14 Tempat Wisata Di Katowice Paling Dicari Wisatawan

Katowice adalah sebuah kota bersejarah terbesar di Polandia, kota ini berupa pegunungan dan kaya akan batubara. Katowice sangat terkenal sebagai kota pertambangan yang juga membantunya dalam meningkatkan ekonominya. Selain memiliki pabrik-pabrik dan lahan pertanian, beberapa tempat di kota ini menyimpan sejarah dan budaya.

Adanya sejarah dan kebudayaan tradisional tersebut membuat kota ini populer dikalangan wisatawan. Keindahan kota ini pun tidak kalah dari Tempat wisata di Eropa Timur.

Sebut saja Cathedral of Christ the Savior dan Catholic Church of Holy Maria yang menjadi salah satu bangunan terindah di Katowice. Rancangan fasilitas-fasilitas keagamaan di bangunan ini sangat menarik dengan memperhatikan detailnya sekecil apa pun.

Gereja didekorasi dengan patung dan lukisan dinding. Satu lagi bangunan berarsitektur menakjubkan di kota ini adalah Teater Silsesia yang dibangun antara 1906 hingga 1907.

Menarik sekali bukan tempat wisata di Katowice ini? Eiitss, sebelum lebih jauh membahas tentang Katowice, tidak ada salahnya untuk menyimak dulu Tips jalan-jalan ke Polandia. Tentu anda akan dibuat semakin penasaran dan takjub dengan beberapa tempat wisata di Polandia berikut ini.

1. Silesia Park

Silesia Park

Silesia Park atau Taman Silesia adalah sebuah kompleks rekreasi yang terletak di pusat Upper-Silesia Metropolis di perbatasan Chorzow dan Katowice. Taman ini memiliki luas 620 hektar, faktanya taman ini memiliki luas hampir dua kali lipat lebih besar dari Central Park di New York.

Taman ini dibangun pada tahun 1950 hingga 1960 atas inisiatif dari politisi lokal bernama Jerzy Ziatek. Tujuan pembangunan taman ini adalah untuk memulihkan sebidang tanah yang hancur karena industri. Taman ini juga buka sepanjang tahun dan beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata di Katowice ini adalah:

  • Planetarium Silesia
  • Kebun binatang Silesia
  • Kawasan pameran Internasional Katowice
  • Kompleks kolam renang
  • Pusat olahraga air
  • Kebun bunga mawar
  • Lapangan tennis
  • Dibuat

2. Kosciuszko Park

Kosciuszko Park

Taman ini telah ada sejak tahun 1925 lalu dan menjadi salah satu taman paling terkenal dan sering dikunjungi di Katowice. Taman Kosciuszko berada di jalan dengan nama yang sama.

Area taman ini memiliki luas 72 hektar yang pengaturannya dipengaruhi oleh taman-taman di Inggris. Taman ini dulu menjadi tempat terindah di Katowice dnegan rangkaian bunga dan hamparan bunga-bunga dan pergola yang membuatnya nampak klasik. Setelah senja, taman ini akan diterangi dengan lampu jalan yang membuatnya semakin menawan.

Ada sebuah plakat yang tujukan sebagai peringatan yang didanai untuk pelindung Tadeusz Kosciuszko oleh penduduk sekitar pada tahun 1925. Tidak jauh dari sana ada sebuah monumen untuk memperingati partisipasi heroik para pengintai di pertahanan kota untuk melawan penjajah Nazi pada 1939.

Di taman ini juga ada sebuah galeri yang menjadi rumah bagi karya-karya seniman terkenal di kota ini. Saat musim dingin anak-anak dapat memanfaatkan jalur kereta luncur dan ski untuk bermain.

Selain itu ada pula Park Hall yang berdiri pada 1950 an yang terletak tepat di seberang taman dan mampu menampung 3.500 orang. Pada masa lalu gedung ini dijadikan sebagai tempat pertunjukkan seni dan budaya yang menarik.

3. Silesian Insurgents’ Monument

Silesian Insurgents' Monument

Silesian Insurgents’ Monument adalah monumen terbesar dan terberat di Polandia, bangunan yang terbuat dari perunggu ini sangat luas dan merupakan salah satu landmark paling terkenal dari Katowice.

Pembangunannya ditujukan untuk memperingati tiga pemberontakkan bersenjata Polandia setelah Perang Dunia ke dua melawan otoritas Jerman. Pemberontakkan tersebut terjadi di Silesia Atas pada tahun 1919, 1920, dan 1921.

