11 Tempat Wisata di Zagreb Kroasia Terpopuler dan Terkenal

Tempat Wisata di Zagreb – Zagreb merupakan ibu kota Kroasia yang terletak di lereng gunung Medvednica. Kota ini berada di ketinggiang 120 meter diatas permukaan laut. Meskipun wisata Kroasia lebih terkenal dengan garis pantainya, seperti halnya tempat wisata di Dubrovic, namun kota Zagreb juga tidak bisa dilewatkan.

Kota yang menyandang status ibu kota ini juga memiliki sejarah yang cukup menarik untuk dijelajahi. Nah, apa sajakah tempat wisata di Zagreb. Yuk, kita simak ulasan mengenai tempat wisata di Zagreb berikut ini.

1. Zagreb 360

zagreb-360

Terletak di Ilica 1a, Zagreb 360 adalah dek observasi dimana anda dapat melihat panorama Zagreb yang indah dari atas ketinggian. Dek observasi tersebut terletak di  lantai 16 gedung pencakar langit yang terletak di pusat kota, dan tidak jauh dari  Alun-alun Ban Jelacic .

Tempat ini juga memiliki koneksi Internet yang sangat cepat dan juga tersedia wi-fi gratis. Zagreb 360 buka setiap hari mulai dari pukul 10:00 hingga 23:45. Untuk bisa memasuki Zagreb 360, anda diharuskan membayar 8 euro dan untuk dibawah 3 tahun tidak dipungut biaya masuk.

2. Gornji Grad

Gornji-grad

Gornji grad atau kota atas dimana terdiri dari Jalan-jalan batu bulat yang indah dan atap-atap bangunan merah abad pertengahan. Di Gornji Grad anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di kota ini.

Jangan lewatkan untuk menyusuri Jalan Tkalciceva yang dipenuhi dengan kafe, restoran, serta butik dan nikmati makanan khas Kroasia yang lezat. Anda juga bisa berkunjung ke Kaptol Square yang terkenal dengan berbagai bangunan awal abad ke-17, pasar buah dan sayur Dolac .

Dan juga salah satu bangunan yang paling populer disini adalah Gereja Santo Markus , yang digunakan pada lambang Kroasia, Dalmatia, Slavonia, dan Kota Zagreb. Anda bisa melihat ke dalam gereja ini dimana terdapat patung-patungnya yang dipahat oleh Ivan Mestrovic, dan lukisan dinding yang dilukis oleh Jozo Kljakovic.

3. Maksimir Park

maksimir-park

Maksimir park merupakan taman umum tertua dan terbesar di Zagreb. Didesain dengan gaya taman Inggris kuno, Taman Maksimir adalah ruang hijau yang indah yang memiliki luas sekitar 45 hektar. Taman ini berisi dua pavilion besar, yaitu Echo Pavilion dan Bellevue Pavilion yang dibangun pada tahun 1843.

Taman ini juga menawarkan banyak jalur dan jalan setapak yang sangat terawatt. Dilengkapi juga dengan danau buatan, area hutan, dan taman bunga, yang menjadikan taman ini tempat yang tepat untuk bersantai atau piknik. Bagi anda yang bepergian dengan anak-anak, di taman ini juga terdapat kebun binatang kecil, yang bisa anda kunjungi.

4. Katedral Zagreb

Katedral-zagreb

Katedral Zagreb didirikan di situs bangunan sebelumnya yang dihancurkan oleh bangsa Tartar pada awal tahun 1200-an. Katedral ini terkenal dengan dua menara yang  penuh dengan hiasan yang indah.  Hingga saat ini, katedral ini sudah beberapa kali mengalami renovasi dan struktur aslinya pun berubah sangat berbeda dari pertama kali dibangun.

Pernah mengalami kerusakan karena gempa bumi pada tahun 1880 yang membuat katedral ini rusak cukup parah. Disini anda juga dapat melihat berbagai karya seni religius, pakaian, dan benda-benda sakral  keagamaan.

5. Museum Patah hati

museum-patah-hati

Museum  unik ini terletak di Sv Cirila i Metoda 3, Gornji grad, Zagreb dan salah satu museum terunik di tempat wisata di Kroasia. Di museum ini anda dapat melihat  koleksi menarik benda-benda pribadi yang disumbangkan dari pasangan-pasangan yang gagal dalam menjalin kasih dari seluruh dunia.

Benda-benda yang disumbangkan oleh para galauers tersebut  ditampilkan di ruangan serba putih, dan setiap benda dilengkapi dengan kisah hubungan  mereka yang gagal. Setelah anda puas berkeliling di museum  tersebut, terdapat toko yang menjual berbagai hadiah yang sangat unik yang bisa anda jadikan oleh-oleh khas Kroasia.

Di museum ini juga terdapat sebuah kafe dengan tempat duduk di trotoar yang sangat pas untuk tempat nongkrong, dan pada setiap musim panas biasanya terdapat pertunjukan musik  jazz pada hari Kamis malam.

6. Lotrscak tower

lotrscark

Menara Lotrscak dibangun pada sekitar abad ke-13 dan menjadi salah satu landmark Zagreb yang paling populer. Menara ini dibangun untuk menjaga gerbang selatan tembok kota Gradec. Menurut Legenda, lonceng di menara ini selalu dibunyikan setiap malamnya, sebelum gerbang ditutup untuk memperingatkan para penduduk yang berada di luar tembok untuk kembali.

