19 Tempat Wisata di Nurnberg Jerman Terfavorit Para Wisatawan

Nurnberg merupakan sebuah kota tua yang ada di wilayah Bayern, Jerman yang pada zaman pemerintahan pemerintahan Adolf Hitler menjadi tempat konvensi Partai Nazi. Kota Nurnberg ini juga menjadi kamp konsentrasi Nazi dan juga pusat Industri militer Jerman pada saat berlangsungnya Perang Dunia II.

Berdasarkan hal tersebut diatas, tentu kota Nurnberg ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata untuk melihat tempat bersejarah di Jerman , terutama tentang peristiwa NAZI dan juga perang dunia. Di kota Nurnberg ini juga terkenal akan kemajuan sains dan teknologi percetakannya, dan menjadi rumah bagi percetakan pertama di eropa.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Nurnberg Jerman yang bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi saat berlibur jalan-jalan ke Jerman bersama keluarga ataupun teman.

1. Kastil Nuremberg

Kastil Nuremberg

Salah satu ikon tempat wisata di Nurnberg yang terkenal dan ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai negara adalah Kastil Nuremberg. Kastil setinggi 351 meter ini sudah ada sejak zaman abad pertengahan dan menjadi salah satu bnteng terpenting di eropa pada masa itu.

Kastil ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu Kastil Kesairan (Kaiserburg), Bekas kastil Burgraf (Buggrafenburg), dan juga sebuah banguna yang ada sisi sebelah timur yang disebut Reichsstädtische Bauten.

Pada perang Dunia ke II kastil ini hancur dan hanya menyisakan kapel kekaisaran dan juga Menara Sinwell yang tampak masih utuh. Setelah perang dunia usai, Kastil itupun direkonstruksi kembali dibawah arahan Rudolf Esterer dan Julius Lincke dan memakan waktu sekitar 30 tahun.

Kastil Nuermberg ini dibuka untuk pengunjung mulai dari Jam 9.00 hingga 6 sore waktu setempat pada bulan April hingga September.Sedangkan pada bulan Oktober hingga Maret kastil ini dibuka untuk pengunjung setiap harinya mulai pukul 10 Pagi hingga 4 sore.

Di dalam Kastil Nuremberg ini juga terdapat sebuah toko yang menawarkan beragam souvenir khas Jerman yang bisa langsung dibeli di toko tersebut maupun secara online. Lokasi dari Kastil Nurenberg ini juga cukup srategis dan bisa ditempuh dengan mudah baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umu yang ada di Nurnberg.

2. Germanisches National Museum

Germanisches National Museum

Tempat wisata di Nurnberg lainnya yang juga tak kalah ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai negara adalah Germanisches National Museum. Museum ini mengkoleksi berbagai macam hasil karya seni dan Budaya khas Jerman dari zaman pra sejarah hingga pada saat ini.

Museum yang didirikan pada tahun 1852 ini memiliki setidaknya lebih dari 1,3 juta barang yang berkaitan dengan sejarah budaya dan seni kota. Setidaknya juga ada 25.000 dokumen asli peninggalan sejarah dan budaya Jerman dari berbagai masa juga dipamerkan di museum ini.

Museum ini didirikan oleh seorang Bangsawan bernama Fraconia Hans Freiherr Von dengan tujuan supaya seluruh bahan sumber untuk sejarah, sastra dan seni Jerman dapat tertata dengan baik. Komponen nama dari Germanisches atau Germanik sendiri artinya mengacu pada ruang budaya Jerman yaitu suatu area dimana Jerman digunakan dahulu.


Germanisches National Museum dibuka untuk umum mulai pukul 9 pagi hingga 18.00 sore waktu setempat pada bulan April hingga September. Sedangkan untuk bulan Oktober hingga Maret Museum ini dibuka untuk umum mulai jam 10.00 pagi hingga 16.00 sore waktu setempat.

Untuk masuk ke dalam Germanisches National Museum ini para pengunjung dikenakan tiket masuk dengan harga sekitar 8 euro per orangnya.

