13 Tempat Wisata Di Karpacz Yang Wajib Dikunjungi

Negara yang memiliki tradisi unik bernama Kupala Day, yaitu sebuah hari libur istimewa dimana orang-orang akan melompat di atas kobaran api. Pada hari ini, para pemuda biasanya akan melompat dia atas api unggun yang menyala kuat sebagai bagian dari tes keberanian dan keyakinan.

Sebuah legenda yang dipercaya oleh masyarakatnya, bagi pasangan yang bisa melompat dengan bergandeng tangan ketika melewati api. Jika tangan mereka tetap bergengan erat, maka pasangan tersebut akan memiliki hububungan yang langgeng. Hhmm unik sekali ya. Polandia juga memiliki tempat wisata di Krakow yang layak masuk dalam list destinasi traveller.

Eeitss, tapi di artikel ini bukan tradisi tersebut yang akan kami ulas, melainkan Tempat wisata di Karpacz. Karpacz adalah sebauh kota di Polandia yang kaya akan atraksi wisata, wisatawan juga bisa dengan mudah menemukan makanan khas Polandia hingga oleh-oleh khas Polandia di kota ini. Penasaran? Langsung yuk simak destinasi wisata yang bisa traveller kunjungi ketika libura di Karpacz.

1. Snezka

Snezka

Snezka atau dalam Bahasa Polandia disebut dengan Sniezka merupakan sebuah gunung yang berada di perbatasan Republik Ceko dan Polandia. Puncak gunung ini adalah titik tertinggi di Pegunungan Krkonse, dengan titik ketinggian 1.603 meter.

Gunung ini juga menjadi gunung tertinggi di republik Ceko. Snezka juga menjadi salah satu gunung pertama di Eropa yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena untuk mendaki gunung ini tidaklah sulit. Selain itu, sejak abad ke 16 lalu telah banyak pengunjung yang datang ke Cieplice Slaskie-Zdroj yang berada tidak jauh dari Gunung Snezka.

Pendakian pertama yang tercatat dalam sejarah dilakukan pada tahun 1456 oleh seorang pedagang asal Venesia yang mencari batu berharga. Kemudian, tambang-tambang mulai digali untuk diambil sumber daya arsenik, perunggu, dan besinya.

Bangunan pertama yang berada di puncak gunung ini adalah Kapel Santo Laurensius yang dibangun pada tahun 1665 hingga 1681 oleh keluarga Schaffgotsch dari Schlesien untuk dijadikan wilayah mereka. Lalu pada tahun 1900 sebuah stasiun cuca dari kayu dibangun di puncak gunung.

Stasiun cuaca tersebut kini mnejadi satu-satunya stasiun cuaca yang masih utuh di Eropa Tengah setelah Perang Dunia ke Dua, tetapi sayangnya bangunan ini lalu dirobohkan pada tahun 1980 an.

2. Vang Stave Church

Vang Stave Church

Gereja ini merupakan gereja paranada yang dibeli oleh Raja Frederick William IV dari Prusia dan dipindahkan dari Vang di wilayah Valdres di Norwegia. Lalu didirikan kembali pada tahun 1842 di Bruckenberg dekat Krummhubel di Silesia, saat ini karpacz di pegunungan Karkonosze, Polandia.

Awalnya bangunan ini digunakan oleh jemaat Gereja Norwegia, lalu kemudian Gereja Evangelikal Prusia, dan saat ini melayani Gereja Evangelikal-Augsburg di Polandia. Gereja ini memilki empat tiang tunggal yang dibangun sekitar tahun 1200 di paroki Vang yang termasuk ke dalam wilayah Valdres, Norwegia.

Tempat wisata di Karpacz ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi di Polandia. Apalagi dengan sejarah yang panjang dan juga bengunannya yang nampak kuno namun semakin menambah keunikannya.

3. Zamek Chojnik

Zamek Chojnik

Tempat wisata di Karpacz ini berupa kastil yang terletak di barat daya Polandia dan berdiri di atas bukit Chojnik. Kastil Chojnik berada di dalam Taman Nasional Karkonosze yang sekaligus menghadap ke lembah Jelenia Gora. Keindahannya pun tak kalah dari Tempat Wisata Terkenal Di Eropa.

