12 Tempat Wisata di Zhengzou China Populer Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Zhengzou – Zhengzou merupakan ibukota Provinsi Henan, China bagian tengah, dan kota ini juga menjadi kota wisata yang luar biasa yang menjadi salah satu dari delapan kota kuno di China. Kota Zhengzou juga dianggap sebagai tempat lahirnya peradaban China yang unik dan mengaggumkan.

Selain menjadi kota lahirnya budaya China, Kota ini juga menjadi salah satu kota pusat nasional china atau central plains, dimana anda tidak akan kesulitan dalam menemukan fasilitas untuk keperluan berwisata anda. Zhengzou pada zaman dahulu juga pernah menjadi ibukota China selama seribu tahun lamanya sebelum saat ini berada di tempat wisata di Beijing.

Nah, apa sajakah yang bisa anda kunjungi di Zhengzou, Yuk kita simak tempat wisata di Zhengzou berikut ini.

1. Kuil Shaolin

Shaolin

Kuil Shaolin, atau Biara Shaolin, terletak di wilayah Gunung Song, Dengfeng. Didirikan pada abad ke-5, Dimana kuil ini cukup populer dengan seni bela diri Tiongkok, yaitu Shaolin Kung Fu. Kuil ini juga merupakan salah satu biara Budha Mahayana yang paling dikenal di dunia Barat.

Biara Shaolin ini ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2010 sebagai bagian dari Monumen Bersejarah Dengfeng. Untuk bisa masuk ke kuil ini , anda dikenakan biaya sebesar 100 Yen, dan kuil ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00.

2. Gunung Song

Mt-song

Gunung Song merupakan salah satu dari Lima Gunung Suci Taoisme yang terletak di provinsi Henan di tepi selatan Sungai Kuning di Cina. Gunung Song terdiri dari 72 gunung yang menjulang hingga 1500 m di distrik Dengfeng.

Gunung ini juga terdapat Kuil Shaolin, yang dianggap sebagai tempat kelahiran Buddhisme Zen, dan memiliki koleksi stupa candi  yang terbesar di Cina. Selain itu, anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti tamasya, hiking, dan nikmati pemandangan indah pegununggan Song dari atas ketinggian.

3. Longmen Grottoes

Longmen

Longmen Grottoes terletak di Gunung Longmen dan Gunung Xiangshan di samping tepi Sungai Yihe. Tempat ini merupakan salah satu karya seni terbesar dan paling mengesankan yang menampilkan dua gunung yang terdapat sekitar 2.300 gua dan 110.000 ukiran batu yang di pahat sepanjang 1 km.

Ukiran-ukiran dinding tersebut diperkirakan berasal dari akhir abad ke-5 hingga pertengahan abad ke-8. Salah satu patung Budha paling unik disini adalah patung Budha Wu Zetian yang merupakan satu-satunya kaisar wanita dalam sejarah Tiongkok.

Patung Wu Zetian atau Vairocana Buddha ini  juga merupakan patung  terbesar dengan tinggi 17,4m, dan memiliki desain paling rumit di antara ukiran-ukiran lain di Gua Longmen.

4. Gunung Yuntai

Yuntai-mt

Gunung Yuntai terletak 70 km di barat laut Zhengzhou, Tepatnya di area Taman Geologi Dunia UNESCO. Memiliki luas area sekitar 250 kilometer persegi, Gunung Yuntai dikelilingi oleh pegunungan yang luar biasa, lembah yang tenang, hutan luscious, air terjun, dan kolam air alami yang jernih.

Salah satu tempat populer di Gunung Yuntai adalah Lembah Batu Merah, dimana anda bisa mendaki dari lembah Tanpu, dan rasakan sensasi berjalan diatas Phoenix Mountain Glass Skywalk, Jembatan kaca diatas jurang dimana anda bisa merasakan sensasi seperti berjalan diatas jurang yang  menegangkan.

5. Kuil Huang Di

Huang-di

Terletak  di distrik Xinzheng, 60km dari pusat kota Zhengzhou. Kuil ini dikenal sebagai salah satu tempat kelahiran bangsa Tiongkok. Huang Di merupakan seorang Kaisar Kuning legendaris yang lahir di Xinzheng 5000 tahun yang lalu. Setiap tahun diadakan upacara besar untuk mempertingati hari kelahiran Huangdi, di daerah Zhinzeng ini.

Untuk dapat mengunjungi kuil ini, anda tidak ditarik biaya masuk, alias gratis. Kuil ini buka dari pukul 09.00 hingga pukul 17.30.

6. Drum Tower Night Market

Pasar malam pertama di Cina dengan sejarah lebih dari 1000 tahun. Drum Tower Square adalah pasar makan populer yang terkenal dengan makanan khas China seperti camilan Kaifeng dan berbagai hidangan Henan. Anda dapat menemukan hidangan ekstrim Kaifeng yang menarik seperti jangkrik, mie, kue pangsit, Tahu busuk, BBQ China, dan sup darah ayam.

