17 Tempat Wisata Di Szczecin Paling Menarik

Szczecin merupakan kota terbesar keenam di Polandia sekaligus menjadi pelabuhan terbesar ke dua setelah Gdansk. Kota ini juga merupakan ibukota provinsi Zachodniopomorskie, awalnya kota ini didirikan oleh bangsa Slavia pada abad pertengahan hingga abad ke 12.

Namun mulai tahun 1630 sampai 1720 kota ini menjadi miliki Swedia. Yang akhirnya pada tahun 1720 hingga 1945 dihuni oleh orang Jerman. Barulah ketika Perang Dunia ke dua usai, secara resmi kota ini diserahkan kepada Polandia.

Bisa dikatakan kota ini adalah salah satu destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi ketika liburan di Benua Eropa. Lebih tepatnya berada di Eropa Tengah, kecantikan dan keragaman tempat wisatanya tidak kalah dari tempat wisata di Jerman. Apalagi dengan sejarahnya yang panjang, tentu Scczecin semakin nampak berbeda dari tempat wisata di Eropa lainnya.

Jika Swiss sebagai salah satu negara di Eropa Tengah memiliki kastil yang terletak di tengah Danau Jenewa yang dibangun pada abad ke 12. Yang dilengkapi dengan legenda seorang penyihir yang dibakar membuatnya bukan hanya mistis namun juga eksotis.  

Danau Jenewa sendiri adalah salah satu tempat wisata di Swiss yang tersohor hingga ke seluruh penjuru dunia. Keindahan danau ini pun tidak perlu lagi diragukan. Hhmmm, mengagumkan sekali bukan? tapi tempat wisata di Polandia juga tak kalah menariknya loh. Contohnya seperti tempat wisata di Szczecin berikut ini.

1. Filharmonia im. Mieczysława Karłowicza w Szczecinie

Filharmonia im. Mieczysława Karłowicza w Szczecinie

Disebut juga dengan nama Filharmonia Phhilharmonic didirikan pada tahun 1948 di Kota Szczecin di Polandia. Pada 2015 lalu gedung ini berhasil meraih penghargaan dari Uni Eropa sebagai arsitektur kontemporer.

Konser pertama yang diadakan di tempat ini berlangsung pada 28 Oktober 1948 di bawah arahan Felicjan Lasota. Bangunan yang memiliki luas area 13.000 meter persegi ini memiliki ruang konser utama dengan kapasitas 1.000 kursi.

Selain itu ada pula ruang yang lebih kecil dengan kapasitas 200 orang penonton dan beberapa ruang konferensi. Tempat wisata di Szczecin ini memiliki desain khas menyerupai es dari philharmonic dan fasad kaca berusuk transparan.

Dengan desain dan bahan bangunan tersebut membuatnya nampak bercahaya putih ketika malam hari. Dengan keunikannya tersebut, bangunan ini telah menjadi ikon baru kota Szczecin, dan mendapat banyak penghargaan.

Contohnya pada 2014 lalu bangunan ini berhasil meraih penghargaan bergengsi Eurobuild Award sebagai kategori Desain Arsitektur Terbaik. Pada tahun yang sama, seorang komposer terkenal di Polandia bernama Krzysztof Penderecki secara khusus menyusun sebauh pertunjukkan untuk upacara pembukaan dan peresmian gedung baru.

2. Ducal Castle

Ducal Castle

Ducal Castle berada di Szczecin yang merupakan tempat kedudukan adipati Pomerania-Stettin dari House of Pomerania yang memerintah Kadipaten Pomerania dari 1121 hingga 1637. Kastil didirikan pada 1346 di dalam dinding Szczecin oleh Barnim the Great of Pomerania-Stettin.

Burgh Pomeranian yang lebih tua sebelumnya telah diratakan pada 1249. Lalu pada 1490 kastil kembali dibangun untuk pernikahan Boguslaw X dengan Anna Jagiellonka yang merupakan putri Raja Casimir IV Jagiellon.

