13 Oleh-Oleh Khas Qatar Yang Wajib Dibeli Saat Di Qatar

Oleh-oleh khas Qatar – Qatar merupakan salah satu negara penghasil migas terbesar di dunia. Negara ini merupakan negara yang cukup maju di timur tengah. Tempat-tempat wisata di Qatar juga tidak kalah menariknya dengan tetangganya Dubai di Uni Emirat Arab yang dianggap sebagai negara termaju di timur tengah. Jika Dubai memiliki Burj Khalifa dan berbagai bangunan tinggi lainya, Qatar juga kini sedang mengembangkan gedung-gedung tingginya di Doha, Ibukota Qatar.  Salah satu wisata andalan dari Qatar adalah Museum islamnya yang cukup populer.

Selain, anda mengunjungi tempat wisata di Qatar, tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Qatar memiliki banyak hal yang ditawarkan untuk dijadikan oleh-oleh khas untuk keluarga ataupun teman-teman anda di rumah. Mulai dari makanan ringan hingga pernak-pernik bergaya ketimur tengahan bisa anda pilih dari negara ini. Untuk itu simak yuk oleh-oleh khas Qatar berikut ini.

1. Cokelat Al Nassma

Al nassmaCokelat yang satu ini bukan sembarang cokelat dan sangat berbeda dengan cokelat-cokelat yang bisa anda bawa dari berbagai tempat wisata di belgia ; Yang memang terkenal dengan cokelatnya. Dimana cokelat di Qatar terdapat campuran susu unta yang cukup otentik. Cokelat ini merupakan produksi dari seorang peternak unta terbesar di dunia Emir Dubai Sheik Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang memiliki sekitar 2300 ekor unta. Emir bekerja sama dengan salah satu perusahaan coklat di Austria untuk menghasilkan cokelat unta terbaik.

Rasa dari cokelat ini juga berbeda dengan coklat biasa dengan campuran susu sapi. Cokelat unta ini eksklusif oleh-oleh yang hanya bisa didapatkan di Qatar. Kemasannya pun juga sangat eksklusif dengan cokelat dibentuk seprti unta dimana kemasanya dilapisi dengan bungkus berwarna emas. Rasanya sayang untuk menikmati cokelat yang cantik ini.

Selain kemasan dengan bentuk unta diatas, juga ada beberapa kemasan yang bisa anda bawa pulang, diantaranya yaitu coklat bar dengan kemasan berwarna cokelat dan kemasan boks praline dengan tulisan Al Nassma dengan gambar unta.

Harga : Mulai dari 99 QR (380.000 rupiah)

2. Boneka Karikatur Timur Tengah

Boneka QatarKetika Anda di Qatar jangan lupa untuk membeli sesuatu yang konyol. Untuk dibawa pulang untuk mengingatkan Anda tentang liburan anda di sini, atau sebagai hadiah untuk teman dan keluarga. Oleh-oleh khas yang satu ini sangat direkomendasikan untuk di beli.

Oleh-oleh ini merupakan miniature orang dengan pakaian timur tengah. Dengan bentuk yang lucu dan unik membuat anda bisa tertawa jika melihat miniature ini. Dan tentu saja akan mengingatkan kenangan indah saat berlibur disana.


Harga : mulai 55 QR (210.000 rupiah)

3. Kurma Qatar

Kurma merupakan salah satu makanan khas timur tengah, dimana hampir setiap negara timur tengah memiliki keunikan rasa tersendiri seperti kurma Oleh-oleh makanan khas Arab. Makanan ini juga merupakan sumber serat, potassium, Zat besi, magnesium, vitamin dan mineral lainnya. Kurma memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama berkaitan dengan peningkatan tingkat energi. Banyak varietas kurma yang bisa anda beli untuk keluarga anda di rumah. Kurma dapat dibeli diberbagai supermarket maupun kios oleh-oleh yang tersebar di seluruh Qatar. Namun, untuk kualitas kurma terbaik dapat anda beli di Souq Waqif.

4. Dallah

DallahDallah merupakan teko kopi yang telah digunakan selama berabad-abad di Qatar untuk membuat kopi tradisional yang panas dan pahit. Kopi yang disajikan dengan Dallah merupakan tanda selamat datang kepada tamu yang sedang berkunjung.

Selain untuk membuat kopi, dallah juga memiliki bentuk yang cantik dengan ornament khas timur tengah. Dan juga dengan balutan warna berkilau yang sangat menawan, membuat Dallah sangat cocok untuk dipajang di etalase anda. Anda bisa membelinya di Souq Waqif dan bisa di toko Al- Ahmed di Daha.