Pada abad ke-19, terjadi renovasi dengan membangun lantai dan penambahan meriam yang ditempatkan di atapnya, yang sejak itu ditembakkan setiap siang hari. Anda bisa menaiki menara ini  untuk melihat pemandangan kota Zagreb yang menakjubkan dan juga terdapat galeri pameran serta toko souvenir yang bisa dijelajahi.

7. Museum Mimara

mimara

Museum ini terletak di Trg Franklina Roosevelta 5, dimana Museum ini dibuat untuk memamerkan koleksi dari seorang kolektor Ante Topic Mimara, pada tahun 1972. Musuem ini bertempat di sebuah bangunan Neo-Renaissance yang dibangun pada tahun 1895.

Terdapat banyak koleksi yang bisa anda lihat disini, seperti pameran arkeologi yang berisi  artefak-artefak dari Mesir Kuno, Mesopotamia, Persia, Timur Tengah, Timur Jauh, India, Inca dan Pra-Inca Amerika Selatan. Ada juga koleksi kaca besar dari Eropa dan negara-negara Mediterania lainnya, berbagai  furnitur dari Abad Pertengahan dan patung-patung dari Yunani kuno.

Koleksi- koleksi lainya termasuk lukisan-lukisan termasuk karya seniman kondang eropa seperti Raphael, Veronese, Ruisdael , Rubens, Goya, Renoir,  Van Dyck, Velazquez , Degas, Boucher, dan Delacroix. Dan juga  patung-patung terkenal  karya-karya Auguste Rodin dan Jean-Antoine Houdon.

8. Stone Gate

stone-gate

Terletak di Strossmayerovo setaliste 9, 10000, Zagreb. Stone gate atau Kamenita Vrata merupakan gerbang  terakhir dari lima gerbang kota asli yang dibangun pada abad ke-13.  Bangunan ini cukup populer karena selamat dari kebakaran pada tahun 1731, bersamaan dengan lukisan Maria dan Yesus yang juga selamat dari kebakaran tersebut.

Untuk mengenang peninggalan bersejarah tersebut, sebuah kapel dibangun untuk mengenang lukisan tersebut dan saat ini menjadi obyek ziarah bagi umat khatolik di dunia.

9. Art Pavilion Zagreb

art-pavilion

Art Pavilion Zagreb terletak di Trg kralja Tomislava 22, 10000, Zagreb,  dibangun untuk pameran internasional di Budapest pada tahun 1896. Paviliun ini memiliki eksterior yang mengaggumkan dengan arsitektur bergaya Art Nouveau kuning dengan taman hijau di halamanya.

Saat ini Art Pavilion Zagreb digunakan untuk memamerkan berbagai karya seni kontemporer yang berisi karya-karya penting Ivan Mestrovic, seorang seniman terkenal dari Kroasia. Di belakang pavilion terdapat Ledeni park dan juga lapangan publik besar yang terdapat patung Raja Kroasia pertama,King Tomislava.

10. Teater Nasional Kroasia

Nasional-teater

Dibangun pada tahun 1895 oleh arsitek Wina Hermann Helmer dan Ferdinand Fellner, Teater Nasional Kroasia terletak di sudut barat laut Zagreb “Green Horseshoe” di Donji Grad. Resmi dibuka pada tahun 1894 oleh Kaisar Austro-Hungaria Franz Joseph I.

Dibangun dengan gaya Neo-Baroque dan Rococo, dengan dua kubah kecil di bagian depan dan kubah yang lebih besar di bagian belakang. Bangunan ini juga menawarkan interior yang luar biasa yang berisi berbagai karya seni karya Vlaho Bukovac dan Ivan Mestrovic. Jika memungkinkan, cobalah untuk menghadiri salah satu pertunjukan opera, balet, atau drama reguler di venue teater ini.

11. Museum Arkeologi Zagreb

arkeologi-museum

Museum Arkeologi Zagreb terbagi menjadi lima koleksi utama yang berisi sekitar 400.000 artefak. Diantaranya adalah ruang mumi Mesir, vas Yunani, ruang abad pertengahan dan berbagai koleksi koin yang berasal dari Yunani, Celtic, Romawi, Bizantium, dan berbagai karya-karya modern. Salah satu karya paling penting adalah patung  Kepala Plautilla yang berasal dari kota kuno Salona

Selain itu, anda juga bisa mengunjungi Museum Etnografi yang menampilkan berbagai koleksi yang menunjukkan sejarah budaya Kroasia.  Pameran di museum ini meliputi pameran keramik, perhiasan, emas, alat musik, tekstil, perkakas, senjata, dan kostum tradisional Kroasia.

Zagreb masih memiliki banyak wisata unggulan yang bisa dijelajahi, Dan diatas adalah beberapa tempat wisata di Zagreb yang populer untuk wisatawan. Selamat berlibur dan jaga selalu kesehatan dan barang bawaan anda.

, ,
Post Date: Tuesday 30th, July 2019 / 12:10 Oleh :
Kategori : Eropa