5 Tips Backpacker Ke Sydney Dan Melbourne Wajib Diketahui

Selain Malaysia dan Singapura, Australia merupakan negara lain yang posisinya tidak jauh dari Indonesia sehingga bisa dikatakan juga bahwa Australia merupakan negara tetangga. Di sana memang tidak perlu diragukan lagi bahwa banyak tempat wisata di Australia yang setiap tahunnya selalu menjadi kunjungan atau tujuan utama para turis mancanegara, khususnya mereka yang berasal dari Benua Asia. Di Australia memang menyediakan beragam tempat wisata seperti untuk berenang, pendakian, atau untuk mengenang dan mengetahui sejarah dari negara tersebut.

Alasan lain mengapa para wisatawan lebih suka berkunjung ke Australia adalah karena memang bisa mengeluarkan biaya yang lebih murah dibandingkan harus mengunjungi negara lainnya yang ada di Benua Eropa. Uniknya lagi, anda bisa merasakan hidup di negara dengan 4 musim ketika anda berkunjung ke Australia sehingga memang anda tidak harus jauh-jauh pergi ke Benua Eropa jika anda ingin merasakan tinggal di negara yang memiliki 4 musim.

Saat ini, berwisata dengan jalan kaki dan menggunakan sepatu atau yang lebih dikenal dengan istilah backpacker memang sudah mulai ngetren dan banyak dilakukan oleh anak-anak muda. Salah satu kota yang menjadi impian para backpacker yakni Sydney dan Melbourne yang bisa dikatakan sebagai ikon dari negara Australia. Namun apakah memungkinkan untuk melakukan backpacker ke Sydney dan Melbourne? Tentu saja, asalkan anda simak baik-baik tips yang akan kami berikan di bawah ini.

1. Perencanaan kasar

Perencanaan kasar

Sekedar informasi bahwa tips kali ini tidak jauh berbeda dengan backpacker ke Australia yang sebelumnya sudah kami bahas khusus untuk anda. Daratan yang ada di Australia memang tidak jauh berbeda dengan yang ada di Papua dimana anda bisa melihat hewan khas Australia, bentangan alam yang sangat unik, dan juga anda bisa melihat pemandangan laut yang bagus yang membuat anda ingin berenang di sana.

Misalkan saja ketika anda ingin berkunjung ke Pegunungan Biru Australia, di sana merupakan salah satu tempat yang menjadi destinasi wisata utama bagi para turis yang berkunjung ke Australia.

Oleh sebab itu, anda harus menentukan tempat wisata mana saja yang ingin anda kunjung ketika anda backpacker ke Sydney dan Melbourne agar supaya ketika tiba di sana anda tidak bingung ingin pergi kemana.

Memang banyak tempat wisata di Sydney terbaik dan populer di kalangan turis sehingga kami sarankan agar anda membuat daftar tempat wisata tersebut seperti ingin mengunjungi Sidney Harbour Bridge, Barrenjoey Lighthouse atau juga Morriset Park.


2. Menentukan akomodasi dan transportasi

Menentukan akomodasi dan transportasi

Tips kedua mengenai backpacker ke Sydney dan Melbourne adalah anda harus menentukan akomodasi dan transportasi.

Tentu merupakan hal yang sangat penting untuk memikirkan dan menentukan dimana nantinya anda akan beristirahat serta transportasi apa yang nantinya akan anda gunakan.

Meskipun anda datang ke sini dengan backpacker, namun bukan berarti anda tidak harus memanfaatkan alat transportasi yang ada di sini.

Memang anda bisa menentukan dimana anda tidur ketika anda sudah sampai di Sydney atau Melbourne, namun akan lebih baik jika sebelumnya anda telah menentukannya dengan cara mencarinya melalui aplikasi travel yang sudah tersedia. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, maka anda bisa tahu seperti apa tempat menginap anda serta berapa harga yang harus anda keluarkan untuk menginap di tempat tersebut. Terlebih lagi biasanya ketika anda memesan online, anda akan mendapatkan penawaran yaitu berupa diskon.

