10 Tempat Wisata Di Lausanne Yang Wajib Masuk Agenda Liburan

Tempat wisata di Lausanne ternyata cukup banyak untuk dijadikan destinasi liburan saat Anda berkunjung ke Eropa. Tapi mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa ada salah satu tempat di negara Swiss yang menarik untuk dijadikan destinasi liburan. Ya, kota tersebut bernama Lausanne, terletak di pinggiran Danau Jenewa. Bersebrangan dengan kota administratif Évian-les-Bains, Prancis.

Suhu udara yang berkisar antara minus 2 hingga 23 derajat di musim panas membuat tempat wisata di Lausanne cocok dijadikan sebagai tempat liburan natal di Eropa, baik musim dingin maupun musim panas sama indahnya. Tak heran apabila di tahun 2020 nanti ibukota dari Vaud Canton ini, didaulat menjadi penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Remaja.

10 Destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berlibur di Lausanne

1. Place de la Cathedrale

Place-de-la-cathedral-Lausanne

Katedral yang terletak bagian atas kota tua di Lausanne, Gereja utama di Lausanne ini dibangun sekitar tahun 1275 di abad pertengahan dan merupakan gereja katedral bagi pemeluk Protestan.

Anda bisa berjalan naik ke menara lonceng untuk menikmati pemandangan dari atas. Akan tampak keseluruhan kota, Danau Leman dan juga pegunungan Alpen dikejauhan. Sama seperti tempat wisata di Perancis lain yang menawarkan objek bangunan tua. Gereja Katedral yang terletak di pusat kota ini merupakan Landmark terbaik yang bisa dikunjungi di Lausanne.

Bangunan gereja yang dipenuhi kaca patri indah ini telah direnovasi sekitar 7 tahun lamanya. Dan menyimpan pula koleksi medali yang berharga dan juga alat musik organ seberat 40 ton yang masih dapat dimainkan hingga kini.

2. Sauvabelin Tower

Sauvabelin-tower

Menara ini terletak di Sauvabelin Park, di bagian atas area Lausanne. Konstruksi menara Sauvabelin terbuat dari kayu dengan puluhan anak tangga yang menuju bagian atas menara. Ada transportasi umum untuk menuju menara ini atau anda bisa memilih berjalan kaki untuk bisa sampai ke menara.

Dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk menuju bagian atas menara. tidak dipungut biaya untuk menikmati pemandangan kotanya. Jika cuaca sedang cerah maka akan tampak pemandangan indah dari taman, kota, hutan, Danau Leman dan tak ketinggalan Pegunungan Alpen.

Anda dapat pula berjalan saat senja dan menanti malam di atas, Untuk menikmati keindahan lampu-lampu kota dibawah menara. Oya, untuk dapat menikmati pemandangan ini tidak ada biaya tambahan alias gratis.

3. Parc de Mon-Repos

Parc De Mon-Repos

Parc de mon Repos atau juga Avanue de Mon-Repos, merupakan taman yang sangat sejuk dengan berbagai pohon kuno raksasa yang sekilas tampak eksotis sekaligus bernuansa taman fantasi ala film-film kerajaan. Pohon-pohon Sequoia yang menjulang adalah daya tarik taman ini.

Letaknya yang masih berada di jantung kota menjadikan taman ini objek wisata yang sering dikunjungi di Lausanne. Taman wisata ini dihuni pula oleh berbagai burung-burung liar yang jinak yang tak segan menghampiri para wisatawan.

Ada taman air mancur, bunga-bunga dan juga area tempat bermain anak. Anda dapat menikmati santap siang dengan tenang setelah berjalan-jalan di taman.


4. Railway Museum Blonay-Chamby

Blonay-chamby-railway-museum

Bagi anda penggemar kereta api lokomotif tua maka tak ada salahnya mampir ke Museum kereta api di Lausanne. Museum kereta api ini sangat unik sebab anda akan merasakan sensasi perjalanan dengan kereta uap bergaya lama.

Peron dan tiket kereta api juga di desain seperti stasiun kereta tempo dulu . Anda cukup membeli tiket sekitar 22 CHF -mata uang Perancis-Swiss maka anda sudah dapat menikmati pemandangan khas tempat wisata di Swiss yang terkenal dengan keindahan puncak-puncak bersaljunya.

Jika dicermati ternyata suasana stasiun ini mirip seperti gambaran film kereta animasi anak-anak, yaitu Thomas and Friends. Hal itu menjadi alasan tempat ini bisa menjadi alternatif tujuan jika berlibur membawa anak-anak. Tentu akan menjadi pengalam yang tak terlupakan bagi mereka.

5. Museum de l’Art Brut

Musee-de-lart-brut

Museum seni ini terletak lumayan menjauhi pusat Lausanne, namun museum ini cukup terkenal dan menjadi objek wisata tertinggi yang sering dikunjungi oleh wisatawan manacanegara. Hal tak biasa yang menjadi daya tarik museum ini karena mereka memajang benda seni hasil karya para orang terbuang, orang gila atau tahanan.

Tentu saja karya yang dihasilkan sangat beragam. Dan karya ini tentunya diluar ekspetasi orang awam. Karya-karya para orang terbuang ini sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia. Bagi anda yang menyenangi dunia seni, tak ada salahnya mengunjungi museum unik di Lausanne ini.

Selain menikmati karya lukisan yang umumnya sarat warna. Anda akan diajak menyelami kerumitan dunia pikiran para seniman dadakan ini. Mereka menggunakan bahasa seni, untuk berbicara tentang kerasnya kehidupan sebagai masyarakat yang tersisih.

