12 Tempat Wisata Di Cairns Australia Surga Pencinta Alam

Tropis dan turis adalah pemandangan dari Cairns, Australia. Salah satu tempat wisata di Australia ini belum diketahui oleh semua orang di seluruh dunia. Meskipun demikian, tak sedikit pula yang sudah pernah datang ke sana.

Keterkenalan Cairns bisa dibilang memang tak sebaik Sydney, ibukota Australia dan sekaligus tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Australia. Tempat wisata di Sydney Dan Cairns sama-sama menawarkan lokasi yang sangat indah.

Cairns sendiri merupakan sebuah kota yang memiliki hutan hujan yang lebat dan dataran tinggi bertabur awan di Atherton Tableland. Banyak pelancong memilih Cairns sebagai basis untuk perjalanan untuk melihat-lihat pemandangan alam yang masih alami.

Kota itu benar-benar menawarkan banyak tempat wisata dan suasana liburan yang ramah. Banyak jalan-jalan yang berhiaskan pohon palem.  Hiburan favorit di kota Cairns adalah berjalan-jalan di sepanjang Cairns Esplanade, tempat berjalan di tepi pantai yang diapit oleh taman, taman bermain, kafe, dan atraksi bertema air.

Terdapat pantai yang indah membentang di utara dan selatan kota, dari Trinity Bay ke Port Douglas. Kebanyakan wisatawan akan tertarik untuk mengunjungi Great Barrier Reef yang menjanjikan petualangan alam liar. Penasaran seperti apa saja tempat wisata di Cairns, Australia ini? simak pemaparan singkat berikut ini.

1. Great Barrier Reef Cruises & Scenic Flights

great-barrier-reef-australia

Salah satu harta terbesar Australia ialah Great Barrier Reef. Tempat wisata di Cairn ini terdaftar sebagai Warisan Dunia. Tempat wisata ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer dari Cairns.

Luas wilayahnya membentang lebih dari 2.300 kilometer. Kawasan ini kaya akan terumbu karang. Di tambah juga dengan keragaman karang keras dan lunak yang menakjubkan dan dihiasi dengan berbagai macam spesies ikan, moluska, dan hewan laut lainnya yang tak terhitung jumlahnya, termasuk lumba-lumba, penyu, dan hiu.

Bila anda memiliki hobi snorkeling atau menyelam, anda bisa melakukannya di Great Barrief Reef Cruises. Great Barrier Reef Diving dan Snorkeling Cruise dari Cairns bisa membawa Anda ke karang dengan perahu mewah yang mampu menampung 100 penumpang dalam waktu satu jam lebih. Anda akan ditemani oleh seorang ahli biologi laut di kapal selama perjalanan tur menuju titik spot snorkeling.

Melihat karang pun tidak harus dengan snorkeling, anda pun bisa melakukannya dari urada dengan fasilitas yang dinamakan Great Helrier Reef Scenic Tour Tour dan Cruise dari Cairns. Fasilitas ini adalah pilihan fantastis yang memungkinkan Anda untuk melihat keindahan kawasan great Barrief Reef melalui udara.

2. Cairns Esplanade

Cairns-Esplanade

Tempat wisata di Cairns yang kedua untuk anda kunjungi ialah Cairns Esplanade. Tempat wisata ini disebut-sebut lebih indah dari Pulau Jeju, sebuah tempat wisata di Korea Selatan untuk kpopers.

Pasalnya Cairns Esplanade adalah tempat yang luar biasa untuk menikmati matahari terbit atau matahari terbenam. Ada berbagai cara untuk menikmati suasana kota yang ramah ini.

Australia melakukan facelift besar-besaran mengubah jalur tepi laut ini menjadi pusat sosial yang dinamis dan pusat rekreasi yang melayani penduduk setempat dan juga wisatawan. Kawasan ini membentang di sepanjang pinggir laut di kota. Hal-hal yang dapat anda nikmati di esplanade sekarang meliputi taman tropis yang rimbun, taman bermain, kolam renang, dan jalan-jalan di tepi pantai.


