13 Tempat Wisata Di Rugen Jerman Yang Banyak Dikunjungi Para Wisatawan

Rugen merupakan sebuah pulau yang menjadi salah satu tempat wisata di Jerman yang menawarkan suasana pantai dengan pemandangan yang indah.  Sebuah tebing putih setinggi 118 mdpl dan di punvaknya terdapat hutan yang rimbun menambah keindahan dan kecantikan Pulau Rugen ini.

Pulau terbesar di Jerman ini mIemang sudah menjadi tempat berlibur sejak zaman raja-raja dan kaisar Jerman dan Denmark dahulu kala. Berikut adalah beberapa tempat wisata di pulau Rugen seluas 926 km2 ini yang bisa menjadi pilihan liburan kali ini.

1. Jasmund National Park

Jasmund National Park

Jasmund National Park ini merupakan sebuah cagar alam yang berada di semenanjung Jasmund di sebelah timur laut pulau Rugen, Jerman. Cagar alam Jasmund National Park ini terkenal dengan dua buah tebing batu kapur putih yang berada di atas laut baltik.

Kedua tebing kapur yang mempunyai tinggi lebih dari 100 meter diatas permukaan laut ini membuat garis pantai sepanjang 12 meter. Salah satu batu kapur yang terkenal di Jasmund Nation Park ini adalah Konigsstul dengan tinggi sekitar 117 meter diatas permukaan laut.

Di belakang tebing terdapat sebuah hutan yang menjadi habitat bagi berbagai tanaman seperti alder hitam, apel kepiting eropa dan anggrek. Berbagai macam spesies burung seperti elang ekor putih, burung kingfisher, dan elang peregini juga bisa dilihat di hutan ini.

Cagar alam Jasmund Park yang ada di Rugen ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya sejak didirikan tahun 1934. Namun Pihak otoritas pariwisata di Cagar Alam tersebut memastikan bahwa satwa dan tanaman yang ada agar tetao merasa terlindungi dan tidak terganggu.

Pada tahun 2011, Hutan yang disebut “Beech Forest” yang ada di cagar alam ini dinobatkan sebagai salah satu situs warisan sejarah oleh UNESCO. Pada tahun 2004 juga dibangun pusat pengunjung di Cagar alam Jasmund Park ini yang dapat menampung 300.000 pengunjun per tahun


2. Tanjung Arkona

Tanjung Arkona

Beberapa kilimeter dari cagar alam Jasmund Park, ada sebuah tempat wisata di Rugen lainnya yang tak kalah indahnya yaitu Tanjung Arkona. Di tempat wisata ini terdapat sebuah kuil benama Jaromarsburg  yang dahulu digunakan suku Rani dari Slavia untuk menyembah dewa Svantevit.

Pada tahun 1168 kuil tersebut dihancurkan oleh Bangsa Denmark sebagai salah satu upaya agar warga di wiliyah tersebut memeluk agama kristen. Nama Arkona dari tempat ini diambil dari nama sebuah kapal yang pernah mendarat di tempat ini pada tahun 1927, yaitu kapal samudra SS Arcona.

Di Tanjung Arcona yang mempunyai ketinggian 45 mdpl ini pengunjung juga bisa menemukan  dua mercusuar, dua menara navogasi, dan bunker militer. Kedua mercusuar tersebut pembangunannya direncanakan oleh Karl Friedrich Schinkel dan dibangun pada tahun 1826 dan mempunyai tinggi sekitar 19,3 meter.

Sedangkan menara navigasinya sudah dibangun sejak 1901 dan mulai beroperasi sejak tahun 1905. Menara Navigasi ini terbuat daru batu bata dan berdiri diatas granit segi delapan. Tahun 1995 dua lampu busur di menara ini diganti dengan lampu metal halod yang memancarkan 3 krfipan setiap 17 detik.

Menara Navigasi dan Mercusuar ini terakhir direnovasi tahun 1990 dan juga sudah dibuka untuk umum. Dari atas menara mercusuar ini bisa melihst dengan jelas pulau rugen yang ini ini.

Sebagai sebuah tempat wisata, di tanjung Arkona ini juga terdapat restoran ysng berbagai makanan khas Jerman dan juga toko souvenir yang menjual pernak-pernik Jerman yang khas .