Kastil ini awalnya dibangun atas perintah dari Duke Bolko I Ketat pada tahun 1292 di lokasi yang dulunya merupakan pondok berburu yang dibangun oleh ayahnya yaitu Bolesław II the Bald. Benteng tersebut dibangun dengan tujuan untuk melidungi perbatasan Kadipaten Jawor Bolko terhadap Wanceslaus II Bohemia.

Setelah pembangunannya, Kastil ini sempat mengalami kerusakan, hingga akhirnya pada tahun 1964 negara Polandia merestorasinya dan membangun kembali rebuilt the mountain hut yang sempat rusak. Bukan hanya bangunannya yang nampak megah, Zamek Chojnik memiliki sebuah legenda tentang seorang putri yang diinginkan oleh banyak pangeran.

Namun putri tersebut tidak memiliki niat untuk menikah, ia pun mengadakan sayembara dengan menantang para pangeran tersebut untuk menunggang kuda di sepanjang dinding kastil. Ia tahu bahwa dinding kastil tersebut terletak di lereng yang curam dan jika melakukan kesalahan pangeran yang menunggang kuda pun akan jatuh ke jurang.

Banyak pengaran yang mengikuti sayembara tersebut, namun terjatuh ke dalam jurang. Hingga datanglah seorang pangeran sombong yang memikat hati sang putri. Putri pun siap untuk menikah dengannya tanpa syarat. Namun, sang pangeran tersebut ingin mengambil resiko dengan menunggang kuda di atas dinding kastil.

Hebatnya pangeran tersebut berhasil, namun ia bukan bermaksud untuk menikahi sangputri, melainkan memarahinya lalu pergi. Merasa sangat terhina, sang putri pun nekad melompat ke dalam jurang di dinding kastil tersebut.

4. Słonecznik Rock

Słonecznik Rock

Słonecznik adalah nama dari sebuah formasi batuan granit yang terletak di bagian timur pegunungan Silesia, Polandia. Monumen alam ini memiliki formasi menyerupai sosok seorang manusia yang terletak di sebelah utara.

Batuan ini merupakan hasil dari erosi berjuta-juta tahun lamanya, sebelum akhirnya menjadi sebuah tempat wisata di Karpacz yang layak dikunjungi saat ini. Karena lokasinya yang berada di atas pegunungan, monumen alam ini memiliki pemandangan yang pasti memikat hati wisatawan.

Hijaunya perbukitan di sekitarnya nampak kontras dnegan langit biru cerah dengan awan tipis di atasnya. Karena masih berada di dalam kawasan taman nasional, wisatawan yang datang harus mematuhi peraturan dengan tidak meninggalkan sampah maupun merusak lingkungan.

Perburuan dan penggalian tanaman apapun juga dilarang di tempat ini, musim terbaik untuk berkunjung adalah ketika musim panas dan musim semi. Karena ketika musim dingin, tempat ini akan tertutup salju, dan suhunya pun bisa sangat dingin. Selain itu, ketika musim dingin biasanya tempat ini akan ditutup sementara bagi wisatawan, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain tempat wisata di atas, kota ini tentu masih memiliki segudang daftar tempat wisata lainnya. Jika punya waktu lebih ketika liburan di sini, jangan lupa untuk sempatkan diri mampir ke beberapa tempat wisata berikut ini:

  • Dam on Lomnica
  • Kolorowa Luge, Karpacz (Tory saneczkowe Kolorowa, Karpacz)
  • Karkonoskie Tajemnice
  • Kopa Cable Car (Kolejka linowa na Kope)
  • Karkonoski National Park
  • Wild Waterfall
  • Private Museum of Technology and Structures made of LEGO
  • Gravitational Anomaly Spot
  • Muzeum Zabawek

Siapa sangka jika salah satu kota di Polandia ini memiliki beragam destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Jika kalian punya list destination lainnya share yuk di kolom komentar! Atau bahkan kalian pernah berkunjung ke salah satu tempat wisata di Polandia di atas? Hhmm bagikan yuk pengalaman kalian di sini.

, , , , ,
Post Date: Saturday 31st, August 2019 / 09:46 Oleh :
Kategori : Polandia