6. Museum Olympic Lausanne

Museum-olympic-lausanne

Bagi pecinta olahraga jangan melewatkan kunjungan ke The Olympic Museum si Lausanne. Di tempat ini anda akan mendapat banyak informasi tentang sejarah olimpiade mulai dari olimpiade klasik di abad Yunani dari tahun 1896 hingga abad modern kini.

Semua hal-hal yang berhubungan dengan olahraga atletik, seperti fakta-fakta sejarah bahkan rumor dan anekdot yang berkembang seputar atlet olimpiade dari jaman ke jaman di catat lengkap di museum ini. Museum ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan atraktif yang melibatkan pengunjung museum.

Di sekitar area museum Anda dapat menemui bar yang di desain dengan konsep outdoor yang berhadapan langsung dengan danau Leman. Dan tak jauh dari bangunan, terdapat taman Parc Olympic. Dimana Anda dapat menemui patung-patung menarik yang berhubungan dengan dunia olahraga.

7. Bazar d’Ouchy

Bazar-dOuchy

Sebelum pulang, sempatkan untuk mencari souvenir khas Swiss di pusat souvenir yang terletak di Lausanne. Ada ratusan macam souvenir yang dijual di toko tersebut. Anda bisa mencari oleh-oleh untuk keluarga atau kolega, seperti kerajinan tangan, pisau swiss army yang terkenal, musik box, dan masih banyak yang lainnya.

Semua barang oleh-oleh khas Swiss bisa anda jumpai disini dengan harga yang tidak terlalu mahal. Pelayanan ramah yang diberikan oleh pemilik toko, membuat toko souvenir ini direkomendasikan oleh banyak wisatawan yang pernah berwisata ke Lausanne.

Toko souvenir ini bisa anda capai dengan naik metro. Selain mencari oleh-oleh Anda juga dapat berjalan-jalan di seputar area toko yang pemandangannya tak kalah menarik. Bangunan tua khas Eropa banyak mendominasi di kanan kiri jalan. Tak ada salahnya untuk mengambil beberapa poto sebelum anda pulang.

8. Chocolatier Blondel

Chocolatier-blondel

Berwisata ke Swiss tentu tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh khas Swiss. Apalagi kalau bukan coklat. Coklat Swiss sudah terkenal kelezatannya ke seantero dunia. Ada sebuah toko coklat di Lausanne yang sudah berdiri selama lebih dari dua puluh tahun. Disana Anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan coklat yang beragam.

Variasi isian coklat mulai dari kacang hingga buah kering membuat toko coklat ini ini menjadi pilihan banyak wisatawan. Letak toko ini juga tak jauh dari pusat kota. Aroma coklat yang kuat akan menyergap anda sejak membuka pintu masuk.

Tak hanya itu servis yang diberikan pihak toko juga termasuk dalam pengemasan coklat yang dibeli. Anda dapat meminta pelayan toko untuk membungkuskan coklat dengan cantik apabila ingin diberikan kepada orang yang spesial. Tapi tentu saja Anda harus bersabar mengantri giliran.

9. Slice Pizza Vegan

Slice-vegan-lausanne

Bagi anda yang mencari wisata kuliner makan murah, bisa mencoba kedai Pizza vegetarian yang menjual berbagai macam menu pizza berbahan sayur-sayuran. Anda dapat memilih menu pizza dan berbagai dessert menarik, seperti mousse coklat, tiramisu, panna cotta dan berbagai dessert manis lainnya.

Pizza dibuat secara langsung, sehingga rasanya masih fresh saat dinikmati. Pelayan kedai pizza ini pun bisa berbahasa Inggris dengan fasih, sehingga Anda tak perlu khawatir salah memesan menu yang diinginkan. Selain ini servis pelayanan yang ramah dan penuh perhatian menjadi nilai tambah bagi kedai Pizza ini.

Rasa yang enak dan tidak asing di lidah sekaligus harga yang murah menjadikan Kedai pizza ini menjadi pilihan favorit para wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Lausanne. Kedai ini memang sangat laris sehingga Anda harus memesan sehari sebelumnya untuk mendapatkan tempat.


10. Lavaux vineyard Terrace

Lavaux-wineyard

Lausanne ini terletak di daerah penghasil anggur, jadi belum lengkap rasanya bila anda tidak berjalan keliling ke kebun anggur yang ada disana. Waktu terbaik untuk mengelilingi kebun anggur ini adalah saat panen anggur, sehingga anda dapat menikmati pemandangan dan suasana saat para petani memanen anggur.

Ada dua pilihan untuk berjalan mengelilingi kebun anggur ini. Bisa dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Jalanannya yang panjang namun mulus dengan pemandangan kebun anggur, akan membuat Anda lupa waktu.

Jalur-jalurnya dipasangi rambu jalan yang cukup jelas. Sehingga Anda tidak akan tersesat. Dan Jangan lupa untuk menyiapkan baju hangat sebagai antisipasi cuaca saat berjalan-jalan di tempat terbuka.

Nah, demikianlah berbagai tempat wisata di Lausanne yang menjadi destinasi para wisatawan manca negara. Segera siapkan rencana perjalanan dari jauh-jauh hari dengan memilih travel agensi terbaik. Jangan lupa memilih waktu liburan untuk mendapatkan cuaca yang diinginkan.

bawalah baju hangat tambahan bagi anda yang tidak terbiasa dengan tempat wisata di Eropa untuk natal yang bercuaca dingin .Dan pilihlah hotel sesuai budget yang tersedia namun tidak terlalu jauh dari pusat kota, agar anda dapat berkeliling kota tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Selamat berlibur.

, , , ,
Post Date: Thursday 14th, February 2019 / 07:03 Oleh :
Kategori : Swiss