Anda pun bisa melihat kawasan Birdlife yang melimpah di hutan bakau dan dataran dekat pantai. Ekologi burung di kawasan tersebut sangat menarik untuk diamati. Di samping itu, anda pun bisa melihat dan menikmati fasiltas bebas untuk umu lainnya seperti taman bouldering, lapangan voli pantai, jalur sepeda, taman skate, peralatan olahraga, taman bermain bertema air, dan banyak lagi.

Ada juga restoran dan kafe yang menawarkan beragam pilihanmenu kuliner untuk disantap wisatawan. Anda bias menemukan restoran barbeque terenak di Cairns hanya di kawasan ini.

3. Kebun Raya Cairns

botanical-gardens-cairns

Jika negara-negara lain, seperti salah satunya tempat wisata di Belanda memiliki taman wisata nasional, Cairns memiliki kebun raya yang dibuka untuk umum. Tempat wisata ini mulai ditata pada tahun 1886.

Kebun raya bernama Cairns Botanic Gardens menawarkan koleksi tanaman tropis terbaik di Australia.  Anda bisa melakukan tur memasuki kebun kaleidoskop yang menampilkan lebih dari 4.000 spesies tanaman yang berbeda. Masing-masing dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Sebagai contoh adalah Taman Flecker yang resmi menyoroti habitat tropis dari seluruh dunia dengan hutan dan tanaman hutan hujan dari Asia Tenggara, Afrika, Amerika Selatan, dan Queensland. Dari sini, Anda dapat berjalan-jalan menu taman tematik lainnya bernama Rainforest Boardwalk kemudian lanjut ke Centenary Lakes, surga bagi burung-burung dengan habitat air tawar dan air asin.

Dari taman utama, ketika anda berjalan di jalan setapak, jalan tersebut akan mengarahkan anda menuju hutan hujan di lereng Gunung Whitfield. Ketika anda mendaki gunung tersebut, anda bisa melihat pemandangan kota dan pantai yang menakjubkan.

Tempat favorit lainnya termasuk Taman Penggunaan Tanaman Aborigin, koleksi bambu, rumah pakis, dan Taman Warisan Gondwanan. Berkunjung ke sini, dijamin merupakan salah satu pengalaman terbaik yang dapat anda miliki ketika berkunjung ke taman wisata di Cairns.

4. Menikmati Kawasan Perbukitan Kuranda

Gunung-Wellington

Salah satu lokasi trip sehari paling populer dari Cairns ialah kawasan Kuranda yang terletak di hutan hujan yang lebat di perbukitan Atherton Tableland. Pergi ke Kuranda akan membuat anda dapat menjelajahi hutan hujan yang terdaftar sebagai Warisan Dunia di Skyrail Rainforest Cableway.

Di sana anda juga dapat memandangi Sungai Barron dan ngarai yang indah. Pilihan lainnya, anda bisa menikmati tour Kuranda Scenic Railway melalui hutan hujan. Tour ini akan membuat anda melewati jurang dan air terjun yang dingin. Tour ini sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai tantangan dan petualangan.

Sesampai di Kuranda, pertama-tama kami sarankan untuk melihat Pasar Kuranda. Baik Pasar Asli dan Pasar Warisan yang buka setiap hari, kios-kios mereka dipenuhi dengan kerajinan tangan, artefak aborigin, suvenir, perhiasan, dan kuliner tropis. Anda bisa langsung belanja oleh-oleh di sana.

Atraksi populer lainnya termasuk Australian Butterfly Sanctuary, Birdworld yang berisi kumpulan burung terbang bebas terbesar di Australia, ada jugaTaman Kuranda Koala, dan Rainforestation Nature Park.

