagai berikut:

  • Menara Gereja Oldehove
  • AquaZoo Friesland

Demikian pemaparan tentang tempat wisata di Frisian Belanda yang ikonik sehingga menarik perhatian wisatawan dunia.

, , ,
Post Date: Thursday 06th, December 2018 / 09:53 Oleh :
Kategori : Belanda