13 Tempat Wisata Di Tibet Yang Wajib Anda Kunjungi

Apakah anda pernah mengunjungi Tibet? Tibet dan juga Dalai Lama memang merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan. Meskipun sebenarnya Tibet merupakan sebuah negerti yang terkesan menutup diri dari dunia luar, namaun jika anda mengunjungi tempat ini maka anda akan terpana karena dibalik negeri yang jarang menonjolkan dirinya tersebut banyak menyimpan tempat wisata yang sangat menarik.

Tibet bahkan mendapat julukan sebuah negeri musim dingin karena memang tempat ini paling direkomendasikan untuk anda kunjungi ketika musim dingin telah tiba. Tibet merupakan sebuah negeri yang lokasinya berada di sekitar pegunungan Himalaya yakni berada di ketinggian 4000 sampai dengan 5000 meter di atas permukaan laut.

Dan jika anda ingin mengunjungi Tibet, maka tentunya anda harus mempersiapkan diri seperti halnya ketika pada beberapa waktu kami telah menjelaskan mengenai tips liburan ke Eropa musim dingin dan juga tips liburan ke Jepang. Salah satu hal yang dikhawatirkan ketika anda mengunjungi Tibet adalah AMS atau Ascute Mountain Sickness dan juga anda disarankan untuk menyiapkan air minum untuk menghindari dehidrasi.

Oke langsung saja di bawah ini akan kami berikan informasi tentang tempat wisata di Tibet yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau teman – teman anda.

1. Istana Potala

Istana Potala

Tempat wisata di Thibet yang pertama harus anda kunjungi adalah Istana Potala. Tempat ini merupakan sebuah kediaman atau tempat tinggal utama dari Dalai Lama sampai pada masa ketika Dalai Lama ke 14 mengungsi ke daerah Dharamsala yang ada di India.

Ketika mengalami kekalahan pada tahun 1959, Istana Potala kemudian diubah oleh China dan kemudian dialih fungsikan menjadi sebuah tempat wisata berupa museum. Di Istana Potala, anda bisa melihat berbagai macam koleksi peninggalan Dalai Lama pada masa itu.

Istana Potala merupakan sebuah bangunan yang memiliki ukuran mencapai 400 meter ke timur barat dan 350 meter ke timur selatan dengan dinding batu yang dibuat dengan ketebalan yang bahkan mencapai 3 meter serta 5 meter pada bagian dasarnya sehingga akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya gempa bumi. Istana Potala memiliki kurang lebih 1000 kamar, 200 patung, dan juga hampir 10.000 tempat pemujaan.

2. Kuil Jokhang

Kuil Jokhang

Tempat wisata di Tibet yang kedua adalah Kuil Jokhang. Sebenarnya Kuil Jokhang memiliki banyak nama, antara lain Qokang, Vihara Jokhang, Tsuklakang, dan juga Jokang. Kuil Jokhang merupakan sebuah kuil pertama yang didirikan oleh umat buddha pada waktu itu yang mana lokasi dari kuil ini berada di Kota Lhasa yang merupakan sebuah dataran Barkhor.

Kuil Jokhang pertama kali dibangun atas persetujuan dari Raja Songsen Gampo yang pada waktu itu menjabat di negara tersebut mulai tahun 605 sampai dengan 650 Masehi. Tujuan dari pembangunan kuil ini adalah sebagai cara untuk memperingati pernikahannya dengan putri Wencheng yang berasal dari Dinasti Tang Cha, yang merupakan seorang wanita penganut agama buddha.


Kuil Jokhang juga disebut sebagai Tsulag Khang atau yang berarti Rumah Bijaksana, namun seiring berjalannya waktu maka kuil ini lebih dikenal dengan sebutan Rumah Buddha. Kuil Jokhang sangat disarankan untuk dikunjungi bagi anda yang ingin mendapatkan nuansa religi karena memang Kuil Jokhang sudah dinobatkan sebagai warisan dunia versi UNESCO.

3. Istana Musim Panas Norbulingka atau Summer Palace

Istana Musim Panas Norbulingka

Tempat wisata selanjutnya yang juga harus anda kunjungi adalah Istana Musim Panas Norbulingka atau yang juga disebut dengan Summer Palace. Istana ini berlokasi di bagian tepi barat Lasa yang berada di tepi sungai Kyichu dan jaraknya pun tidak jauh dari Istana Potala yang kita bahas sebelumnya, yakni hanya berjarak sekitar 1 kilometer.