5. Taman Budaya Aborigin Tjapukai

tjapukai-where-australia-begins

Setelah melihat Kuranda, banyak wisatawan asing yang meneruskan perjalananya ke Taman Budaya Aborigin Tjapukai. Di taman ini, anda bisa menyaksikan hutan hujan yang rimbun.

Kawasan ini bisa dijangkau dalam waktu sekitar 15 menit berkendara dari Cairns.

Taman Budaya Aborigin Tjapukai menawarkan wawasan tentang budaya aborigin. Selama lebih dari 25 tahun, taman ini telah menjadi perhentian populer bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Dengan hadir di taman ini, anda dapat menyaksikan pertunjukan tari, musik, mendengarkan cerita, dan pameran dari masyarakat Tjapukai. Tempat wisata ini cocok bagi anda yang suka dengan tema edukasi touring.

Anda bahkan bisa belajar cara memainkan didgeridoo, melemparkan bumerang, melempar tombak, dan menemukan bonus obat dari bush tucker. Berwisata ke tempat ini benar-benar akan menambah wawasan anda.

6. Taman Nasional Barron Gorge

Taman-Nasional-Barron-Gorge

Tempat wisata di Cairns yang cukup dibanggakan oleh warga setempat ialah Taman Nasional Barron Gorge yang juga merupakan bagian dari Daerah Warisan Dunia Tropis Basah. Taman Nasional Barron Gorge berupa kawasan padang gurun yang menakjubkan di Far North Queensland.

Siapa yang menyangka di kawasan gurun tersebut terdapa Hutan hujan lebat menyelimuti puncak berkabut Quensland? Di samping itu ada juga air terjun yang megah jatuh ke Sungai Barron. Keindahannya makin lengkap dengan kelok anak-anak sungainya yang dapat dipandangi dari kejauhan.

Cara terbaik untuk melihat keindahan alam yang murni ini adalah dengan melakukan perjalanan di Kuranda Scenic Railway, atau Skyrail Rainforest Cableway. Di sana anda bisa menyaksikan ikon paling mencolok dari taman nasional ini, yang berupa Air Terjun Barron setinggi 260 meter. Para pelancong yang ingin menghabiskan beberapa hari menjelajahi taman spektakuler ini dapat mengakses taman menggunakan mobil. kami sarankan untuk menjelajahi taman bersama seorang guide yang sudah berpengalaman supaya anda tidak tersesat.


7. Pulau Hijau atau Green Island di Cairns

Green-Island-di-Cairns

Tempat wisata selanjutnya ialah sebuah tempat wisata yang dibalut hutan hujan dan dikelilingi oleh terumbu karang.

Tempat itu bernama Green Island yang merupakan sebauh surga pulau tropis. Tempat ini bisa dijangkau hanya dengan menggunakan perahu dari dari Cairns.

Snorkeling, scuba diving, dan berenang adalah kegiatan yang selalu dilakukan oleh para wisatawan ketika sudah sampai di Greend Island. Di samping kegiatan tersebut, banyak orang memilih menjelajahi pulau dengan kereta gantung.

Fasilitas Kereta gantung yang terpelihara dengan baik di Greend Island tersebut akan membantu anda melewati hutan.  Anda pun bisa melihat karang dari perahu dengan dasar kaca atau semi-kapal selam, atau mencoba pengalaman Seawalking.

Rekomendasi Tempat Wisata di Cairns

Selain tempat-tempat wisata di atas, berikut kami rekomendasikan daftar tempat wisata lainnya:

  • Pulau Fitzroy
  • Hutan Hujan Daintree
  • Palm Cove
  • Kebun Binatang Tropis Cairns
  • AkuariuTempat Wisata Di Cairnsm Cairns

Demikian pemaparan tentang tempat wisata di Cairns untuk anda. semoga bermanfaat!

, , , ,
Post Date: Thursday 20th, December 2018 / 08:07 Oleh :
Kategori : Australia