Tempat wisata di Katowice ini melambangkan kepahlawanan dan pengorbanan para pemberontak dengan sayap perunggu besar untuk setiap pemberontakkan. Silesian Insurgents’ Monument dirancang oleh Gustaw Zemla yang didirikan di situs pemakanan Tentara Merah kota pada tahun 1967.

Munumen tersebut dirakit dari 350 bagian dan memiliki berat 61 ton. Sayap tertinggi dari monumen mencapai 14 meter, yang menjadikannya sebagai monumen tertinggi di Polandia.

4. Pałac Goldsteinów

Pałac Goldsteinów

Pałac Goldsteinów atau Istana Goldstein adalah sebuah istana neo-renaissance yang dibangun oleh dua bersaudara yaitu, Abraham dan Joseph Goldstein. Istana ini terletak di Katowice, silesia, Polandia yang berada di ujung barat pusat kota.

Gaya bangunan dari tempat wisata di Katowice ini menerapkan bagian kedua tahun 1970an, dengan tangga depan dan tangga interior berdekorasi ornamen neo-renaissance yang khas. Penggunaan marmer dan batu pasir yang mewah menunjukkan kekayaan yang dimiliki oleh pemiliknya.

Istana ini memiliki dua lantai, yang setiap lantainya terdiri dari kamar bangsawan, dapur, kamar mandi, dan dua kamar untuk staff. Saudara-saudara Goldstein memiliki pabrik penggergajian di beberapa kota di Polandia dan juga Katowice.

Namun setelah pabrik penggergajian tersebut terbakar pada tahun 1892, saudara-saudara Goldstein menanggung kerugian besar dan mengalihkan bisnis utama mereka ke Wroclaw. Istana ini kemudian dihual ke sebuah perusahaan “Kohlen Produzenten Georg Von Giesches Erben”.

Sebelum Perang Dunia ke dua, bangunan ini menjadi lokasi bagi kamar dagang lokal. Yang kemudian dari tahun 1952 hingga 1990 gedung ini menjadi tempat penampungan Towarzystwo Przyjaźni Polsko-Radzieckiej. Pada tahun 1960 hingga 1970 di ruang bawah tanah terdapat sebuah teater pelopor bernama 12a.

Ada pula sebuah restoran bernama “Kolumb” yang berada di gedung ini, namun sedang dalam masa rekonstruksi untuk menjadi Stanz Cywilnego atau kantor pendaftaran Urzad di tahun 2007. Pemilik resmi dari istana ini saat ini adalah Kota Kotawice.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti siapa arsitek dibalik pembangunan istana megah ini. Namun para ahli dan sejarawan meyakini arsitek tersebut berasal dari Berlin.

5. Archcathedral Christ the King

Archcathedral Christ the King

Archcathedral Christ the King yang berada di Katowice menawarkan nilai sejarah yang sangat besar. Bangunan ini sekaligus menjadi simbol agama dan nasional yang sangat penting.

Bangunan ini berdiri di atas kawasan reklamasi oleh Polandia pada tahun 1922 yang disebut dnegan plebisit Silesia. Tempat wisata di Katowice ini adalah katedral terbesar di Polandia sekaligus juga menjadi satu-satunya katedral yang didirikan pada abad ke 20.

Letaknya berada di pusat kota Katowice, tepatnya di 49 jalan Plebiscytowa. Katedral dibangun di atas bukit kecil yang langsung berhadapan dengan jalan. Darsitek dari katedral ini yaitu Zygmunt Gawlik dan Franciszek Macynski, salah satu fitur penting dari bangunan ini adalah ruang bawah tanah.

Ruangan tersebut dirancang melingkar dan menampilkan kompleks dengan beton-beton yang dirancang untuk menahan beban di atasnya. Di sebelah timur ruangan bawah tanah ada makam uskup yang interiornya bergaya Art Deco.

Altar utamanya berhiaskan relief-relief yang dirancang oleh Jerzy Egon Kwiatkowski. Bagian lainnya yang tak kalah populer adalah patung Yesus Kristus dan jendela dengan kaca patri.

Selain tempat wisata di Katowice di atas, terdapat pula tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa setelah puas mencicipi makanan khas Polandia, dan sebelum pulang kembali ke rumah sempatkan dulu untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Polandia. Beberapa tempat wisata lainnya di Katowice yaitu:

  • Parachute Tower Katowice
  • Guitar History Museum
  • Osiedle Giszowiec
  • Church of St. Michael the Archangel
  • Nikiszowiec
  • Silesian Museum
  • Valley of Three Ponds (Dolina Trzech Stawow)
  • Kosciuszko Park
  • Museum of the History of Katowice
, , , , , ,
Post Date: Saturday 31st, August 2019 / 10:30 Oleh :
Kategori : Polandia