Istana Musim Panas Norbulingka menawarkan pemandangan alam terbaik yang sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki hobi mengunjungi wisata alam di suatu negara. Di Istana Musim Panas Norbulingka anda akan menemukan taman dengan bunga – bunga yang sangat indah yang masih terpelihara dan dirawat sampai sekarang.

Selain itu Istana Musim Panas Norbulingka mempunyai lebih dari 30.000 relik budaya yang banyak diminati oleh para wisatawan. Ketika anda berkunjung ke Istana Musim Panas Norbulingka, anda juga bisa mengunjungi beberapa toko yang menjual berbagai macam aksesori khas Tibet yang unik dan lucu yang tidak kalah jika anda bandingkan dengan oleh – oleh khas Malaysia maupun juga oleh – oleh Khas Beijing.

4. Kuil Ramoche

Kuil Ramoche

Jika anda ingin mengunjungi sebuah tempat yang bernuansa religi, maka tentunya Kuil Ramoche bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda karena memang kuil ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik yang berasal dari domestik maupun mancanegara.

Kuil Ramoche terletak di Barat Laut dari ibu kota Tebet yaitu Lhasa. Kuil Ramoche mencakup area seluas 4000 meter persegi, tentu merupakan sebuah kuil yang sangat besar yang bukan mengherankan jika banyak wisatawan yang ingin mengunjungi Kuil Ramoche.

Ketika anda pertama kali mengunjungi Kuil Ramoche, anda akan takjub dengan kemegahan bangunan kuil yang masih sama seperti ketika pertama kali dibangun. Kami jamin anda akan benar – benar merasakan nuansa religi yang kental ketika berkunjung ke Kuil Ramoche. Disarankan untuk memakai pakaian yang sopan dan jangan ramai karena hanya akan mengganggu ketenangan atau kekhusukan dari Kuil Ramoche.

5. Danau Yamdrok

Danau Yamdrok

Setelah kita membahas mengenai wisata yang bernuansa religi dan sejarah, kali ini kami akan memberikan tempat rekomendasi untuk anda yang memang memiliki hobi berwisata air. Ya, Danau Yamdrok atau Yamdrok Yumtso merupakan sebuah tempat wisata yang bisa menjadi pilihan favorit bagi anda yang mencintai wisata air.

Danau Yamdrok merupakan sebuah danau yang lokasinya berada di antara ibu kota Tebet dan juga kota Gyantse. Perlu anda tahu bahwasanya Danau Yamdrok merupakan tempat yang menghubungkan wilayah Nepal dengan Everest Base Camp, dimana danau ini memiliki ukuran panjang yang bahkan mencapai 130 kilometer serta 70 kilometer pada tempat yang paling jauh.

Tempat yang bukan hanya sangat cocok untuk anda yang suka wisata air, melainkan Danau Yamdrok juga direkomendasikan bagi anda yang suka mengabadikan momen anda dengan cara berfoto maupun membuat video pendek.

6. Danau Pangong

Danau Pangong

Untuk wisata selanjutnya yang juga tidak kalah menarik adalah sebuah danau yang diberi nama Pangong atau Pangong Tso. Tempat ini merupakan sebuah tempat wisata yang bisa anda jangkau dengan cara menaiki mobil dan waktu yang anda butuhkan kurang lebih 5 jam perjalanan dari kota Leh, India.

Namun perjalanan menuju Danau Pangong memang penuh perjuangan dimana anda harus melewati area pegunungan dengan konsiis jalanan yang kurang mulus sehingga akan mengocok perut anda. Namun ketika anda sampai di sana, maka rasa capek anda akan hilang karena anda disuguhkan oleh pemandangan danau yang sangat indah lengkap dengan pepohonan yang rindang.


Demikian informasi yang bisa kami sampaiakan. Kami juga menyarankan anda untuk mengetahui informasi lainnya seperti tempat wisata di Bangladesh dan juga tentang tempat wisata di Bhutan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya.

Di bawah ini kami juga memberikan informasi lain berupa tempat wisata di Tibet yang juga bisa anda kunjungi:

  • Danau Mansarovar
  • Gunung Everest
  • Ani Tsankhung Nunn
  • Xialu Temple
  • Guge Kingdom
  • Nanyi Valle
  • Sangzhu Zizong Castle

, , , ,
Post Date: Saturday 07th, July 2018 / 04:13 Oleh :
Kategori : Tiongkok