20 Tempat Wisata Di Bern Swiss Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Tempat Wisata di Bern—Sebagai ibu kota resmi negara Swiss, Bern tentu adalahsalah satu kota wisata di Swiss yang banyak dikunjungi oleh masyarakat dunia, baik untuk kepentingan pekerjaan, pendidikan mau pun wisatawan. Namun, beragamnya hasil budaya dan teknologi di Bern tentu tak akan membuat langkah kaki Anda pergi begitu saja dari kota ini. Kota ini menyimpan seribu satu hal menarik yang harus Anda eksplorasi.

Sebagai kota historis yang menjadi satu dari sekian banyak warisan dunia UNESCO, Bern memiliki banyak tempat wisata yang berkaitan dengan perkembangan sejarah dan budayanya. Hal-hal tersebut tercermin dalam monumen serta bangunan-bangunan penting di sepelosok kotanya. Kendati demikian, Anda juga tidak akan kesulitan menemukan tempat wisata modern. Jika Anda berminat untuk backpacker ke Swiss, berikut adalah beberapa tempat wisata di Bern yang bisa Anda kunjungi dengan leluasa.

  1. Bundeshaus

BundeshausBundeshaus atau bangunan parlemen Ssiwss adalah salah satu bangunan atau Landmark ikonik yang dimiliki oleh negara Swiss. Keindahan arsitekturnya yang bergaya Renaissance membeirkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing yang datang.

Bangunan ini terletak di sebelah atas sungai Aare dan menjadi tempat resmi bagi parlemen Swiss dengan beberapa jenis kegiatannya. Kendati demikian, seluruh bagian publik dari bangunan ini dibuka untuk umum namun akses masuk menjadi sedikit ketat pada momen-momen tertentu yang melibatkan parlemen.

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Bundeshaus adalah ketika Swiss tidak sedang dalam perayaan nasional atau momen tertentu. Dengan demikian, Anda bisa menyaksikan bukti dari kontribusi Bundenhaus menjadikan Bern sebagai salah satu kota terindah di Swiss.  Bangunan ini terletak di lokasi yang strategis, Anda akan menemukan banyak kafe dan toko dengan gaya Renaissance di sekitarnya.

Jangan berhendi Bundenhaus ketika Anda mengunjungi Swiss. Setelah menikmati keindahan arsitektur dan suasananya yang tenang, berjalanlah lebih jauh maka Anda akan menemukan beberapa Landmark lain di kota Bern seperti berikut.

  • Hôtel Ed Musique
  • Assembly and Concert Hall
  • Municipal and University Library

  1. Pfeiferbrunnen

PfeiferbrunnenUmumnya, wisatawan dunia tidak akan melupakan status The City of Fountains yang disandang oleh Bern. Di kota ini memang terbanyak air mancur yang dipasang sejak abad ke 16 masehi.

Menariknya, setiap air mancur memiliki patung yang berbeda sehingga akan selalu berhasil menarik pengunjung meskipun mereka sudah melihat air mancur di sudut kota yang lain, sebelumnya. Salah satu air mancur yang terdapat di Bern adalah Pfeiferbrunnen.

Pfeiferbrunnen adalah air mancur yang termasuk ke dalam situs warisan penting nasional negara Swiss. Tidak heran, ada sejarah yang panjang terkait dengan Pfeiferbrunnen. Tepatnya air mancur ini dibangun pada tahun 1545 hingga tahun 1546 oleh Albrecht Durer di depan hotel yang mengubah namanya menjadi Gasthof aum Storchen pada tahun 1594. Di sini, Anda bisa merasakan atmosfer kota tua Bern dengan kental sambil mengambil beberapa foto.

Jangan lupa membeli souvenir khas Swiss berbentuk patung-patung mini air mancur ini sebelum pulang. Selain Pfeiferbrunnen, masih banyak air mancur yang terdapat di kota Bern. Jika Anda penyuka air mancur dan berniat menjelajahi untuk memotret keindahannya, cobalah beberapa air mancur berikut ini.

  • Zähringerbrunnen City Fountain
  • Läuferbrunnen City Fountain
  • Anna-Seiler-Brunnen City Fountain
  1. Botanischer Garten Bern

Botanischer Garten BernSalah satu tempat yang harus Anda kunjungi ketika jalan-jalan ke Swiss tepatnya di kota Bern adalah Bern Botanical Garden. Taman botani dari kota Bern ini memiliki pemandangan yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Terletak di Altenbergrain, di taman ini terdapat banyak bunga dan tumbuhan yang cantik dan menyegarkan, cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau seseorang yang menyukai tumbuhan.