7. Museum Henan

Museum-henan

Museum Henan merupakan museum seni dan sejarah modern yang dibuka pada tanggal 1 Mei 1998.  Museum ini menempati area lebih dari 100.000 meter persegi, dengan total luas lantai 78.000 meter persegi.

Di Museum ini anda dapat melihat berbagai koleksi peninggalan budaya Henan berabad-abad yang lalu. Koleksi di museum ini diperkirakan lebih dari 130.000 artefak. Selain koleksi sejarah peradaban manusia di Henan, museum ini juga menampilkan berbagai peninggalan sejarah alam seperti tulang dan fosil dinosaurus.

8. Sungai Kuning

Sungai-kuning

Sungai Kuning adalah sungai terpanjang kedua di Tempat wisata di Cina dan kelima di dunia. Nama Sungai kuning sendiri diambil namanya dari air kuning berlumpur yang berasal dari sedimen yang ada dibawanya. Area Pemandangan Sungai Kuning Zhengzhou adalah daerah wisata Kelas Nasional 4A yang terletak 30 kilometer ke barat laut Zhengzhou.

Area Sungai Kuning memiliki lima tempat indah diantaranya adalah Puncak Five Dragons, Pegunungan Camel, Kuil Yueshan , Monumen Yandi dan Huangdi, serta Kota Kuno Liu Bang dan Xiang Yu. Spot pemandangan sungai kuning, dibuka dari pukul 08.00 – 18.00 dan dengan biaya masuk sebesar 60 Yen.

9. Reruntuhan Kota Shang

shan-dinasti

Reruntuhan Kota Shang  terletak di pinggiran timur pusat kota Zhengzhou. Situs ini ditemukan pada tahun 1950-an oleh tim kerja budaya Henan, dimana situs ini merupakan ibu kota terbesar dan paling terpelihara dengan baik pada awal Dinasti Shang.  

Situs ini diperkirakan lebih kuno dari Yin Xu di Anyang. Dimana situs reruntuhan kota Shang ini memiliki area sekitar 25 kilometer persegi . situs ini juga masih memiliki tembok kota dengan Panjang hampir 7 kilometer.

anda dapat melihat barang-barang serta bangunan sejarah yang pernah besar pada masanya, seperti perunggu langka, berbagai barang dari kerang, berbagai barang dari batu, batu giok, barang peninggalan dari silo, sumur dan kuburan. Tempat ini juga menawarkan banyak bahan untuk studi pengembangan mengenai kota-kota kuno Tiongkok.

10. Alun-alun Erqi

erqi

Alun-alun Erqi terletak di pusat kota dan merupakan area komersial tersibuk di Zhengzhou dan bahkan di Provinsi Henan. Terdapat banyak department store dan restoran, yang tidak boleh dilewatkan, dimana anda bisa membeli berbagai makanan maupun oleh-oleh khas China disini.

Salah satu bangunan yang paling menarik di alun-alun Erqi adalah Menara Memorial Er ‘Qi yang dibangun pada tahun 1971. Menara ini merupakan sebuah monumen peringatan serangan Erqi, yang terjadi pada 7 Februari 1923.

Menara Memorial Erqi memiliki 14 lantai, dengan ketinggian 63 meter, dan juga disebut Menara Kembar, karena memiliki dua bagian persegi pendek yang terhubung. Anda bisa menaiki manara ini, dan menikmati pemandangan indah kota Zhengzou dari menara ini.

11. Kuil Fawang

Fawang-temple

Kuil Fawang adalah kuil Budha yang terletak 5 kilometer di barat laut kota Dengfeng. Kuil ini terletak di kaki  gunung Song dan diperkirakan sudah ada sejak Dinasti Tang awal.

Salah satu yang paling populer di kuil ini adalah menara batu persegi setinggi 40 meter dengan atap, lantai dasarnya berukuran 7 meter, dan di setiap sisinya dikelilingi dinding setebal 2 meter. Di dalam pagoda terdapat sebuah kuil dan patung giok Buddha yang dibuat pada tahun 1409 pada era Dinasti Ming.

12. Millenium City Park

Millenium City Park merupakan taman hiburan terbesar yang menampilkan berbagai budaya pada masa Dinasti Song. Di taman ini anda bisa menemukan rumah teh, lukisan Cina, karya seni, dan barang kerajinan tangan, pertunjukan drama dan budaya selama Dinasti Song.

Salah satu koleksi terkenal di taman ini adalah lukisan Zhang Zeduan, yang merupakan salah satu lukisan paling populer di China.

Zhengzou menawarkan pengalaman dan wisata sejarah yang sangat beragam. Kota yang dulunya menjadi ibu kota Tiongkok ini selalu memukau bagi para pecinta sejarah di seluruh dunia. Untuk menjelajahi kota ini, jaga kesehatan dan barang bawaan anda, dan selamat berlibut.

, ,
Post Date: Monday 29th, July 2019 / 15:14 Oleh :
Kategori : Tiongkok