5. Oud

Salah satu souvenir yang paling terkenal dan populer dari Qatar adalah aroma dari oud (aloeswood). Anda dapat membeli kayu oud murni atau minyak oud dari banyak toko di Doha, Dan nikmati keharuman eksotis Arab melalui dunia parfum Arab yang penuh gairah. Dan membiarkan botol-botol harum romansa khas Timur tengah menyebar ruangan anda dan mengingatkan kenangan indah saat berlibur ke Qatar.

6. Abaya

AbayaQatar merupakan pioneer dunia fashion untuk pakaian muslim di wilayah timur tengah. Dimana anda bisa membeli Abaya khas Qatar di Souq Waqif atau di butik-butik yang terseba di Doha. Abaya kadang-kadang juga disebut aba merupakan pakaian yang pada dasarnya gaun seperti jubah , dikenakan oleh beberapa wanita di beberapa bagian dunia Muslim termasuk di Afrika Utara dan Semenanjung Arab .

Abaya biasnya berwarna hitam dan bisa berupa kotak besar dari kain yang disampirkan dari bahu atau kepala atau kaftan panjang . Harga untuk satu Abaya biasanya dihargai mulai dari QR 100 dan tergantung dari kualitas, desain, dan harga.

Harga : Mulai dari QR 100 (380.000 rupiah)

7. Shisas

Budaya Shisha adalah salah satu tradisi tertua dan terpopuler di Qatar dan telah berlangsung selama lebih dari 500 tahun. Shisas di Qatar juga tidak berbeda jauh dengan Souvenir khas Mesir. Shishas biasa digunakan di rumah, pesta, restoran, dan lounge di seluruh negeri. Kalau dahulu Shisa hanya digunakan untuk merokok. Namun saat ini shishas sudah sedikit beralih fungsi dengan menambahkan sentuhan seni, dan bisa anda sebagai oleh-oleh untuk dipajang di ruang tamu anda.

8. Manisan Khas Qatar

Di Qatar, berbagai manisan Timur tengah tersedia, Seperti baklava, maamoul, madu, kopi, kurma, dan kue kering. Ada yang terbuat dari pasta buah kering yang dilapisi kacang. Pilihlah beberapa manisan yang unik dan enak dipandang untuk diberikan kepada keluarga dan teman-teman Anda untuk suguhan manis ala timur tengah

9. Perhiasan

Qatar terkenal sebagai ibu kota mutiara di dunia, dan Anda dapat membeli barang-barang yang luar biasa indah yang terbuat dari mutiara seperti anting dan kalung, yang tidak terlalu mahal disini. Beberapa perhiasan yang terbuat dari emas, amber, dan batu semi mulia lainnya banyak tersedia di kios-kios perhiasan di Doha dan di Gold Souq.

10. Syal dan Phasmina

Pakaian ini  cukup indah, dan anda memilih dengan berbagai kualitas dan warna. Harga Phasmina di Qatar cukup murah jika dibandingkan di beberapa wilayah di Timur tengah. Selain bisa anda temukan di Timur tengah Phasmina juga bisa anda temukan sebagai salah satu oleh-oleh khas India tentunya dengan motif yang berbeda.

11. Bumbu-bumbu khas Qatar

Aroma harum dari kapulaga Qatar, saffron, cabe, kayu manis, dan jintan membuat hadiah yang indah untuk penggemar kuliner di antara keluarga dan teman-teman Anda. Bumbu-bumbu ini bisa anda bungkus untuk kado. Sehingga selain memiliki bentuk yang cukup bagus, namun juga bisa menjaga rasa dan kualitas dari bumbu-bumbu tersebut. 


12. Kotak Kayu dekoratif

Anda bisa membeli kotak-kotak kayu yang dihias dengan indah sebagai salah satu oleh-oleh khas di Qatar. Kotak-kotak kayu ini dibuat dengan berbagai bentuk, ukuran, dan ukiran dan menjadikanya hadiah yang sempurna. Akan sangat berguna untuk menyimpan barang-barang kecil seperti perhiasan, atau bisa anda isi dengan hadiah-hadiah menarik lainya seperti perhiasan untuk orang-orang yang anda cintai. Temukan mereka di Souq

13. Magnet Kulkas

Salah satu oleh-oleh favorit yang bisa anda beli ketika mengujungi tempat wisata di berbagai daerah. Dan setiap tempat memiliki model memiliki model tersendiri. Seperti halnya Qatar yang memiliki beberapa landmark sebagai identitas dari negara ini. Anda bisa memilih magnet kulkas dengan gambar unta, tulisan Qatar dan berbagai landmark yang ada di Qatar.

Selain Qatar, Timur tengah juga terdapat negara-negara dengan tempat wisata yang menarik. Seperti tempat wisata di Mesir, Tempat wisata di Arab saudi, Tempat wisata di Turki dan Wisata-wisata timur tengah lainya.

, , ,
Post Date: Sunday 22nd, April 2018 / 15:46 Oleh :
Kategori : Qatar