Antara tahun 1573 hingga 1582 kastil kembali dibangun yang di desain oleh Wilhelm Zachariasz Italus. Pada pembangunan ini dua sayap baru ditambahkan sebagai penutup halaman, gerbang utamanya dihiasi oleh lambang ducal. Sedangkan sayap timur dan sayap utara difungsikan sebagai kapel.

Namun setelah Perang Utara Besar pada 1720, kota Szczecin menjadi milik Prusia dan kastil tersebut diberikan kepada komandan garnisun Cristian August. Sayangnya di bawah pemerintahan Prusia di abad ke 19 banyak elemen kstil yang hancur, seperti arcade, loteng, dan kubah.

Yang akhirnya sekitar 60 persen kastil dihancurkan selama Perang Dunia II, namun tidak lama setelahnya. Lebih tepatnya pada 1958 sampai 1980 dibangun kembali dengan beberapa modifikasi, terakhir kastil ini dikembalikan ke desain aslinya pada abad ke 16 menurut ukiran pada tahun 1653.

3. Galeria Kaskada

Galeria Kaskada

Liburan adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan, maka tidak heran jika banyak orang yang menyempatkan waktu di tengah kesibukkannya untuk berwisata. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika liburan, seperti mengunjungi museum, menenangkan diri di alam, atau berbelanja.

Setiap kota atau tempat pasti memiliki tempat perbelanjaan, tidak ketinggal dengan kota ini. Szczecin memiliki pusat perbelanjaan yang bernama Galeria Kaskada yang terletak di aleja Niepodległości 36, 70-404 Szczecin, Polandia.

Banyak produk hingga makanan khas Polandia ditawarkan di tempat ini. Contohnya saja Golabki atau Goh-wom- kee yang pastinya sulit ditemukan di negara lainnya. Terbuat dari kubis dengan isian nasi yang dilengkapi dnegna irisan bawang bombay dan daging membuatnya bukan hanya lezat namun juga bergizi.

Yang tak kalah uniknya, meskipun merupakan pusat perbelanjaan yang terlihat modern, tempat ini tetap menawarkan souvenir khas Polandia, dan oleh-oleh Khas Polandia. Tidak heran jika Galeria Kaskada menjadi daya tarik bagi wisatawan yang memang memiliki hobbi berbelanja sekaligus kuliner.

Itulah beberapa destinasi wisata yang wajib masuk ke dalam list trip destination kalian. Eeiits, tapi selain daftar di atas, masih ada juga tempat wisata di Szczecin yang tak kalah menarik dan uniknya. Seperti beberapa tempat wisata berikut ini.

  • National Museum in Szczecin
  • Bulwar Piastowski
  • Plac Tobrucki
  • The Harbour Gate
  • Kosciol Polskokatolicki
  • Pomnik Pionierów Szczecina
  • The Museum of Technology and Transport
  • Bazylika Archikatedralna pw. sw. Jakuba Apostoła
  • Be Happy Sweet Art & Illusion Museum
  • Muzeum Narodowe w Szczecinie – Muzeum Tradycji Regionalnych
  • National Museum in Szczecin – The Dialogue Centre Upheavals
  • Church of St. John the Baptist
  • Beech Forest (Puszcza Bukowa)
  • Ogród Różany Różanka

Itulah beberapa tempat wisata di Szczecin yang bisa didatangi, tentu setiap tempatnya memiliki keunikan dan kekhasannya sendiri. Jadi jika ada kesempatan untuk berkunjung ke Polandia, jangan lupa untuk berkunjung ke Szczecin. Menarik bukan jika kita bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata di atas? Selain dapat menambah wawasan dan pengalaman baru.

Tentu terdapat banyak hal menarik lainnya yang bisa didapatkan di tempat baru. Jika kalian punya list destination lainnya di Kota Szczecin, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya. Apalagi jika kalian sudah pernah berkunjung, bagikan yuk pengalaman seru dan tips jalan-jalan ke Polandia menurut kalian di kolom komentar di bawah ini.

, , , , ,
Post Date: Saturday 31st, August 2019 / 10:29 Oleh :
Kategori : Polandia