Taman botani ini tepat berada di jantung kota Bern, sehingga tersedia banyak akses transportasi yang bisa Anda pilih. Ada lebih dari 6000 tanaman yang tumbuh di luar ruangan dan di 7 rumah kaca di atas area seluas 5 hektar. Di 7 rumah kaca yang tersedia, terdapat jenis tumbuhan yang berbeda. Di Alpinum misalnya, tanaman yang fokus dikembangkan adalah tanaman pegunungan dari Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Anda bisa mengunjungi Botanischer Garten Bern ini pada bulan Oktober hingga Februari sejak pukul 08.00 hingga 17.00 serta bulan Maret hingga September tutup lebih lama yakni sekitar pukul 17.30. Anda juga bisa mengunjungi konservatori pada waktu-waktu tersebut. Selain Botanischer Garten, ada beberapa tempat wisata di Bern yang cantik seperti berikut.

  • Gurten
  • The Bear Park
  • Rosengarten
  1. The Einstein Museum and Historical Museum of Bern

The Einstein Museum and Historical Museum of BernSelain mencicipi makanan khas Swiss, tidak lengkap rasanya jika berlibur di kota Bern tapi tidak mempelajari sejarahnya. Untuk melepas dahaga para pencinta sejarah, datanglah ke The Einstein Museum and Historical Meseum of Bern. Dua museum yang menyatu ini merupakan mesum kedua terbesar di Swiss. Ada pun bangunannya berusia 130 tahun dengan desain Andre Lambert di dalam kastil abad ke 15 masehi.

Ada lebih dari sekitar setengah juta objek yang dipamerkan di Historical Museum of Bern ini, baik objek dari zaman batu hingga zaman Romawi, Pertengahan, Era Napoleon hingga masa modern. Sementara di bagian lainnya—tepatnya di Einstein Museum—fokus objek yang dipamerkan adalah riwayat hidup penemu tersebut. Riwayat hidup tersebut tersuguhkan dalam beberapa ojek seperti film lama, surat, hingga sertifikat penghargaan Novel pada tahun 1921.

Mengunjungi museum tentu akan memberikan Anda kesan berbeda dari kota Bern. Selain Einstein Museum dan Historical Museum of Bern, ada beberapa tempat wisata di Bern yang fokus pada pameran benda-benda bersejarah seperti museum-museum berikut ini.

  • Kunstmuseum
  • Natural History Museum
  • The Communication Museum

  1. The Old Town of Bern

The Old Town of BernSetiap kota di dunia tampaknya memiliki cagar budaya kota tua yang menjadi pusat pada zaman dahulu, begitu juga dengan kota Bern. Kota tua Bern adalah sebuah wilayah di Bern yang harganya lebih dari sekadar warisan dunia UNESCO.

Bagi masyarakat Bern, di sinilah kehidupan mereka zaman dahulu. Hingga kini, area kota tua Bern masih hidup. Di tempat ini terdapat banyak bangunan dan monumen yang masih berfungsi seperti jembatan yang membelah sungai Aare, air mancur (minum) untuk publik, monumen, menara, hingga yang Clock Tower yang populer.

The Old Town of Bern adalah salah satu tempat wisata di Swiss yang harus Anda kunjungi. Meski kota tua, di area ini juga terdapat berbagai fasilitas kota modern seperti pusat pertokoan, kafe, toko buku, restoran, dan apartemen.

Kendati sudah tersentuh dunia modern, kota tua Bern tetap mempertahankan nuansa kota pada zaman pertengahan atau medieval. Tidak heran, wilayah ini menjadi salah satu tempat wisata paling bagus di dunia di mana bukti sejarah berbaur dengan mobilitas kehidupan modern.

Monumen dan bangunan bersejarah lainnya yang bisa Anda lihat di Bern selain The Old Town of Bern adalah sebagai berikut.

  • Berner Münster
  • Paul Klee Center
  • The Granary

kota Bern di Swiss memiliki sejarah yang panjang dengan Jerman.  Tidak heran jika Anda akan menemukan banyak hal berbau Jerman di kota ini. Kendati demikian, Bern tidak kalah dengan kota wisata di Jerman yang pernah Anda kunjungi. Kota Bern memiliki keunikan dan kekhasan tertentu yang hanya bisa Anda temukan di Swiss.

Setelah mengunjungi tempat wisata di Bern Swiss, jangan lupa untuk mengunjungi Jerman. Anda disarankan untuk jalan-jalan di Munich terlebih dahulu sebelum mengunjungi kota-kota lainnya. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas setempat dan menikmati suasana kota dengan membaur bersama masyarakat lokal.

, , , ,
Post Date: Thursday 07th, February 2019 / 10:16 Oleh :
Kategori : Swiss