3. Schmachter See

Schmachter See

Schmachter See Adalah sebuah danau seluas 1,8 km2 yang merupakan bagian dari cagar alam Schmachter See and Fangerien di Rugen. Tempat wisata danau ini di dekat Binz, di wilayah wilayah Vorpommern-Rügen, Jerman dan berjarak kurang lebih 700 meeter dari laut baltik.

Pada zaman es danau ini luasnya 118 hektar dengan kedalaman 15 meter dan juga menjadi bagian dari Laut Baltik. Namun sayang, setelah berakhirnya zaman es, danau ini pun perlahan menyusut dan kedalamannya saat ini diperkirakan sekitar hanya 1,1 meter saja.

Berbagai macam spesies hewan langka khas Pulau Rugen dan juga dilindungi ada di danau ini seperti goosanders, elang ekor putih dan osprey. Tepi danau ini sebagian besar dikelilingi olwh hutan beech dan di dekat danau ada car elder dan juga rawa-rawa.

Selain terjadinya pendangkalan yang terjadi akibat berakhirnya zaman es, limbah yang dibuang ke danau ini juga menambah pendangkalan yang terjadi. Akhirnya pemerintah setempat membuat proyek untuk mengatasi pendangkalan tersebut dengan membuang 300.000 meter kubik lumpur di danau tersebut

Nama dari danau ini diambil dari nama sebuah pemukiman , yaitu pemukiman Scmacht yang ada di selatan danau Scmachter see. Pemukiman yang kini termasuk dalam wilayah zicrow ini sudah dikenal sejak abad ke 14, dan hanya terdiri dari satu tanah pertanian.

4.  Granitz Hunting Lodge

Granitz Hunting Lodge

Granitz Hunting lodge merupakan sebuah kastil yang terletak di sekitar resort tepi laut binz di wilayah Mecklenburg-Vorpommern, Rugen, Jerman. Kastil ini bisa dikatakan sebagai salah satu bangunan terkenal di Jerman karena setidaknya tempat ini kedatangan 200.000 pengunjung setiap tahunnya.

Kastil ini dibangun di sebuah bukit setinggi 107 mdpl di Rugen Timur atas perintah pangeran Wilhem Mate I pada tahun 1838. Pembangunan Granitz Hunting lodge ini juga diarsiteki oleh seorang arsitek Berlin, Johan Gottfried Steinmeyer.

Bangunan kastil berlantai dua ini terbuat dari batu bata dan mempunyai bentuk bangunan persegi panjang dengan empat menara kecil. Di tengah bangunan, tepatnya di ruang sidang terdapat menara pusat setinggi 38 meter dan tangga melingkar dengan 145 anak tangga.

Pengunjung juga dapat melihat pemandangan indah di pulau Rugen dari segala arah dari platform pengamatan yang ada di atap menara. Di kastil Granitz Hunting Lodge Pengunjung juga bisa melihat pameran senapan berburu serta beragam furnitur dan lukisan dari abad 19.


Kastil Granitz Hunting Lodge seluas sekitar 1000 hektar ini juga termasuk ke dalam bagian dari cagar Biosfer Rugen Tenggara sejak 1991. Pada beberapa tahun lalu, Granitz Hunting Lodge direnovasi dan diperkirakan mengeluarkan biaya sebesar 7,9 juta euro.

Kastil ini dahulu dimiliki oleh keluarga Von Potbus tahun 1944 sebelum akhirnya jatuh ke tangan Nazi. Upaya keturunan keluarga Van Potbos untuk mengembalikan kasstil ini pun gagal di pengadilan hingga akhirnya bangunan tersebut digunakan sebagai museum hingga hari ini.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Rugen, Jerman yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur bersama teman, keluarga, ataupun berlibur sendiri. Masih banyak lagi tempat wisata di Rugen lainnya yang bisa dikunjungi, seperti

  • Naturzebe- Zentrum Rugen
  • Wittow
  • Ozeaneum
  • Rugen Narrow gauge railway
  • Rugen Park
  • Strelausund
  • Gorch Fock
  • Stubbenkammer
  • Dan masih banyak lagi lainnya

Selain berkunjung ke tempat wisata di Rugen ini jangan lupa juga untuk mengunjungi kota wisata di Jerman lainnya supaya liburanmu lebih lengkap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk rekomendasi liburanmu dan terimakasih sudah membaca.

, , ,
Post Date: Wednesday 02nd, January 2019 / 03:39 Oleh :
Kategori : Jerman