Bagi anda yang sudah sampai di Melbourne, maka cobalah untuk naik Trem yang memang menjadi alat transportasi khas dan unik yang ada di sana. Sebenarnya anda bisa menggunakan trem berbayar, namun karena di sini anda sebagai seseorang yang backpacker ke Sydney dan Melbourne, maka kami sarankan agar anda lebih memilih untuk naik trem dengan jalur gratis.

3. Pikirkan keamanan

Pikirkan keamanan

Keamanan juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan karena dimana pun anda berlibur, keamanan menjadi salah satu hal terpenting yang anda pikirkan pertama kali. Meskipun memang infrastruktur Australia bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan Indonesia, bukan berarti anda bisa lalai dan mengabaikan keamanan anda.

Ketika musim panas, anda disarankan untuk menjaga kondisi anda dan selalu bawa air minum atau vitamin agar supaya anda tidak sampai mengalami hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan anda. Selain itu, Australia juga merupakan negara yang menjaga ekosistem, salah satunya dengan menyertakan hewan endemik. Maka dari itu, ketika anda melewati jalan menuju Sydney maupun Melbourne, anda harus berhati-hati agar tidak sampai tertabrak kangguru atau hewan lainnya.

Pada saat anda berenang, anda juga harus selalu memperhatikan batas bendera yang telah ditentukan jangan sampai anda melewati batas bendera tersebut dan malah akan bertemu dengan hiu. Hal lain yang tidak kalah penting adalah mengenai lebah karena tidak sedikit wisatawan yang karena kurang waspada akhirnya mereka terkena sengatan lebah.

4. Jangan lupa membeli oleh-oleh

Jangan lupa membeli oleh-oleh

Dimana pun anda berkunjung atau berlibur, jangan sampai anda lupa untuk membeli oleh-oleh karena nantinya barang tersebut bisa anda jadikan sebagai koleksi pribadi atau anda berikan kepada teman atau keluarga sebagai hadiah. Ada banyak oleh-oleh khas Australia yang bisa anda beli ketika anda berkunjung ke Sydney maupun juga Melbourne yang tentunya akan memberikan nilai tersendiri ketika anda menjadikannya sebagai cinderamata.

Beberapa oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang antara lain seperti boneka kanguru atau koala, cokelat della mano, maupun juga anda bisa membeli kerajian aborigin seperit bumerang yang menjadi senjata khas penduduk atau masyarakat asli yang tinggal di Australia. Perlu anda tahu juga bahwa di sana ada beberapa toko yang menawarkan oleh-oleh tersebut dengan harga terjangkau, terlebih lagi jika anda membelinya dalam jumlah yang lumayan banyak.

Beberapa tempat belanja yang ada di Sydney yang kami rekomendasiakn untuk anda kunjungi guna mendapatkan barang-barang tersebut antara lain Queen Victoria Building dan juga George Stree Sydney.


5. Menentukan tempat makan

Menentukan tempat makan

Tempat makan juga menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh anda lewatkan ketika anda berlibur ke Sydney dan Melbourne. Mencoba makanan khas Australia akan memberikan kesan menarik dan tak ternilai karena anda tidak akan menemukannya di Indonesia, kalaupun ada, tentu rasanya tidak sama dengan ketika anda mencicipinya langsung di negara tersebut.

Namun anda harus memperhatikan budget atau uang anda karena anda ke sini sebagai backpacker, kecuali jika memang anda pergi ke sini dengan membawa budget yang banyak, maka anda tidak perlu khawatir kemana anda harus makan dan berapa harga yang harus anda keluarkan.

Beberapa makanan khas yang kami sarankan untuk anda cicipi antara lain Pavlova, Lamington, Biskuit Anzac, dan juga vegemite. Makanan-makanan tersebut tentu saja akan memanjakan lidah anda. Untuk mendapatkannya tidak terlalu susah karena semua makanan tersebut bisa anda dapatkan hampir di seluruh tempat makan terkenal yang ada di Sydney maupun Melbourne.

Demikian informasi dari kami mengenai bagaimana tips backpacker ke Sydney dan Melbourne. Semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Thursday 22nd, November 2018 / 08:35 Oleh :
Kategori : Australia