3. Nuremberg Toy Museum

Nuremberg Toy Museum

Bagi yang mencari tempat wisata di Nurnbeg yang juga sangat pas untuk didatangi bersama anak-anak, bisa mengunjungi Nuremberg Toy Museum. Sesuai namanya, Nuremberg Toy museum ini menampilkan koleksi dan menceritakan sejarah berbagai macam mainan dari berbagai negara sejak zaman dahulu hingga kini.

Museum yang terletak di lahan seluas 1.400 meter ini mempunyai sekitar 87.000 mainan mulai dari boneka kuno, beragam alat transportasi, hingga mainan zaman modern seperti Babie dan Lego. Museum mainan Nuremberg yang dibangun pada tahun 1571 ini merupakan salah satu situs warisan budaya di Jerman yang juga sudah tersohor si Dunia.

Di halaman depan museum Mainan Nuremberg ini juga terdapat cafe yang menjual beragam makanan khas jerman maupun negara lainnya yang sudah pasti Lezat. Setelah puas berkeliling dan juga bermain di museum Nuremberg ini tentu bisa mengunjungi cafe tersebut untu beristirahat sembari berwisata kuliner.

Museum mainan atau Toy MuseumNuremberg yang juga sering disebut dengan Museum Lydia Bayer ini tepatnya beralamat di Karlstare 13-15 Nuremberg. Lokasi menuju ke museum ini juga cukup strategis dan bisa ditempuh dengan mudah baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti trem dan bus.

Museum mainan ini dibuka untuk umum pada hari selasa hingga jumat mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat dan di akhir pekan mulai pukul 10.00 pagi hingga 18.00 sore. Harga tiket untuk masuk ke museum ini adalah mulai dari 6 euro untuk dewasa dan 1,50 euro untuk anak-anak per orang.

4. Gereja Frauenkirche

 Gereja Frauenkirche

Frauenkirche merupakan sebuah gereja katolik di kota Nurnberg yang dibangun pada tahun 1352 sebagai salah satu penghornatan kepada bunda Maria. Gereja bergaya gotik ini dibangun di tempat bekas sinagoge yahudi atas prakarsa Charles IV, kaisar romawi suci tahun 1352-1362.

Gereja Frauenkirche Nurnberg ini berisi banyak patung dan karya seni abad pertengahan seperti Tucher altar, yang beberapa diantaranya sudah dipugar. Salah satu fitur lainnya yang paling menonjol dari gereja ini adalah  Männleinlaufen atau jam mekanik yang bisa dilihat di depan gedung gereja.

Jam mekanik tersebut dipasang di depan gereja Frauenkirche antara tahun 1506 dan 1509 untuk memperingati Golden Bull pada tahun 1356. Mekanisme Jam tersebut diaktifkan pada tengah hari dimana ketika bel dibunyikan dan diikuti dengan terompetdan  drummer kemudian ada prosesi para electorsdi sekitar sosok Kaisar romawi suci.

Pada saat menjelang natal, sejak  tahun 1948 di depan gereja ini dijadikan Christkindlmarkt dimana banyak orang datang untuk melihat patung bayi Yesus di palungan yang ada di gereja tersebut. Banyak yang percaya bahwa jika berdoa di tempat tersebut untuk mengharap keturunan maka doanya tersebut akan dikabulkan.


Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Nurnberg yang menarik dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan ketika singgah berlibur di kota tersebut. Selain tempat wisata tersebut diatas, masih ada lagi tempat wisata di Nurnberg lainnya yang bisa dikunjungi seperti :

  • Albrecht Dürer house
  • Schöner Brunnen
  • Hauptmarkt
  • Lapangan rapat partai Nazi 
  • St. Lorenz, Nuremberg
  • Kebun Binatang Nuremberg
  • Handwerkerhof Nürnberg
  • Nuremberg Transport Museum
  • Ehekarussell
  • Kristall Palm Beach
  • Neues Museum Nürnberg
  • Memorium Nuremberg Trials
  • Johannisfriedhof Nurnberg
  • City Museum in Fembo house
  • Fürthermare Water Park
  • Dan masih banyak lainnya

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat, terutama bagi yang membutuhkan inspirasi dan dan wawasan seputar tempat wisata di Jerman, khususnya Nurnberg. Terimakasih juga telah membaca dan membagikan artikel ini dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

, , ,
Post Date: Monday 18th, February 2019 / 09:32 Oleh :
Kategori : Jerman